Cara Share Lokasi Lewat Whatsapp Android dan IOS

Kemajuan teknologi menuntut setiap orang untuk menguasai peralatan yang dibangun di atasnya, salah satunya adalah berbagi situs di WA (serlok). Tentunya dengan mobilitas yang tinggi hal ini tidak dapat dihindari. Cara termudah untuk mendapatkan tempat duduk adalah melalui berbagi lokasi (serlok) di WA. Karena aplikasi ini terhubung langsung dengan GPS, yang akan menjadi panduan bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Cara Share Lokasi (Serlok) di WA  

Fitur berbagi lokasi (serlok) cukup populer di WA. Ini karena Anda tidak perlu khawatir mengetahui lokasi yang ingin Anda targetkan dengan aplikasi ini. Apalagi jika Anda tidak tahu sama sekali.

WhatsApp menyediakan fitur berbagi lokasi untuk memudahkan pengguna berbagi lokasi dengan teman. Ada dua cara untuk berbagi, yaitu lokasi Anda saat ini atau lokasi langsung Anda.

Jika Anda memilih berbagi lokasi, penerima hanya akan menerima lokasi tetap, yang tidak akan berubah jika Anda mengubah lokasi. Ini pasti sangat berguna bagi mereka yang belum pernah ke tempat ini sebelumnya.

Di sisi lain, jika Anda memilih untuk membagikan lokasi langsung Anda, teman Anda akan menerima lokasi yang bervariasi tergantung pada lokasi Anda. Pilihan ini tentunya akan menyulitkan teman-teman yang akan berkunjung ke alamat tersebut. Meskipun caranya sangat sederhana, tidak semua orang tahu cara melakukannya dengan benar. Seringkali tidak akurat karena perbedaan poin.

1. Menggunakan Aplikasi WhatsApp

cara share lokasi lewat whatsapp
cara share lokasi lewat whatsapp

Cara berbagi space (serlok) pertama di WA tentunya menggunakan aplikasi WA secara langsung. Inilah cara berbagi ruang.

  • Pertama, pastikan GPS diaktifkan di ponsel Anda. Jika masih mati, Anda dapat menggulir layar hingga melihat menu GPS. Pilih ikon GPS dan tekan hingga “On” atau “On” ditampilkan.
  • Buka aplikasi perpesanan WhatsApp
  • Buka nama kontak yang ingin kamu kirimi tujuan via WA.
  • Tekan ikon “klip” pada bilah pesan untuk menunjukkan bahwa Anda ingin memasukkan posisi.
  • 6 opsi ikon ditampilkan. Pilih satu dengan “lokasi” atau “lokasi”.
  • Tunggu pengaturan untuk menunjukkan lokasi hingga peta muncul di layar.
  • Lihat di bagian bawah peta, tertulis “Kirimkan lokasi Anda saat ini”. Tekan.

Pada nama kontak yang ingin Anda kirim, Anda akan melihat peta rute yang harus diikuti untuk mencapai lokasi yang diinginkan. Penerima cukup menekan peta.

2. Membagi Lokasi di WA  Dengan Cara Menetapkan Lokasi Terdekat

Cara share lokasi (serlok) di WA selanjutnya adalah share lokasi terdekat. Jika ternyata tempat duduk dalam sebuah piala hanya menunjukkan tempatnya saja, tanpa menyebutkan nama tempat secara spesifik.

Pastikan Anda menggunakan cara di bawah ini untuk membagikan lokasi melalui WA dengan lokasi yang ingin Anda targetkan.

  • Sebagai langkah awal, pastikan GPS di ponsel Anda dalam keadaan hidup. Jika belum, silahkan aktifkan terlebih dahulu agar fitur ini dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.
  • Buka aplikasi pesan WA.
  • Pilih nama kontak yang ingin Anda bagikan lokasi.
  • Periksa bilah pesan di bagian bawah layar. Anda akan melihat ikon “klip”, yang berarti sudah selesai. Terletak di sebelah ikon kamera. Tekan gambar.
  • Tunggu sebentar. Selain itu, peta akan muncul di layar ponsel Anda dan nama beberapa tempat yang paling dekat dengan tempat itu akan muncul di bagian bawah. Pilih yang benar. Tekan.
  • Tunggu hingga proses pengajuan selesai.

3. Cara Serlok Lokasi WA Melalui GPS

Dua cara sebelumnya berbagi lokasi (serlok) di WA menggunakan aplikasi messaging WhatsApp secara langsung. Nah, teknik yang ditunjukkan di bawah ini adalah dengan menggunakan GPS yang sudah terpasang di ponsel.

Anda dapat dengan mudah membagikan lokasi Anda menggunakan aplikasi GPS. Ikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Untuk pertama kalinya, buka aplikasi Maps yang sudah terpasang di ponsel Anda.
  2. Pastikan Anda telah mengaktifkan lokasi. Jika belum, segera putar ke kanan agar proses Sherlock berjalan dengan lancar.
  3. Sebuah ikon akan muncul di sudut kanan atas layar untuk menunjukkan akun Gmail Anda. Tekan.
  4. Pilih opsi yang menunjukkan bahwa Anda membagikan lokasi Anda.
  5. Tekan untuk berbagi lokasi melalui WA
  6. Temukan nama kontak yang ingin Anda bagikan lokasi Anda.
  7. Klik tombol kirim. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

4. Cara Share Live Location lewat WA

Berbagi lokasi Anda (serlok) dengan cara ini mengirimkan lokasi di WA yang dapat berubah sewaktu-waktu. Lokasi yang ditunjukkan dapat bervariasi tergantung pada lokasi ponsel sebagai titik.

Berikut cara membagikan ruang siaran langsung Anda.

  1. Pertama, aktifkan GPS yang terpasang di ponsel Anda. Caranya adalah dengan menekan ikon GPS di menu notifikasi HP.
  2. Buka aplikasi WA
  3. Pilih chat WA pribadi untuk langsung posting lokasi
  4. Tekan ikon “klip” untuk menunjukkan bahwa Anda melampirkan sesuatu. Gambar ini ada di menu pesan.
  5. Ketuk tombol “Lokasi”.
  6. Kemudian tekan tombol “Next” ketika diminta untuk mengkonfirmasi lokasi pengiriman. Pastikan lokasi yang ingin Anda kirim langsung sudah benar.
  7. Kemudian pilih tenggat waktu untuk pengiriman di tempat secara real-time. Anda dapat memilih antara 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Artinya posisi live dipantau selama durasi siaran.
  8. Pilih “tombol Kirim” untuk mulai berbagi. Penerima akan diberitahu tentang lokasi Anda, karena ini bervariasi tergantung pada lokasi ponsel Anda.

5. Membagikan Live Location Lewat WA Menggunakan Google Maps

Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan berbagi lokasi waktu nyata, Anda juga dapat menggunakan berbagi lokasi waktu nyata Google Maps. Itu sebabnya Anda membutuhkan dua aplikasi ini yang sudah terpasang di ponsel Anda.

Google Maps adalah aplikasi yang dibuat oleh Google untuk membantu pengguna menentukan lokasi tertentu. Fitur ini juga dilengkapi untuk menunjukkan lokasi orang yang menggunakan Internet.

Lihat langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Google Maps yang terpasang di perangkat seluler Anda.
  • Tentukan ke mana Anda akan pergi.
  • Klik pada tiga titik di sudut kanan atas layar. Pilih “Bagikan Lokasi”.
  • Berbagi lokasi secara real-time ditampilkan di layar ponsel berikutnya. Ada dua pilihan yaitu live space selama 1 jam atau sampai banned. Pilih salah satu dari mereka.
  • Lanjutkan dengan memilih aplikasi perpesanan yang ingin Anda gunakan untuk berbagi. Kali ini pilih WA. Anda akan diberi tahu saat tautan ini dibagikan. Pilih bagian.
  • Ruang obrolan muncul di layar tempat Anda dapat memilih di antara berbagai kontak. Tekan nama yang ingin Anda kirimi tautan. Penerima diberitahu tentang lokasi secara real time Klik Kirim.

Saat membagikan lokasi real-time Anda melalui Google Maps, pastikan informasi pribadi Anda tidak terganggu. Lihat penjelasan di bawah ini.

  • Waktu yang ingin Anda bagikan dapat dipilih dengan menekan tanda – atau + di sebelah kanan jam, mengurangi 1 jam akan memakan waktu 15 menit. Sedangkan penambahannya akan sampai 1 jam.
  • Penerima tautan yang Anda bagikan dapat melihat foto dan nama Anda.
  • Selama periode waktu yang ditentukan, penerima dapat melihat lokasi real-time yang dicakup oleh Google Maps. Anda dapat melihatnya bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi ini.
  • Beberapa informasi mungkin diketahui oleh penerima, seperti tempat yang baru saja dikunjungi, kapasitas baterai, dan pilihan perjalanan.

Berdasarkan informasi di atas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan lokasi real-time Anda dengan orang yang tidak Anda kenal dengan baik. Mengapa fitur ini disalahgunakan.

6. Cara Membagikan Suatu Lokasi Yang Akan Dituju

Berikut cara berbagi tempat (serlok) di WA jika Anda bepergian ke tempat yang sama dengan Anda dan teman Anda tidak berada di tempat itu. Anda dapat melakukan ini asalkan Anda tahu nama tempat yang akan Anda tuju.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membagikan ruang Anda dengan mudah. Pertama, pastikan koneksi internet Anda tidak terputus agar penerima mendapatkan pesan dengan jelas

  1. Langkah pertama adalah membuka browser yang terpasang di ponsel Anda.
  2. Masukkan nama lokasi tertentu di bulan pencarian browser dan gambar peta yang menunjuk ke sana akan muncul di layar.
  3. Ketuk gambar peta hingga menjadi dua kali lipat.
  4. Masukkan nama tempat yang ingin Anda tuju.
  5. Anda akan melihat serangkaian opsi menu di bagian bawah layar. Seret opsi ke kiri hingga Anda menemukan tanda bagikan. Ketuk opsi ini.
  6. Oleh karena itu, ia menawarkan beberapa opsi untuk berbagi. Pilih ikon WA berwarna hijau. Keran.
  7. Obrolan dengan kata “kirim” kemudian akan muncul di layar. Pilih nama kontak yang akan Anda kirimi peta tempat tujuan Anda. Kemudian tekan sinyal kirim pada layar di bawah ini.
  8. Tekan kirim. Di layar obrolan pribadi dari kontak yang dipilih, penanda peta berubah menjadi deskripsi dan alamat tempat, yang dapat diakses melalui Google Maps.

Kemudian teman yang Anda kirim cukup menekan alamat yang Anda masukkan. Layar menjadi peta lagi, yang nantinya dapat digunakan sebagai panduan.

7. Cara Membagikan Suatu Lokasi Yang Akan Dituju Tanpa Nama

Anda mungkin ingin berbagi tempat (serlok) di WA, tetapi sepertinya tidak ada nama untuk tempat ini. Jangan khawatir, Anda dapat membagikannya secara anonim melalui WA.

Lihat metode di bawah ini untuk membagikan alamat atau lokasi yang tidak disebutkan namanya. Ingatlah untuk memastikan koneksi internet yang ingin Anda gunakan stabil.

  • Pastikan GPS aktif atau “Aktif”.
  • Buka ruang obrolan dengan nama teman yang ingin Anda ajak berbagi.
  • Kemudian tekan ikon “klip” di bilah pesan. Tanda ini terletak di sebelah gambar kamera.
  • Layar menampilkan sejumlah opsi yang dapat Anda gunakan di menu pesan ruang obrolan. Pilih lokasi.
  • Sebuah peta dengan simbol yang berbeda kemudian akan muncul di layar. Kotak melingkar muncul di sudut kiri atas. Keran.
  • Kemudian pilih jarum merah. Keran.
  • Pindahkan stylus ke lokasi atau posisi yang diinginkan. perbesar peta untuk memperjelas rute atau alamat yang Anda ketahui. Jika Anda yakin,
  • letakkan pushpin di lokasi yang dipilih.
  • Setelah menangkap lokasi tertentu di peta, lihat bagian bawah layar yang mengatakan kirim lokasi ini. Alamat tempat pin ditempatkan akan ditulis. Lanjutkan dengan menekan tombol “kirim posisi”.

8. Membagikan Peta Lokasi Menggunakan Google Maps

Berbagi lokasi (serlok) kali ini di WA menggunakan Google Maps. Ini biasanya terjadi ketika tempat yang ingin Anda capai jauh dari tempat Anda berada.

Lampu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk berbagi dengan teman-teman Anda.

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda.
  • Lanjutkan untuk menavigasi ke lokasi atau pilih untuk menemukan lokasi di peta. Jika sistem tidak mendeteksinya, Anda dapat mencari menggunakan pin. Sentuh dan tahan jarum yang ingin Anda tempatkan.
  • Di bagian bawah layar, ketuk nama atau alamat tempat yang ingin Anda tuju. Pastikan alamatnya benar dan konsisten.
  • Kemudian pilih menu share dengan gambar, seperti kabel. Jika ponsel Anda tidak memiliki ikon ini, ketuk tiga titik di sudut kanan layar dan pilih Bagikan.
  • Layar ponsel kemudian menampilkan berbagai opsi aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membagikan tautan. Pilih aplikasi WA.
  • Tekan.
  • Kemudian ruang obrolan beberapa orang akan muncul di layar. Pilih nama kontak yang ingin Anda bagikan. Tekan kirim. Penerima akan menerima link berupa link melalui Google Maps.

Mengaktifkan GPS

cara share lokasi lewat whatsapp
cara share lokasi lewat whatsapp

Akurasi sangat penting saat membagikan lokasi (serlok) Anda di WA. Jika angka akurasinya sangat tinggi, misalnya ratusan meter, silakan periksa kembali GPS di ponsel Anda.

Jika tidak, GPS yang ada mungkin tidak “On”. Selain itu, kekuatan sinyal GPS dan koneksi jaringan akan mempengaruhi akurasi penentuan posisi WA.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan GPS di ponsel Anda untuk mendapatkan lokasi yang lebih akurat.

  • Buka menu pengaturan di ponsel Anda
  • Pilih “Privasi” di menu
  • Kemudian pilih “Layanan Lokasi” untuk mengaktifkannya.
  • Langkah terakhir adalah beralih ke “On”. Ini akan mengaktifkan GPS dan membuatnya aktif. Tanpa GPS aktif, lokasi Anda bisa tidak akurat dan menyesatkan.

Anda juga dapat mengintegrasikan mode lokasi ke ponsel Android Anda. Untuk menentukan tingkat keberadaan, Anda dapat memilih di antara tiga opsi yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihannya adalah akurasi tinggi, mode hemat baterai, dan hanya perangkat. Jika Anda memilih mode hemat baterai, beberapa aplikasi yang diinstal tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat menggunakan metode berbagi lokasi (serlok) di WA, disarankan untuk tetap berada di luar ruangan. Ini karena GPS dapat menentukan lokasi Anda lebih baik saat Anda berada di luar ruangan daripada saat Anda berada di dalam ruangan.

Sekarang setelah Anda tahu cara membagikan lokasi (serlok) Anda di WA, Anda tidak perlu bingung jika perlu. Cukup ikuti langkah-langkah yang disediakan dan itu akan berfungsi dengan baik.