Mulai Hargai Dirimu dengan Melakukan Self Reward

Hargai Dirimu dengan Melakukan Self Reward — Mulai self love dengan cara self reward artinya cintai dan hargai dirimu sendiri dengan cara memberi hadiah dan penghargaan pada diri sendiri. Self reward sangat penting bagi kesehatan mental kalian, apalagi untuk kalian yang pekerja keras. Dan juga untuk kalian yang merasa bosan, capek, stuck, saat sedang bekerja keras mewujudkan mimpi. Tapi seberapa penting sebenarnya self reward itu? Pasti ada kalanya ketika kalian menjalani hidup dan rutinitas sehari-hari lalu meras bosan bahkan malas untuk menjalani hidup. Itu dikarenakan perasaan kalian yang menganggap hidup kalian seperti itu-itu saja. Maka dari itu self rewad sangatlah penting untuk menujang hidup kalian agar menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri anda. Self reward juga bukan berati kita narsis, tetapi untuk kebaikan diri kita sendiri.

Self reward juga bisa mengembangkan kreativitasmu dalam berfikir, karena self reward juga membantu kita untuk berpikir lebih jernih setelah bosan melakukan kegiatan rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Memberkan hadiah atas apa yang sudah kamu lakukan juga akan mengembalikan motivasimu untuk melanjutkan perjalanan ketika dirimu sudah mulai merasa ingin menyerah. Seriap manusia mempunyai hormon dopamine. Hormon dopamine adalah hormon dimana otak secara tidak langsung akan merespon ketika kita mulai memberikan hadiah atau penghargaan yang mana akan menimbulkan perasaan senang dan bahagia.

Hargai Dirimu dengan Melakukan Self Reward

Hargai Dirimu dengan Melakukan Self Reward
Hargai Dirimu dengan Melakukan Self Reward

Hormon tersebut juga akan membantu otok kita untuk melepaskan perasan stresmu dan mengubahnya kdmbali menjadi pikiran yang lebih fresh. Tidak perlu muluk-muluk self reward bisa dilakukan dengan memberi kasih sayang pada diri sendiri agar menambah kepercayaan diri. Dengan begitu lingkunganmu pun juga akan merasakan energi postif yang terpancar dari dalam dirimu.

Perlu kamu ketahui juga, self reward juga punya batasan atas apa yang harus kamu lakukan dengan cara menghargai dirimu sendiri. Meskipun self reward sangat penting dan sudah menjadi kebutuhan setiap manusia, tidak selamanya self reward juga akan berdampak positif pada dirimu.

Misalnya ketika kamu sudah selesai mengerjakan satu bab skripsi lalu kamu memrikan self rewardmu dengan cara bermalas-malasan atau bahkan bermain game seharian penuh sampai lupa waktu. Melakukan dan memberi self reward yang salah atau berdampak negatif tidak akan membantumu dalam membangun kebiasaan positif.

Maka dari itu yang sendiri yang harus pintar-pintar memilih self reward apa yang akan kamu berikan kepada dirimu sendiri. Dengan membekali motivasi serta energi yang positif kembali, kamu akan merasa siap untuk melakukan kegiatan yang akan kamu lakukan selanjutnya. Dibawah ini adalah beberapa bentuk self reward yang bisa kamu lakukan untuk menghargai dirimu sendiri :

Me time dan melakukan aktivitas kesukaan

Melakuan aktivitas kesukaan atau hobi adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan mood kita. Melakukan aktivitas yang kita sukai pastinya akan kita lakukan dengan rasa senang sepenuh hati.

Luangkan waktu untuk berlibur

Jalan-jalan berlibur juga bisa membuat dirimu merasa lebih fresh. Jalan-jalan akan sangat membantu kita untuk menegmbalikan pikiran yang jernih serta menumbuhkan motivasi dan ide ide baru

Quality time bersama teman

Self reward juga bisa melibatkan orang lain, misalnya melakukan kegiatan atau bermain bersama teman-temanmu. Selain bisa menambah semangatmu, quality time bersama teman juga bisa menambah keakrabanmu.

Belanja wishlist

Belanja atau membelikan suatu barang atau makanan yang sudah kamu idamkan dan incar adalah obat ketika dirimu sedang ingin memberikan self reward. Karena dengan membeli sesuatu yang kita inginkan sama saja memberikan hadiah atas tercapainya seuatu yang telah diri kita lakukan.

Berhenti sejenak melakukan hal produktif

Tidak melakukan hal produktif untuk sementara waktu juga termasuk salah satu bentuk self reward. Tidak produktif untuk sememntara waktu bukan berati kita meninggalkan aktivitas positif yang dilakukan tetapi istirahat juga perlu dilakukan setelah kita menjalani dan melakukan kerja keras.

Jadi untuk kalian semua yang sedang berjuang untuk mencapai sesuatu jangan sampai lupa untuk sesekali melakukan self reward. Tetap semangat menggapai cita-cita yang sedang kalian perjuangkan.