Cara Download Subtitle YouTube Secara Mudah

Cara Download Subtitle YouTube Secara Mudah–Subtitle adalah file teks yang ditampilkan dengan dialog atau subtitle dalam video atau film. Subtitle umumnya berupa terjemahan sehingga penonton yang tidak mengerti bahasa video dapat memahami tujuan dari video tersebut. Selain itu, caption sangat berguna bagi teman tunarungu (maaf) untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam video, meskipun dalam bahasa yang mereka pahami. Menggunakan subtitle bahasa Inggris dalam film bahasa Inggris juga bisa menjadi sarana belajar bahasa Inggris.

Salah satu situs berbagi video terbesar, YouTube, memiliki banyak konten dalam berbagai bahasa dari pembuat konten di seluruh dunia. Captioning video YouTube telah menjadi wajib jika pembuat ingin membuat konten tersedia untuk lebih banyak orang. Setidaknya semua video melengkapi dengan teks bahasa Inggris.

Sejarah YouTube

YouTube adalah situs berbagi video di mana siapa pun dapat menonton konten video tanpa akun. Sementara itu, pengguna harus mendaftar akun terlebih dahulu untuk mengunggah video ke platform ini. YouTube mendirikan pada Februari 2005 oleh mantan karyawan PayPal Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Perusahaan yang berbasis di San Bruno, California ini telah menjadi anak perusahaan Google sejak November 2006.

Pada Mei 2005, YouTube menawarkan uji beta yang memungkinkan situs terus berkembang. Hanya dalam 2 bulan sejak uji beta, lebih dari 65.000 video telah megunggah per hari dan YouTube mengunjungi oleh 100 juta video per hari. Saat ini ada 30 juta pengguna aktif mengunjungi YouTube setiap hari dan sekitar 5 miliar tampilan video per hari.

YouTube telah menawarkan layanan berlangganan yang tersebut YouTube Premium sejak 17 Mei 2018. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat konten YouTube bebas iklan, mengakses YouTube Music Premium, konten asli YouTube, memutar video offline, dan memutar video di smartphone Anda. di latar belakang, sehingga pengguna tetap dapat memutar video saat mereka menutup layar aplikasi YouTube.

YouTube Premium menawarkan konten asli, juga mengenal sebagai YouTube Originals, yang diproduksi YouTube bekerja sama dengan pembuat konten atau orang terkenal. Dari drama hingga miniseri hingga dokumenter, dibuat oleh YouTube Originals.

Misalnya, salah satu film dokumenter konser Ariana Grande, Ariana Grande: Dangerous Women’s Diaries yang tayang 29 November 2018, berisi 4 episode dengan durasi kurang lebih 27-37 menit per episode.

YouTube

Selain karakter yang sudah memiliki penggemar, seperti musisi atau aktor, YouTube juga menarik karakter YouTube yang hebat untuk membuat konten di YouTube Originals. Salah satunya adalah serial variety PewDiePie, Scare PewDiePie, dengan total 10 episode, masing-masing berdurasi 14-23 menit.

YouTube Originals tidak hanya mencakup konten bahasa Inggris, tetapi juga konten non-Inggris seperti Run, BIGBANG Scout! yang merupakan salah satu boy band paling terkenal di Korea Selatan, berbagai pertunjukan Big Bang. Acara ini terdiri dari 7 episode dan masing-masing memiliki subtitle dalam beberapa bahasa, antara lain Arab, Cina, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Yunani, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki, dan Vietnam.

Jika pencipta mengizinkannya, orang lain dapat berpartisipasi dengan memasukkan subtitle dalam bahasa pilihan mereka. Selanjutnya, kreator akan mengonfirmasi apakah subtitle yang menerima akan menyertakan dalam videonya dan ditampilkan dengan pengaturan bahasa subtitle yang tersedia.

YouTube Premium memiliki biaya berlangganan bulanan sebesar Rp 59.000. Ada juga paket keluarga seharga Rp 89.000 per bulan yang bisa menggunakan oleh 5 orang sekaligus. Ada juga paket pelajar untuk pelajar senilai Rp 34.990 per bulan. Semua layanan akan gratis untuk pengguna baru YouTube Premium selama 1 bulan.

Cara Download Subtitle Youtube

Jika Anda ingin mengunduh video YouTube dengan subtitle, Dear Signal dapat membantu Anda kali ini. Di sini, Carisignal membagikan 4 cara mengunduh subtitle dari YouTube tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Anda dapat melakukan metode berikut di komputer dan smartphone.

1. Download Lewat download4.cc

  1. Langkah pertama cukup salin tautan ke video YouTube dengan teks yang ingin Anda unduh.
  2. Lalu buka download4.cc dan tempel tautan yang disalin ke dalam kotak pencarian di sebelah tombol Unduh.
  3. Kemudian klik tombol Unduh dan gulir ke bawah untuk melihat seperti apa halaman berikutnya.
  4. Kemudian klik bagian Download Subtitles di pojok kanan bawah gambar video.
  5. Daftar subtitle yang tersedia kemudian akan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
  6. Yang perlu Anda lakukan untuk mengunduh bahasa subtitle yang diinginkan adalah dengan mengklik tombol SRT dan unduhan subtitle akan secara otomatis ditempatkan di folder “Unduh” di komputer Anda. Bagaimana? Sangat mudah dan praktis bukan?

Selain mengunduh subtitle, download4.cc juga memungkinkan Anda mengunduh video dan suara dari berbagai platform, termasuk Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya.

Audio-video yang dapat diunduh dari download4.cc juga mendukung berbagai format, mulai dari MP3, MP4 dan webm. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengubah resolusi sesuai kebutuhan. Wah, paketnya lengkap ya?

2. Download Lewat downsub.com

  • Pertama, salin tautan ke video YouTube dengan teks yang ingin Anda unduh. Buka youtube.com dan salin tautan ke bilah pencarian. Anda juga bisa mendapatkan tautan YouTube dari tautan Bagikan Video.
  • Langkah selanjutnya buka downsub.com. Kemudian tempel tautan yang disalin ke bilah pencarian di halaman Downsub.
  • Klik tombol Unduh untuk melihat daftar subtitle yang dapat diunduh dari video YouTube.
  • Unduh melalui downsub

Di halaman ini, Anda dapat melihat semua bahasa subtitle yang tersedia untuk video yang Anda tautkan. Klik tombol SRT untuk pengaturan bahasa subtitle yang ingin Anda simpan untuk mulai mengunduh file subtitle.

3. Download Lewat savesubs.com

  • Pertama, salin tautan YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya. Anda dapat menyalin tautan dari bilah pencarian dengan membuka YouTube dari browser atau dari tautan Bagikan video YouTube.
  • Buka savesubs.com dan rekatkan tautan yang telah disalin sebelumnya. Kemudian klik Extract & Download untuk memuat link download subtitle video.
  • Unduh melalui savesub
  • Halaman berikutnya akan menampilkan bahasa subtitle yang tersedia untuk video yang Anda sambungkan. Klik tombol SRT dalam bahasa yang diinginkan untuk mengunduh.

4. Download lewat DVDVideoSoft

  1. Salin tautan ke video YouTube yang teksnya ingin Anda unduh. Anda bisa mendapatkan tautan ke video YouTube dari tautan Bagikan video atau salin tautan ke bilah pencarian jika Anda mengakses YouTube melalui mesin pencari.
  2. Buka situs web DVDVideoSoft. Kemudian paste link tersebut ke kolom Insert YouTube Link Here dan klik Download.
  3. Pilih bahasa yang ingin Anda unduh di bagian Bahasa. Klik menu tarik-turun Bahasa untuk memilih bahasa.
  4. Kemudian pilih Original Timestamps (untuk setiap ekspresi) untuk memformat file yang mengunduh dalam format subtitle.
  5. Pada langkah terakhir, klik tombol Unduh .srt untuk mengunduh file subtitle YouTube dalam bahasa yang Anda pilih sebelumnya.

Berikut 4 cara mendownload subtitle dari YouTube. Anda dapat memasukkan subtitle YouTube untuk video yang mengunduh melalui pemutar media yang ada. Cukup seret dan lepas file subtitle ke pemutar media yang memutar video yang ingin Anda subtitle. Atau, jika Anda memberi nama file video dan subtitle yang sama, mereka akan secara otomatis menyertakan subtitle saat memutar video.

Apakah Anda dapat mengunduh subtitle dari video YouTube? Nikmati menonton video secara offline!