Syarat dan Ketentuan Menghasilkan Uang dengan NFT

Menghasilkan Uang dengan NFT — Token non-fungible atau lebih dikenal dengan NFT belakangan ini menarik perhatian masyarakat luas. NDP merupakan turunan dari sistem blockchain, berupa sertifikat digital yang menunjukkan kepemilikan suatu karya.

Pemilik karya dapat menjual NFT kepada orang lain dengan harga rendah atau luar biasa. Pembayaran NFT dilakukan dalam mata uang kripto, yang biasanya menggunakan Ethereum.

Beberapa NFT telah dijual dengan harga fantastis. Satu diakuisisi oleh “Peeble”, pemilik OpenSea NFT. OpenSea adalah pasar NFT yang terkenal. Peeble pernah meraup $69,3 juta atau setara dengan Rp 992 miliar dari penjualan sebuah NFT. Ada juga Ghozali Everyday, pemuda asal Semarang Jawa Tengah yang meraup miliaran rupiah setelah berjualan selfie di OpenSea.

Apalagi, masih banyak pemilik yang menjual karyanya dengan harga tinggi dalam bentuk NFT. Ini menarik banyak orang untuk menjual NFT untuk menghasilkan uang.

Jika Anda tertarik, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk mendapatkan uang dengan menjual NFT Anda. Tidak hanya perangkat berupa komputer atau telepon genggam, syarat lain juga harus dipenuhi. Berikut adalah syarat untuk menghasilkan uang melalui NFT:

Syarat dan Ketentuan Menghasilkan Uang dengan NFT

1. Memiliki dompet digital Kripto

Syarat pertama untuk menghasilkan uang melalui NFT adalah dompet digital kriptografi. Dompet digital Cryptocurrency digunakan untuk mengubah uang resmi menjadi cryptocurrency untuk melakukan transaksi NFT.

Anda dapat membuat dompet digital ini melalui salah satu platform yaitu MetaMask

2. Punya akun di marketplace NFT

Jika Anda sudah memiliki dompet cryptocurrency digital, Anda dapat memulai transaksi NFT di OpenSea. Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun dengan OpenSea sebelum memulai transaksi. Untuk mendaftarkan akun OpenSea, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka https://opensea.io, Anda dapat menggunakan laptop atau browser seluler, tergantung di mana Anda memasang dompet digital Anda.
  • Kali ini OpenSea akan dibuka melalui browser Google Chrome di laptop.
  • Untuk mulai mendaftarkan akun OpenSea Anda, klik ikon dompet atau ikon foto profil dan pilih “Tautkan dompet”.
  • Pilih dompet digital yang Anda gunakan, seperti MetaMask.
  • Kemudian buka ekstensi MetaMask yang sudah terpasang di Google Chrome dengan mengklik ikon teka-teki, yang biasanya ditemukan di sebelah kotak pencarian situs.
  • Kemudian klik “Lampirkan Portofolio”. Dompet digital MetaMask kemudian akan terhubung ke OpenSea
  • Selanjutnya, klik “Akun” dan kemudian “Profil” untuk mengatur profil Anda di OpenSea.
  • Masukkan nama pengguna Anda, alamat email dan sebagainya, lalu klik “Simpan” dan OpenSea akan mengirim pesan ke alamat email Anda.
  • Buka pesan untuk memverifikasi permintaan untuk membuat akun OpenSea Anda.

3. Karya Sendiri

Syarat terakhir untuk menghasilkan uang melalui NFT adalah ada karya dalam berbagai format, seperti gambar, video, foto, dll. Karya itu kemudian diubah menjadi NFT di layanan pasar.

Ini adalah beberapa syarat untuk menghasilkan uang melalui NFT . Padahal, langkah menjual NFT hampir sama dengan saat di pasar lain, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Bedanya, transaksi NFT menggunakan cryptocurrency dan hanya bisa dijual di platform pasar tertentu. Anda bisa mendapatkan uang melalui NFT dengan menjual karya digital yang dibuat di platform NFT Marketplace. Yang harus Anda lakukan adalah mengunggah karya Anda ke platform NFT Marketplace dan mendaftarkan nilai tukar.

Menghasilkan uang dengan NFT terdengar sederhana, tetapi sebenarnya ada banyak NFT lain yang tidak dijual di pasaran. NFT yang tidak menjual secara tidak langsung menunjukkan bahwa barang tersebut kurang berharga atau tidak layak untuk dikoleksi.

Jika ingin karya Anda diapresiasi, simak tips menghasilkan uang dengan NFT berikut ini:

  • Pertama, catat harga NFT melalui riset pasar. Jika Anda seorang penjual baru, Anda dapat melihat terlebih dahulu berapa harga jual untuk karya seperti milik Anda.
  • Ciptakan NFT dengan nilai khas atau unik yang dapat dengan mudah mengenali karya Anda bagi calon pembeli. Fitur ini membuat NFT Anda lebih berharga.
  • Bangun hubungan baik dengan komunitas pecinta NFT untuk menarik lebih banyak pembeli sehingga Anda memiliki peluang lebih besar untuk menjual karya Anda.

Semoga tips dan cara menghasilkan uang melalui NDP ini bermanfaat.