Cara Ternak Udang Sungai Untuk Pakan Ikan

Cara Ternak Udang Sungai Untuk Pakan Ikan

Liputanberitaku.com — Beberapa orang memilih memiara ikan hias tertentu, seperti arwana, cupang sampai piranha. Bila memiara ikan-ikan predator semacam itu, karena itu anda memerlukan pakan khusus.

 

Banyak tipe pakan yang bisa diberi, satu diantaranya ialah udang kecil. Untuk mengirit ongkos pembelian pakan, anda sebaiknya membudidayakan sendiri udang kecil itu. Di bawah ini sudah kami rangkum Cara Ternak Udang Sungai, yang bisa anda terapkan secara mudah dengan peralatan sederhana, nggak usah berlama lama yuk simak Cara Ternak Udang Sungai berikut ini

Persiapan Budidaya Udang

Persyaratan pertama kali yang harus anda penuhi ialah lokasi. Upayakan untuk pilih lokasi yang gampang dicapai. Ini mempunyai tujuan untuk memudahkan anda saat lakukan pemeliharan dan pengawasan. Lokasi harus juga dekat sama sumber air dan bebas dari capaian industri dan sampah rumah tangga.

Tipe udang yang hendak diperbudidayakan ini berlainan dengan udang konsumsi. Tentukan tipe udang yang mempunyai ukuran kecil, seperti udang rawa. Selainnya ukuran yang kecil, udang rawa termasuk juga tipe udang yang gampang untuk dipiara.

Pembuatan Media Budidaya

Cara Ternak Udang Sungai selanjutnya adalah pembuatan media. Sesudah pilih lokasi dan komoditi, cara setelah itu membuat media budi daya. Pertama, persiapkan tong dan tempatkan tong dalam status tertidur dan lubangi sisi atas tong membuat segi panjang sama ukuran 30 x 15 cm.

Sisi penutup tong seharusnya dikasih lubang dan tutup kecil sebagai tempat masuk keluarnya air. Sesudah usai, bersihkan sampai bersih tong atau drum memakai air bersih lalu diamkan sampai kering. Persiapkan air bersih yang mengambil sumber dari sumur atau sungai, jauhi pemakaian air PAM, karena memiliki kandungan tinggi kaporit.

 

Benur Udang untuk Pakan Ikan

Untuk memperoleh benur yang bagus, anda bisa membeli di beberapa toko ikan atau tempat khusus jual benur udang. Ciri-ciri benur yang bagus ialah yang tidak mempunyai cacat fisik dan tidak terserang masalah hama dan penyakit.

Kerjakan test kelayakan budi daya dengan masukkan benur ke tempat yang berisi air selanjutnya aduk air dalam tempat sepanjang 3 menit.

Lihat pergerakan benur, bila benur berenang melawan arus putaran dan aktif bergerak saat putaran berhenti, karena itu bisa dipastikan benur itu layak untuk dibudidayakan. Jangan pilih benur yang bergerak lamban atau pasif, karena benur yang semacam itu tidak mempunyai daya tahan badan yang kuat dan mudah mati.

Pemeliharaan Benur

Cara Ternak Udang SungaiĀ  terakhir adalah pemberian pakan. Beri pakan berbentuk pelet atau plankton cair tiap hari sekitar 3x satu hari. Karena udang dijumpai condong mempunyai karakter kanibal, karena itu anda jangan terlambat untuk memberikan makan.

 

Anda pun harus lakukan penggantian air dengan teratur tiap satu bulan sekali untuk jaga kualitas air masih tetap baik. Awasi selalu kandungan pH air, yakinkan selalu ada pada range 6,8-8. Temperatur yang maksimal jangan ada di bawah 20 derajat celsius.

Demikian artikel tentang Cara Ternak Udang Sungai , Selamat mencoba