Tips Memilih Tempat Service Laptop Terdekat

Tips Memilih Tempat Service Laptop — Di zaman modern seperti sekarang ini, hampir setiap orang memiliki laptop, namun tidak semua orang mengerti bagaimana cara memperbaiki laptop jika mengalami kerusakan. Untuk melakukan ini, bawa laptop Anda ke pusat layanan. Masalahnya, semakin banyak reparasi laptop di pasaran. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kebingungan dalam memilih mekanik mana yang akan disewa. Agar lebih mudah, berikut beberapa tips memilih service laptop terpercaya terdekat yang akan membantu Anda memperbaiki laptop Anda.

9 Kriteria Service Laptop Terdekat yang Terpercaya

Kesalahan dalam memilih lokasi servis laptop dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius, apalagi jika ditangani oleh orang yang tidak ahli. Bukan malah menyelesaikan masalah laptop yang ada, tapi membuat yang baru.

Tips Memilih Tempat Service Laptop
Tips Memilih Tempat Service Laptop

Oleh karena itu, 9 kriteria ini dapat digunakan untuk menentukan apakah service laptop terdekat benar-benar handal dalam memperbaiki kerusakan laptop.

1. Pemilik Service Memiliki Komunikasi yang Baik

Tips memilih lokasi service laptop yang pertama adalah memilih service center yang terdapat teknisi yang bisa berkomunikasi dengan baik. Hal ini menjadi sangat penting karena Anda sebagai pelanggan tentunya perlu mengetahui jenis kerusakan dan bagian mana yang perlu diganti agar laptop dapat hidup seperti semula.

Apalagi bagi pemula yang belum mengetahui seluk beluk laptop. Selain itu, teknisi yang dipilih harus komunikatif dan terbuka tentang biaya perbaikan. Jangan biarkan ketidaktahuan membodohi teknisi dan tiba-tiba mendapatkan komentar yang tidak jelas tentang kegunaannya.

2. Pilihlah Tempat Service yang Berpengalaman

Tip berikut adalah memilih pemasok yang berpengalaman. Hal ini dapat dilihat dari saat layanan diciptakan dan dari pendapat pelanggan yang menggunakan layanan tersebut. Jika Anda sudah berpengalaman, biasanya tidak butuh waktu lama untuk mengetahui masalah dan kerusakan pada laptop Anda.

Selain itu, service laptop ahli pasti akan memberikan solusi terbaik untuk memperbaiki laptop Anda, apakah itu perlu diperbaiki atau bagiannya perlu diganti. Terlepas dari apakah lokasi service laptop ahli terungkap dari rekomendasi pelanggan, teman, keluarga, kenalan dan lain-lain (testimoni online).

Secara umum, masyarakat menganggap bahwa rekomendasi merupakan bagian penting, karena merupakan bukti kepercayaan terhadap layanan tersebut. Berdasarkan rekomendasi, Anda dapat menilai kualitas layanan laptop yang dipilih.

3. Memiliki Tempat Usaha Sendiri

Tips selanjutnya adalah memilih service center laptop yang memiliki kantor pusat perusahaan sendiri. Teknisi yang sudah memiliki area servis tetap tentunya lebih handal dan aman.

Hal ini juga memudahkan untuk mengambil laptop yang sudah diperbaiki dan memudahkan untuk berkonsultasi jika suatu saat laptop rusak lagi, sehingga diperlukan alamat yang permanen dan jelas.

Selain itu, jika mekanik laptop tidak memiliki tempat tinggal yang jelas, maka akan sulit untuk menanyakan kondisi laptop dan tidak menutup kemungkinan laptop tersebut akan hilang nantinya.

4. Tempat Service yang Direkomendasikan Teman

Mereka yang baru pertama kali memiliki laptop pasti akan bingung ketika mengalami kerusakan pada laptopnya. Oleh karena itu, saran selanjutnya adalah memilih posisi layanan yang direkomendasikan oleh seorang teman.

Tanyakan kepada teman Anda yang laptopnya rusak dan dapatkan rekomendasi lokasi servis yang mereka gunakan. Biasanya, teman-teman punya alasan tersendiri untuk menggunakan layanan di lokasi tersebut.

5. Pelayanan Ramah dan Memuaskan

Tips memilih mekanik laptop berikut ini adalah dengan memilih service yang memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan. Service center yang profesional dan berpengalaman tentunya akan memastikan pelanggannya puas dan nyaman dengan kinerja perbaikan laptopnya.

Pusat layanan laptop yang berpengalaman akan dengan sabar menjelaskan masalah terkait laptop kepada setiap pelanggan dan memberi tahu pelanggan tentang perkiraan biaya perbaikan.

6. Memiliki Perlengkapan Peralatan Kerja yang Meyakinkan

Pusat layanan harus memiliki peralatan servis yang sesuai, seperti komputer, air panas, besi solder, flash BIOS, stasiun pemrosesan BGA, dan lainnya. Alat yang terlalu kuno dan murah menghambat perbaikan karena tidak memudahkan pekerjaan.

Sementara itu, perangkat yang terlalu canggih dan mahal membebani pelanggan, mengakibatkan biaya tinggi.

7. Ready Sparepart Walaupun Tidak Lengkap

Sebagian besar bengkel laptop tidak memiliki suku cadang yang lengkap karena ada ratusan jenis suku cadang laptop yang berbeda. Tapi apa artinya perbaikan jika Anda tahu laptop Anda rusak tetapi tidak ada suku cadang yang diservis? Ketersediaan suku cadang jelas menjadi hal utama.

Kerusakan pada suatu bagian terkadang berarti bagian yang rusak yang perlu diganti agar dapat berfungsi kembali. Itulah mengapa suku cadang sangat penting.

8. Ada Teknisi yang Standby

Jika ada teknisi yang standby di area servis, tentunya akan lebih mudah untuk mengkonsultasikan laptop yang rusak. Selain itu, kehadiran teknisi on-call menunjukkan komitmen layanan terhadap kepuasan pelanggan.

Jangan sampai, tidak ada teknisi di lokasi servis terpilih yang standby atau di service center saat membahas kerusakan laptop.

9. Memberikan Garansi Servis

Penyedia jasa laptop juga harus memberikan jaminan purna jual kepada pelanggan berupa jaminan. Jaminan yang diperoleh harus dengan jelas menyatakan apa yang dicakup oleh jaminan, dalam kondisi apa dan untuk berapa lama.

Biasanya, teknisi akan memperingatkan Anda tentang beberapa bagian yang rusak. Meski tidak detail, bagian-bagian utama dari modul, seperti motherboard, VGA, LCD, keyboard, RAM, prosesor, perlu dipahami dengan jelas untuk memahami ruang lingkup garansi. Adanya garansi memudahkan untuk memperbaiki laptop anda jika rusak lagi. Tentu saja, ketentuan setiap garansi dan cakupan sesuai dengan kebijakan penyedia produk atau layanan pendukung laptop.

Oleh karena itu, pastikan selalu bahwa penyedia layanan yang dipilih memberikan jaminan terhadap kerusakan setelah proses perbaikan selesai.

Selain itu, sebelum Anda pergi ke service center, evaluasi terlebih dahulu kerusakan laptop Anda, baik karena hardware maupun software. Jika masalahnya ada pada perangkat lunak (jendela, aplikasi, program), banyak komputer umum dapat memperbaikinya.

Namun jika perangkat kerasnya rusak, seperti laptop kosong, mati total yang sering mati mendadak, tidak banyak layanan yang bisa memperbaikinya. Karena dibutuhkan alat khusus untuk menangani kerusakan hardware.

Itulah tips memilih service laptop terpercaya terdekat. Menemukan lokasi terbaik untuk servis laptop sebenarnya cukup sulit. Sebelum memperbaiki laptop, ada baiknya untuk menanyakan kerusakannya, jika sudah sangat parah, lebih baik menabung dan membeli yang baru, daripada membuang biaya perbaikan yang mahal, tetapi laptop tetap rusak.