Belajar bisnis waralaba : Langkah Mengawali Usaha Franchise?

Belajar bisnis waralaba — Franchise atau dengan bahasa Indonesia disebutkan waralaba ialah sebuah opsi usaha yang dapat dicoba. Beberapa keuntungan bila pilih usaha franchise ini. Satu diantaranya ialah Anda tak perlu memutar otak untuk lakukan branding dan marketing karena franchise telah dikenali beberapa orang.

Bila Anda sampai di artikel ini, Anda pasti mempunyai minat untuk mengawali usaha franchise. Tetapi, bagaimana triknya? Baca pembahasan tentang Belajar bisnis waralaba di bawah ini.

Belajar bisnis waralaba

Belajar bisnis waralaba
Belajar bisnis waralaba

Tentukan tipe franchise

Pilih tipe franchise atau waralaba ialah hal yang cukup melawan. Salah satunya argumennya ialah jika ada beberapa tipe franchise atau waralaba.

Cari info di mana bidang yang Anda sukai

Ini betul-betul mengenai membuat kesesuaian yang pas untuk serangkaian ketrampilan Anda. Ada satu perihal yang dapat memberi referensi dalam cari franchise yang pas untuk Anda: Bikinlah daftar ketrampilan yang Anda punyai.

Misalkan, apa Anda orang yang pintar merajut jalinan sama orang lain? Oleh karenanya, tulis. Atau, kemungkinan Anda bukanlah orang yang ramah; kemungkinan Anda lebih bagus ada di belakang monitor. Apa Anda ialah orang lapangan? Tulis.

Salah satunya langkah untuk lakukan ini untuk lakukan analitis SWOT dalam diri sendiri. Sebuah analitis SWOT ialah matriks simpel yang membuat gampang untuk mengenal kemampuan, kekurangan, kesempatan, dan teror.

Samakan ketrampilan khusus Anda untuk kesempatan waralaba

I ni lebih gampang dibanding terdengarannya. Cocokan daftar sektor yang Anda sukai barusan dengan opsi franchise yang ada. Tetapi, di mana Anda dapat mendapati opsi franchise?

Mulai penelusuran Anda lewat cara online. Portal franchise atau waralaba ialah tempat terbaik untuk mengawali penelusuran. Cari dengan memakai kata kunci seperti “kesempatan waralaba” atau “kesempatan franchise”

Selanjutnya, tentukan beberapa kesempatan franchise yang membuat Anda tertarik. Saksikan masing-masing opsi itu dan saksikan apa Anda bisa memakai Anda ketrampilan Anda untuk mengawali franchise itu.

Lihat trend

Coba menjadi pengamat trend. Amatilah trend customer dan usaha di Indonesia. Mengawali waralaba dengan menyaksikan kesempatan yang terkenal ialah gagasan yang bagus. Tetapi, Anda harus juga dapat percaya jika franchise yang Anda tentukan tidak mempunyai potensi untuk tidak berhasil secara cepat.

Anda harus ketahui pada produk apa customer ingin habiskan uang mereka. Cari info apa produk yang tidak ingin mereka bayar. Ini adalah langkah untuk lakukan penelitian pada pasar.

Bila Anda cenderung ke beli franchise dengan mode usaha B2B, seperti pencuci komersil atau training perusahaan dan pembimbingan, Anda perlu cari tahu apakah yang beberapa pimpinan usaha ulas? Apa keperluan mereka? Apa mereka mempunyai bujet atas sesuatu yang Anda pikir mengenai penawaran?

Bila Anda ingin mengawali sebuah franchise dengan ikuti tren, mulai cari web usaha atau website yang kerap menulis mengenai trend yang berjalan sekarang ini.

 

Apa beberapa langkah untuk mengawali franchise?

Bila Anda telah tentukan tipe waralaba yang hendak Anda tentukan, sekarang waktunya Anda ketahui langkah setiap langkah untuk mengawalinya. Berikut cara yang perlu Diambil untuk mengawalinya.

Cara 1: Pikirkan pro dan kontra beli franchise

Mulailah sebuah usaha franchise dengan rekam jejak yang terbukti. Pilih franchise yang sudah menunjukkan dianya di pasar.

Mengawali usaha baru bisa saja membutuhkan ongkos yang mahal. Anda membutuhkan modal awalan yang cukup buat beli atau sewakan ruangan untuk usaha Anda, memperoleh perlengkapan dan mengawali inventaris, memperoleh lisensi usaha dan asuransi yang dibutuhkan, dan mengaryakan dan latih staff.

Mulai usaha Anda dengan susunan simpatisan franchise bawaan. Pemberi waralaba ingin menyaksikan waralaba mereka sukses. Umumnya, franchisor didorong untuk menolong franchisee mereka dengan service seperti anjuran usaha, training, dan iklan.

 

Cara 2: Tentukan waralaba yang sejalan dengan tujuan usaha Anda

  • Tentukan waralaba yang sesuai personalitas, ketrampilan, atau arah Anda.
  • Apa kemampuan dan kekurangan Anda sebagai wiraswasta?
  • Apa tipe usaha atau industri franchise yang ingin Anda punyai?
  • Apa tujuan usaha Anda dan bagaimana franchise bisa menolong Anda meraihnya?

Itu ialah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab saat akan mengawali usaha franchise.

Cara 3: Meneliti keadaan pasar dan peluang waralaba

Seterusnya, ketahui keadaan pasar lokal Anda. Anda kemungkinan telah mempunyai pertimbangan mengenai tipe usaha apa yang bisa sukses di wilayah Anda. Tetapi, sebaiknya menambahkan perasaan kewiraswastaan Anda dengan data.

Sejumlah sumber data pasar yang bagus mencakup:

  • Lembaga pemerintah, seperti Biro Sensus dan Administrasi Bisnis Kecil (SBA).
  • Sekolah bisnis atau Pusat Pengembangan Usaha Kecil di perguruan tinggi atau kampus di tempat.
  • Perusahaan riset pasar swasta.

Dengan info ini, Anda harus mulai memfilter lebih dari 3.000 waralaba yang lain untuk dipasarkan untuk mendapati yang sangat menarik untuk Anda. Anda harus meluaskan riset Anda dengan mengontak pemilik waralaba yang sama sesuai ketertarikan Anda.

Tiap pemilik waralaba akan memberikan Anda Franchise Disclosure Dokumen (FDD) atau Document Pengungkapan Waralaba mereka. FDD diwajibkan oleh hukum dan memiliki kandungan info luas mengenai kesempatan waralaba.

Antara info itu ialah perincian contact untuk franchisee sekarang ini dan franchisee yang tinggalkan mekanisme franchise sepanjang satu tahun paling akhir. Anda harus memakai pemerincian itu untuk mengontak franchisee yang dahulu tergabung dan sekarang ini untuk bertanya pengalaman mereka dengan berkenaan franchise yang Anda tentukan.

Cara 4: Catat Rencana Usaha

Sesudah pilih waralaba, Anda harus duduk dan menulis gagasan usaha resmi. Menulis gagasan usaha akan menolong Anda jadi terorganisir dan mengundang perhatian investor. Ada beberapa elemen utama yang perlu tertera dalam gagasan usaha yang Anda bikin. Supaya lebih terang, baca Bagian-Bagian Penting dalam Membuat Gagasan Usaha.

Cara 5: Dapatkan Permodalan

Anda perlu modal awalan yang cukup buat penuhi ongkos mengawali usaha franchise. Tak perlu cemas, berikut 3 Modal Usaha yang Dapat Anda Dapatkan Tahun 2020. Janganlah sampai Anda tidak mempunyai modal usaha yang membuat Anda tidak mempunyai peluang untuk mengawali usaha franchise.

Cara 6: Evaluasi dan Tandatangani Kesepakatan Waralaba

Kesepakatan waralaba ialah kontrak yang mengikat di antara Anda dan pemilik waralaba Anda. Karenanya, Anda harus sewa advokat untuk mengevaluasi kesepakatan saat sebelum Anda menandatanganinya. Yakinkan Anda pahami ketetapan kontrak yang sebetulnya, terhitung semua hak dan kewajiban Anda berdasar kesepakatan.

Cara 7: Lihat Syarat Kepatuhan Bisnis

Pemerintahan mengharuskan sebuah usaha untuk mendapat berbagai lisensi dan ijin saat sebelum mereka bisa lakukan usaha. Ini umumnya terhitung lisensi usaha umum, register pajak, ijin kesehatan, dan lisensi kerja.

Ketidakberhasilan untuk menjaga semua lisensi dan ijin yang dibutuhkan bisa menyebabkan denda pemerintahan atau tambah jelek. Franchisor Anda dapat hentikan waralaba Anda bila Anda tidak patuh dalam patuhi syarat lisensi.

Oleh karenanya, kerjakan penelitian untuk ketahui ketentuan apa yang terkait dengan usaha franchise Anda. Selanjutnya, upayakan untuk penuhi semua ketentuan itu.

Cara 8: Buka Waralaba Baru Anda

Pada akhirnya, Anda tiba ketika waktunya untuk buka waralaba Anda ke publik. Ini ialah tempat lain di mana beli waralaba tawarkan keuntungan dibanding memulai dari awal. Franchisor Anda akan membantu Anda lewat proses buka usaha Anda dan jalankan blitz iklan untuk menolong keluarkan informasi jika Anda saat ini terbuka.

Demikian artikel tentnag Belajar bisnis waralaba, semoga bermanfaat

Ă—