Cara Mengatasi iPhone is Disabled Tanpa PC dan Menggunakan iTunes

Cara Mengatasi iPhone is Disabled Tanpa PC dan Menggunakan iTunes–Jika Anda tahu, sekarang Anda mendapatkan pesan “aneh” yang tiba-tiba muncul di iPhone Anda yang mengatakan “iPhone menonaktifkan”? Dengan kata lain, “iPhone menonaktifkan” bagi mereka yang sebelumnya telah memilih bahasa Inggris di menu Pengaturan perangkat mereka.

Pesan error di layar iPhone, selain menonaktifkan iPhone, mengkuti dengan “coba lagi dalam 1 menit” atau dalam bahasa Indonesia “Coba lagi dalam 1 menit”. Bagi orang yang berulang kali mencoba memasukkan kata sandi iPhone yang salah, mereka mungkin melihat pesan yang berbeda, seperti coba lagi dalam 5, 15 atau 60 menit, dan yang paling menyakitkan adalah “Connect to iTunes” atau “Connect to iTunes.”

IPhone tidak dapat menggunakan dalam kondisi ini. Ingin tahu apa yang menyebabkan iPhone menonaktifkan atau iPhone menonaktifkan dan bagaimana cara memperbaikinya menggunakan iTunes dan tanpa komputer?

Di bawah ini adalah penjelasan dan panduan untuk mengetahui apakah iPhone menonaktifkan atau iPhone menonaktifkan, mrnyertai dengan pesan “Connect to iTunes” sehingga Anda dapat mengaktifkan dan membuka kunci iPhone untuk menggunakannya kembali.

Ini Alasam Kenapa iPhone Dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”?

Untuk alasan keamanan, iPhone melengkapi dengan iPhone Lock, kata sandi, Touch ID atau ID Wajah pada iPhone terbaru. Di sisi lain, ada juga yang perlu Anda ketahui bahwa jika Anda memasukkan kata sandi iPhone yang salah sebanyak lima kali, iPhone Anda akan menonaktifkan selama 1 menit dan tidak terkecuali iPhone X.

Dalam hal ini, solusi paling sederhana adalah menunggu beberapa menit (tergantung waktu yang menampilkan di layar iPhone). Kemudian masukkan kata sandi yang benar untuk membuka kunci iPhone yang terkunci.

Jika Anda salah memasukkan kata sandi iPhone 10 kali, Anda akan diminta untuk menghubungkannya ke iTunes di PC atau Mac Anda. Semua data iPhone secara otomatis dihapus saat mode ini aktif.

Apa Penyebab iPhone dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”? Padahal Anda Tidak Mencoba “Unlock” iPhone atau Memasukkan Passcode Salah.

Beberapa pengguna smartphone Apple menjadi bingung karena mereka tiba-tiba menemukan bahwa iPhone mereka tidak dapat menggunakan dan melihat pesan “iPhone menonaktifkan” atau iPhone menonaktifkan di layar.

Pemilik iPhone mungkin mengalami peristiwa ini bahkan jika Anda tidak pernah masuk
kode sandi yang salah atau mencoba membuka kunci iPhone. Apa saja penyebab dan bagaimana hal itu bisa terjadi?

Salah satunya adalah kesalahan pada layar sentuh iPhone, sehingga secara otomatis memasukkan kata sandi. Hal lain yang bisa menjadi alasannya adalah menyimpan di saku dan orang lain terus-menerus mencoba menebak kata sandi.

Touchscreen Error

Error, layar sentuh iPhone yang rusak atau bermasalah dapat mengakibatkan iPhone dinonaktifkan. Mereka yang menemukan bug layar iPhone yang gejalanya terkadang berfungsi, terkadang tidak, atau hanya sebagian layar yang berfungsi, sangat terpapar dengan pengalaman tersebut.

Jika bagian layar sentuh iPhone rusak atau tidak berfungsi dan Anda ingin memasukkan kata sandi, hanya beberapa nomor yang dapat menggunakan dan beberapa tidak dapat menyentuh. Ini akan menyebabkan Anda memasukkan kata sandi yang salah.

Jadi, jika layar iPhone Anda mengalami kerusakan, hubungi Apple Indonesia Authorized iPhone Service Center, Apple Authorized Service Provider (AASP) di kota Anda untuk memeriksakannya. Silahkan hubungi CS Apple Indonesia untuk informasi mengenai hal ini. Jangan terlambat!

Orang Lain Sebabkan iPhone Dinonaktifkan

Alasan berikutnya mengapa “iPhone menonaktifkan” atau iPhone menonaktifkan sedang menggunakan oleh orang lain. Seseorang yang bukan pemilik aslinya berisiko tinggi mengalami masalah ini jika mereka mencoba menggunakan iPhone yang sudah melindungi kata sandi.

Jika seseorang dengan sengaja mencoba menebak dan memasukkan kembali kata sandi yang salah, iPhone akan mogok. Jangan simpan iPhone Anda saat tidak menggunakan!

Bahkan anak kecil pun dapat mencurigai sebagai bug iPhone ini. Terkadang kami meletakkan iPhone di mana pun Anda dapat mengaksesnya.

Jika anak Anda mencoba menggeser layar dan layar entri kata sandi muncul, Anda akan memasukkan kata sandi yang salah lebih dari sekali, menyebabkan iPhone terkunci.

Menyimpan iPhone di Saku

Menonaktifkan iPhone adalah alasan lain dan lebih tidak terduga, tetapi sebagian besar pengguna smartphone Apple sering mengalaminya karena menyimpan di saku, baik itu saku depan, jaket, atau yang lainnya. Mereka yang memiliki kebiasaan mengantongi tangan juga bisa menghadapi insiden penguncian iPhone ini.

Biasanya, untuk membuka kunci iPhone, cukup geser layar lalu masukkan kata sandi. Saat kita memasukkan tangan ke dalam saku, jari kita bisa membukanya secara tidak sengaja.

Ini mungkin hal yang lumrah dan pengguna pernah mengalaminya, namun yang terjadi ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi adalah tangan Anda tidak hanya menggesek layar, tetapi juga memasukkan password iPhone Anda berkali-kali. Jelas, ini dapat menyebabkan iPhone membeku karena kesalahan dalam menekan kombinasi angka.

Atau, seperti yang teman saya alami, dia akan meraba-raba saku celananya ketika dia ingin menarik uang untuk membayar kasir, yang melibatkan mematikan iPhone atau “iPhone menonaktifkan”. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Cara Membuka “iPhone is disabled” atau iPhone Dinonaktifkan

Apakah Anda ingin membuka kunci iPhone yang terkunci yang menampilkan pesan di layar “iPhone is disabled”? Hanya ada 2 cara untuk memperbaikinya. Anda harus menunggu waktu di layar iPhone terlebih dahulu, lalu masukkan kata sandi yang benar.

Sedikit menunggu adalah solusi pertama. Kedua, jika Anda tidak sabar karena perkiraan waktu yang menampilkan cukup lama atau Anda benar-benar lupa kata sandi iPhone Anda, cara tercepat adalah masuk ke mode DFU iPhone dan kemudian memulihkan data Anda.

Selain dua solusi di atas, tidak ada solusi lain. Anda beruntung untuk membuat cadangan semua data di iPhone Anda sebelum masalah ini terjadi.

Cara Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes”

Dari sekian banyak pesan iPhone yang macet di atas, yang paling tidak menginginkan adalah menghubungkan iPhone Anda ke iTunes. Situasinya berbeda jika pesan kesalahan di layar iPhone meminta Anda untuk menunggu beberapa menit.

Untuk memperbaiki iPhone yang terkunci jika Anda lupa kata sandi, Anda memerlukan Mac atau komputer dengan iTunes, kabel data iPhone, dan smartphone Apple yang terkunci.

Cadangan iPhone juga memerlukan. Jika tidak, semua data iPhone akan hilang dan tidak mungkin untuk mengembalikannya.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Restore via iTunes

Barang siapa yang lupa password dapat mengaktifkan pesan “iPhone Disabled” dengan cara restore data iPhone sebelumnya (restore), namun harus mengingat password dan backup data iPhone sebelumnya.

  • Hubungkan iPhone Anda ke Mac atau PC menggunakan iTunes.
  • Jalankan iTunes.
  • Setelah iPhone mengenali iTunes, pilih Pulihkan untuk memulai proses pemulihan iPhone dari file cadangan yang ada.
  • Tunggu hingga proses pemulihan data selesai.

Jika Anda masih bingung, baca artikel sebelumnya tentang cara memulihkan iPhone dan iPad Anda dengan mudah menggunakan iTunes.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Recovery Mode

Mode pemulihan adalah alternatif kedua untuk memperbaiki masalah “iPhone terkunci” jika Anda tidak memiliki cadangan data iPhone Anda dan tidak dapat atau lupa kata sandi Anda. Metode ini tidak menyarankan karena semua data iPhone akan dihapus.

  • Pertama, cabut kabel data yang terhubung ke komputer atau Mac Anda.
  • Jalankan iTunes.
  • Tekan dan tahan tombol Rumah dan tombol Daya secara bersamaan untuk mematikan iPhone.
  • Lepaskan tombol Daya, tekan dan tahan tombol Utama, lalu sambungkan kembali iPhone ke Mac atau komputer Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Rumah hingga jendela pemberitahuan muncul di iTunes bahwa iPhone telah memasuki mode pemulihan.
  • Sekarang klik Atur Ulang.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan dan penginstalan ulang iOS selesai.

Semua file, konfigurasi, dan aplikasi iPhone akan menghapus dan hilang, termasuk kata sandi yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah membuka kunci iPhone yang terkunci, iPhone kembali ke pengaturan pabrik, sama seperti saat Anda membeli iPhone baru.

Sekarang Anda dapat memulihkan iPhone dengan data cadangan yang menyimpan di iTunes atau iCloud.

Tips Mencegah iPhone Menonaktifkan atau “iPhone is disabled” agar Tidak Terulang Lagi

Setelah mengetahui akibat dari “iPhone menonaktifkan” di atas, tentu Anda akan lebih berhati-hati sekarang agar hal ini tidak terjadi di kemudian hari. Cara termudah untuk menghindari ini adalah memasukkan kembali kode sandi yang salah, yang dapat menyebabkan iPhone membeku.

Tip lain untuk menghindari penonaktifan iPhone adalah dengan tidak menggunakan kata sandi, tetapi cobalah kombinasi kata sandi yang membutuhkan karakter yang lebih panjang dan segera perbaiki layar sentuh iPhone Anda jika gagal.

Terakhir, pastikan untuk membuat cadangan iPhone Anda secara teratur untuk mengembalikan data iPhone yang hilang jika masalah ini terjadi lagi.