Apa Itu Fitur NFC dan Apa Kegunaannya Di Smartphone
Apa Itu Fitur NFC dan Apa Kegunaannya Di Smartphone

Apa Itu Fitur NFC dan Apa Kegunaannya Di Smartphone

liputanberitaku.com— Apa Itu NFC , NFC mempunyai kepanjangan dari Near Field Communication yang disebut tehnologi terkini untuk komunikasi nirkabel terbaru yang saat ini lebih banyak dipasangkan pada handphone terkini. Karena ada feature NFC di handphone terkini kalian, proses transfer info bisa dicoba lebih sederhana, dan prosesnya bisa jalan extra cepat.

Yok Ulas Feature NFC !

Apakah itu feature NFC? Dan bagaimana proses kerjanya? Untuk kamu yang belum mengetahui, ini kali kita akan mengulas NFC secara dalam, mengenai deretan peranan yang bisa dijajal oleh feature NFC yang ini.

Apa sich Feature NFC itu?

Kalian tentunta sudah pahami dan menggunakan Wi- Fi dan Bluetooth, nach diartikel ini kali kita akan mengulas namanya NFC, yang disebut salah satunya feature sambungan yang perannya hampir serupa seperti wifi atau bluetooth. Hanya saja secara implikasinya saja yang lain.

Feature NFC ini sebagai tehnologi komunikasi terkini yang dapat kalian pakai seperti wifi dan bluetooth dan dapat memakai mekanisme RFID ( Radio Frequency Identification) untuk tukar info pada jarak yang paling dekat.

Pada proses kerjanya, Feature NFC dapat lakukan transfer info antara antar handphone yang prosesnya hanya memerlukan waktu kurang dari sepersepuluh detik. Apa lagi, feature NFC bisa berperanan tanpa mengharuskan kalian melakukan penataan pada handphone dan dapat bekerja secara automatis.

Feature NFC bisa bekerja lewat mekanisme transmisi signal radio jarak pendek dan tidak memerlukan tenaga listrik besar dalam operasionalisasinya. Disaat ini, ada 2 type feature NFC yang bisa kalian dapatkan, yakni NFC tag pasif dan NFC tag yang ada di handphone.

Ketika kalian sedang melakukan contact seperti transfer info, ke-2 feature akan tersambung melalui frekwensi radio ISM 13. 56 MHz yang memiliki maksimal rate transfer 424 Kbps. Tentunya, dalam masalah ini dapat memudahkan semua proses transisi info, dimulai dari share file apa lagi melakukan pembayaran di berbagai tempat.

Baca Juga  Lapangan Untuk Persiapan Latihan Menjelang Piala Menpora 2021

 

Langkah kerja Feature NFC di Sehari-harinya

Di zaman sekarang ini, penggunaan NFC benar-benar luas dan tidak semata- mata berguna buat silih share document antara handphone saja. Apa lagi, tehnologi ini sudah semakin makin tambah meluas pada aktivitas perbankan, transportasi dan sarana selingan.

Nach, berikut ialah cara-cara manfaatkan dari feature NFC yang dapat kalian pakai di kehidupan setiap hari, misalnya :

Sebagai Alat Pembayaran

Karena ada feature NFC ( Near- Field Communication) , kalian tidak perlu kembali membawa kartu debet atau uang kontan ketika lakukan transaksi bisnis seperti belanja. Untuk Sekarang ini, NFC terpadu dengan beberapa service perbankan seperti e- money yang sering dipakai sekarang ini salah satunya Dana,Link Saja, Ovo, Gopay, danmasih banyak yang lain, hingga proses transaksi bisnis dapat dilaksanakan lebih sederhana dan cepat. Sebagai Contoh, kalian yang ingin belanja pada sebuah minimarket, cukup hanya menempelkan NFC pada handphone pada NFC tag pasif di kasir untuk membayar.

NFC Sebagai Karcis Transportasi

Handphone yang sudah ada feature NFCnya juga bisa untuk menukar mekanisme karcis angkutan transportasi hingga lebih sederhana dan nyaman. Jika semula kalian harus mengantre ticket di loket, untuk sekarang ini kalian dapat segera terima ke arah gate dengan tap NFC pada handphone ke NFC tag pasif. Supaya bisa aktifkan feature itu, kalian harustop up saldo ticket transportasi sebelum melakukan transaksi bisnis.

Sebagai Kunci Keamanan

Hebatnya dan Peranan lain dari NFC ini adalah dapat menjadi kunci keamanan. Yap, kalian dapat menggunakan feature NFC untuk buka pintu rumah atau pintu kantor hingga seperti bukti diri masuk hingga tidak perlu kembali menggunakan kartu fisik yang diperlengkapi magnet.

Baca Juga  Ponsel Xiaomi Bakal Mengeluarkan Produk Terbaru dengan Desain Kamera yang Bisa Dicopot

Terhubung Data Produk

Beberapa handphone dapat aktifkan tehnologi NFC pada modul promo seperti poster. Pada poster yang sudah diperlengkapi NFC tag pasif, kalian cukup menyambungkannya pada NFC di handphone buat melihat data komplet tertaut produk itu hingga tidak perlu kembali menggunakan edaran.

Penggunaan NFC sekarang ini makin banyak dan disokong oleh beberapa handphone terkini yang telah dukungan dangan tehnologi ini. Kalian dapat secara mudah memakai feature ini dengan ikuti Langkah aktifkan NFC di handphone, tapi apa NFC terjaga keamanannya? feature satu ini sudah melalui berbagai tes keamanan hingga benar-benar nyaman buat digunakan. Apa lagi telah memperoleh sertifikasi khusus ketika melakukan ambil info melalui TSM ( Trusted Servis Manajer) hingga membuat perlindungan semua info yang dimiliki oleh customer.