Apa Itu Proxy? Jenis dan Cara Kerja Proxy

Apa Itu Proxy? Jenis dan Cara Kerja Proxy–Saat melakukan aktivitas online, perangkat Anda harus terhubung ke Internet. Segera setelah komputer, laptop, atau perangkat seluler Anda terhubung dan mengakses alamat Internet Protocol (IP), server / router / ISP akan menerima informasi tentang perangkat yang Anda gunakan. Ini termasuk beberapa data lokasi, jenis perangkat, dan bahkan pengguna.

Tentu hal ini menjadi merepotkan jika identitas asli yang kita gunakan diketahui orang lain atau website yang kita kunjungi. Apakah ada cara untuk menyembunyikannya?

Tentu saja ada satu, salah satunya adalah penggunaan proxy. Apa itu proxy dan bagaimana menggunakannya? Pada artikel ini kita akan memeriksa. Namun sebelum itu, mari kita bahas sedikit tentang Internet Protocol.

Asal Mula Alamat Internet Protocol (IP)

Anda mungkin tidak menyadari bahwa setiap kali Anda mengunjungi situs web, Internet secara otomatis memberikan “alamat” ke perangkat Anda. Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol (IP).

IP digunakan untuk menentukan ke mana server mengirimkan konten situs. Hal ini memungkinkan perangkat/server lain untuk mengetahui di mana informasi (email, data situs, foto, dll.) akan dikembalikan ke perangkat/komputer yang Anda gunakan.

Alamat yang digunakan oleh perangkat adalah alamat IP publik di mana semua perangkat harus memiliki akses online.

Tanpa alamat ini, perangkat tidak dapat digunakan untuk aktivitas online dan aktivitas online lainnya tidak dapat mengakses perangkat yang Anda gunakan. Ini adalah bagaimana kita terhubung dengan dunia bahkan tanpa bangun dari kursi kantor.

Namun, ada beberapa fakta tentang alamat IP publik yang mengganggu sebagian orang:

  • Alamat IP dapat digunakan untuk memblokir akses pengguna.
  • IP dapat digunakan untuk mengidentifikasi nama kita melalui Internet di seluruh dunia dan bahkan lebih banyak informasi dapat diperoleh.
  • Jika IP tersebut menggunakan oleh seseorang yang bisa masuk (hacker), itu bisa menjadi ancaman serius.

Apa Itu Proxy?

Proxy adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk mengakses Internet di alamat IP yang berbeda dari yang menerima oleh perangkat Anda. Sistem ini menggunakan server proxy untuk berfungsi. Sedangkan proxy server sendiri adalah perangkat atau komputer yang digunakan untuk menyediakan layanan proxy.

Jadi Anda masih menggunakan internet yang sedang Anda gunakan dan terhubung ke server proxy. Anda bisa menggunakan banyak penyedia server proxy gratis yang sudah banyak tersedia di internet.

Penyedia proxy server sangat mudah menemukan di internet seperti supplier tas, buku, sepatu dan pakaian. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang proxy dan cara kerjanya.

Manfaat Menggunakan Proxy?

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mengetahui mengapa Anda harus menggunakan proxy sebagai jembatan untuk mengakses internet. Salah satunya adalah akses memblokir, sehingga Anda tidak dapat membuka situs web dari negara atau alamat IP tertentu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengguna mungkin menggunakan proxy:

  • Beberapa pengguna tidak ingin mengetahui identitas mereka – lokasi dan alamat IP yang mereka gunakan, jadi mereka menyembunyikannya menggunakan proxy.
  • Terkadang beberapa sekolah membatasi akses ke situs tertentu. Siswa menggunakan proxy untuk menyiasatinya sehingga mereka dapat mengakses situs yang memblokir.
  • Pengguna yang pergi ke luar negeri dan memblokir akses ke rumah atau negara Anda.
  • ISP kantor atau rumah Anda memblokir akses ke media sosial atau situs lain.

Jenis-jenis Proxy

Meskipun proxy membantu kita mengakses situs web, ternyata tidak semua proxy bekerja dengan cara yang sama. Proxy dapat membagi menjadi empat jenis, yaitu:

a. Transparent Proxy

Jenis ini menginformasikan situs bahwa koneksi menggunakan server proxy dan terus mengirimkan informasi IP Anda.

b. Anonymous Proxy

Jenis ini mengidentifikasi dirinya sebagai proxy tetapi tidak mengirim / meneruskan alamat IP asli yang Anda gunakan.

c. Distorting Proxy

Jenis proxy ini memberikan alamat IP yang berbeda dari yang Anda gunakan, tetapi tetap mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy.

d. High Anonymity Proxy

Jenis yang terakhir adalah jenis proxy yang menyembunyikan identitas server proxy dan alamat IP yang menggunakan oleh pengguna. Situs hanya akan melihat alamat IP acak, bukan milik Anda.

Fungsi Proxy

Berdasarkan beberapa ulasan yang telah membahas di atas, biasanya terdapat beberapa fitur proxy, antara lain:

a. Meningkatkan Keamanan Pengguna

Server proxy memiliki fitur yang mencegah situs web mencatat alamat IP asli Anda karena yang mendeteksi situs adalah alamat IP server proxy. Jadi menggunakan server proxy sama dengan membuat koneksi online anonim.

Ini untuk memprediksi bahwa alamat IP Anda akan mengetahui banyak orang. Seperti dibahas di atas, alamat IP dapat memberikan informasi tentang negara dan kota asal Anda.

b. Pemantauan Trafik

Proxy dapatmenggunakan untuk melacak bahwa pengguna internet memiliki akses ke apa pun. Ini berguna untuk implementasi di lembaga pendidikan dan bisnis, untuk memantau penyalahgunaan Internet. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Squid.

c. Mengakses Jaringan atau Website yang Diblokir

Beberapa konten mungkin menyembunyikan dari pemiliknya atau dibatasi secara geografis, terutama karena peraturan jaringan dan hak cipta. Namun, server proxy menyembunyikan alamat situs web dan kemudian menggunakan alamat server proxy.

Cara Mengaktifkan Proxy di Browser

Jika Anda ingin menggunakan server proxy, Anda perlu membuat pengaturan tertentu di browser Anda. Berikut adalah pengaturan untuk Chrome dan Firefox:

Google Chrome

  • Klik tombol “Kustomisasi” dan “Tombol Kontrol”, yang biasanya terdapat di sudut kanan atas layar browser ().
  • Anda kemudian dapat mencari “proxy” di kotak pencarian.
  • Pilih “Buka pengaturan proxy”.
  • Klik Pengaturan LAN.
  • Pilih kotak centang “Gunakan server proxy untuk LAN Anda”.
  • Kemudian masukkan alamat IP server dan port yang ingin Anda gunakan.
  • Klik tombol “Oke”.
  • Anda dapat memeriksa situs web Whats My IP untuk melihat apakah alamat IP telah berubah.

Firefox

  • Klik tombol Firefox.
  • Pilih Pilihan.
  • Klik Opsi pada tab baru.
  • Kemudian klik pada tab Lanjutan.
  • Di sini Anda akan menemukan pengaturan proxy manual.
  • Di bidang Proxy HTTP, masukkan alamat IP dan nomor port server.
  • klik “Oke”.
  • Anda dapat memeriksa situs web Whats My IP untuk melihat apakah alamat IP telah berubah.

Kesimpulan Pembahasan Proxy

Anda dapat menggunakan server proxy untuk menyembunyikan informasi perangkat tertentu saat menjelajahi Internet, seperti lokasi dan alamat IP Anda. Tentu saja, ada fitur lain yang menjelaskan dalam ulasan ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu memperhatikan, seperti tidak semua server proxy melakukan pengaturan yang sama. Server proxy juga mudah mengatur, sehingga pengguna baru dapat dengan mudah mengikutinya.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat. Anda dapat mengikuti kami untuk informasi terbaru melalui bagian berlangganan atau memasukkan informasi lebih lanjut di bagian komentar.

Ă—