Apa itu Facebook Creator Studio dan Cara Menggunakannya

Apa itu Facebook Creator Studio — Facebook dan Instagram merupakan media sosial dari induk perusahaan Facebook, yang saat ini menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Pengguna juga mungkin terbiasa menggunakan Facebook dan Instagram.

Media sosial ini memiliki kelebihan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sebut saja Instagram dengan berbagai fitur terutama postingan dan story Instagram, makanya banyak pebisnis yang menggunakan Instagram untuk berjualan.

Mengutip Katadata, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia meningkat 20% pada 2019, mencapai 150 juta pengguna. Jika kita hitung ulang, jumlah pengguna Facebook di Indonesia sudah berjumlah 120 juta pengguna, yaitu 44,94 dari total penduduk Indonesia. Indonesia merupakan negara ke-4 dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Tidak seperti Instagram, Indonesia memiliki total 56 juta pengguna atau 20,97% dari total populasi, dan merupakan terbesar keempat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat aktif menggunakan media sosialnya.

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio

facebook studio
facebook studio

Facebook Creator Studio adalah alat/aplikasi yang dibuat oleh Facebook yang terintegrasi ke dalam suatu sistem untuk mempublikasikan, mengelola, memonetisasi media sosial/dalam hal ini memanfaatkan media sosial, mengukur kualitas dan perkembangan media sosial melalui data dan wawasan. . di dasbor Facebook Creator Studio.

Facebook Creator Studio memungkinkan siapa saja dengan mudah dan cepat mengelola halaman Facebook dan Instagram mereka secara bersamaan. Selain itu, mereka menawarkan banyak fitur yang dapat memanjakan pengguna Facebook dan Instagram melalui Facebook Creator Studio ini.

Manfaat menggunakan Facebook Creator Studio

Tentunya dengan tools Facebook Creator Studio kita bisa mendapatkan banyak keuntungan secara tidak langsung, berikut beberapa keuntungan menggunakan Facebook Creator Studio:

  • Anda dapat mengupload beberapa video sekaligus, melintasi konten di beberapa halaman, dan menjadwalkan, memperbarui, atau menyimpan postingan sebagai konsep.
  • Halaman beranda atau dasbor utama Creator Studio mencakup umpan posting dari halaman yang dipilih, beberapa informasi konten dasar, dan komposer tempat Anda dapat mengunggah konten dan menerbitkannya di halaman mana pun.
  • Anda dapat mengelola semua konten Anda di semua halaman Anda di satu tempat. Anda dapat melihat, memfilter, dan mencari semua postingan video, foto, tautan, dan teks di semua halaman. Anda juga dapat melihat wawasan dari setiap pos dan menindaklanjutinya, seperti mengedit, mengoreksi, atau menghapusnya.
  • Pelajari lebih lanjut tentang kinerja, keterlibatan, pemirsa, dan pendapatan. Di bagian Insights, ada banyak laporan di media sosial, Facebook dan Instagram.
  • Anda juga dapat melacak di mana dan bagaimana konten asli Anda yang dilindungi hak cipta telah diposting. Halaman manajemen hak bekerja dengan mendeteksi konten audio dan video yang cocok dengan file referensi yang diunggah. Anda dapat menerapkannya di halaman manajemen hak Creative Studio.
  • Creator Studio – di Instagram dan Facebook – dapat dikelola oleh berbagai admin atau peran lain seperti admin, editor, moderator, pengiklan, dan analis. Menggunakan Creator Studio secara lebih optimal untuk mengelola bisnis, perusahaan, dan tim bisnis.

Mengelola Facebook di Creator Studio

Saat Anda membuka alat Creator Studio ini, salah satu media sosial yang terintegrasi adalah Facebook. Di mana Anda dapat menggunakan banyak fitur seperti Pustaka Konten, Wawasan, Kotak Masuk +, Menit, Manajemen Hak, Pustaka Audio, dan Halaman Terakhir.

Bagian Konten di bagian Facebook Creator Studio memberikan ikhtisar tentang semua video, foto, tautan, dan teks di halaman Facebook yang telah Anda filter. Anda juga dapat melihat wawasan dari setiap pos dan menindaklanjutinya, seperti mengedit, mengoreksi, atau menghapusnya.

Berikut adalah beberapa penjelasan di bagian Isi:

  • Posting

Di bagian Postingan pada tab Konten, Anda dapat melihat ikhtisar semua postingan di halaman yang dipilih. Semua posting ini akan memberi tahu Anda tentang beberapa variabel yang penting untuk kebutuhan manajemen media sosial Anda.

  • Filter

Anda dapat mempersempit pencarian Anda ke jenis posting tertentu hanya dengan mengklik Jenis Postingan dan memilih Video, Foto, Tautan, atau Teks. Anda dapat memfilter posting lebih lanjut berdasarkan tanggal, status (Diterbitkan, Kedaluwarsa, Langsung, Dijadwalkan, Draf, atau Kedaluwarsa) atau mencari posting tertentu dengan memasukkan judul atau deskripsinya di bilah pencarian.

  • Tindakan

Anda dapat melakukan tindakan tertentu pada postingan dengan mencentang kotak di sebelah kiri item. Tindakan yang berbeda tersedia tergantung pada peran halaman dan format posting yang dipilih.

  • Wawasan

Anda bisa mendapatkan informasi mendetail tentang kinerja postingan Facebook tertentu dari Pustaka Konten. Untuk mengakses detail postingan, klik di mana saja pada postingan dalam daftar atau centang kotak di samping postingan dan klik Lihat Statistik Postingan.

Kesimpulan

Facebook Creator Studio menawarkan sejumlah fitur untuk membantu Anda memaksimalkan media sosial Facebook dan Instagram. Facebook Creator Studio menawarkan banyak fitur, termasuk beberapa fungsi dasar yang disediakan oleh Facebook dan Instagram sendiri.

Kami melihat bahwa Facebook Creator Studio sangat cocok digunakan oleh para kreator dan brand untuk bisnis, korporasi, korporasi dan lain-lain, karena memiliki banyak keunggulan, yang paling menarik di antaranya adalah fungsi perencanaan dan pelaporan yang sangat komprehensif yang dapat mempermudah analisis pengguna. .

Semoga artikel ini bermanfaat, menurut Anda fitur apa saja yang harus dimiliki Facebook Creator Studio agar lebih menarik dan bermanfaat? jangan lupa komen dibawah!