Fungsi dan Kelebihan Google Cloud Hosting

Fungsi dan Kelebihan Google Cloud Hosting–Anda perlu tahu istilah Google Cloud Hosting. Server data center Google ini sudah banyak menggunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Namun apakah Anda sudah memahami fungsi dari storage itu sendiri?

Memasuki era digital, banyak perusahaan yang beralih ke sistem online untuk meningkatkan operasionalnya. Dalam hal ini website berfungsi tidak hanya sebagai sarana menginformasikan konsumen, tetapi juga sebagai sarana branding. Mengingat fungsi utamanya, Anda harus memilih ruang penyimpanan yang tepat.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah layanan online untuk menjalankan aplikasi web atau website di Internet. Ketika Anda membeli layanan hosting, itu menyewa ruang di server untuk menyimpan data yang memperlukan untuk situs web Anda. Bisa dikatakan bahwa hosting adalah elemen terpenting dari sebuah website.

Melihat dari pentingnya data bisnis yang tersimpan di server, memilih layanan hosting terbaik adalah wajib. Selain memberikan tingkat keamanan, hosting juga mempengaruhi kinerja sebuah website.

Jenis-jenis Web Hosting

Sebelum kita membahas tentang Google Cloud Hosting, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis hosting. Hal ini penting untuk dipahami sebelum memilih layanan hosting, terutama jika Anda lebih menyukai layanan yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi.

Biasanya ada empat jenis web hosting yang banyak digunakan oleh bisnis. Yaitu: penyimpanan bersama, penyimpanan cloud, penyimpanan VPS, dan penyimpanan khusus.

1. Shared Hosting

Penyimpanan bersama biasanya digunakan oleh pemula dengan lalu lintas rendah. Karena dirancang untuk pemula, panel kontrol lebih sederhana. Namun, jika bisnis Anda berkembang dan Anda membutuhkan banyak penyimpanan, Anda perlu meningkatkan ke Google Cloud Hosting.

Anda juga perlu membagikan lokasi Anda dengan pengguna lain sehingga ketika satu situs kelebihan beban, situs lain dapat menderita. Kelemahan fatal dari jenis hosting ini adalah Anda tidak akan memiliki akses untuk mengubah konfigurasi server.

2. Cloud Hosting

Penyimpanan cloud adalah ruang penyimpanan yang intuitif dan terkelola sepenuhnya. Menariknya, hosting jenis ini memiliki bandwidth yang lebih besar, sehingga cocok untuk e-commerce, bank, dan bisnis yang berwawasan digital.

Daya tarik terbesar penyimpanan cloud terletak pada mekanismenya, di mana data dari situs pengguna disalin dan disimpan di beberapa server untuk menghindari kerusakan data jika terjadi masalah dengan salah satu server. Selain itu, sumber daya penyimpanan cloud dapat digunakan secara pribadi, yang berarti Anda tidak perlu berbagi server dengan pengguna lain. Ini berarti situs Anda biasanya berjalan lebih cepat saat menggunakan penyimpanan cloud.

3. VPS Hosting

Pada dasarnya, jenis hosting ini hampir mirip dengan shared hosting di mana Anda perlu berbagi server dengan pengguna lain. Namun, sumber dayanya dikhususkan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kinerja situs Anda jika situs lain kelebihan beban.

Namun, jenis hosting ini membutuhkan keahlian khusus, sehingga tidak ada yang bisa melakukannya. Oleh karena itu, cloud hosting lebih disarankan jika Anda ingin mendapatkan bandwidth lebih banyak tanpa harus menguasai pengetahuan teknis.

4. Dedicated Hosting

Jenis terakhir adalah dedicated hosting, di mana server hanya untuk Anda. Dari segi kapasitas, hosting jenis ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sayangnya, untuk menggunakan layanan hosting khusus, perlu memiliki pengalaman tingkat tinggi di sektor ini. Juga, harganya jauh lebih tinggi dari tiga situs hosting sebelumnya.

5. Hosting yang Cocok untuk Menjalankan Bisnis 

Mengetahui jenis-jenisnya, jenis hosting apa yang cocok untuk menjalankan bisnis? Jika Anda memilih penyimpanan cloud untuk mendapatkan lebih banyak bandwidth dan akses yang lebih mudah. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja situs Anda, Anda harus memilih host web yang cepat, seperti Google Cloud Hosting.

Peluang kehilangan pengunjung website juga lebih rendah karena website akan loading jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan shared hosting. Bahkan, performanya cukup stabil, meski situs Anda memiliki traffic tinggi setiap hari.

Kenapa Harus Menggunakan Google Cloud Hosting?

Google Cloud Hosting adalah salah satu layanan yang tersedia di Google Cloud Platform. Bukan tanpa alasan, hosting ini menjadi pilihan terbaik untuk menjalankan aplikasi dan website.Salah satu alasan keunggulan yang ditawarkan oleh Google Cloud Hosting adalah sebagai berikut.

1. Layanan Lengkap

Berbicara tentang layanan, Google Cloud Platform (GCP) menawarkan berbagai layanan untuk menyederhanakan pengelolaan situs web bisnis Anda. Selain Google Cloud Hosting, GCP juga menawarkan sejumlah fitur menarik, termasuk App Engine, DNS, Cloud Storage, CDN, BigQuery, dan banyak lagi.

2. Live Migration 

Google Cloud Hosting menawarkan migrasi waktu nyata. Salah satu manfaat migrasi waktu nyata adalah teknisi Google dapat menangani masalah seperti memperbaiki, memperbarui, dan memperbarui perangkat lunak dengan lebih cepat. Bahkan, berkat keunggulan ini, Anda tidak perlu khawatir untuk me-restart server.

3. Data Center yang Tersebar di Berbagai Negara

Anda perlu mempertimbangkan lokasi saat memilih hosting, karena ini dapat memengaruhi kecepatan situs Anda. Dengan keunggulan Google Cloud Hosting, Anda bisa mendapatkan akses yang lebih cepat karena data center Anda berada di lebih dari satu negara dan tidak terkecuali Indonesia. Dengan memilih situs hosting yang memiliki data center di Indonesia, Anda dapat menghindari kemacetan akses informasi.

4. Performa yang Maksimal

Alasan lain Anda perlu meningkatkan ke layanan web Google Cloud Hosting adalah kinerja puncak. Tidak perlu mengkonfigurasi arsitektur jaringan secara manual karena telah ditangani secara otomatis oleh Google. Manfaat ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus mengelola situs web perusahaan Anda tanpa harus menyiapkannya.

5. Keamanan yang Terjamin

Keamanan data adalah prioritas utama saat mencari ruang penyimpanan. Jangan sampai data bisnis Anda jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Keamanan ini juga disediakan oleh Google Cloud. Sistem keamanan Google hingga saat ini telah meminimalkan kehilangan data.

6. Jaringan Fiber Milik Google

Penggunaan jaringan fiber Google juga menjamin tingkat keamanan data yang tinggi. Karena Google memastikan bahwa semua data dikirimkan dari server ke pengguna melalui jaringan pribadi. Dengan menggunakan jaringan pribadi, data dapat dikirimkan ke pengguna dengan latensi lebih rendah.

Bagaimana Memilih Layanan Hosting Terbaik?

Google Cloud Hosting benar-benar merupakan pilihan yang direkomendasikan untuk mengelola bisnis di era digital. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih layanan hosting. Karena kualitas hosting juga menentukan kualitas website Anda. Jadi, bagaimana Anda memilih layanan hosting terbaik di Indonesia untuk Google Cloud?

1. Kredibilitas

Pertimbangan utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih layanan hosting adalah keasliannya. Untuk mengetahui berapa banyak hosting otentik yang Anda pilih, cari informasi tentang berapa lama perusahaan Anda telah beroperasi dan siapa pelanggan Anda.

2. Layanan yang Ditawarkan

Banyaknya layanan hosting yang tersedia saat ini menjadi tantangan bagi Anda untuk menemukan layanan yang tepat untuk kebutuhan Anda. Karena itu, Anda perlu mencari tahu layanan apa yang mereka tawarkan. Jika Anda ingin fokus menggunakan Google Cloud Hosting, pilihlah perusahaan yang fokus pada area tersebut.

Pertimbangkan juga layanan lain yang mendukung kebutuhan bisnis Anda, salah satunya layanan data analytics. Akan lebih baik lagi jika memilih ruang penyimpanan yang juga menyediakan data waktu nyata menggunakan kecerdasan lokasi.