Cara Membuat Aplikasi Android Gampang Ternyata!

Cara Membuat Aplikasi Android  — Hai, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail bagaimana cara membangun sebuah aplikasi Android untuk pemula, dengan atau tanpa skill programming (pemrograman). Jika saya bisa menebak, mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menguasai keterampilan membangun aplikasi. Beberapa di antaranya:

  • Untuk tujuan komersial
  • Untuk bekerja
  • Untuk pekerjaan rumah / tesis gelar
  • Anda ingin bekerja sebagai pengembang android
  • Anda ingin menambahkan keterampilan baru
  • Dan mungkin yang lain

Jika salah satu di atas adalah, Anda sekarang harus serius mempertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android.

2 Cara Membuat Aplikasi Android yang Paling Direkomendasikan

Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

Ada banyak cara untuk membangun aplikasi Android. Sekarang, saya sangat merekomendasikan dua metode ini untuk membangun aplikasi Android. Apa saja itu? Simak ulasannya di sini sekarang.

#1. Cara Membuat Aplikasi Android menggunakan Android Studio

Cara pertama ini direkomendasikan oleh Google sebagai induk perusahaan Android.

Google sendiri mengembangkan tools atau software yang bisa kita gunakan secara gratis untuk membuat aplikasi Android bernama Android Studio. Android Studio sangat powerful karena telah menyediakan berbagai fitur untuk membuat aplikasi Android yang kita inginkan.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Android Studio:

  • Mempercepat proses pembuatan aplikasi
  • Mudah dipahami dan digunakan
  • Alat dengan berbagai manfaat penulisan, pengujian, dan debugging
  • Hemat waktu dan jadilah lebih produktif

Berikut langkah-langkah membuat aplikasi menggunakan Android Studio

Menginstall berbagai tools yang dibutuhkan

Install JDK

Langkah pertama adalah install terlebih dahulu JDK pada laptop yang akan anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi. Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bahasa utama di Android Studio, jadi kita perlu menginstal JDK terlebih dahulu. Sama sekali tidak sulit untuk menginstal.

Install Android Studio

Jika JDK sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah menginstal Android Studio. Perangkat lunak ini dapat diunduh langsung dari situs pengembang Android resmi. Ini adalah tautan unduhan. Saat ini Android Studio terbaru adalah versi Bumblebee dengan kapasitas 872MB. Karena kami biasanya menginstal perangkat lunak untuk komputer, tidak akan ada kesulitan besar dalam menginstal Android Studio.

Namun saat mendownload dan menginstal Android Studio, pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil, dan jika menggunakan kuota, kuota harus mencukupi.

Instal SDK

Proses penginstalan SDK biasanya bersamaan dengan penginstalan Android Studio, namun terkadang terjadi error yang memungkinkan kita menginstal SDK setelah menjalankan Android Studio.

Software Development Kit (SDK) adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membangun aplikasi Android. Termasuk perpustakaan, emulator, dokumentasi, kode sampel, dan banyak lagi. Oleh karena itu, penting untuk menginstal SDK ini.

Mulai Membuild App

Project Baru

Jika semuanya sudah terpasang dengan benar, saatnya untuk mulai membuka Android Studio untuk membuat proyek baru. Saat pertama kali membuka Android Studio, ia menawarkan opsi utama:

Proyek baru: kesempatan untuk memulai proyek baru
Buka: membuka proyek yang telah kita simpan
Unduh dari VCS: Unduh proyek dari repositori seperti github

Karena kami memulai dari awal, kami memilih Proyek Baru.

Activity

Selanjutnya, kita perlu menentukan tata letak bisnis dari berbagai tata letak yang tersedia. Untuk mengatakan:

  • Basic activity
  • Empty Activity
  • Bottom Navigation Activity
  • Google Maps Activity
  • Admob Activity
  • Navigation Drawer Activity
  • Dan lainnya

Mana yang harus saya pilih jika saya benar-benar orang awam? Pilihannya adalah Aktivitas Kosong. Ini karena untuk tugas kosong, Anda dapat dengan bebas mengatur tata letak dari awal.

Name – SDK

Jadi kita perlu mengisi atau memasukkan sekarang:

  • Nama: nama aplikasi
  • Nama Paket: Nama paket
  • Simpan lokasi: tempat file disimpan
  • Bahasa: bahasa utama yang digunakan, java atau kotlin
  • SDK Minimum: SDK minimum yang digunakan

Interface & Struktur Folder

Tunggu hingga ruang kerja Android Studio benar-benar tersedia. Biasanya hanya membutuhkan beberapa menit untuk memuat, tergantung pada kapasitas batang dorong dan proses yang digunakan. Yang terbaik, tercepat. Pastikan koneksi internet Anda terhubung dan stabil saat menjalankan Android Studio. Karena pada awalnya banyak layanan yang biasanya diunduh secara otomatis.

Untuk mempermudah mempelajari Android Studio, Anda perlu memahami bagian dari antarmuka dan struktur proyek, seperti:

  • Bilah menu
  • Toolbar
  • Palet
  • desain Android
  • Bagian kayu
  • Dan lainnya

Memahami Layout dan Mulai Membuat Aplikasi Android Sederhana

Semakin sering Anda berlatih, semakin halus keterampilan Anda. Langkah termudah untuk lebih mengembangkan pengalaman pengembangan Android Anda adalah dengan berlatih membangun berbagai aplikasi sederhana. Berikut adalah beberapa aplikasi sederhana untuk memulai Android Studio:

Membuat aplikasi kalkulator

Jika Anda tidak nyaman dengan kalkulator, Anda dapat mulai mempelajari cara mendesain dan menyempurnakan logika pemrograman android dengan membuat aplikasi kalkulator ini.

Seperti halnya pemrograman lain, biasanya sangat disarankan agar Anda membuat aplikasi kalkulator sederhana.

Membuat Aplikasi Splash Screen

Pernahkah Anda mendengar istilah layar splash?

Saat membuka WhatsApp, Facebook, atau aplikasi lain, biasanya akan muncul ikon di awal sebelum masuk ke menu utama, yang disebut splashscreen.

Buat aplikasi WebView

Ada lagi aplikasi webview, apa itu webview? Misalnya, Anda ingin membuat aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dari YouTube.

Sekarang Anda dapat membuat tampilan web dan kemudian mengatur aplikasi untuk hanya menampilkan saluran yang membahas tutorial dalam bahasa Inggris.

Buat menu dasbor

Atau, jika Anda pernah membuka Gojek, Shopee, dan aplikasi e-commerce apa pun, biasanya ada menu awal yang menampilkan berbagai ikon. Saat Anda pergi ke goy, ikon gocar, goride, gofood, dan lainnya ditampilkan di dasbor utama. Ini disebut menu dasbor. Anda dapat mencoba berlatih dengan Android Studio.

Jangan lupa masalah tata letak, kita bisa menggunakan tata letak yang berbeda di Android Studio. Diantara mereka:

  • Tata letak linier
  • Ketentuan relatif
  • Dan lainnya

Tata letak linier

Susunan ini digunakan untuk menyusun bagian-bagian secara horizontal atau vertikal. Komponen dapat berupa tombol, teks, gambar, dan lainnya.

Ketentuan relatif

Seperti namanya, itu relatif, karena itu fleksibel. Karena posisi masing-masing komponen di dalamnya dapat menunjukkan relatif terhadap komponen lainnya.

#2. Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Tanpa Coding

Jika Anda mengembangkan aplikasi dengan Android Studio, Anda harus menggunakan coding, ada cara lain yang tidak menggunakan coding sama sekali. Ya, caranya adalah dengan menggunakan platform online atau web. Dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan platform yang direvisi, kita dapat membuat aplikasi Android sederhana. Karena setelah itu hanya tarik-menarik.

Nah, berikut ini adalah beberapa situs yang memungkinkan kita untuk membangun aplikasi Android tanpa harus mempelajari keterampilan pemrograman.

Appery.io

cara membuat aplikasi
cara membuat aplikasi

Platform web pertama untuk membangun aplikasi Android adalah Appery.io. Salah satu keunggulan platform ini adalah menyediakan kemampuan pengembangan aplikasi seluler perusahaan dan layanan back-end yang terintegrasi dengan baik. Selain itu, Appery.io dikemas dengan plug-in dan API yang terintegrasi dengan layanan cloud dan sistem perusahaan.

Platform ini juga menggabungkan visualisasi dengan kekuatan pemrograman JavaScript, sehingga aplikasi merespons berbagai perangkat dan berjalan dengan cepat.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke website resminya, yaitu: https://appery.io/

AppMaker

cara membuat aplikasi
cara membuat aplikasi

Selain aplikasi Android, platform AppMaker memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi iPhone tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Salah satu kelebihan AppMaker adalah siapa saja bisa menggunakannya, bahkan pemula yang belum familiar dengan pemrograman. Yang terpenting konten yang ingin ditampilkan di aplikasi sudah siap. Karena mewujudkannya akan lebih mudah, lebih tepat sasaran dan lebih cepat.

Anda dapat melihat detailnya di sini: https://appmaker.xyz/

Appy Pie

cara membuat aplikasi
cara membuat aplikasi

Platform web berikutnya untuk membangun aplikasi Android non-coding adalah Appy Pie. Appy Pie tidak mengharuskan Anda untuk mengunduh aplikasi, tetapi Anda dapat mendaftar dan masuk secara langsung, dan Anda dapat membuat aplikasi secara instan dengan drag and drop sederhana.

Di sini Anda dapat membuat aplikasi tidak hanya untuk Android, tetapi juga untuk iPhone. Itu juga dapat dikembangkan untuk Windows dan menyalakan di sini.Hal lain yang tak kalah penting adalah fitur Appy Pie yang tersedia untuk pengembangan game. Wow, baiklah.

Untuk detailnya, lihat situs web resmi Appy Pie: https://www.appypie.com/

BiznessApps

cara membuat aplikasi
cara membuat aplikasi

Anda juga dapat membuat aplikasi Android secara online dengan aplikasi web ini. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah memiliki CMS atau sistem manajemen konten yang sangat intuitif dan berbagai elemen dapat diatur dengan mudah.

Ada juga template siap pakai yang tersedia, sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuka Anda, membuatnya mudah untuk membuat aplikasi Android dengan alat ini.

Untuk detailnya, kunjungi situs web resmi: https://www.biznessapps.com/

Penutup Cara Membuat Aplikasi Android

Jadi, pada titik ini, apakah Anda siap untuk membuat aplikasi Android Anda sendiri? Metode mana yang Anda pilih? Tanpa coding atau menggunakan coding?. Keduanya sama-sama bagus tergantung kebutuhan aplikasi yang akan dilakukan nantinya. Jika Anda membutuhkan referensi untuk mempelajari cara membangun aplikasi dengan Android Studio. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikannya kepada orang lain jika Anda merasa bermanfaat.