Cara Daftar Google Scholar dengan Mudah

Cara Daftar Google Scholar dengan Mudah–Apakah Anda sudah tahu cara mendaftar Google Cendekia? Pendidik Google Cendekia, baik itu guru, pendidik, siswa maupun siswa, pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Fitur Google ini telah menjadi sumber utama yang dicari oleh banyak akademisi.

Ini karena puluhan ribu jurnal akses terbuka tersedia di sini dan rata-rata dapat diunduh dari Ms. Word atau PDF. Selain sebagai sarana untuk mendapatkan referensi.

Google Scholar merupakan sarana bagi pendidik untuk mendukung publikasi karya akademiknya. Permudah penggunaan Google Cendekia sebagai referensi dan alat penerbitan.

Jadi pertama-tama Anda perlu memahami cara membuat akun di Google Cendekia. Untuk memudahkan publikasi publikasi ilmiah yang tersusun. Detail tentang mendaftar dengan Google Cendekia menyediakan di bawah ini.

Apa Itu Google Scholar?

Google Scholar adalah layanan yang disediakan oleh Google yang menyediakan layanan pendidikan untuk membantu pengguna menemukan jurnal dan publikasi ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu.

Tidak heran jika Google Scholar sangat populer dan sejajar dengan database jurnal ilmiah lainnya. Koleksinya cukup lengkap dan, tergantung pada preferensi bahasa Google, surat kabar berbahasa Indonesia mendominasi.

Fitur ini memiliki sistem atau operasi yang sama dengan Google Penelusuran. Pengguna Google Scholar hanya perlu memasukkan kata kunci dari publikasi ilmiah yang menginginkan.

Sistem Google Cendekia kemudian akan mencari publikasi ilmiah yang terkait dengan kata kunci tersebut. Dalam hitungan detik, hasil pencarian akan muncul di halaman beranda dan dapat mengarahkan Anda ke lebih dari satu halaman. Dimana ada sekitar 10 hasil pencarian dalam satu halaman.

Tentu saja, siswa hanya dapat menemukan tautan akademik menggunakan Google Cendekia. Namun, situasinya berbeda bagi guru dan pendidik yang mendorong untuk memahami cara mendaftar ke Google Cendekia.

Dukung karya-karya yang telah mereka posting agar sebanyak mungkin orang dapat mengenal mereka. Membuat akun atau mendaftar ke Google Cendekia sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu 10 menit. Modalnya hanya alamat email dan jelas berbagi internet.

Cara Daftar Google Scholar

Mendaftar akun dengan Google Cendekia tidaklah sulit. Khusus untuk guru dan pelatih, perlu mempersiapkan lebih banyak hal terlebih dahulu. Yang pertama adalah membaca syarat dan ketentuan untuk mendaftarkan akun Anda dengan fitur milik Google ini.

Ini kemudian menciptakan informasi pribadi dan mengidentifikasi bidang ilmiah yang menggunakan atau dipelajari. Terakhir, Anda perlu membuat Internet yang stabil dengan bantuan penyedia layanan dengan jaringan paling andal.

Jika demikian, ikuti langkah-langkah berikut untuk daftar Google Cendekia:

1. Menyiapkan Email Pribadi

Langkah pertama dalam mendaftar akun Google Cendekia adalah menyiapkan alamat email. Guru dan pelatih menyarankan untuk menggunakan alamat email khusus dengan domain khusus.

Anda dapat menggunakan alamat email yang diberikan oleh sekolah atau universitas tempat Anda mengajar. Jadi Anda memiliki alamat email resmi dengan akhiran .ac.id, .org dan .com.

Mengapa ini penting? Tujuannya untuk memudahkan meyakinkan Google Cendekia bahwa pengguna adalah akademisi. Artinya, pengajar yang bekerja di sekolah atau universitas resmi di suatu negara.

2. Buka Situs Google Scholar

Langkah kedua dalam proses pendaftaran Google Cendekia adalah dengan mengunjungi website Google Cendekia di https://scholar.google.com/. Kemudian tunggu browser membuka tampilan Google Cendekia secara penuh.

Google Scholar tersedia di negara mana pun di dunia, jika Anda membukanya di Indonesia, nama Google Scholar akan ditampilkan. Jadi jangan tertipu jika tampilan beranda Anda bukan Google Cendekia.

Kemudian klik tombol Profil di sudut kiri atas untuk melanjutkan ke bagian berikutnya.

3. Mengisi Identitas Diri

Saat diklik, Google Scholar menampilkan tiga menu di pojok kiri atas. Yaitu menu Profile, Articles dan Setting. Silakan masuk ke menu Profil terlebih dahulu untuk memasukkan informasi pribadi Anda.

Lima bidang data diperlukan. Masukkan pendaftar atau nama pengguna, nama agensi (sekolah atau universitas), alamat email, area pengetahuan, dan alamat situs web. Apalagi alamat websitenya optional, jadi bisa dihilangkan.

4. Pengaturan Halaman Publikasi

Langkah selanjutnya dalam mendaftar Google Scholar adalah melakukan pengaturan pada halaman publikasi. Setelah mendaftarkan profil Anda, Anda dapat mengakses menu kedua, menu Artikel.

Anda dapat mencari daftar periksa nanti untuk menjadikan akun Anda publik. Silakan periksa menu Pengungkapan profil saya. Tujuannya adalah agar semua orang dapat menikmati semua pekerjaannya di Google Cendekia dan media lainnya.

5. Melengkapi Profil Google Scholar

Langkah terakhir dalam proses pendaftaran akun adalah melengkapi profil. Setelah Anda selesai menyiapkan halaman penerbitan Anda, Google Cendekia akan secara otomatis mengarahkan Anda ke halaman profil Anda.

Pada tahap ini, pengguna akan dapat mengunggah foto profil yang terlihat profesional untuk dilihat publik. Pada saat yang sama, unggah foto di latar belakang profil atau gambar sampul Anda.

Cara Publikasi ke Google Scholar

Jika Anda telah berhasil mempraktekkan daftar Google Cendekia, Anda akan ingin menambahkan atau mempublikasikan artikel akademis. Jadi inilah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke profil Google Cendekia Anda, masuk ke menu Artikel dan klik Tambah. Anda kemudian dapat memilih dari tiga jenis artikel, yang dapat dipilih berdasarkan artikel yang ingin Anda terbitkan.

  • Tambahkan Grup Artikel: Tambahkan artikel yang metulis dalam grup di mana nama pengguna ada di daftar penulis artikel.
  • Tambahkan Artikel untuk menambahkan artikel hasil personalisasi yang ditulis satu per satu atau sendiri.
  • Tambahkan artikel secara manual jika pengguna perlu memasukkan detail artikel secara manual, mulai dari judul, tanggal publikasi, kalender, dan sebagainya.

2. Jika Anda telah memilih jenis artikel yang ingin Anda terbitkan, artikel ini akan secara otomatis masuk ke profil Anda.
3. Pengguna dapat mengedit artikel di Google Cendekia secara manual sesuai kebutuhan. Ini termasuk mengubah judul, volume, masalah, tanggal publikasi, dan sebagainya.
4. Jika ada artikel yang ingin menghapus, pengguna juga dapat menghapus artikel yang sebelumnya diarsipkan di Google Cendekia.
5. Pengguna juga dapat menggunakan fitur untuk memeriksa indeks pencarian. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nama lengkap Anda di halaman beranda Google Cendekia dan profil serta daftar artikel Anda akan segera muncul.

Proses membuat akun atau mendaftar ke Google Cendekia tidak sulit dan tidak memakan waktu lama. Kuncinya adalah menggunakan alamat email yang domainnya terkait dengan sekolah atau perguruan tinggi tempat guru mengajar.

Untuk membuat proses pendaftaran lebih lancar dan stabilitas Internet tidak kalah pentingnya. Karena dalam prosesnya, pengguna harus memasukkan beberapa data dan mengunggah foto untuk profil dan wallpaper. Menerapkan penjelasan di atas akan memudahkan Anda dalam membuat listingan Google Cendekia.