Pengertian dan Cara Setting Domain di Google Sites

Pengertian dan Cara Setting Domain di Google Sites–Google Site, produk Google yang dirancang khusus untuk membuat situs yang sederhana dan mudah. Dengan Google Site, Anda dapat membuat situs web Anda sendiri meskipun Anda tidak memiliki keterampilan pemrograman yang tepat. Google Sites memungkinkan Anda membuat situs yang dapat diakses di perangkat seluler dan desktop. Ya, hanya dengan menyeret. Semudah itu. Langkah-langkah ini menunjukkan cara menyiapkan dan memverifikasi DNS Google Sites. Nah sobat simak artikel ini sampai habis ya.

Kelebihan lain Google Sites

Bagi siapa saja yang mempelajari cara mengelola situs, Google Sites adalah alat yang tepat untuk belajar. Tentu saja, semua berkat kemudahan yang ditawarkannya. Namun, jika Anda menginginkan fitur yang lebih canggih, seperti fitur penjualan online, kontrol lanjutan, dan database manajemen hubungan pelanggan (CRM), Anda tidak akan menemukannya di sini. Namun untuk bisnis yang membutuhkan situs yang mudah diedit dengan perawatan minimal, Google Sites juga dapat berfungsi ganda sebagai situs bisnis. Google Sites juga melindungi Anda dari Google, karena akses ke akun Google Anda aman dan terjamin.

Syarat menggunakan Google Sites

Anda tidak harus memenuhi banyak persyaratan untuk menggunakan Google Sites. Anda dapat membuat situs hanya dengan satu akun Google menggunakan Google Sites. Ini berbeda dengan persyaratan sebelumnya untuk memiliki akun G Suite. Untuk membuat situs menggunakan Google Sites, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah mendaftar ke Google dengan akun Google Anda yang sudah ada.

1. Buat Google Sites baru

Setelah masuk ke Google, klik ikon + di sudut kanan bawah layar. Anda kemudian akan diarahkan ke dasbor situs Anda. Atau Anda dapat mengklik ikon + langsung di bagian atas beranda Google. Misalnya pada gambar di bawah ini.

Anda dapat membuat berbagai pengaturan halaman di halaman utama. Selain untuk mempercantik website Anda, hal ini juga harus dilakukan untuk mempermudah pengunjung mengunjungi website Anda. Di bagian ini Anda dapat menambahkan halaman, font, menu, dan tema sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan konten atau gambar dari halaman konsol atau menautkannya dari Google Drive.

2. Verifikasi Custom Domain Google Sites

Setelah semua tampilan dan konten selesai, Anda dapat segera mempublikasikannya. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik tombol “Terbitkan”. Pilih “Terbitkan” setelah menambahkan konten yang Anda inginkan ke situs Anda. Masukkan nama yang sesuai untuk organisasi situs Anda, seperti “Bisnis Anda” atau “situs”. Anda perlu merujuk ke nama ini nanti. Misalnya, Anda ingin memasukkan URL khusus menggunakan domain yang Anda beli dari domain dan penyedia hosting pilihan Anda.

Pilih “Kelola”. Anda kemudian akan diarahkan untuk memasukkan domain Anda pada halaman URL kustom. Dan karena Anda memasukkan domain Anda, Anda perlu memverifikasinya. Klik “Verifikasi Kepemilikan”.

Setelah mengklik “Verify Ownership”, Anda akan dibawa ke halaman Google Webmaster Center untuk memverifikasi kepemilikan domain. Untuk memverifikasi, Anda harus terlebih dahulu memilih penyedia domain Anda. Pilih “Lainnya” atau “Lainnya”.

Kemudian pilih metode verifikasi menggunakan kode CNAME.

Menyalin kode CNAME yang dihasilkan

Login ke Member Area IDwebhost

Untuk memverifikasi, Anda harus terlebih dahulu masuk ke area keanggotaan IDwebhost. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membuatnya di sini. Setelah memasukkan username, password dan captcha, Anda akan mengarahkan ke dashboard member area. Kemudian, klik “Domain Saya” di dasbor. Kemudian pilih domain yang ingin Anda verifikasi. Klik pada domain.

Halaman manajemen domain anggota Mengarahkan ke halaman manajemen domain, yang berisi informasi lengkap tentang domain Anda. Klik tombol “Kelola DNS” untuk memverifikasi.

dns management Masukkan kode CNAME yang menerima. Masukkan cname jwf4xdsy4cn2.www.tutorialidwebhost.xyz di kolom Hostname dan gv-4avgzuiduonyvh.dv.googlehosted.com di kolom Address.

Kemudian tambahkan kembali hostname www CNAME dan ghs.googlehosted.com. Kemudian klik Simpan

Google Sites Untuk mengaktifkan pengaturan DNS, ubah server nama dengan mengklik Ubah NS Sekarang.

Tunggu beberapa menit hingga periode propagasi berakhir. Proses propagasi ini memakan waktu beberapa jam. Biasanya satu jam untuk waktu propagasi. Kembali ke Pusat Webmaster Google setelah masa distribusi berakhir. Klik tombol “Verifikasi” di bagian bawah halaman. Jika pengecekan berhasil maka akan muncul notifikasi pada gambar membawah ini.

Setelah verifikasi berhasil, kembali ke situs Google dan terapkan domain Anda.

Google Sites Kemudian buat pengaturan terakhir agar situs Anda langsung online. Setelah memverifikasi domain Anda, pilih “Siapa saja dapat menemukan dan melihat versi yang enerbitkan”. Ini akan membuat situs Anda terlihat oleh publik. Pilih “Simpan” dan kemudian “Selesai”. Biarkan kotak centang Opsi Pencarian tidak dicentang sehingga mesin pencari dapat mengindeks konten situs Anda. Pilih “Terbitkan” untuk membagikan situs Anda secara online. (Periksa pekerjaan Anda. Lihat situs Anda dari browser dalam mode Penyamaran untuk memastikan konten situs Anda bersifat publik.)

Tunggu Sampai Selesai

Tunggu propagasi DNS, yang diatur ke sekitar 3-4 jam dan hingga 1 × 24 jam dari periode pengaturan.

Setelah selesai, selamat Anda telah berhasil menyelesaikan domain Google Sites ubahsuaian Anda.

Google Sites IDwebhost domain khusus

Bagaimana tidak sangat mudah untuk mengatur domain di Google?. Jika Anda merasa apa yang kami sajikan tidak menjawab masalah Anda, ajukan pertanyaan atau saran di kolom komentar.