Timnas Indonesia Bantai Singapura di Piala AFF 2020 dan Hampir Digeser di Rangking FIFA

Setelah Timnas Indonesia dibantai 3-5 di Piala AFF 2020, Singapura akan segera disinggung lagi oleh pihak Garuda. Jika Timnas Indonesia menang melawan Timor Leste pada pertandingan kedua Matchday FIFA pada Minggu 30 Januari 2022, tim besutan Shin Tae-yong akan menggeser Singapura dari peringkat 160 di peringkat FIFA.

Singapura saat ini berada di peringkat 160 dunia dengan 1.000,78 poin. The Lions -julukan Singapura- terancam digeser timnas Indonesia yang melakoni dua laga melawan Timor Leste pada pertandingan FIFA Januari 2022.

Timnas Singapura berpeluang didorong Timnas Indonesia diperingkat FIFA

Kamis 27 Januari 2022, Timnas Indonesia melakoni laga perdana melawan Timor Leste, di Gianyar, Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali. , Timnas Indonesia menang 4-1.

Berkat kemenangan ini, posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA melonjak. Sebelumnya, Timnas Indonesia berada di peringkat 164, kini dengan perolehan 997,78 poin lebih banyak dari tiga peringkat di peringkat 161. Lewat kemenangan tersebut, Timnas Indonesia mendapat poin lebih banyak 3,82.

Jika menang lagi di laga kedua melawan Timor Leste, tim nasional Indonesia akan mendapat total 7,65 poin. Artinya, poin timnas Indonesia adalah 1000,61 poin. Timnas Indonesia menempati peringkat 160 dunia, menggeser Singapura! Shin Tae-yong untuk mempesona! Pada babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia juga akan menempati urutan ke-3, sedangkan Singapura akan rela turun ke piring ke-4 dalam pengundian Kamis 24 Februari 2022.

Piala AFF 2020

Mengapa tidak ada pertandingan Singapura di FIFA Januari 2022? Pasalnya, Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) masih mencari manajer baru setelah Tatsuma Yoshida mengundurkan diri usai Piala AFF 2020.

Luis Milla, Calon Pelatih Timnas Singapura

Sebelumnya ada puluhan calon manajer timnas Singapura, namun kini turun menjadi tiga. Salah satu kandidatnya adalah mantan pelatih timnas Indonesia Luis Milla. Selain Luis Milla, ada dua kandidat lainnya, Stephen Constantine (Inggris) dan Kim Hak-bun (Korea Selatan).

Tiga nama pelatih di atas sama-sama punya rekor klasik. Kim Hak-bum memimpin Korea Selatan di kejuaraan U-23 dengan meraih medali emas di Asian Games 2018. Luis Milla Spanyol kemudian memenangkan Piala Eropa U-21 2011. Sementara itu, Stephen Constantine adalah instruktur kepelatihan yang sering mengajar untuk seri. salah satu taktik terbaik di dunia. Karena itulah menarik siapa yang akan menjadi pelatih timnas Singapura.