Cara Ganti Nada Dering Whatsapp di iPhone

Seperti yang banyak diketahui, aplikasi Whatsapp tersedia di Android dan iOS atau iPhone. Meskipun kedua platform smartphone terbesar ini juga dapat diinstal dari WA, ada perbedaan yang cukup mencolok dalam cara pengaturannya. Contoh setting alarm. Di Android, pengguna dapat mengonfigurasinya langsung di Whatsapp. Sementara pengguna iPhone perlu mengaturnya di pusat pengaturan telepon. Artikel ini menjelaskan cara mengubah nada dering WA di iPhone Anda.

Cara Mengganti Nada Dering WA di iOS 9 ke Bawah

IOS adalah sistem operasi yang digunakan pada iPhone. Ada perbedaan antara pengaturan ringtone atau nada dering antara iOS 9 dan yang lebih lama dan iOS 10 dan yang lebih baru. Di iOS 9 dan sebelumnya, pengaturannya lebih mirip dengan Android.

Pengguna dapat mengatur nada dering Whatsapp langsung dari aplikasi. Namun, pada update Whatsapp terbaru, pengguna hanya bisa menyetel suara peringatan atau suara notifikasi. Sedangkan ringtone tidak bisa langsung disetel di aplikasi WA. Jika Anda masih menggunakan iOS 9 atau yang lebih lama, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah nada dering WA.

Pertama, Anda perlu membuka Whatsapp terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik ikon di halaman rumah.
Setelah masuk ke Whatsapp, klik menu Pengaturan di sudut kanan bawah halaman.
Kemudian klik submenu Notifikasi.

  • Sekarang klik Suara.
  • Kemudian pilih nada dering yang ingin Anda gunakan sebagai nada peringatan.
  • Saat Anda menemukan suara yang tepat, klik ikon Simpan.

Jika Anda ingin mendengar suara nada dering yang diubah, Anda harus menunggu sampai Anda diberi tahu tentang pesan masuk.

Cara Mengganti Nada Dering WA di iOS 10 ke Atas

Seperti disebutkan di atas, iOS 10 dan di atasnya dapat mengatur nada dering Whatsapp dengan beberapa cara. Dimulai dengan iOS 10, pengguna dapat mengubah nada dering default iPhone hanya di menu Pengaturan.

Jika nada dering default ini berubah, nada dering Whatsapp akan berubah secara otomatis. Jadi cara mengganti ringtone di WA sama dengan cara mengganti ringtone iPhone pada umumnya. Lihat tutorial di bawah ini untuk mempelajari langkah demi langkah:

  1. Buka halaman pengaturan iPhone terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik ikon di halaman rumah.
  2. Pada halaman Pengaturan, pilih menu Suara. Ada ikon speaker merah muda di menu ini.
  3. Lalu masuk ke grup menu Sound and Vibration Patterns.
  4. Klik Nada Dering.
  5. Anda kemudian akan dibawa ke halaman yang berisi berbagai macam nada dering. Klik salah satu untuk mendengarkan.
  6. Tanda centang biru muncul di sebelah kiri nada dering yang dipilih.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, nada dering Whatsapp akan berubah menjadi yang baru. Perubahan ini tidak terbatas pada panggilan yang dilakukan dari Whatsapp. Semua panggilan masuk di iPhone akan menggunakan suara yang sama.

Metode Lain Untuk Mengganti Nada Dering iPhone

Selain dua metode yang dijelaskan di atas, pengguna masih dapat menggunakan dua alternatif. Anda dapat menggunakan iTunes terlebih dahulu. Sedangkan cara kedua adalah dengan mengatur custom ringtone untuk koneksi tertentu. Ingin tahu bagaimana? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

#1 Ganti Nada Dering iPhone di iTunes

ITunes adalah aplikasi desktop yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengelola berbagai hal. Salah satunya adalah mengubah nada dering Whatsapp. Untuk menggunakan cara ini, siapkan dulu komputer atau laptop yang sudah terinstal iTunes atau Finder.

Anda juga memerlukan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke laptop atau komputer Anda. Berikut cara mengubah nada dering Whatsapp di iTunes:

  • Pastikan iTunes atau Finder terinstal di laptop atau komputer Anda.
  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer atau laptop dengan kabel USB asli, yang masih berfungsi dengan baik.
  • Jika iPhone berhasil terhubung ke iTunes atau Finder, aplikasi akan menampilkan nama iPhone.
  • Kemudian siapkan ringtone baru untuk menggantikan yang lama.
  • Sekarang klik dan seret file audio baru ke iPhone Anda.
  • Untuk mengubah nada dering, ikuti langkah-langkah dari percakapan sebelumnya.

#2 Cara Pasang Custom Ringtone di Contacts

Nada dering khusus memudahkan untuk membedakan panggilan dari orang-orang tertentu. Untuk mengubah nada dering kontak, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Kontak terlebih dahulu.
  • Kemudian temukan kontak yang nada deringnya ingin Anda ubah.
  • Klik tombol Edit.
  • Temukan nada dering yang tepat.
  • Klik Selesai.

Di iPhone, pengguna tidak dapat mengubah nada dering Whatsapp semudah di Android. Namun, langkah-langkah di atas akan sangat membantu Anda jika Anda bosan dengan nada dering Whatsapp yang lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, baca tutorial ringtone serupa di Paketmu.com untuk mempelajari lebih lanjut!