hit counter

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online

Nama Domain untuk Bisnis Online — Pelaku bisnis online mulai bermunculan di Indonesia seiring dengan era dan kemudahan digitalisasi. Inovasi yang diciptakan juga berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Ada banyak jenis bisnis online seperti dropshippers, retailer, content creator, toko online dan lain-lain yang sedang populer saat ini. Mereka mengandalkan internet sebagai sarana penjualan utama mereka, yang tidak lagi mengandalkan penjualan offline.

Saat ini banyak pebisnis online yang mengandalkan website untuk menawarkan produknya. Pilihan untuk menggunakan situs ini bukan tanpa alasan, salah satu alasannya adalah penjualan melalui situs dapat diakses oleh semua orang dan banyak barang atau produk juga terlihat. Produk yang ditampilkan di website juga dapat disertai dengan informasi yang memudahkan pelanggan dalam mencari data produk. Tetapi sebelum Anda dapat menjual produk ini, Anda harus memiliki situs web dan nama domain untuk memulai.

Nama domain sangat penting untuk memulai bisnis online melalui sebuah website. Domain bertindak sebagai judul yang berguna untuk mengunjungi situs web bisnis Anda. Tentunya domain yang bagus mudah diingat oleh pengunjung dan juga akan menjadi brand image. Berikut adalah cara lain untuk memilih nama domain yang bagus untuk bisnis online Anda.

Pengertian Istilah Domain

Domain adalah nama unik yang mengidentifikasi jaringan tanpa menggunakan alamat IP. Jika sebuah domain menggunakan alamat IP berupa angka, maka akan sulit untuk diingat, jadi gunakan nama yang unik. Dengan kata lain, domain adalah alamat dimana sebuah website dapat diakses, contoh penggunaan domain adalah www.liputanberitaku.com.

Di sini, “liputanberitaku” saya adalah nama domain. Sedangkan (dot) COM merupakan ekstensi domain. Ekstensi domain adalah akhiran domain. Ada 2 kategori ekstensi domain. Pertama, ada ekstensi domain TLD (internasional) seperti .com, .net, .org, dll. Kedua, ada ekstensi domain ID khusus wilayah Indonesia, seperti .id, .co.id, .or.id.

Macam-Macam Ekstensi Domain

tips memilih nama domain
tips memilih nama domain

Ekstensi domain adalah akhiran dari nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat. Banyak ekstensi domain biasanya digunakan untuk menargetkan situs web. Ternyata ekstensi domain memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Ada juga domain yang jarang digunakan atau untuk situs web tertentu. Berikut adalah jenis-jenis ekstensi domain dan artinya:

  1. .com: Digunakan untuk tujuan komersial
  2. .org: digunakan untuk tujuan organisasi
  3. .net: Digunakan untuk tujuan Internet / Jaringan
  4. .edu: digunakan untuk tujuan pendidikan
  5. .info: digunakan untuk tujuan informasi
  6. .net – digunakan untuk tujuan Internet
  7. .asia: digunakan untuk domain Asia
  8. .edu: digunakan untuk pendidikan
  9. .gov: digunakan untuk pemerintahan
  10. .id: untuk nama domain yang digunakan di Indonesia
  11. .sg: untuk nama domain yang digunakan di Singapura
  12. .us: digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  13. .au – digunakan untuk nama domain di Australia
  14. .ac.id: digunakan dalam lingkungan akademik / universitas
  15. .co.id: digunakan untuk tujuan komersial
  16. .desa.id – digunakan untuk website pemerintah desa
  17. .or.id: digunakan untuk organisasi
  18. .net.id – Digunakan oleh penyedia telekomunikasi
  19. .web.id – digunakan untuk perorangan dan organisasi
  20. .sch.id: digunakan untuk sekolah
  21. .go.id – Digunakan oleh instansi pemerintah
  22. .online – Digunakan untuk situs web bisnis, situs web startup, profil pribadi, dan blog
  23. .tech – Digunakan untuk membuat website developer website, website profil bisnis, website produk terkait teknologi, website institusi pendidikan, website event tertentu, atau website seminar inovasi dan inovasi teknologi.
  24. .site – digunakan untuk membuat situs web pribadi atau bisnis online
  25. .press: Digunakan untuk situs berita, surat kabar, jurnalis, asosiasi pers, website media massa, website organisasi/institusi, website jurnalistik, blogger, bahkan website fotografi.
  26. .store: website toko online, website bisnis lokal, startup e-commerce, website retail, dan website yang berhubungan dengan toko online.
  27. .shop: toko online, digunakan untuk membuat e-commerce
  28. .online: Digunakan untuk situs web bisnis, situs web startup, situs web profil, situs web pribadi, dan blog
  29. .website: digunakan untuk website atau blog pribadi

Dari sekian banyak ekstensi domain yang ada, “.com” adalah ekstensi yang paling populer dan banyak digunakan oleh situs web mana pun di dunia. Pilihan ekstensi domain sendiri sebenarnya bisa seenaknya tergantung pilihan pemilik website. Harga yang ditawarkan agak bervariasi tergantung pada penyedianya.

Nama Domain untuk Bisnis Online
Nama Domain untuk Bisnis Online

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Online

Memilih nama domain untuk bisnis online sangat penting karena merupakan salah satu faktor perkembangan bisnis. Jika nama domain yang dipilih terlalu panjang dan rumit, akan sulit bagi pelanggan untuk menemukannya. Di bawah ini adalah tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnis online Anda.

1. Gunakan Nama Domain yang Menarik

Langkah awal memulai bisnis adalah menentukan nama yang sesuai dengan produk yang nantinya akan Anda jual. Saat ini mereka sering menggunakan nama unik untuk produk mereka. Nama yang unik membuat pelanggan penasaran dengan produk Anda karena suatu alasan. Disarankan agar pilihan nama ini tidak sulit dideskripsikan sehingga pelanggan dapat menemukannya dengan mudah. Tidak hanya menarik, tetapi juga bermakna. Makna dibalik nama juga menjadi salah satu faktor kelancaran sebuah perusahaan.

2. Memiliki Brand Sendiri

Nama domain bukan hanya sekedar nama, tapi juga brand atau nama merek untuk bisnis kreatif Anda. Merek atau brand adalah cara terbaik untuk mempromosikan karya Anda. Salah satu contohnya adalah toko kelontong yang dikelola oleh putra presiden, Kaesang, yang menyebut produknya “sangpisang”, nama yang unik karena ia mengganti kata pisang dengan kata yang lebih tunggal. Jika Anda adalah orang terkenal, Anda dapat mencantumkan nama Anda di merek tersebut.

3. Penamaan Domain yang Singkat

Secara teknis, panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter. Tetapi lebih baik menggunakan nama domain pendek yang terdiri dari 1 atau 2 kata. Nama domain yang ideal pendek dan mudah diingat.

4. Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya dengan berbagai ekstensi domain, ada banyak opsi untuk dipilih. Berbagai jenis ekstensi domain di atas hanyalah beberapa contoh, tetapi sebenarnya ada sekitar 1.200 ekstensi domain yang dapat dipilih. Pilih ekstensi domain yang cocok dengan nama domain Anda. Yang paling umum digunakan adalah .id dan .com, tetapi jika Anda ingin menggunakan yang lain, itu juga diperbolehkan.
Harga ekstensi domain bervariasi tergantung pada pembayaran tahunan. Jika Anda ingin mengubah nama domain, Anda dapat melakukannya dengan memilih fungsi yang disediakan oleh penyedia layanan.

5. Hindari Angka dan Tanda Penghubung

Beberapa hal yang harus dihindari saat memberi nama domain Anda adalah angka, tanda hubung, dan akronim. Angka dapat membingungkan orang dalam ejaannya. Contohnya adalah www (pont) kembartiga (dot) com bukan www (pont) kembar3 (dot) com, jadi Anda harus memperhatikan jenis nama domain ini. Sama dengan tanda hubung.
Tanda hubung membuat sulit untuk mengingat nama domain. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tanda hubung seperti tanda hubung (-) dan garis bawah (_). Tujuannya adalah ketika pelanggan mencari nama domain situs web Anda, tidak ada kesalahan ketik.

6. Riset Legal Trademark

Ini adalah kelanjutan dari bisnis Anda. Poin ini merupakan salah satu yang terpenting karena berkaitan erat dengan hukum. Salah langkah bisa membuat Anda bermasalah dengan hukum.
Pertama, periksa situs database merek dagang untuk nama bisnis dan domain situs web yang diinginkan, misalnya:

  • (a) USPTO.gov
  • b) WIPO
  • c) WIPO Indonesia
  • d)  e-Status HKI
  • e) Dirjen Kekayaan Intelektual
  • f) ASEAN TMView

Kesimpulan Nama Domain untuk Bisnis Online 

Di era modern yang berfokus pada pemanfaatan teknologi, perlu adanya revolusi atau perubahan. Perubahan yang baik dilakukan agar bisnis yang sudah mapan tidak hancur oleh waktu. Banyak bisnis online yang bermunculan saat ini berkat perkembangan internet yang memudahkan orang untuk membeli atau melakukan hal lain melalui website. Penamaan nama domain website penting dilakukan agar pelanggan dapat mengaksesnya dengan mudah.

Pemahaman dan cara-cara tersebut di atas dapat membantu Anda dalam memilih nama domain untuk bisnis online Anda. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari hal biasa hingga hal penting yang harus dilakukan. Semoga gambaran umum di atas dapat membantu Anda mempromosikan bisnis Anda secara online dengan memberikan nama domain pada situs web Anda.