Cara Mengatasi Rambut Rontok

Dengan bertambahnya usia, Anda tidak dapat mencegah masalah kerontokan rambut. Namun, tidak perlu khawatir karena kini ada beberapa cara mengatasi rambut rontok, mulai dari bahan alami hingga obat-obatan yang diresepkan dokter. Apa saja?

Cara mengatasi rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut yang berlebihan memang sangat membingungkan. Selain pakaian yang penuh dengan rambut, ciri rambut rusak bisa berupa pengelupasan pada bagian kulit kepala.

Apa Penyebab rambut rontok?

Berbagai jenis penyakit seperti malnutrisi dan anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, stres yang berlebihan juga sering menjadi penyebab kerontokan rambut.

Berapa kali keramas agar rambut tidak rontok?

Mencucinya terlalu sering akan membuat rambut Anda lebih rapuh dan mudah rontok. Setiap kali Anda mencuci rambut, jumlah rambut yang rontok akan bertambah. Oleh karena itu, waktu keramas bagi pemilik rambut rontok adalah 2-3 hari.

Meskipun tidak dapat dicegah karena orang biasanya kehilangan 50 hingga 100 helai rambut, hal ini dapat mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan. Berikut adalah beberapa pilihan untuk perawatan rambut rontok.

1. Pakai obat rambut rontok dari dokter

Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Anda. Perawatan berikut juga disarankan setelah berkonsultasi dengan dokter yang menangani masalah rambut dan kulit kepala.

Ini akan mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan mungkin mempercepat pertumbuhan rambut. Apa obat untuk rambut rontok?

  • Minoxidil topikal untuk memerangi pertumbuhan rambut baru.
  • Finasteride oral untuk menghambat produksi hormon yang merusak folikel rambut.
  • Antiandrogen memperlambat androgen yang dapat menghentikan kerontokan rambut pada wanita.
  • Kortikosteroid untuk pengobatan kerontokan rambut akibat penyakit autoimun.
  • Obat antijamur untuk melawan jamur penyebab kerontokan rambut.
  • dutasterida oral.

2. Transplantasi rambut

Bagi mereka yang mengalami kerontokan rambut permanen yang hanya terjadi di bagian atas kepala, mungkin memerlukan transplantasi rambut.

Implantasi rambut adalah prosedur yang menggunakan sisa rambut. Dokter kulit atau ahli bedah biasanya menghilangkan rambut dari bagian kepala di mana rambut masih ada. Area yang botak kemudian dipindahkan. Meski cukup efektif, perawatan rambut rontok ini menimbulkan rasa sakit. Ada risiko pendarahan, memar, pembengkakan dan infeksi selama transplantasi rambut.

Selain itu, prosedur ini membutuhkan operasi berulang untuk hasil yang maksimal. Ini karena kerontokan rambut berulang dapat terjadi bahkan jika Anda telah menjalani operasi.

3. Terapi laser

Laser telah digunakan untuk mengobati rambut rontok dan kebotakan selama beberapa dekade. Terapi ini disebut terapi laser tingkat rendah atau low-level laser therapy. Terapi ini menggunakan foton yang diserap oleh jaringan kulit kepala. Oleh karena itu, foton mendorong pertumbuhan dan pemanjangan folikel kulit kepala.

Bahkan, teknologi saat ini telah menciptakan sisir rambut laser sehingga Anda tidak perlu ke dokter. Sisir untuk orang dengan rambut rontok parah juga menggunakan laser merah lengan rendah. Setiap gigi sisir memancarkan sinar laser foton. Jadi setiap kali Anda menyisir, gigi sisir mencapai kulit kepala, sehingga sinar laser menembus kulit kepala.

Penelitian dari Universitas Harvard menemukan bahwa menggunakan sisir laser sudah cukup untuk menumbuhkan rambut dengan kerontokan rambut yang parah. Selain itu, perangkat berteknologi canggih ini telah terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

4. Penuhi nutrisi untuk rambut rontok

Nutrisi merupakan bahan penting untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk perawatan rambut rontok. Nah, berikut ini beberapa nutrisi dari makanan untuk rambut rontok.

  • Zat besi untuk mencegah anemia, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  • Seng dan biotin untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Protein untuk memperkuat struktur rambut dan mempercepat pertumbuhannya.

5. Hindari penggunaan hair dryer dan catokan

Panas yang berlebihan dari pelurus rambut dan pengering rambut dapat menyebabkan rambut menipis. Nah, cara alami menyembuhkan rambut rontok adalah dengan menghindari sementara alat penata rambut selain penggunaan obat-obatan.

Jika Anda tidak menyisir rambut dan membiarkannya kering secara alami setelah keramas, setidaknya rilekskan. Setelah kering, sisir rambut Anda dengan lembut agar tidak mudah lepas dari kulit kepala untuk merawat rambut Anda.

6. Keramas dengan benar

Mencuci rambut merupakan salah satu cara untuk merawat rambut dan menyembuhkan rambut rontok jika dilakukan dengan benar. Dari memilih produk perawatan rambut untuk mencegah kerontokan rambut, seperti produk sampo, hingga mengeringkan, ternyata perawatan harus diperhatikan. Gunakan kombinasi sistem kekebalan tubuh dalam berbagai sampo dan kondisioner yang diformulasikan dengan esensi minyak beras, yang dikenal baik untuk rambut Anda, dan Pro-V Multivitamin, yang berfungsi sebagai multivitamin yang dapat membantu Anda menutrisi secara mendalam.

Kami juga menyarankan Anda memijat kulit kepala dengan lembut untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini karena metode ini dapat memperlebar arteri di kulit kepala untuk meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Akibatnya, siklus pertumbuhan rambut menjadi lebih lama.

Setelah memijat, aliran darah yang lebih lancar ini juga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. Oleh karena itu, folikel rambut memperbaiki sel-sel yang rusak di dalamnya dengan lebih efektif.

Inilah sebabnya mengapa memijat kulit kepala dapat membuat akar rambut tumbuh lebih kuat dan tidak mudah rontok. Ini mengonfirmasi oleh penelitian di bidang dermatologi dan terapi. Studi ini melaporkan kerontokan rambut lebih lambat di antara peserta botak. Dengan mencuci rambut yang benar, rambut mereka juga mengalami pertumbuhan rambut yang cukup cepat.

Cara alami mengatasi rambut rontok

Siapa bilang rambut rontok hanya bisa mengobati dengan bahan kimia? Padahal, ada banyak bahan alami di sekitar Anda untuk menyembuhkan rambut rontok. Lihat daftar berikut.

1. Kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang menemukan dalam tubuh manusia dan membantu memperkuat otot dan kulit. Protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh juga dapat memperoleh dengan suplemen makanan dan makanan.

Nah, kandungan asam amino pada kolagen bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Ini karena rambut terdiri dari protein keratin, yang terdiri dari asam amino dari tubuh manusia.

Inilah sebabnya mengapa mengkonsumsi kolagen membantu menutupi asupan asam amino yang dapat menggunakan untuk menumbuhkan rambut. Namun, belum ada penelitian khusus yang membuktikan hal tersebut.

2. Minyak kelapa

Selain kolagen, bahan lain dalam perawatan rambut rontok adalah minyak kelapa untuk rambut. Hal ini membuktikan oleh penelitian di Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research.

Para peneliti melaporkan bahwa kandungan minyak kelapa dalam produk rambut dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Kedua manfaat tersebut karena asam lemak yang ada dalam minyak kelapa dapat menembus rambut.

Faktanya, cara alami minyak kelapa mengobati rambut rontok mencegah rambut kehilangan sejumlah besar protein. Selalu periksa petunjuk penggunaan pada kemasan sebelum mencoba minyak kelapa.

Demikian cara mengatasi rambut rontok menurut liputanberitaku.com semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua!