Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Iklan di Android–Pernahkah Anda merasa terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul di Android? Dan yang lebih menyebalkan adalah iklan ini bisa muncul kapan saja saat Anda membuka aplikasi, game, atau bahkan browser.

Bayangkan saat Anda bermain game, tiba-tiba muncul iklan super besar di layar ponsel Anda. Parahnya lagi, iklan ini tidak mudah hilang. Anda harus menunggu iklan tersebut hilang atau ditutup.

Jadi apakah ada cara untuk menghilangkan iklan di Android? Tentu saja. Kami memiliki solusi terbaik untuk Anda. Baca lebih banyak!

Kenapa Bisa Muncul Iklan?

Mengapa saya bisa melihat begitu banyak iklan di Android? Periklanan pada dasarnya adalah cara situs web menghasilkan pendapatan, termasuk aplikasi atau game.

Secara umum, iklan lebih sering muncul di versi gratis game atau aplikasi. Namun, game atau aplikasi premium mungkin juga sering diiklankan.

Sisi baiknya, memiliki iklan dapat membantu pemilik dan pengembang situs web terus tumbuh dan menghasilkan. Ya, meskipun iklan yang Anda lihat dapat mengganggu antarmuka dan kenyamanan Anda saat bekerja dengan Android.

Oleh karena itu, banyak juga pengguna Android yang mengeluhkan masalah ini. Mereka juga mencari cara untuk memblokir iklan agar tidak muncul dengan berbagai cara.

Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Iklan pop-up yang tiba-tiba sering terjadi. Namun bagaimana jika iklan Anda terus berjalan?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya iklan tersebut, seperti malware atau virus. Kecanggihan teknologi telah dibarengi dengan berkembangnya malware dan virus. Program dan virus berbahaya tidak hanya dapat menyusup ke komputer tetapi juga ponsel cerdas.

Malware ini dapat menyamar sebagai aplikasi dan tiba-tiba muncul iklan. Oleh karena itu, tidak semua iklan yang ditampilkan di perangkat Android Anda aman dan iklan tersebut dapat membahayakan perangkat Anda.

Tapi jangan khawatir, Anda cukup menonaktifkan iklan tersebut. Caranya sebenarnya hampir sama dengan menghilangkan iklan dari komputer Anda.

1. Hapus Aplikasi

Seperti disebutkan di atas, iklan yang Anda lihat mungkin disebabkan oleh aplikasi. Cari aplikasinya karena aplikasi apa pun bisa menjadi penyebabnya.

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Kemudian klik opsi di sudut kiri atas dan temukan Aplikasi dan game saya.
  • Kemudian pilih tab Koleksi dan urutkan berdasarkan file baru atau terbaru.
  • Aplikasi berbahaya kemudian akan muncul.
  • Kemudian keluar dari Play Store dan masuk ke menu Setting.
  • Dari menu Pengaturan, pilih Aplikasi.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi yang menurut Anda berbahaya.
  • Jika sudah dipilih, matikan ponsel, lalu hidupkan kembali atau restart.
  • Langkah terakhir adalah memeriksa apakah aplikasi tidak muncul.

2. Pengaturan Keamanan

Cara keempat dapat diimplementasikan dengan menu keamanan smartphone. Berikut cara menonaktifkan fitur yang mungkin mencegah ponsel cerdas Anda menerima aplikasi dari luar Play Store:

  • Buka menu Pengaturan Keamanan.
  • Kemudian pilih “jangan izinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal”.
  • Setelah menyelesaikan pengaturan di atas, perbarui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store.
  • Pembaruan aplikasi biasanya disertai dengan peningkatan keamanan.

Juga, pastikan untuk memeriksa izin pada aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya. Jika ponsel cerdas Anda memberi Anda pemberitahuan otorisasi yang tidak terkait, Anda perlu mencari aplikasi yang lebih aman.

Perhatikan juga bahwa saat menggunakan Wi-Fi untuk memperbarui aplikasi, sebaiknya gunakan VPN untuk privasi maksimum.

3. Memasang Antivirus

Selain dua cara di atas, Anda bisa mencoba scan virus di Android dan menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Tujuan dari antivirus ini adalah untuk menghapus malware atau adware yang secara tidak sengaja dimasukkan dari memori sistem.

Anda dapat menggunakan berbagai program antivirus Android. Salah satunya adalah Malwarebytes. Antivirus ini sangat lengkap dan tidak terlalu besar yaitu 30 MB sehingga bisa juga digunakan di Android.

  1. Buka Play Store dan instal Malwarebytes.
  2. Klik kiri dan pilih Pemindai atau Pemindai.
  3. Kemudian klik Pindai atau Pindai.

4. Pengaturan Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser bawaan di Android. Anda dapat menggunakan fungsi yang ada di dalamnya untuk membuat pengaturan yang menginginkan.

Pengaturan Google Chrome juga merupakan cara termudah untuk menghapus iklan di Android tanpa root. Fitur ini dapat memblokir iklan Anda agar tidak muncul dalam langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Kemudian temukan ikon tiga titik dan pilih menu Pengaturan atau Pengaturan.
  3. Kemudian pilih Pengaturan Situs.
  4. Klik Popup & Redirects untuk mengaktifkan pemblokiran otomatis iklan pop-up.
  5. Pilih dan klik Iklan untuk memblokir iklan di situs tertentu.
  6. Anda juga dapat memilih Notifikasi hingga diblokir jika ingin memblokir iklan lain.

Perhatikan bahwa metode di atas biasanya hanya menggunakan untuk memblokir iklan agar tidak muncul saat Anda membuka Google Chrome.

5. UC Browser

Browser adalah aplikasi yang paling sering Anda iklankan. Jika browser Anda adalah UC Browser, berikut cara memblokir iklan yang mengganggu:

  1. Buka browser UC.
  2. Kemudian klik ikon tiga garis di tengah bawah.
  3. Pilih menu Ad Blocker, lalu nyalakan Ad Blocker dan Effective Ad Blocker.

6. Reset HP

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik atau pengaturan pabrik. Cara ini juga dinilai cukup efektif karena semua data yang ada di sistem HP tampil seperti baru.

Namun sebelum melakukan restore, pastikan Anda telah membackup semua data penting Anda. Jangan izinkan penghapusan data penting.

Aplikasi Pemblokir Iklan Di Android

Ada banyak aplikasi browser, jika browser yang Anda gunakan bukan Google Chrome atau UC Browser, gunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus iklan.

Aplikasi berikut dapat digunakan untuk ponsel yang di-root atau tidak di-root. Cukup sesuaikan dengan perangkat Anda.

1. AdAway

Aplikasi pemblokir iklan pertama adalah AdAway, yang biasa mengggunakan untuk android yang sudah di-root. Anda dapat mengunduhnya melalui F-Droid.

Pemblokir iklan ini menggunakan file host untuk memblokir iklan sederhana. Perubahan pada file host ini dapat mengalihkan pengumuman ke tempat lain, sehingga pengumuman tersebut dapat menghilang dari aplikasi.

  • Unduh aplikasi F-Droid dari Google Play.
  • Kemudian buka aplikasi dan pilih Perbarui Repositori F-Droid.
  • Setelah instalasi, buka dan cari AdAway.
  • Unduh dan instal AdAway.
  • Ketika proses pengunduhan dan penginstalan selesai, izin akses aplikasi menampilkan. Berikan pertanyaan dengan mengklik tombol Kirim.
  • Anda kemudian dapat memilih Unduh file dan Terapkan pemblokir iklan.
  • Di akhir proses instalasi pemblokir iklan, Anda akan melihat pemberitahuan aplikasi yang berhasil dan perintah untuk memulai ulang.
  • Mulai ulang ponsel Anda dan jalankan kembali browser Anda untuk melihat apakah iklan Anda muncul lagi.

2. NoRoot Firewall

Dengan NoRoot Firewall, Anda tidak hanya dapat memblokir iklan yang muncul di browser Anda, tetapi juga aplikasi yang mungkin menayangkan iklan. Memblokir cukup sederhana, jadi:

  • Setelah mengunduh aplikasi NoRoot Firewall dari Google Play, buka aplikasinya.
  • Kemudian centang untuk memilih aplikasi yang ingin Anda blokir dari iklan.

3. AdBlock Browser

Anda dapat menemukan AdBlocker ini di Google Play Store dan menggunakannya pada perangkat yang di-rooting dan tidak di-root. AdBlocker ini juga dapat menggunakan untuk memblokir semua jenis iklan, seperti pop-up, iklan video yang dimuat sebelumnya, spanduk, dan lainnya.

Penutup

Kemajuan teknologi memungkinkan semakin banyak pengguna Android. Pada tahun 2020 saja, jumlah pengguna Android mencapai 3,5 miliar dan akan meningkat dari tahun ke tahun.

Inilah sebabnya mengapa iklan dapat muncul di Android selain di komputer atau laptop Anda. Hal ini dikarenakan banyak pebisnis yang melihat digital marketing sebagai strategi pemasaran.

Bagi yang tidak suka merepotkan dengan munculnya iklan secara tiba-tiba, Anda bisa menggunakan cara di atas untuk menghilangkan iklan di Android. Mulai sekarang, Anda dapat menjalankan tugas di Android dengan nyaman dan tanpa gangguan.

Untuk memperbaikinya agar tidak terulang kembali, kamu bisa mengosongkan cache atau menggunakan aplikasi resmi. Untuk mencegah perangkat dari yang memasukkan oleh malware.