Aplikasi Mobile Banking Terbaik 2021

Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir setiap bidang masyarakat, dan dunia perbankan tidak bisa tidak tersentuh oleh teknologi yang berkembang begitu pesat di abad ke-21. Salah satunya adalah hadirnya aplikasi Mobile Banking. Perbankan merupakan salah satu industri yang berkembang dengan kemajuan teknologi, mungkin sebagai anak muda Indonesia saat ini istilah financial technology atau fintech sudah tidak asing lagi.

Salah satu perkembangan Fintech adalah penerapan teknologi berupa akses internet untuk mempermudah transaksi perbankan modern. Berkat teknologi fintech, ada sejumlah fitur baru berbasis internet yang saat ini bisa Anda dapatkan sebagai nasabah bank. Layanan perbankan berbasis teknologi yang populer termasuk SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone, bank berlomba-lomba menciptakan aplikasi Mobile Banking yang menarik dan fungsional.

Apa itu Mobile Banking?

Mobile Banking adalah layanan perbankan yang memberikan kemudahan dalam memproses transaksi dan melacak rekening tanpa harus ke bank. Saat ini dapat dikatakan bahwa setiap bank nasional di Indonesia telah memiliki aplikasi Mobile Banking dengan fitur dan keunggulannya masing-masing.

Aplikasi Mobile Banking ini dibuat untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara online melalui smartphone tanpa harus ke bank. Mobile Banking juga disingkat M-Banking. Saat ini, Android dan iOS adalah dua sistem operasi widget yang paling populer, jadi selain tersedia melalui situs web, semua bank harus memiliki aplikasi Mobile Banking yang saat ini mendukung dua sistem operasi seluler terpopuler.

Kelebihan Mobile Banking

Layanan Mobile Banking, terutama yang menggunakan aplikasi multimedia, memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan sistem perbankan tradisional, yang mengharuskan Anda bolak-balik ke bank atau ATM hanya untuk keperluan cek saldo, pembayaran, isi ulang.

Aplikasi Mobile Banking mudah diakses kapan saja, di mana saja, dan jika Anda terhubung ke Internet, Anda pasti dapat melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi. Tampilan yang sederhana dan layanan yang lengkap juga memudahkan transaksi. Bank menyediakan semua aplikasi Mobile Banking dengan sistem keamanan berlapis, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang orang yang tidak bertanggung jawab meretas akun online Anda. Anda juga dapat menambahkan sistem keamanan ke ponsel Anda, seperti kata sandi dan sidik jari.

Selain itu, aplikasi Mobile Banking menghemat waktu dan uang yang biasanya diperlukan saat memproses transaksi melalui cabang bank terdekat.

Terakhir, dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking, Anda tidak perlu lagi melakukan tugas antrian panggilan yang membosankan selama puluhan atau sepuluh menit, cukup menunggu dalam antrian untuk menyelesaikan transaksi di ATM atau cabang terdekat.

5 Aplikasi Mobile Banking Terbaik di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan di atas, masing-masing aplikasi mobile banking memiliki keunikan fitur dan keunggulannya masing-masing, dari sekian banyak aplikasi mobile banking yang ada, berikut ini adalah 5 aplikasi mobile banking terbaik di Indonesia pada tahun 2021 yang telah diluncurkan hingga saat ini.

1. Jenius (BTPN)

Jenius adalah aplikasi perbankan digital terbaik Bank BTPN. Aplikasi ini membantu pengguna mengelola aset keuangan seperti tabungan, transaksi atau keuangan dan memungkinkan pelanggan untuk memiliki rekening bank. Semua dari satu tempat, dari ponsel, di Android dan iOS.

Tampilannya yang segar dan fitur yang serba digital membuat Janius cocok untuk anak muda. Manfaat utama dari aplikasi mobile banking ini adalah promosi bebas biaya transfer di semua rekening bank Indonesia dengan saldo minimal Rp 1 juta per bulan.

Aplikasi mobile banking ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan atau gratis, tanpa biaya kartu ATM. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang menyukai atau membutuhkan banyak nomor rekening untuk transaksinya setiap hari.

2. PermataMobile X (Bank Permata)

PermataMobileX adalah aplikasi mobile banking terbaik milik Bank Permata. Aplikasi perbankan ini memiliki sejumlah fitur inovatif, salah satunya adalah cek saldo tanpa login. Anda tidak perlu masuk ke akun Anda hanya untuk melihat saldo terbaru Anda.

Jika Anda menggunakan PermataMobile X untuk transaksi online, sejumlah refund menarik juga tersedia, yang menjadi keunggulan utama dari aplikasi PermataMobile X milik PermataBank.

Anda tidak perlu menunggu lama dan tidak harus memenuhi persyaratan khusus, saat ini jika Anda membuka akun PermataME Anda akan menerima pengembalian dana 50% dengan saldo awal minimal Rp 100.000. Rekening ponsel PermataME sendiri bebas biaya kartu bulanan dan administrasi, serta bebas transfer ke semua bank di Indonesia.

3. BCA Mobile Banking (BCA)

Menjadi bank terbesar di Indonesia hingga saat ini, Bank BCA juga memiliki aplikasi mobile banking bernama Bank BCA M-Banking yang disebut BCA Mobile. Salah satu fitur unggulan BCA Mobile adalah tarik tunai dari ATM tanpa kartu kredit.

Anda juga dapat menautkan kartu kredit Anda ke BCA Mobile. Ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kartu Anda, mengaktifkan PIN Anda dan memblokir kartu kredit Anda di aplikasi BCA Mobile tanpa harus pergi ke bank. Sebagai bank terbesar, Bank BCA juga kerap memberikan promo kepada para penggunanya.

BCA saat ini merupakan bank terbesar di Indonesia, sehingga menerima berbagai promo setiap minggu atau bulannya. Terdapat banyak rekening ATM dan Bank BCA sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola transaksi offline.

4. BNI Mobile (BNI)

BNI Mobile adalah aplikasi mobile banking yang disediakan oleh Bank BNI. Sebagai bank milik negara (BUMN), manajemen Bank BNI tidak mau kalah meski dalam pengembangan teknologi perbankannya di sektor mobile, BNI disebut-sebut selangkah lebih maju bahkan dari bank terbesar milik negara, Bank BIS. . syarat dan ketentuan layanan mobile banking.

Fitur unggulan BNI Mobile adalah jadwal pembayaran tagihan. Fitur dasar lainnya seperti cek saldo dan transfer bank pasti tersedia di aplikasi BNI Mobile. BNI Mobile juga bisa digunakan untuk isi ulang uang elektronik seperti Link Aja, Gopay dan OVO.

Sebagai anggota Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara), BNI memiliki cabang dan ATM di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ini memungkinkan Anda untuk melanjutkan transaksi dengan bank jika terjadi kehilangan akses internet.

5. Mandiri Online (Bank Mandiri)

Banca Mandiri menyediakan aplikasi Mandiri Online kepada nasabahnya. Keunggulan Mandiri Online adalah top up e-money di jalan tol. Limit transfer antar bank Mandiri Online paling tinggi dibandingkan aplikasi Mobile Banking lainnya, yaitu Rp 100 juta/hari.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Mandiri Online adalah fungsi integrasi antara Mobile Banking dan aplikasi Mandiri Online, sehingga hanya diperlukan satu akun untuk perangkat yang berbeda dan untuk mengakses akun online.

Seperti halnya aplikasi mobile banking pada umumnya, Anda dapat melakukan transfer, pembayaran dan pembelian langsung dengan Mandiri Online, maupun langsung dengan Mandiri e-money, LinkAja, GO-PAY, OVO, M-Tix dan lainnya. uang elektronik Anda dari Mandiri.

Di saat segala sesuatunya terjadi begitu cepat, menggunakan aplikasi Mobile Banking adalah suatu keharusan, terutama bagi kaum muda yang sangat menginginkan kehidupan yang produktif dan praktis. Dengan menggunakan Mobile Banking, Anda dapat menghemat banyak waktu yang biasanya mengantri saat melakukan transaksi keuangan di ATM atau bank.

Ini adalah 5 aplikasi mobile banking terbaik di Indonesia pada tahun 2021 yang ada hingga saat ini. Masing-masing aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi yang suka mengambil kartu kredit dari bank yang berbeda, ada baiknya mencoba menggunakan Jenius dan PermataMobile X, karena kedua aplikasi Mobile Banking di atas tidak dikenakan biaya bulanan.