Cara Buat Link Whatsapp Manual dan Otomatis

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer saat ini. Kali ini, WhatsApp merilis fitur “klik untuk mengobrol”. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengobrol tanpa harus menambahkan nomor telepon ke kontak mereka. Tentunya fitur ini sudah sangat dinanti oleh para pelaku bisnis khususnya yang menjalankan bisnis online.

Dengan fitur “click to chat”, konsumen hanya perlu mengklik link yang tersedia untuk berkomunikasi langsung dengan penjual. Alasan utama Anda perlu membuat tautan WhatsApp adalah karena email tidak lagi relevan dengan percakapan real-time, bukankah malas untuk hanya meminta produk melalui email?

Juga, harus meminta pelanggan untuk mengisi formulir membutuhkan waktu lama, dan pelanggan mungkin kehilangan minat. Tentunya melakukan panggilan telepon terlalu merepotkan jika banyak pelanggan yang ingin bertanya tentang produk, tidak akan memakan waktu lama kan? Ada kalanya Anda perlu membuat tautan WhatsApp.

Jika Anda memiliki situs web, Anda juga dapat menambahkan tautan ke situs web Anda. Selain itu, jika Anda ingin orang lain memiliki akses yang lebih mudah ke LinkedIn, Anda juga dapat menambahkan tautan WhatsApp ke LinkedIn. Jika Anda memiliki akun bisnis di Instagram, Anda juga dapat menyertakan tautan WhatsApp di resume Instagram Anda.

Jika Anda memiliki saluran YouTube dan ingin memudahkan orang terhubung dengan Anda, Anda juga dapat memposting tautan WhatsApp di Youtube. Kemudahan ini tidak hanya dirasakan oleh pembeli, tetapi juga oleh penjual betapa mudahnya berkomunikasi dengan calon konsumen dengan fitur “Chat with One Click” ini. Siapa pun yang mengklik tautan WhatsApp yang tersedia dapat mulai mengobrol dengan orang itu.

Plus, dengan sejumlah fitur dukungan WhatsApp, itu bisa menjadi platform yang tepat untuk menawarkan produk Anda. Bagaimana? Pelajari rahasia cepat kaya hanya dari rahasia modal dengan Facebook, Whatsapp dan Instagram. Fitur ini tidak hanya tersedia di WhatsApp di smartphone, tetapi juga di WhatsApp web. Anda juga dapat dengan mudah membuat tautan Anda sendiri. Untuk melakukan ini, lihat artikel di bawah ini.

Cara Membuat Link WhatsApp Otomatis dengan Link WA Generator

Untuk membuat link WhatsApp otomatis, Anda hanya perlu menggunakan situsnya yaitu wa.wizard.id. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Sebagai langkah pertama, buka wa.wizard.id
  2. Kemudian masukkan nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp Anda.
  3. Pastikan kode negara sesuai dengan nomor telepon yang terdaftar.
  4. Anda juga dapat menulis pesan otomatis dengan mengisi kolom yang tersedia.
  5. Jika Anda telah memasukkan nomor telepon dan pesan otomatis dengan benar, klik tombol “buat tautan”.
  6. Tautan WhatsApp kemudian akan muncul.
  7. Anda dapat menyalin dan menempelkan tautan di platform media sosial apa pun.
  8. Selain menggunakan tautan, Anda juga dapat mengubahnya menjadi kode QR dengan mengklik opsi Kode QR di sebelah ikon Tautan.
  9. Pembuatan otomatis tautan WhatsApp selesai.

Halaman lain yang dapat digunakan:

  • https://postcron.com
  • https://create.wa.link/

Cara Membuat link WhatsApp Secara Manual

Selain mode otomatis, Anda juga dapat membuat tautan WA secara manual. Anda hanya perlu menggunakan URL yang mengarah langsung ke obrolan WhatsApp Anda.

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Tautan di atas adalah tautan yang tidak ditambahkan nomor telepon. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nomor telepon Anda, misalnya:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281122334456

Kami menyarankan Anda menggunakan kode negara sebelum nomor telepon. Untuk Indonesia, kode panggilan internasional adalah +62. Tidak perlu menggunakan “0” lagi setelah menambahkan awalan internasional.

Tidak perlu menggunakan tanda hubung untuk menuliskan nomor telepon, cukup tulis nomornya saja. Anda kemudian dapat menyalin tautan untuk menempel di platform media sosial.

Cara Membuat Link WhatsApp secara Manual Menggunakan Chat

Cara di atas hanyalah tautan ke jendela obrolan WhatsApp. Namun, tidak ada pesan otomatis dalam daftar. Bagi yang memiliki bisnis online tentunya akan lebih mudah memberikan formulir secara langsung untuk melakukan pemesanan. Anda tidak hanya dapat menulis pesan pembuka.

https://api.whatsapp.com/send?phone=YourWhatsAppNumber&text=TextWhatsAppCode

Tautan di atas adalah tautan yang belum Anda tambahkan nomor telepon atau pesan otomatisnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nomor telepon dan pesan seperti ini,

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281122334456&text=Hello%20Congratulations%20Come%20At%20Toko%20We

% 20 membutuhkan ruang untuk teks,% 0A dapat digunakan untuk input. Pembuatan manual tautan WhatsApp telah selesai. Anda dapat menempelkan tautan ke platform media sosial Anda.

Cara Membuat link WhatsApp dengan bit.ly

Faktanya, membuat tautan WhatsApp secara manual sedikit merepotkan. Belum lagi antrean link yang panjang. Jika Anda menggunakan bit.ly, Anda dapat mempersingkat tautan dan membuat branding perusahaan Anda lebih terlihat. Anda tidak perlu khawatir karena bit.ly gratis. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat link WA menggunakan bit.ly:

  1. Langkah pertama buka web bit.ly
  2. Kemudian masukkan link yang dibuat secara manual dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya.
  3. Kemudian klik tombol “jalan pintas”.
  4. Jika Anda mengklik tombol “singkatan”, tautan yang lebih pendek akan muncul.
  5. Di sebelahnya Anda akan menemukan tombol “salin”.
  6. Untuk mengubah nama tautan, Anda sebenarnya membutuhkan akun berbayar. Misalnya link name diganti https://bit.ly/3fzBI5F, bisa diganti https: // masakan / dapur atau sejenisnya.
  7. Untuk membuat dari ponsel Android, Anda harus menginstal Bitly terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya dari Playstore.
  8. Setelah berhasil mengunduh dan menginstalnya, buka aplikasi Bitly.
  9. Jadi pertama daftarkan akun.
  10. Isi tautan WhatsApp lalu ketuk “buat”.
  11. Anda dapat menggunakan tautan dan menempelkannya ke berbagai platform media sosial.
  12. Perhatikan bahwa huruf kapitalnya persis sama, tidak ada kesalahpahaman. Jika link yang dimasukkan salah, link tersebut tidak akan ditampilkan atau “not found”. Bitly mobile dapat mengubah URL, tidak seperti Bitly di web.

Cara Membuat Link WA dengan wa.link

Selain membuat tautan WhatsApp secara otomatis atau manual, Anda juga dapat membuat tautan WhatsApp dari create.wa.link. Tautan Wa memberi Anda seperangkat alat untuk membuat tautan WhatsApp pendek dan tautan pendek. Berikut cara membuat link WhatsApp menggunakan wa.link:

  1. Langkah pertama dalam membuat link ke wa.link adalah dengan membuka situsnya yaitu https://create.wa.link
  2. Jadi yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nomor ponsel yang digunakan untuk akun WhatsApp Anda.
  3. Pastikan kode negara dan nomor telepon yang Anda masukkan sudah benar.
  4. Jika Anda memasukkan nomor telepon Anda, Anda juga dapat mengisi pesan otomatis yang akan segera muncul ketika seseorang membuka tautan WhatsApp Anda.
  5. Anda bahkan dapat menambahkan emoji ke pesan otomatis Anda.
  6. Anda dapat melihat cara kerjanya dengan mengklik tombol “pratinjau” atau menggulir ke bawah.
  7. Setelah memasukkan nomor dan mengirim pesan otomatis pilihan Anda, klik “buat wa.link”.
  8. Setelah mengklik tombol “generate wa.link”, akan muncul kotak dialog yang menunjukkan link WhatsApp.
  9. Selain kemampuan untuk menyalin tautan WhatsApp, Anda juga dapat mengunduh kode QR dari tautan WhatsApp.

Cara Membuat Link WA dengan Gambar untuk WordPress

Selain membuat link WhatsApp dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan gambar CTA atau call to action. Menggunakan gambar CTA akan lebih menarik dan diyakini dapat meningkatkan penjualan karena mudah diterapkan. Anda dapat menggunakan gambar tombol Google WhatsApp untuk tindakan.

  • Buka pengaturan di halaman WordPress.
  • Kemudian klik tombol “Tambah Media”.
  • Klik tombol “tautan” dan tambahkan gambar ajakan bertindak yang Anda pilih.
  • Tempelkan tautan WhatsApp yang Anda buat, yang dapat berupa tautan yang dibuat secara manual atau tautan yang dibuat secara otomatis.
  • Lengkapi gambar alternatif
  • Setelah menempelkan tautan WhatsApp, klik tombol “Tambah Tautan”.
  • Setelah selesai, coba tautan di gambar. Klik pada gambar WhatsApp yang Anda buat sebelumnya dan pastikan Anda terhubung ke nomor WhatsApp yang benar.

Kegunaan Link WhatsApp

Tautan WhatsApp memungkinkan Anda membuat pesan yang telah ditentukan sebelumnya sehingga orang lain dapat menghubungi Anda. Anda dapat membagikan tautan ini di mana saja, seperti di situs Anda, bio Instagram, email, iklan, dan lainnya. Anda hanya perlu menyematkan tautan untuk semua platform.

Berbicara dengan pelanggan dapat membuat fungsi pemasaran Anda lebih mudah. Dengan tautan WhatsApp ini, Anda dapat membantu Anda mengumpulkan nomor telepon pelanggan, meningkatkan kontak dan penjualan.

Plus, manfaat dari koneksi WhatsApp adalah pelanggan tidak lagi harus berbicara dengan Anda secara real time. Pelanggan juga tidak perlu khawatir untuk menyimpan nomornya, karena ini bukan komunikasi jangka panjang. Cukup klik tautan yang disediakan dan mulailah mengobrol.