Rekomendasi 4 Website Builder Terbaik 2022

Rekomendasi Website Builder Terbaik — Apakah Anda ingin membuat situs web? Santai saja. Anda tidak harus pandai pemrograman. Dengan pembuat situs web terbaik, Anda dapat dengan mudah membuat situs web Anda. Namun, ada banyak pembuat situs web yang dapat dipilih. Manakah dari banyak opsi yang merupakan pembuat situs terbaik untuk Anda?

Pada artikel ini, kami merekomendasikan tujuh pembuat web terbaik untuk Anda coba, yaitu:

  1. Ziro
  2. Wix
  3. Squarspace
  4. WordPress

Selanjutnya, masing-masing fungsi dijelaskan dengan harga. Ingin tahu? Mari kita lihat sepanjang jalan!

Apa itu Website Builder?

Website Builder adalah platform atau program yang dapat membantu Anda membuat website. Tidak hanya pembuat situs web yang dapat memudahkan Anda untuk mempublikasikan situs web.

Pembuat Situs Web biasanya terdiri dari tiga langkah sederhana:

  • Pilih templat situs;
  • Edit situs web sesuka Anda;
  • Publikasi situs web.

Anda dapat menggunakan dua jenis pembuat situs web, yaitu online dan offline. Seperti namanya, pembuat situs online perlu diakses melalui Internet, sedangkan pembuat situs offline perlu diinstal di komputer Anda.

Namun, artikel ini hanya membahas pembuat situs online. Selain lebih populer, pembuat situs online adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin situs Anda segera muncul di web.

Rekomendasi Website Builder
Rekomendasi Website Builder

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Website Builder?

Oke, apa yang harus Anda pertimbangkan saat memilih pembuat situs web terbaik? Berikut beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Mari kita mulai!

1. Kemudahan Penggunaan

Tujuan utama menggunakan Pembuat Situs Web adalah membuat pembuatan situs web sesederhana mungkin. Jika Anda masih memiliki banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakannya, pembuat situs tidak mudah digunakan.

Salah satu fitur yang biasanya ditawarkan oleh pembuat situs untuk kemudahan penggunaan adalah generator seret dan lepas atau editor situs. Pastikan pembuat situs yang Anda pilih memiliki fitur ini.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan permukaannya. Hindari pembuat situs yang merasa bingung atau sulit menggunakan alat mereka.

2. Kemudahan Publikasi

Tentu, Anda ingin situs Anda segera muncul di web, bukan? Untuk melakukan ini, pastikan pembuat situs yang Anda pilih menawarkan hosting web dan domain. Sehingga website bisa langsung muncul.

Jika Anda sudah memiliki domain dan nama domain, coba lihat apakah Anda dapat menghubungkan situs yang baru saja Anda buat ke domain dan domain yang Anda beli di platform lain.

3. Koleksi Template Website

Salah satu faktor yang membuat pembuat situs web menarik adalah modelnya. Dengan menggunakan template, Anda dapat dengan mudah membuat situs web apa pun. Mulai dari website pribadi, website perusahaan hingga toko online.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah memilih template yang sesuai dengan jenis situs yang ingin Anda buat. Kemudian edit sesuai keinginan.

Oleh karena itu, pilih pembuat situs yang menawarkan kumpulan templat situs yang komprehensif. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah kehabisan pilihan. Juga, pastikan untuk memperhatikan kualitas model.

4. Fitur

Setiap pembuat situs web memiliki fitur hebatnya sendiri. Beberapa menawarkan opsi pengeditan komprehensif, desain ramah seluler, atau berbagai alat tambahan yang membuat pembuatan situs Anda lebih mudah.

Jadi apa layanan terbaik yang dapat ditawarkan oleh pembuat situs web?

Semuanya kembali ke kebutuhan Anda ketika Anda membuat situs Anda. Apapun layanan yang kami tawarkan, pastikan Anda benar-benar membutuhkannya. Jangan tergoda oleh fitur yang tidak akan Anda gunakan.

5. Customer Support 

Bayangkan jika Anda kesulitan membangun sebuah website, Anda jelas sedang mencari kontak customer service untuk mencari solusinya bukan?

Inilah sebabnya mengapa pembuat situs web yang baik menyediakan akses ke dukungan pelanggan penuh, seperti obrolan langsung 24/7, email, dan dukungan telepon.

Tentu saja, keramahan dan kepercayaan tim dukungan pelanggan jauh lebih penting dari itu. Lihat berbagai ulasan di web untuk mengetahui apakah perwakilan layanan pelanggan pembuat situs Anda memberikan layanan yang optimal.

6. Harganya Terjangkau

Harganya relatif. Itu tergantung pada ukuran perusahaan. Jika Anda seorang pemula, Anda jelas mencari pembuat situs web yang menawarkan layanan murah atau bahkan gratis.

Di sisi lain, jika Anda membangun situs web untuk bisnis skala besar, pasti ada baiknya mencari pembuat situs web yang menawarkan paket super lengkap.

Apa pun cakupan bisnis Anda, pastikan pembuat situs web yang Anda pilih tidak hanya menawarkan layanan yang tepat untuk Anda. Namun harga yang ditawarkan juga harus sesuai dengan budget yang Anda tentukan.

4 Website Builder Terbaik di 2022

Berkat informasi di atas, Anda dapat memutuskan pembuat situs mana yang terbaik untuk Anda. Berikut adalah beberapa pembuat situs populer yang mungkin sesuai dengan kriteria Anda. Selamat memilih!

1. Zyro

Jika Anda ingin melihat logo dengan cepat, mudah dan profesional, Zyro adalah solusinya. Ini adalah satu-satunya platform yang menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk membuat logo yang hebat. Dari pemilihan font, ikon, warna, format hingga layout.

Sekilas, ciri-ciri ini mungkin tampak biasa saja. Bagaimanapun, setiap pembuat logo harus memilikinya. Namun, percayalah, Anda akan merasakan perbedaannya saat menggunakan Zyro. Semua fitur Zyro sengaja dibuat sederhana dan to the point. Itu sebabnya, jangan kaget, Anda dapat membuat logo yang bagus dalam waktu kurang dari lima menit.

Caranya cukup buka website Zyro Logo Maker. Kemudian masukkan nama merek dan slogan (jika ada). Kemudian pilih ikon atau logo yang diinginkan. Gunakan kata kunci di kotak pencarian untuk menemukan ikon yang Anda inginkan.

Jadi sesuaikan saja tampilannya. Anda dapat mengubah font, warna, ukuran dan tata letak logo. Selain mengklik opsi yang tersedia, Anda juga dapat memanfaatkan fitur drag and drop Zyro.

Setelah Anda puas dengan desain logo yang Anda inginkan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol Unduh di pojok kanan atas. Anda akan secara otomatis menerima logo dengan format gambar PNG dan resolusi tinggi. Anda dapat menggunakan logo untuk kebutuhan branding atau pencetakan online Anda.

Fitur unggulan Zyro

  • Template Lengkap – Template Situs Web Profesional untuk Setiap Bisnis – Ada banyak jenis template
  • Layanan E-niaga – Dari manajemen inventaris, hingga pemesanan, hingga pelacakan pengiriman, dari pelaporan hingga layanan pelanggan, ada banyak layanan yang tersedia.
  • Domain dan Hosting Gratis – Paket sudah termasuk domain dan hosting gratis
  • Pengoptimalan mesin telusur: pemuatan situs web yang cepat, pengoptimalan seluler, tag meta otomatis, penyimpanan cloud, dan fitur keamanan SSL.
  • Pengoptimalan Seluler – Desain situs web Zyro responsif dan dapat dikelola dari ponsel Anda.

Harga

Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Rp 27.200 / bulan, dengan diskon hingga 87% untuk layanan ini.

2. Wix

Wix adalah pembuat situs web yang sangat intuitif, terutama untuk pemula. Anda dapat menggunakan layanannya secara gratis. Ya, Anda dapat memilih template, mengedit situs Anda, dan mempublikasikannya secara gratis.

Pembuat situs ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keren, seperti pembuat seret dan lepas, 500+ templat situs, dan desain yang ramah seluler. Mereka juga menyediakan pusat dukungan untuk menjawab berbagai masalah pembuatan situs web.

Namun, ada batasan untuk layanan gratis. Misalnya, gunakan string .wixsite di alamat situs web Anda, misalnya “www.domainname.wixsite.com”. Juga akan ada iklan Wix di situs Anda.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mendaftar untuk paket berbayar. Setiap langganan berbayar meningkatkan kapasitas penyimpanan situs. Anda juga mendapatkan fitur tambahan seperti Penguat Situs dan Analisis Pengunjung.

Keunggulan Wix

  • Wix Editor – Fitur ini dapat membantu Anda membuat situs Anda lebih indah. Nikmati berbagai alat desain yang menarik, seperti font tak terbatas, efek gulir, dan galeri media.
  • Wix ADI – Anda dapat membuat situs web dalam waktu singkat. Kemudian fitur ini akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada Anda dan kemudian secara otomatis membuat situs berdasarkan jawaban yang Anda berikan.
  • Corvid by Wix – Corvid adalah platform pengembangan terbuka yang berguna untuk membangun aplikasi web. Fitur ini sangat cocok untuk pengembang web.
  • Hosting gratis – Anda tidak perlu khawatir tentang penerbitan situs Anda. Karena Anda bisa menikmati web hosting secara gratis.
  • Layanan Toko Online – Wix juga menawarkan berbagai fitur toko online yang menarik, seperti struktur toko online Toko Wix. Wix Bookings juga membantu proses pemesanan pemesanan.

Harga

Gratis tetapi dapat ditingkatkan. Paket berkisar dari $4,50 / bulan (paket Connect Domain) hingga $24,50 / bulan (paket VIP).

3. WordPress.org

WordPress.org adalah salah satu platform paling populer. Alasannya sangat sederhana: di sini Anda dapat memulai blogging dengan sangat mudah.

Meskipun WordPress.org pada dasarnya bukanlah pembuat situs, Anda dapat mengaktifkan berbagai ekstensi pembuat situs. Seperti Elementor dan Beaver Builder.

Hal ini juga mudah digunakan. Ini membuatnya lebih mudah untuk membuat konten. Anda membutuhkan ruang penyimpanan dan domain untuk menggunakannya terlebih dahulu. Karena biasanya penyedia hosting sudah menyediakan instalasi WordPress.org di dalamnya.

WordPress.org adalah alternatif yang bagus untuk pemula. Jika Anda menginginkan platform yang menawarkan fleksibilitas dan penyesuaian yang mudah, platform ini adalah pilihan yang memuaskan.

Kamu tahu? WordPress juga memiliki platform lain, WordPress.com. Ingin tahu apa bedanya dengan WordPress.org? Kami menyediakan artikel yang membahas perbedaan keduanya!

Fitur unggulan WordPress.org

  • Ratusan Tema – Ada ratusan tema gratis dan masih banyak lagi tema premium untuk membuat tampilan situs Anda lebih profesional.
  • Berbagi Sosial Terintegrasi: Bagikan konten dengan mudah ke akun media sosial Anda.
  • Aplikasi seluler dan desktop: WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan untuk mengedit konten dari mana saja.

Harga

Ini gratis, tetapi Anda harus membayar untuk hosting dan domain Anda. Anda juga dapat membayar untuk tema dan ekstensi (opsional).

4. Squarespace

Squarespace dapat membantu Anda membangun situs web apa pun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih templat situs web yang mereka tawarkan, mulai dari blog, resume, toko online, hingga situs web pernikahan.

Plus, Squarespace menawarkan bandwidth dan penyimpanan tak terbatas, keamanan SSL, domain kustom gratis, dan layanan pelanggan 24/7 untuk semua layanan Anda.

Anda dapat mencoba Squarespace secara gratis selama 14 hari. Anda kemudian harus berlangganan salah satu paket. Namun, jika Anda tidak puas dengan periode uji coba gratis 14 hari, Anda masih dapat meminta perpanjangan 7 hari dari periode uji coba gratis.

Keunggulan Squarespace

  • Alat Blogging: Fitur ini memudahkan untuk memposting konten di blog Anda. Selanjutnya, Anda dapat dengan mudah mengkategorikan konten Anda dan merencanakan publikasi Anda.
  • Analytics – Anda dapat memantau jumlah pengunjung, kinerja konten Anda, daftar produk terlaris. Semua data ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel.
  • Alat Pemasaran Email: Buat kampanye pemasaran email yang lebih menarik dengan berbagai fitur tata letak email, pengeditan konten email yang mudah, dan analitik untuk melacak kinerja kampanye.
  • Alat media sosial: Hubungkan situs Anda ke akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ini memudahkan Anda untuk membagikan konten Anda di media sosial.
  • Pengeditan seluler – Squarespace memiliki aplikasi yang dapat Anda unduh di iOS atau Android. Jadi Anda dapat mengelola situs Anda dari mana saja.

Harga

Uji coba gratis tersedia selama 14 hari dan tambahan 7 hari. Anda kemudian perlu berlangganan paket mulai dari $ 12 / bulan (langganan pribadi) hingga $ 40 / bulan (paket komersial khusus). Harga ini berlaku untuk pembayaran tahunan.

Demikian artikel tentang Rekomendasi Website Builder Terbaik semoga bermanfaat!