Cara Mudah Membuat Bot Telegram Sendiri

Beberapa tahun yang lalu, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak uang atau pulsa untuk mengirim pesan ke orang-orang terdekat Anda. Namun, sekarang situasinya berbeda dengan munculnya aplikasi perpesanan instan, yang dapat digunakan secara gratis di smartphone seperti Android dan iOS.

Menurut Teach-ICT, aplikasi pesan instan memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan cepat dan gratis kepada orang yang sama yang memiliki perangkat lunak. Aplikasi perpesanan instan memudahkan pengguna untuk tetap berhubungan dengan kolega, teman, atau orang terdekat secara real time. Semakin banyak orang beralih ke aplikasi pesan instan, semakin banyak aplikasi pesan instan bermunculan, salah satunya adalah aplikasi Telegram. Aplikasi pesawat kertas putih dengan latar belakang biru mengirimkan teks, foto, video, dan file yang mudah digunakan dalam berbagai format.

Aplikasi yang lahir pada tahun 2013 ini memiliki sistem cloud sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Dengan cara ini, semua informasi dan data secara otomatis disimpan di Internet. Mengenai keamanan data, Telegram telah memenuhi standar keamanan internasional, membuat pesan yang dikirim hanya tersedia untuk penggunanya.

Telegram menawarkan sejumlah fitur, salah satunya adalah fungsionalitas bot yang jarang ditemukan di aplikasi pesan instan lainnya. Bagi yang belum familiar dengan fitur Telegram Bot, fitur ini layaknya pengguna dummy atau bukan manusia yang terdiri dari deretan kode yang secara otomatis dapat melakukan operasi dan menerima perintah berupa permintaan HTTP.

Ada dua jenis bot di Telegram, yang pertama adalah bot standalone yang hanya dapat ditambahkan melalui tautan dan didukung oleh jendela obrolan sendiri di kolom tempat pengguna dapat melakukan pemesanan. Kedua, bot bersarang yang dapat dipanggil dari jendela obrolan lain (grup atau khusus) dengan perintah @namebot.

Jadi bisakah kita membuat Telegram Stick kita sendiri? Tentu saja Anda bisa! Caranya juga cukup mudah untuk diikuti. Nah, kali ini Carisignal menghadirkan tutorial cara membuat Bot Telegram. Yuk, simak cara-cara berikut ini!

Membuat Bot di BotFather

BotFather adalah bapak bot di Telegram dan merupakan cara untuk membuat bot Telegram tanpa perlu kode. Mr Bot juga menyediakan menu dan mengelola semua bot yang tersedia di Telegram. Jika Anda memiliki tongkat, Anda perlu mengaturnya melalui BotFather. Untuk membuat bot melalui Mr. Bot, lakukan hal berikut:

Langkah pertama buka akun Telegram, jika belum install dan buat akun Telegram bisa download aplikasinya secara gratis disini. Anda harus memasukkan nomor telepon Anda untuk melanjutkan.

  • Masukkan nomor telepon Anda setelah instalasi. Dalam beberapa detik kami akan mengirimkan kode telegram ke nomor telepon Anda.
  • Sebentar lagi Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi Telegram.
  • Lalu pergi ke ikon Lup di sudut kanan atas halaman Telegram dan ketik di kotak pencarian BotFather atau @BotFather.
  • Pilih akun BotFather yang terverifikasi atau biru.
  • Lalu masuk ke kolom percakapan BotFather dan akan muncul kolom putih bertuliskan “What can this bot do?” berisi informasi. Gambar di bawah.
  • Kemudian klik menu Start atau menu Start pada kolom Conversation. Ini adalah langkah pertama untuk mulai berinteraksi dengan BotFather.
  • Anda dapat memilih dari berbagai opsi, mulai dari Edit Bot, Opsi Bot, dan Game. Setiap menu memiliki submenu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena tujuannya adalah untuk membuat Bot baru, Anda perlu mengetik dan mengirimkan / bot baru.
  • Mr Bot kemudian bertanya apa nama untuk memberikan Bot nya.
  • Setelah memasukkan nama Bot, sistem harus mengisi nama pengguna Bot dan menambahkan akhiran pada kata “bot”. Misalnya, CarisignalBot atau Carisignal_bot.
  • Jika nama pengguna yang dikirimkan tersedia, Anda akan menerima respons “Selesai! Selamat atas boo baru Anda …” dan di bawah teks Anda akan menemukan Token yang merupakan ID bot itu sendiri.

Perlu dicatat! Hanya pemilik bot yang tahu bahwa token yang Anda terima dari BotFather bersifat rahasia. Jika Anda mengetahui Bot Token, Anda dapat sepenuhnya mengontrol Bot Anda. Namun, Anda juga dapat mencabut Bot Token untuk memperbaruinya.

Mengoneksikan Bot dengan Livegrambot

Tujuan Livegrambot adalah untuk secara otomatis mengirim pesan yang dikirim ke Bot oleh pengguna lain sehingga Anda dapat membalasnya. Anda juga dapat merujuk ke grup sehingga anggotanya dapat membalas pesan masuk.

Layanan LivegramBot berkisar dari layanan pelanggan, umpan balik, siaran hingga pelanggan dan statistik. Ayo, lihat bagaimana Anda dapat menyinkronkan kunci Anda dengan Livegram.

  • Buka kotak pencarian dan masukkan Livegrambot.
  • Pilih logo Livegrambot yang berbentuk gelembung chat, biasanya di bagian atas.
  • Pilih menu Start atau di bagian bawah menu Start.
  • Anda kemudian akan melihat dua pilihan bahasa, yaitu bahasa Inggris atau Rusia. Pilih salah satu dari mereka.
  • Setelah memilih bahasa, Livegrambot akan mengirimi Anda pesan. Anda dapat mengetik dan mengirimkan / addbot di sini.
  • Setelah beberapa detik, Anda akan diminta untuk menekan tombol persetujuan dan melanjutkan dengan tombol Terima dan Lanjutkan.
  • Anda kemudian harus kembali ke BotFather untuk menyalin Token Bot.
  • Jadi setelah menyalin Bot Token di BotFather, kirim Bot Token ke Livegrambot terlebih dahulu.
  • Sebuah pesan kemudian akan ditampilkan memberitahu Anda bahwa robot telah berhasil terhubung. Mudah kan?

Mengatur Identitas Bot Telegram

Sebenarnya Bot sudah jadi, tetapi akan lebih baik untuk melengkapinya dengan deskripsi lain juga, sehingga menjadi jelas untuk apa Bot itu dibuat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur identitas Bot Telegram Anda.

  • Untuk melengkapi deskripsi Bot, ikuti langkah-langkah untuk login dan mengirimkan / mengatur deskripsi di BotFather.
  • BotFather kemudian akan meminta nama pengguna Bot.
  • Setelah memasukkan nama pengguna Bot Anda, Tuan Bot akan meminta Anda untuk melengkapi deskripsi. Sebagai contoh, Anda dapat melihat gambar di bawah ini.
  • Anda kemudian dapat mengompilasinya dengan Bot Anda, seperti mengetik / setabouttext dan mengompilasinya dengan nama pengguna Bot Anda.
  • Bot kemudian meminta Anda untuk mengisi teks kontak, yang dapat Anda isi berdasarkan fokus hati atau konten Anda.
  • Di BotFather, Anda dapat mengubah foto profil Bot Anda dengan mengirimkan teks / setuserpic. Anda kemudian harus memasukkan nama pengguna Bot Anda. Terakhir, Anda perlu mengunggah gambar.

Bot Telegram sudah siap. Agar Bot berfungsi, Anda dapat meminta teman Anda untuk mencari nama pengguna Bot Anda di kotak pencarian Telegram dan kemudian mengirim pesan apa pun ke Bot Telegram.

Bagaimana, tidak mudah, bagaimana cara membuat bot Telegram Anda sendiri? Bagi yang masih ragu dengan setup Telegram Bot, coba tambahkan komentar di kolom komentar tentang letak kesulitannya. Ikuti terus Dear Signal untuk informasi tips aplikasi dan smartphone lainnya, OK!