Pengelolaan dan Pemanfaatan Database Karyawan di Perusahaan

Pengelolaan dan Pemanfaatan Database Karyawan di Perusahaan--Penggunaan teknologi dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuannya. Sebuah bisnis harus bekerja secara efisien untuk bertahan dalam persaingan yang ketat. Salah satu teknologi yang perlu mmiliki bisnis adalah teknologi pemrosesan data untuk membuat informasi lebih bermanfaat. Teknologi yang termaksud adalah sistem pengolahan database atau yang biasa disebut dengan database.

Hingga saat ini, hampir setiap area perusahaan, baik kecil, menengah maupun besar, sudah mulai menggunakan dan menggunakan sistem informasi untuk membantu mereka beroperasi. Aplikasi berbasis database sudah digunakan oleh perusahaan menengah dan besar. Memiliki database memudahkan bisnis apa pun untuk menemukan, mengelola, dan menggunakan informasi. Melalui sistem database, perusahaan dapat menyimpan berbagai jenis dan jenis data yang ada di perusahaan, seperti penyimpanan data karyawan atau sumber daya manusia.

Menurut definisi, database adalah kumpulan dari berbagai data yang disimpan secara sistematis di komputer. Data dapat diproses atau dimanipulasi menggunakan program untuk menghasilkan berbagai jenis informasi. Basis data merupakan aspek yang sangat penting. Database biasanya memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Komponen Utama Dalam Sistem Informasi

Sistem basis data mampu menyeleksi data sehingga cepat diorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok. Hal inilah yang pada akhirnya dapat dengan cepat menghasilkan informasi yang Anda butuhkan juga. Kecepatan di mana database memproses data tergantung pada desain database.

https://www.d-volt.my.id/4291/employee-turnover-sebab-akibat-dan-cara-mencegah-turnover-pada-karyawan.html

Menghemat Biaya Perangkat

Dengan database pusat, tidak semua departemen membutuhkan perangkat penyimpanan database, karena mereka hanya membutuhkan satu database, yang impan di server pusat. Hal ini tentu saja dapat mengurangi biaya perolehan aset. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan pembiayaan hal-hal lain yang lebih penting dan produktif.

Mengatasi Kerangkapan Data (Redundancy Data)

Menggunakan database karyawan yang ada dalam perangkat lunak SDM dapat mengurangi redundansi data hosting perusahaan. Adanya redundansi dapat menyebabkan pemborosan ruang penyimpanan data dan penurunan kualitas data milik perusahaan.

Menghindari Terjadinya Inkonsistensi Data

Menggunakan database karyawan tunggal dalam perusahaan dapat meningkatkan integritas data milik perusahaan dan mengurangi inkonsistensi. Karena kebutuhan data pegawai yang berbeda di setiap divisi, maka database harus mampu mengelola setiap departemen dengan data yang valid dan akurat sesuai dengan kebutuhannya.

Penyusunan Format Standar Dalam Data

Konsistensi data dalam database tentunya akan memudahkan konfirmasi data pada saat menggunakan. Data dalam format standar atau seragam memudahkan para pemimpin bisnis untuk mengambil keputusan darurat. Hal ini dikarenakan data yang mengarsipkan merupakan data yang valid, sehingga dasar pengambilan keputusan akan sangat kuat dan bertanggung jawab.

Digunakan Banyak Pengguna (Multiple User)

Data dalam database pegawai dapat menggunakan oleh seluruh pegawai secara bersamaan baik untuk perubahan data maupun pembaruan data. Dengan software HR, perusahaan dapat menyimpan data karyawan secara akurat dan rapi serta mengaksesnya kapan saja, di mana saja. Keamanan data juga bisa dijamin.

Memudahkan Pembuatan Aplikasi Baru

Sistem database merancang dengan sangat baik sehingga perusahaan tidak perlu membuat database baru jika membutuhkan aplikasi baru. Bisnis tidak perlu mengembalikan struktur database yang ada. Programmer hanya perlu membuat atau mengelola API. Lebih mudah dan praktis bukan?

Keamanan Data Lebih Terjamin

Saat ini, hampir semua aplikasi manajemen basis data memiliki kemampuan manajemen pengguna. Manajemen pengguna dapat membuat berbagai hak akses yang menyesuaikan berdasarkan minat dan posisi masing-masing pengguna. Juga, kata sandi memerlukan untuk mengakses data yang menyimpan dalam database. Ini akan memastikan tingkat keamanan data yang lebih tinggi menggunakan sistem database.

 

Inilah kelebihan dan kegunaan dari sistem database. Setiap perusahaan, baik itu bisnis kecil, terutama yang besar, memiliki database yang merancang dengan baik. Seiring dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer, manfaat dari database ini akan semakin meningkat.

Salah satu aspek terpenting bagi perusahaan adalah perusahaan harus lebih memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia. Karena sumber daya tersebut sangat mempengaruhi kinerja suatu perusahaan. Agar proses pengelolaan sumber daya manusia berjalan dengan lancar, setiap perusahaan membutuhkan database yang dapat menyimpan berbagai data yang membutuhkannya.

Data ini meliputi data pegawai, data penggajian, data kinerja individu pegawai, dan lain sebagainya. Dan cara yang baik untuk mengelola semua ini adalah dengan menggunakan sistem informasi yang khusus menangani manajemen sumber daya manusia, yang biasa mengenal dengan Human Resource Information System (HRIS). Dengan menggunakan software HRIS, perusahaan dapat lebih mudah mengelola data SDM seperti absensi, penggajian, manajemen karyawan, dan lainnya.