Cara Hotspot iPhone Tersambung dengan Mudah

Cara Hotspot iPhone Tersambung dengan Mudah–Tidak jauh berbeda dengan smartphone berbasis Android, mode aktif dan diaktifkan hotspot iPhone tidak jauh berbeda. Bahkan, jika Anda adalah pendatang baru di seri iPhone, Anda pasti akan bingung ketika ingin mengaktifkan hotspot Anda untuk pertama kalinya. Jika fungsi hotspot langsung di layar pada menu browser di Android, mungkin akan sedikit berbeda untuk iPhone, bahkan merepotkan bagi pengguna baru. Ini karena layanan hotspot tidak terdaftar di menu browser di layar.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan hotspot iPhone dengan mudah? Ada beberapa cara untuk melakukan ini untuk Sobat Cerdas. Tak perlu ragu karena cara ini terangkum langsung dalam pengumuman resmi Apple di situs resminya. Ingin tahu? Lihat berikut ini!

Cara Mengatur Hotspot Pribadi di iPhone

Dalam beberapa situasi, seperti saat Smart Buddy tidak di rumah, terkadang perlu menggunakan hotspot pribadi. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menggunakan dan mengatur Hotspot Pribadi di iPhone atau iPad mereka.

Gunakan fitur ini untuk berbagi jaringan internet Anda dari koneksi data seluler, seperti LTE ke modul Wi-Fi, atau melalui kabel data di iPhone atau iPad Anda. Melalui koneksi hotspot pribadi ini, Anda dapat berbagi data internet dengan perangkat apa pun, baik itu ponsel, komputer (PC), laptop, dan lainnya.

Nah, untuk mengatur personal hotspot di iPhone, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Buka Pengaturan iPhone
  • Pilih jenis teman “Ponsel”.
  • Tekan tombol “Hotspot Pribadi atau Pengaturan”.
  • Kemudian pilih “Personal Hotspot”
  • Di samping “Izinkan akses”, ketuk penggeser samping

Jika ternyata opsi Personal Hotspot tidak bisa muncul padahal semua langkah sudah Anda lakukan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi operator Anda untuk memastikan bisa menggunakan Personal Hotspot menggunakan paket.

Cara Menyambungkan iPhone ke Hotspot Pribadi

Seperti Android, iPhone dapat terhubung ke hotspot pribadi melalui sejumlah fitur, yaitu Bluetooth, Wi-Fi, dan USB.

Bisa dibilang cara untuk tetap terkoneksi dengan iPhone ini terbilang unik. Bagi yang menggunakan perangkat iOS 13 atau lebih baru, perangkat akan tetap terhubung ke Hotspot Pribadi, meskipun layar terkunci. Akibatnya, perangkat Smart Buddy akan terus menerima pesan dan notifikasi, meskipun terkunci. Saat Anda menghubungkan perangkat ke hotspot pribadi Anda, bilah status berubah menjadi biru dan menunjukkan jumlah perangkat yang terhubung. Jumlah koneksi simultan ke Hotspot Pribadi tergantung pada operator dan model iPhone Anda.

Jika perangkat lain ingin terhubung ke hotspot pribadi Anda melalui Wi-Fi, perangkat tersebut hanya dapat menggunakan data seluler perangkat host untuk terhubung ke internet.

Jadi bagaimana Anda menghubungkan hotspot iPhone melalui Wi-Fi, Bluetooth dan USB? Langkah-langkahnya dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Dengan Wi-Fi

Pada perangkat yang ingin Anda sambungkan, buka “Pengaturan”, klik “Seluler” dan pilih “Hotspot Pribadi”.

Atau Anda dapat memilih “Pengaturan” dan kemudian “Hotspot Pribadi”. Kemudian periksa apakah fitur tersebut diaktifkan atau tidak.

Kemudian periksa kata sandi Wi-Fi dan nama telepon. Ingatlah untuk tidak menutup layar sampai perangkat lain berhasil terhubung ke jaringan Wi-Fi. Sekarang di perangkat yang ingin Anda sambungkan, buka “Pengaturan” lalu ke “Wi-Fi” dan temukan iPhone atau iPad Anda dalam daftar. Kemudian ketuk jaringan Wi-Fi untuk terhubung. Jika diminta dan diminta, masukkan kata sandi Hotspot Pribadi Anda.

Dengan Bluetooth

Bagaimana jika Anda ingin terhubung melalui Bluetooth? Pertama, pastikan iPhone atau iPad Anda terdeteksi. Caranya buka “Settings” lalu klik “Bluetooth” dan jangan tutup layar sampai bisa connect.

Ini juga berlaku untuk hotspot pribadi di Mac dan PC serta perangkat pihak ketiga lainnya, cukup ikuti petunjuk pabrikan untuk mengatur koneksi jaringan Bluetooth.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghubungkan hotspot pribadi Anda melalui Bluetooth.

  1. Pada perangkat yang menyediakan Personal Hotspot, masuk ke menu “Settings”, lalu klik “Personal Hotspot” dan pastikan “Allow Access” dalam keadaan menyala.
  2. Jangan tutup layar, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan perangkat.
  3. Untuk melakukan ini, ketuk “Pengaturan” dan kemudian “Bluetooth”. Pastikan Bluetooth diaktifkan.
  4. Sekarang ketuk perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi dan konfirmasikan kode yang ditampilkan. Tekan tombol “Pasangkan” untuk kedua perangkat.

Dengan USB

Sebelum menghubungkan Personal Hotspot Anda melalui USB, pastikan Anda memiliki perangkat serupa, iTunes versi terbaru di Mac dan/atau PC.

Hanya sekarang Anda dapat menghubungkan iPhone ke PC atau Mac dengan kabel USB yang menyertakan dengan perangkat. Jika muncul peringatan: “Apakah Anda mempercayai komputer ini?” lalu ketuk “Percaya”.

Jika Anda ingin menghindari biaya data yang tidak perlu, sangat menyarankan agar Anda mematikan Personal Hotspot saat tidak diperlukan. Jika tidak, semua Sobat akan menghubungkan perangkat iOS dengan Hotspot Pribadi ke PC atau Mac untuk pengisian daya. PC atau Mac Anda mungkin terhubung ke Personal Hotspot.

Sekarang untuk Mac yang terhubung ke Personal Hotspot melalui USB.

  • Perbarui Mac Anda ke iTunes versi terbaru
  • Hubungkan Mac Anda ke iPhone atau iPad dengan kabel USB Personal Hotspot
  • Ketuk “Percayai” saat meminta “Percayai perangkat”.
  • Pastikan Anda menemukan iPhone Anda di iTunes atau Finder di Mac
  • Misalnya, jika Mac Anda tidak mengenali iPhone Anda, coba gunakan kabel USB lain
  • Kemudian buka System Preferences dan klik “Network”. Kemudian pilih “iPhone USB”.
  • Misalnya, jika Anda tidak melihatnya, klik tombol Plus dan pilih “Tambah”.
  • Ketuk “Lainnya”, lalu pilih “Nonaktifkan layanan”, lalu klik “Terapkan”.
  • Ketuk “Lainnya”, lalu pilih “Aktifkan layanan” dan klik “Terapkan”.
  • Jika Anda sudah terhubung ke jaringan lain, koneksi hotspot pribadi Anda mungkin tidak aktif, jadi Anda harus mengosongkan kotak centang “Nonaktifkan jika tidak perlu” dan klik “Terapkan”.

Cara Mengatur Sandi Wi-Fi pada Hotspot Pribadi iPhone

Cara berikutnya untuk memastikan keamanan hotspot iPhone yang sempurna adalah dengan mengatur kata sandi Wi-Fi. Anda dapat mengubahnya dengan masuk ke “Pengaturan”, lalu mengklik “Seluler” dan menekan tombol “Hotspot Pribadi”.

Atau ketuk “Pengaturan”, lalu Hotspot Pribadi, lalu Kata Sandi Wi-Fi. Saat memilih kata sandi untuk Hotspot Wi-Fi Pribadi, gunakan setidaknya delapan karakter dan gunakan karakter ASCII khusus.

Karakter ASCII yang termaksud adalah:

  • Angka dari 0 hingga 9
  • Semua huruf bahasa Inggris adalah huruf kecil dan huruf besar
  • Beberapa tanda baca
  • Tetapi Anda juga dapat menggunakan karakter non-ASCII. Ini merancang untuk mencegah perangkat lain di area tersebut terhubung ke hotspot pribadi Anda.

Contoh karakter non-ASCII antara lain karakter yang menggunakan karakter Rusia, Jepang, China, dan lainnya.

Bisakah Mengizinkan Keluarga Bergabung?

Tidak hanya bisa menggunakan sendiri, tetapi juga dengan keluarga iPhone Personal Hotspot. Anda dapat mengatur bagaimana iPhone Hotspot menggunakan fitur “Berbagi Keluarga” di perangkat Anda untuk terhubung secara otomatis tanpa memasukkan kata sandi.

Bagaimana? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pada perangkat dengan Hotspot Pribadi, buka “Pengaturan” dan kemudian ke “Hotspot Pribadi”.
  • Kemudian pilih “Keluarga Berbagi”.
  • Aktifkan fungsi “Berbagi Keluarga”.
  • Ketuk nama anggota keluarga yang dapat Anda ikuti
  • Setel apakah memerlukan persetujuan atau terhubung secara otomatis ke hotspot pribadi Anda

Cara Memutuskan Sambungan Perangkat

Setelah Anda mengetahui cara memasang dan mengatur hotspot iPhone sehingga Anda dapat menggunakannya tidak hanya secara langsung tetapi juga dengan keluarga Anda, Anda sekarang dapat memutuskan sambungannya. Bagaimana cara memutuskan sambungan perangkat seperti yang mengharapkan? Langkah-langkahnya sangat sederhana. Sobat cukup mematikan Personal Hotspot kemudian mematikan Bluetooth (jika via Bluetooth) atau mencabut kabel USB dari perangkat (jika via USB).

Mudah, bukan?

Ini memberikan penjelasan lengkap untuk pengaturan hotspot iPhone yang sempurna. Jika ada yang kurang, Apple biasanya memberikan instruksi lengkap di pengaturan masing-masing perangkat. Baca hanya instruksi pabrik dengan cermat.

Ă—