Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify–Pada Maret 2018, Spotify mengumumkan fitur baru dalam aplikasinya yang disebut Podcast. Sejauh ini, keberadaan podcast berkembang pesat. Anda dapat mencoba membuka akun dan membagikan cerita Anda melalui podcast dengan mencoba aplikasi Spotify yang populer.

Spotify sendiri awalnya dikenal sebagai layanan streaming musik yang bisa dinikmati dari smartphone hingga komputer. Satu-satunya perbedaan di sini adalah bahwa perusahaan streaming musik Swedia ini membayar royalti kepada musisi tergantung pada seberapa banyak karya mereka yang mereka dengarkan. Sedangkan paket berlangganan yang ditawarkan adalah versi berbayar dan gratis, dengan beberapa keunggulan.

Namun, apakah kamu sudah mengerti dan tahu apa itu podcast? Atau pernah dengar podcast? Sebelum kita mengambil langkah baru di Spotify, mari kita mengenal dan berkenalan dengan podcast yang sedang tren saat ini dalam penyiaran online, memiliki beragam topik dan menarik siswa dari seluruh dunia.

Mengenal Apa Itu Podcast

Banyak yang telah mendengar tentang podcast, tetapi belum memahami konsep mode transmisi baru ini. Kebanyakan orang yang belum familiar dengan podcast akan menyimpulkan bahwa podcast adalah layanan yang bekerja seperti radio. Meskipun ini benar, podcast dan radio sebenarnya berbeda. Keduanya hanya audio, dan podcast sekarang tersedia dengan video.

Saat ini, ada beberapa jenis podcast yang bisa kamu dengarkan. Bahkan di iTunes, podcast berkembang biak untuk mengakses ribuan saluran dan akun. Juga, Anda dapat memilih program mana yang ingin Anda dengarkan. Tak heran jika kehadiran radio saat ini semakin berkurang seiring dengan pertumbuhan perkembangan podcast.

Cara Upload Lagu ke Spotify

Selain itu, podcast yang dibuat sebagai hasil dari rekaman ini biasanya tidak disiarkan secara langsung. Juga, ada sangat sedikit iklan di podcast. Ini memungkinkan Anda untuk mendengar suara dengan lebih fleksibel. Seperti radio, tidak perlu mengubah jadwal siaran.

Podcast juga memiliki fitur dan format audio untuk mereka yang lebih suka mendengarkan siaran penuh daripada menontonnya. Rekaman audio ini juga bisa menjadi rekaman yang bisa Anda dengarkan lagi kapan saja. Hal ini membuat aplikasi streaming ini menjadi pilihan penyiar individu dan perusahaan yang juga menangani penyiaran multimedia. Jika Anda juga tertarik untuk membuat dan meluncurkan saluran podcast Anda sendiri, berikut adalah alat dasar yang harus Anda miliki dan instal sebelum Anda dapat mulai streaming online.

Peralatan yang Diperlukan Saat Membuat Podcast

Sebelum Anda memulai untuk membuat Podcast, ada beberapa alat yang perlu disiapkan. Beberapa alat tersebut antara lain :

  • Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat paling sederhana yang harus dimiliki setiap penyiar podcast. Anda dapat memilih dari berbagai kualitas dan harga mikrofon yang sesuai dengan anggaran Anda. Begitu juga dengan jenis mikrofon yang mendukung kenyamanan pilihan Anda, mulai dari mikrofon USB hingga mikrofon analog. Pastikan Anda menggunakan mikrofon yang berkualitas sehingga siswa Anda dapat mendengar suara Anda dengan jelas.

  • Audio interface

Ini adalah satu-satunya perangkat yang sangat diperlukan bagi siapa saja yang menggunakan mikrofon analog. Perangkat ini sendiri digunakan untuk mengubah audio analog menjadi audio digital. Ini mungkin pilihan yang tepat untuk menjaga kualitas suara yang jernih dan tajam, bahkan saat mendengarkan di perangkat yang berbeda.

  • Komputer atau laptop

Setelah Anda merekam audio menggunakan mikrofon, Anda dapat mengeditnya. Baik itu menghilangkan suara yang tidak perlu, suara latar yang mengganggu atau membuat perubahan lain yang diperlukan. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan laptop atau komputer untuk mengubah rekaman audio.

Tidak seperti di masa lalu, ketika podcast hanya identik dengan suara, podcast juga menambahkan elemen visual ke siarannya. Untuk melakukan ini, mereka yang ingin membuat podcast video memerlukan webcam atau kamera yang sesuai untuk mengambil gambar. Perhatikan kualitas kamera Anda, karena ini akan memengaruhi ketajaman gambar dan perekaman serta penyesuaian suara.

  • Digital Audio Workstation

Digital Audio Workstation adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyempurnakan audio yang direkam. Software ini sendiri menawarkan banyak pilihan seperti PreSonus, Reaper, Wavepad dan masih banyak lagi. Menariknya, Anda juga bisa mendapatkan software ini secara gratis.

  • Pop Filter

Perangkat lunak lain yang mungkin Anda perlukan adalah Pop Filter. Dengan software ini, Anda dapat membuat podcast Anda lebih profesional. Anda dapat menghilangkan kebisingan dan menghilangkan suara yang direkam. Hanya saja software ini berbayar, jadi jika Anda merasa tidak membutuhkannya, Anda tidak bisa menggunakannya.

Berikut adalah beberapa alat dan perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk bersiap-siap membuat podcast. Setelah semua peralatan sudah siap, cari tahu di bawah ini cara merekam podcast di Spotify!

Cara Upload Lagu ke Spotify

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify

Setelah selesai menyiapkan alat untuk podcast, Anda dapat mulai mempelajari cara merekam podcast di Spotify. Berikut adalah beberapa metode praktis.

  • Tentukan topik terlebih dahulu

Sebelum benar-benar berlangganan podcast, pastikan Anda telah mengidentifikasi topik yang ingin Anda bicarakan atau diskusikan di podcast nanti. Pastikan Anda memilih topik yang benar-benar bagus. Jika perlu, pilihlah topik yang saat ini tidak banyak meembicarakan orang.

  • Mulai buat narasi sendiri

Anda dapat membuat narasi Anda sendiri untuk mendaftar ke Podcast berikutnya. Bercerita membantu Anda mengontrol podcast dengan lebih mudah. Namun, Anda bahkan tidak harus hanya membaca, jika perlu, melakukan dadakan.

  • Mulai lakukan recording

Anda kemudian dapat melakukan cara merekam podcast dengan merekam. Anda dapat menggunakan beberapa alat yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik. Jadi pastikan mikrofon dicolokkan ke komputer Anda dan gunakan untuk merekam narasi juga. Setelah Anda selesai merekam, pastikan untuk mendengarkan lagi. Kemudian mulailah mengedit rekaman sesuka Anda dan pastikan ukuran file rekaman tidak melebihi 200MB.

  • Tentukan nama dan cover image untuk Podcast

Anda kemudian dapat menentukan nama yang dapat menjelaskan konten. Anda juga perlu memastikan bahwa mode perekaman podcast tidak melebihi 20 karakter saat menentukan nama ini. Jika tersedia, Anda juga dapat membuat sampul yang Anda inginkan sebagai sampul podcast. Namun, pastikan bahwa gambar atau logo yang Anda gunakan tidak memiliki hak cipta untuk menghindari masalah di masa mendatang.

  • Mulai pilih host website Anda

Cara merekam podcast selanjutnya adalah dengan memilih dan menentukan hosting situs web Anda. Ini melakukan untuk membuat podcast Anda tersedia secara online. Anda kemudian akan menerima umpan RSS setelah mengunggahnya ke podcast Anda.

  • Terakhir, saatnya upload ke Spotify

Cara terakhir untuk merekam podcast adalah dengan mengunggah podcast Anda ke Spotify. Bagaimana? Berikut cara berlangganan podcast:

  • Buka halaman Spotify untuk podcaster
  • Kemudian masuk dengan akun Anda
  • Klik Mulai di halaman Podcast
  • Kemudian pilih kotak centang Syarat dan Ketentuan Umum, lalu klik Lanjutkan
  • Lanjutkan dengan memasukkan tautan umpan RSS di bidang yang sesuai
  • Judul dan sampul akan ditampilkan, lalu klik Berikutnya
  • Di bagian Tambahkan Informasi Podcast, Anda dapat menambahkannya berdasarkan negara, kategori, bahasa, atau penyedia layanan, lalu klik Berikutnya.
  • Terakhir, tinjau detail podcast yang ingin Anda unggah dan tekan Kirim untuk melanjutkan.

Kesimpulan dan penutup

Membuat akun saluran atau podcast adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang karena memberi mereka kendali penuh atas konten yang ingin mereka bagikan. Pemilik podcast dapat membuat podcast mereka di mana saja, dan kebanyakan dari mereka melakukan streaming online dari rumah pribadi atau bahkan menyediakan studio pribadi.

 

Hanya saja karena ada begitu banyak saluran podcast, Anda perlu memikirkan topik dan utas podcast yang umum. Hindari membicarakan teman bersama yang mungkin pernah disebut-sebut dan menjadi tren di masa lalu. Gunakan kreativitas Anda, riset sebelum membahas suatu topik, dan tentu saja selalu posting konten secara konsisten untuk mendengarkan saluran podcast Anda dengan lebih baik.

Cara Upload Lagu ke Spotify

Ă—