hit counter

Prospek Kerja Teknik Informatika Beserta Perkiraan Gajinya

Prospek Kerja Teknik Informatika Beserta Perkiraan Gajinya

Liputanberitaku.com — Prospek Kerja Teknik Informatika benar-benar banyak karena dunia tehnologi info dan computer semakin berkembang.

Berdasar data APJII, pengguna internet terus alami kenaikan. Di tahun 2017 pemakai internet di Indonesia capai 143,26 juta jiwa atau sama dengan 54,7% warga Indonesia.

Tentu saja, ini akan meningkatkan Prospek Kerja Teknik Informatika yang memiliki kemampuan masing-masing serta diperlukan perusahaan atau instansi.

Tehnik Informatika sebagai jalur yang umumnya fakultas tehnik atau MIPA pelajari implementasi nalar matematika dalam pengendalian info dengan memakai tehnologi computer hingga jadikan berpikiran rasional dan terancang untuk memperoleh sebuah penuntasan permasalahan.

Untuk perkuliahan tehnik informatika sendiri tiap perguruan tinggi kemungkinan berlainan, diantaranya pelajari beragam peranan nalar, pemrograman bahasa simpel sampai tingkat tinggi, sistem numerik, tehnik komputasi, jaringan computer, dan ada banyak kembali baik yang terkait dengan hardware atau software computer.

 

Berikut adalah Prospek Kerja Teknik Informatika yang harus anda ketahui.

1. Full Stack Developer

Full stack developer sebagai seseorang yang bekerja dengan beragam sektor IT. Full stack developer bekerja dari segi front-end atau back-end. Menarik kan?

Full stack developer bertanggung jawab dalam meningkatkan semua tugas termasuk database, server, mekanisme engineering, atau sisi dari segi client.

Menjadi seorang full stack developer memang memerlukan waktu yang lama karena harus kuasai ide dari tehnologi itu. Disamping itu, anda harus mempunyai kreativitas, pertimbangan global, selalu ingin ketahui, memiliki kekuatan management waktu, dan komunikasi yang bagus.

Upah Full Stack Developer berdasar situs Engine Yard akan terima upah rerata sejumlah $110,500 /tahun atau Rp 1.635.400.000 /tahun (1 USD = Rp 14.800). Namun, upah itu berlainan berdasar negara dan kekuatan programmer.

Bahkan juga ada banyak beberapa perusahaan yang ingin bayar sampai $150,000 /tahun bahkan juga lebih. Kalau di Indonesia menurut kalian bagaimana gaes? Hehehe

2. Front End Developer

Seorang front end developer ialah programmer yang bekerja untuk kerjakan program langsung disaksikan oleh pemakai. Menjadi seorang frontend developer, anda harus belajar berkenaan HTML, CSS, dan pemrograman JavaScript.

HTML sendiri dipakai sebagai rangka dari satu web. CSS dipakai untuk mempercantik penampilan web. Dan JavaScript dipakai untuk functional dari elemen web.

Disamping itu, untuk programmer front end yang telah selanjutnya, harus sanggup kuasai salah satunya atau beragam jenis tipe frame-work JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan ada banyak kembali. Selanjutnya anda harus kuasai responsive design dan testing pada program.

Untuk upah seorang front end developer, berdasar situs Glassdoor. Rerata upah front end developer di Amerika Serikat ialah $92,738 /tahun atau sekitaran Rp 1.372.522.400.

3. Back End Developer

Prospek Kerja Teknik Informatika selanjutnya adalah menjadi back end developer. Seorang back end developer ialah programmer yang bekerja pada bagian belakang monitor. Ada banyak bahasa pemrograman untuk back end developer seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript (Node.js).

Back end developer akan tangani sisi data dari web terhitung server dan database. Disamping itu, sisi ini akan bekerja dalam membuat mekanisme dan API.

Berdasar situs Glassdoor, upah seorang back end developer di US akan memperoleh upah rerata sejumlah $114,255 atau sekitaran Rp 1.690.974.000 /tahun. Menarik kan?

4. Android Developer

Seorang android developer ialah programmer yang sanggup membuat sekalian membuat program android agar dipakai pemakai yang memakai mekanisme operasi Android. Ingat mengembangnya android di Indonesia, pasti jadi prospect kerja tehnik informatika.

Umumnya, menjadi seorang android developer anda harus kuasai bahasa pemrograman Java atau Kotlin. Seorang android developer harus juga bekerjasama dengan UX pendesain untuk memperoleh program yang gampang dipakai pemakai.

 

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata dari android developer di US ialah $101,572 /tahun atau sekitaran Rp 1.503.265.600 /tahun (1 USD == Rp 14.800).

5. iOS Developer

Seorang iOS developer ialah programmer yang sanggup membuat dan membuat program iOS dari Apple. Anda harus kuasai bahasa pemrograman Swift atau pemrogaman objective-C.

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata dari iOS developer di US ialah $101,014 /tahun atau sekitaran Rp 1.495.007.200 /tahun (1 USD == Rp 14.800).

6. Blogger

Prospek Kerja Teknik Informatika selanjutnya bisa juga menjadi blogger , alumnus tehnik informatika yang menyukai dengan dunia kepenulisan jadi blogger ialah opsi yang cocok. Jadi seorang blogger anda harus pahami SEO dan langkah memakai CMS seperti WordPress.

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata seorang blogger di US ialah $30,000 /tahun atau sekitaran Rp 444.000.000.

7. Desainer Grafis

Buat anda alumnus tehnik informatika yang menyukai membuat desain dan meciptakan contoh, photografi, tipografi bisa pilih tugas luar biasa ini. Anda dapat bekerja dimana saja dan kapan saja sesuai keperluan konsumen baik dari jauh atau tidak. Anda dapat manfaatkan beberapa software design seperti Corel, Photoshop, Illustrator, atau piranti lunak online.

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata seorang pendesain grafis di US ialah $52,589 /tahun atau sekitaran Rp778.317.200 /tahun.

8. Web Desainer

Prospek Kerja Teknik Informatika selanjutnya adalah Web desainer. Perkembangan internet tak pernah terlepas dari satu web, baik perseorangan, barisan, organisasi, atau satu perusahaan. Untuk membuat satu penampilan web yang gampang dipakai oleh pemakai karena itu diperlukan seorang situs pendesain (Situs Designer).

Web Desainer bekerja dalam membuat penampilan web yang memikat dan gampang dipakai oleh pemakai. Tugas dari situs pendesain akan sama-sama bekerjasama dengan Front End Situs Developer dalam soal tehnis, dan bekerja bersama dengan UX Researcher dalam menganani pengalaman pemakai dari satu web.

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata seorang Website Desainer di US ialah $64,468 /tahun atau sekitaran Rp954.126.400 /tahun.

9. Cyber Security Analyst

Satu sistem informasi buatan manusia pasti tidak ada yang paling sempurna, karena umumnya memiliki sela keamananan atau bug.

Untuk menahan peristiwa yang tidak diharapkan dibutuhkan seorang Cyber Security Analyst secara cepat bila satu ketika berada sela. Seorang Siber Security Analyst akan mengetes mekanisme keamanan dan memberikan laporan bila ada satu sela (vulnerability).

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata seorang Siber Security Analyst di US ialah sejumlah $91,015 /tahun atau sekitaran Rp1.347.022.000 /tahun.

10. Data Scientist

Prospek Kerja Teknik Informatika berikutnya adalah data scientist. Tren pekerjaan data scientiest makin hari semakin popueler karena ada big data. Seorang Data Scientist tentu saja bekerja dalam menganalis data untuk ambil satu keputusan tertentu.

Untuk menguasai data scientiest diperlukan banyak kekuatan seperti pemrosesan data dengan Hadoop, pemakaian statistik, pemrograman bahasa R/Python, dan nalar yang kuat.

Berdasar situs Glassdoor, upah rerata seorang Data Scientist di US ialah sejumlah $139,840 /tahun atau sekitaran Rp2.069.632.000 /tahun. Anda alumnus tehnik informatika dan berminat untuk jadi seorang data scientiest.

Dan masih banyak lagi Prospek Kerja Teknik Informatika yang lain yang tidak bisa saya tulis satu persatu, Demikian artikel tentang Prospek Kerja Teknik Informatika, semoga bermanfaat