Cara Mudah Membuat Website
Cara Mudah Membuat Website

Cara Mudah Membuat Website

Cara Mudah Membuat Website

Liputanberitaku.com — Sedang kebingungan cari cara mudah membuat website tanpa perlu belajar coding? Beberapa orang berpikiran jika mereka perlu kekuatan tehnis untuk membuat website. Walau sebenarnya, kamu bisa membuat sebuah website dalam kurun waktu kurang dari 30 menit tanpa perlu pengalaman coding sedikitipun. Nah pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara mudah membuat website. Simak sampai habis yaa

Perkembangan tehnologi sekarang ini memungkinkannya kamu untuk membuat website dengan mudah, walau tanpa pengetahuan tehnis.

Di artikel ini, Liputanberitaku akan berbagi cara mudah membuat website tanpa perlu koding atau pengalaman tehnis. Sesudah membaca artikel ini, kami akan menunjukkan jika membuat website itu rupanya tidak sesusah yang kamu pikir.

Cara Mudah Membuat Website

Berikut ialah cara mudah membuat website yang kamu perlu lakukan untuk membuat sebuah website:

Supaya kamu lebih memahami apa yang penting dilaksanakan dalam masing-masing tahap pembuatan website, silahkan kita bahas selanjutnya.

1. Tentukan Jenis Website yang Ingin Dibuat

cara mudah membuat website yang pertama ialah menentukan jenis website yang akan dibuat. Sebelum kita mengulas berkenaan faktor teknis dari cara membuat website, kamu perlu ketahui lebih dulu tipe website yang hendak dibikin berdasar apa yang ingin dicapai.

Dengan mempunyai arah yang terang, karena itu beberapa langkah pembikinan website selanjutnya seperti akan jadi lebih efektif . Maka, sebaiknya kamu tentukan lebih dulu tipe website apa yang ingin dibikin.

Berikut beberapa macam website terpopuler:

  • Online shop
  • Portofolio
  • Personal blog
  • Forum
  • News Portal

Pada dasarnya, proses pembikinan semua tipe website mempunyai beberapa langkah yang sama. Tetapi dengan ketahui arah pembikinan website, kamu bisa tentukan plugin dan tipe content yang dibutuhkan dari sejak awalnya.

Bila kamu sudah tentukan arahmu dan tipe website terbaik untuk meraihnya, cara selanjutnya ialah tentukan platform pembikinan website.

2. Tentukan Basis Website

cara mudah membuat website yang kedua ialah menentukan platform website. Platform untuk membuat website umumnya dikenali dengan panggilan Konten Manajemen Sistem (CMS).

CMS ialah sebuah mekanisme pengendalian untuk semua content yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website seperti template, gambar, video, simbol, text, dan lain-lain.

Software CMS berikut yang memungkinkannya kamu untuk membuat sebuah website tanpa perlu pengetahuan tehnis sama sekalipun.

Pada proses pembikinan website, basis yang terpopuler untuk dipakai ialah WordPress. Sekarang ini, WordPress kuasai pasar CMS dan sudah dipakai oleh lebih dari 40% dari semua website di dunia.

Selainnya WordPress, ada pula beberapa CMS yang cukup kerap dipakai sebagai basis pembikinan website misalnya:

  • Drupal
  • Joomla
  • Shopify
  • Wix
  • Squarespace
  • Bitrix
  • Blogger
  • Magento

 

3. Tentukan Web Hosting dan Nama Domain

Cara mudah membuat website selanjutnya ialah pilih situs hosting dan register nama domain. Berikut ialah keterangan ringkas berkenaan domain dan hosting.

Domain: Alamat URL yang hendak dipakai untuk terhubung website seperti dewaweb.com atau dewastore.com
Hosting: Ruangan dalam sebuah server yang bisa dicarter untuk simpan file yang diperlukan oleh website.
Untuk keterangan selanjutnya, kamu bisa membaca artikel kami mengenai ketidaksamaan hosting, domain, dan server.

Apabila sudah pahami mengenai manfaat hosting dan domain, kamu bisa meneruskan ke tahapan penyeleksian tipe hosting yang tepat.

Tentukan Web Hosting

Bila WordPress ialah software yang berperan untuk mengurus semua file berkaitan website, karena itu hosting ialah area untuk menyimpan semua file itu agar dijangkau lewat cara online. Semua data, peralihan, dan penataan website kamu akan disimpan dalam server hosting yang kamu pakai.

Tentukan Nama Domain

Sesudah register hosting, kamu harus juga tentukan nama domain yang pas untuk website-mu.

Domain dan hosting sebagai dua hal yang paling fundamental pada proses pembikinan website. Domain ialah sebuah nama yang berperan sebagai alamat website supaya lebih mudah diketemukan oleh pengunjung.

Kemungkinan kamu telah akrab dengan domain usaian.COM (seperti dewaweb.com), tetapi ada pula perpanjangan yang lain bisa kamu coba pakai seperti.CO.ID,.TECH,.NET,.INFO dan lain-lain.

Instal WordPress

Sesudah beli hosting dan domain, cara seterusnya dalam cara membuat website ialah instalasi CMS WordPress. Berikut ialah beberapa langkah untuk memasang WordPress untuk website barumu:

  • Login ke website lewat namadomain.com/cpanel
  • Membuka Softaculous App Installer
  • Click tombol Install Now
  • Tentukan domain yang ingin diinstal dengan WordPress
  • Mengatur detil nama dan deskripsi website
  • Mengatur username dan sandi WordPress
  • Nantikan proses instalasi sampai usai

5. Sesuaikan Pengaturan Website

Cara mudah membuat website berikutnya ialah Menyesuaikan pengaturan website. Sesudah sukses lakukan instalasi CMS WordPress, saat ini kamu bisa meneruskan ke tahapan optimisasi penataan website. Semua penataan WordPress yang barusan kamu instal masih memakai penataan dasar.

Oleh karena itu, kamu seharusnya lakukan beberapa peralihan untuk memperoleh website berkualitas.

Nach, untuk mengganti penataan WordPress, kamu perlu login lebih dulu ke halaman admin. Turuti beberapa langkah berikut ini:

  • Login ke dasbor lewat “namadomainkamu.com/wp-admin/”
  • Masukan username dan sandi
  • Kamu sudah masuk ke halaman teras admin atau dasbor

Sesudah pelajari tutorial ini, kamu tentu sudah siap untuk memulai membuat website untuk kepentingan individu atau usahamu. Demikian artikel tentnag cara mudah membuat website, semoga bermanfaat.

web counters