Cara Posting Terjadwal di Instagram

Cara Posting Terjadwal di Instagram — Merancang dan penjadwalan posting Instagram adalah salah satu cara termudah untuk menghemat waktu di platform. Semakin kompleks aktivitas pemasaran Instagram Anda, semakin bermanfaat untuk menggunakan alat perencanaan. Ini karena konten yang konsisten dan berkualitas tinggi lebih mudah untuk dirancang, dibuat, dan dibagikan jika dibuat secara otomatis.

Tentu saja, setiap orang memiliki strategi pemasaran Instagram yang kompleks, serta pertimbangan tertentu ketika memilih alat perencanaan Instagram yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda menggunakan profil perusahaan atau pembuat konten, kebutuhan untuk merencanakan cerita, video, IGTV bervariasi dari pengguna ke pengguna, seberapa detail analisisnya.

Mengingat kegunaan yang berbeda ini, ada cara untuk membuat dan menjadwalkan konten Instagram. Karena masing-masing metode akan berbeda tergantung akun pengguna Instagram Anda. Ini memungkinkan Anda menjadwalkan entri di Instagram dengan cepat dan mudah.

Cara Posting Terjadwal di Instagram dengan Creator Studio

Jika Anda memiliki profil bisnis atau kreatif di Instagram, Anda dapat menggunakan Creative Studio asli Facebook untuk membuat dan menjadwalkan postingan dari desktop komputer Anda. Untuk influencer dengan akun tipe kreatif, Creative Studio sebenarnya adalah satu-satunya tempat Anda dapat merencanakan entri Anda. Instagram merancang alat ini dengan mempertimbangkan influencer, yang berarti bahwa fitur-fiturnya yang sederhana dan gratis berfokus pada kemudahan penggunaan bagi para profesional yang berorientasi pada pertumbuhan.

Cara Posting Terjadwal di Instagram
Cara Posting Terjadwal di Instagram

Di sisi lain, jika Anda adalah merek dengan akun bisnis atau hanya pengguna yang menghemat waktu, Anda dapat memilih antara Creative Studio dan sejumlah alat pihak ketiga yang lebih canggih. Langkah-langkah menggunakan Creative Studio adalah sebagai berikut:

  • Tautkan akun Instagram Anda ke Creator Studio

Buka Creative Studio dan ikuti petunjuknya, atau ikuti petunjuk di Facebook untuk menautkan Instagram Anda ke Creative Studio. Perhatikan bahwa langkah-langkahnya akan berbeda apakah akun Instagram Anda sudah ditautkan ke halaman Facebook atau belum.

  • Klik pada Create Posting

Setelah selesai, klik ikon Instagram di bar bagian atas, lalu klik Buat Postingan. Kemudian klik pada feed Instagram. Di sini Anda juga dapat memposting di IGTV.

  • Unggah foto visual Anda

Sekarang setelah Anda membuat pos, Anda dapat memilih foto untuk diunggah ke umpan Anda. Anda dapat mengunggah lebih banyak, membuat entri carousel, dan mengunggah video. Untuk melakukannya, klik tautan Tambah Konten berwarna biru di kotak abu-abu dan pilih file yang ingin Anda unggah.

  • Buat postingan Anda

Kemudian masukkan teks keterangan Anda, gunakan tagar yang sesuai, tandai akun yang relevan, dan tentukan lokasi Anda jika diinginkan. Selain menggunakan emoji, Anda dapat menggunakan Pengaturan Lanjutan untuk menonaktifkan komentar atau teks alternatif bagi tunanetra.

  • Jadwalkan postingan Anda

Klik panah di sebelah tombol Publish berwarna biru di pojok kanan bawah dan pilih Schedule. Anda juga dapat memilih Publikasikan Sekarang atau Simpan sebagai Draf. Karena Creative Studio tidak memberikan banyak panduan tentang waktu terbaik untuk memposting, kami mendorong Anda untuk memeriksa analitik Instagram mereka untuk mengetahui kapan audiens Anda online atau untuk membaca kapan mendapatkan hasil maksimal dari Instagram.

Cara Posting Terjadwal di Instagram untuk Business Profile

Jika Anda menggunakan akun profil bisnis, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menjadwalkan postingan Instagram. Selain menjadwalkan entri terjadwal, manfaat profil bisnis dibandingkan profil reguler mencakup kemampuan analitik tingkat lanjut. Tidak hanya Instagram Insights, tetapi juga akses ke analitik pihak ketiga, yang memiliki kelebihannya sendiri, ditambah kemampuan untuk menjalankan iklan, menambahkan tautan ke cerita, dan banyak lagi.

Namun, sebelum Anda mulai memprogram suara Anda, Anda harus melalui beberapa langkah dasar. Pertama, ubah akun Anda menjadi profil bisnis, lalu tambahkan profil bisnis Instagram Anda ke platform manajemen media sosial. Langkah-langkah berikut adalah jadwal untuk mempublikasikan akun profil bisnis Anda, yang dapat Anda coba menggunakan Hootsuite.

Buat posting Instagram Anda:

  • Buka dasbor Hootsuite, klik ikon Buat, lalu klik Terbitkan.
  • Di kolom Kirim ke, pilih akun Instagram yang dipilih dari daftar
  • Sekarang unggah umpan visual Anda atau pilih dari pustaka konten Anda. Anda juga dapat menulis teks yang mendorong keterlibatan, menambahkan tagar, menandai akun yang relevan, dan menentukan lokasi Anda
  • Draf Anda akan muncul sebagai pratinjau di sebelah kanan
  • Jika Anda belum mengatur gambar untuk Instagram, klik Edit Gambar untuk memotong gambar ke rasio aspek yang diinginkan 1,91: 1 atau 4: 5 menggunakan.

sedangkan untuk menjadwalkan postingan Anda :

  • Langkah selanjutnya adalah menjadwalkan entri. Untuk melakukannya, klik tombol Jadwalkan Nanti di sudut kanan bawah, lalu pilih waktu dan tanggal posting akan diterbitkan.
  • Tentukan waktu yang tepat untuk menjadwalkan entri. Perlu diingat bahwa algoritma Instagram memprioritaskan dan menampilkan posting terbaru.

Daftar Aplikasi Penjadwal Instagram Gratis Terbaik

Meskipun banyak aplikasi dapat membantu Anda merencanakan posting Anda, berikut adalah beberapa aplikasi penjadwalan posting gratis yang paling populer dan banyak digunakan:

  1. Combin Scheduler
  2. Semrush
  3. Tailwind
  4. Sked Social
  5. Onlypult
  6. Later
  7. Buffer
  8. Hootsuite
  9. Sendible
  10. SproutSocial
  11. ScheduGram
  12. ViralTag
  13. Iconosquare
  14. CoSchedule

Manfaat Posting Instagram Terjadwal

Penjadwalan posting Instagram memiliki tujuannya, seperti menghemat waktu. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjadwalkan posting Instagram Anda:

  • Daripada membuang-buang waktu memposting setiap hari, Anda dapat merencanakan untuk memposting beberapa postingan Instagram secara otomatis untuk menghemat waktu.
  • Aplikasi penjadwalan ini memudahkan untuk mempublikasikan entri.
  • Alat perencana Instagram ini menambahkan filter, palet warna, dan keterangan serupa ke foto Anda untuk membuat posting Anda lebih konsisten.
  • Dengan posting otomatis Instagram, Anda dapat memposting lebih sering, meningkatkan keterlibatan Anda.
  • Merencanakan posting Instagram Anda akan membantu Anda menyeimbangkan posting Anda.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan semua alat yang tersedia untuk membuat dan mengunggah konten Instagram, penggunaan Creative Studio dapat bermanfaat untuk posting yang dapat diunduh, gratis, dan mudah digunakan. Ada juga perangkat yang dirancang khusus untuk Instagram dan Facebook dan tidak bergantung pada akses API pihak ketiga, yang dapat diubah atau dicabut kapan saja.

Creative Studio saat ini adalah satu-satunya alat penjadwalan video IGTV. Jika Anda sering menjadi pembuat konten untuk IGTV, alat ini akan membantu Anda dengan strategi konten Anda. Tetapi jika Anda ingin mencoba aplikasi lain, Anda dapat mencoba aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.