Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil

Liputanberitaku.com — Mengawali usaha kulineran atau makanan ialah ladang cuan paling tepat. Semuanya orang tentu perlu makan. Belum juga beberapa orang Indonesia suka kuliner. Jasa pesan-antar makanan sedang subur-suburnya . Maka, mengawali usaha kulineran sama dengan menjemput kejayaan finansial.

Tetapi jangan salah. Walau kelihatannya janjikan, peluang usaha makanan untuk tidak berhasil juga tinggi. Sekitar 60 % usaha kulineran buyar pada tahun pertama kalinya. Lantas, 80 % tidak akan bertahan s/d tahun ke-5.

Agar Anda tidak ikuti tapak jejak mereka yang tidak berhasil, sebaiknya Anda lakukan penyiapan masak saat sebelum mengawali usaha kulineran. Di sini, kami sudah merangkum Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil, yuk langsung saja simak

  • Pahami keunikan produk
  • Ketahui target pasar
  • Buat ide bisnis
  • Desain produk
  • Tentukan lokasi usaha
  • Buat rencana anggaran
  • Buat SOP
  • Rekrut karyawan
  • Promosikan lewat sosmed
  • Daftar Google Bisnisku
  • Buat website
  • Pakai aplikasi kasir untuk pembukuan

Tidak hanya share tips saja kosong saja. Kami akan membedah rahasia beberapa pelaku bisnis kulineran yang sukses. Tentu ingin tahu, kan? Karena itu, baca terus artikel Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil sampai selesai yaa

Ada banyak orang yang mengawali usaha secara sembarangan. Tidak ada gagasan. Tidak ada hitung-hitungan. Dasarnya jalan saja. Permasalahannya, langkah menjalankan bisnis jenis ini riskan sekali tidak berhasil. Entahlah itu karena kekeliruan management. Apa justru, karena usaha kulinerannya memang tidak disukai oleh pasar.

Untuk menghindar beberapa hal jenis itu, Anda perlu berencana usaha dengan matang. Dimulai dari ide, produk, sasaran customer, sumber daya manusia, promo, dan lain-lain. Agar semakin selengkapnya, turuti langkah mengawali usaha kulineran berikut ini.

Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil

1. Ketahui keunikan produk usaha makanan Anda

Kemungkinan Anda telah mempunyai gagasan ingin jual apa. Kemungkinan tipe makanan besar seperti mie ayam, soto, nasi goreng, atau rice box? Minuman jenis kopi susu, Thai tea, atau jamu paket? Apa justru camilan enteng?

Apa saja itu, tidak boleh stop sampai gagasan saja. Anda perlu teruskan dengan cari kekhasan produk (unique selling points / USP) yang ingin dipasarkan. Karena tanpa kekhasan produk, usaha kulineran Anda mudah kalah saing dengan pesaing. Melalui kekhasan produk juga lah, calon konsumen setia berminat untuk beli dan coba produk Anda.

2. Ketahui target pasar

Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil selanjutnya Anda pun harus pahami sasaran pasar tujuan. Dengan demikian, Anda akan mengetahui benar apa yang perlu dilaksanakan supaya usaha kulineran ramai. Baik dari segi design produk sampai dengan promo-nya.

3. Buat konsep bisnis

Sesudah lama menggodok gagasan usaha kulineran, waktunya membuat gagasan itu lebih nyata. Triknya tidak lain ialah menumpahkannya dalam ide usaha alias business rencana.

Walau judulnya baru “gagasan” tidak berarti ide usaha dibikin sembarangan. Selainnya jadi dasar memulai usaha, ide ini menolong Anda dilirik investor agar bisa modal tambahan. Oleh karena itu, Anda perlu mengolah business rencana lebih serius.

4. Desain produk

Design produk ialah cara yang jangan Anda kira remeh. Cara ini tentukan banyak faktor penting diperjalanan usaha kulineran Anda. Dimulai dari penyeleksian bahan baku, harga dasar pemasaran, rasa dan kualitas, paket, rasa dan kualitas produk, dan banyak yang lain.

Kami yakin, jika masalah design produk Anda lah jagonya. Anda kemungkinan punyai resep turun-temurun dari keluarga yang hendak jadi unggulan. Apa justru, Anda pandai berkreatifitas membuat kulineran unik yang modern. Karena itu karena itu, kami percayakan design produk seutuhnya pada Anda.

 

5. Tetapkan lokasi usaha bisnis makanan

Location, location, location. Itu ialah konsep yang perlu digenggam saat mengawali usaha. Tidak kecuali saat harus mengawali usaha kulineran.

Entahlah restaurant atau sekedar drive thru, lokasi masih tetap berperanan penting untuk usaha kulineran. Anda pasti tidak ingin kan, usaha sepi konsumen setia karena hanya salah tentukan tempat berjualan?

 

6. Buat rencana anggaran usaha kuliner

Untuk beberapa orang, ini kemungkinan jadi hal yang paling menakutkan. Tidaklah aneh jika beberapa orang menghindariinya. Lantas, memberikan tugas ini ke akuntan atau faksi professional yang lain.

Namun cara itu terlampau beresiko untuk usaha micro, kecil, dan menengah. Dibanding bayar orang untuk hitung dan membuat gagasan bujet, akan lebih bagus jika Anda belajar melakukan sendiri.

Anda sebenarnya tinggal mendaftarkan pengeluaran apa yang dibutuhkan untuk usaha kulineran. Pengeluaran itu yang selanjutnya jadi dasar untuk memburu jumlah pemasaran.

7. Promo lewat sosmed

Benar ada banyak sekali kanal pemasaran yang bisa digunakan usaha kulineran. Tetapi, media sosial pemasaran lah yang kami anggap sangat prospektif untuk usaha makanan. Entahlah usaha makanan Anda detil untuk “makan pada tempat” atau usaha kulineran online, promo lewat medsos masih tetap jadi unggulan.

Monitor usaha pemasaran lewat medsos. Janganlah lupa untuk memantau dan menilai usaha media sosial pemasaran yang Anda kerjakan. Minimal, coba awasi seberapa banyak jumlah like, engagements, dan content terkenal yang sempat dibikin. Agar tidak menghabiskan waktu, kerjakan evaluasi setiap tiga bulan sekali.

Demikian artikel tentang Cara Memulai Bisnis kuliner Dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat