10 Manfaat Makan Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Makan Bawang Putih —Apakah kalian suka mengkonsumsi bawang putih? Sahabat Gramed pasti tahu bumbu masakan yang satu ini karena hampir disetiap dapur menggunakan bawang putih.

Bukan rahasia lagi bahwa bawang putih memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh manusia, salah satunya dimakan mentah. Efek menguntungkan dari mengkonsumsi bawang putih mentah telah terbukti melindungi terhadap sejumlah penyakit, flu, batuk dan peradangan.

Bahkan untuk penyakit serius seperti kolesterol, kanker, dll. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mengkonsumsi bawang putih secara khusus sebagai obat atau untuk mencegah penyakit tertentu. Padahal, konsumsi bawang putih bisa menjadi alternatif alami untuk mencegah berbagai penyakit.

Memangnya apa saja kandungan bawang putih untuk dikonsumsi tubuh? Di bawah ini, Grameds harus mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan tubuh:

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang putih, yang dalam bahasa latin disebut Allium Sativum, mengandung banyak nutrisi seperti berbagai umbi-umbian. Berikut kandungan nutrisi bawang putih yang biasanya terdiri dari 1 hingga 10 siung (3 gram) yang perlu diketahui Gramed:

  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,01 gram lemak
  • 0,03 gram gula alami
  • 5 miligram kalsium
  • 1 miligram magnesium
  • 11 miligram potasium
  • 3% mangan untuk kebutuhan harian organisme
  • 1% selenium adalah kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin C 0,9 ​​miligram atau 2% dari kebutuhan harian tubuh
  • 0,05 miligram zat besi, yang sesuai dengan 3% dari kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga, vitamin B1 dan fosfor

Manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah juga berasal dari sejumlah senyawa belerang aktif, seperti s-allyl cysteine ​​​​dan diallyl disulfide. Ketika Grameds mengunyah bawang putih, zat yang mengandung belerang yang keluar dari aroma bawang putih bereaksi membentuk allicin, yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah yang dapat diperoleh Grameds jika Anda mengkonsumsinya secara rutin:

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

1. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

10 Manfaat Makan Bawang Putih, Makan bawang putih di pagi hari adalah obat alami untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan allicin pada bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit seperti pilek, sakit tenggorokan dan batuk. Kandungan diallyl sulfide di dalamnya juga dapat membantu melawan bakteri di dalam tubuh.

Hal ini didasarkan pada penelitian dari Advances in Therapy, yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena flu daripada mereka yang hanya mengonsumsi plasebo. Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi kemungkinan terkena flu, yang merupakan penyakit paling umum yang dialami orang.

2.  Mengobati Jerawat Membandel

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling mengganggu penampilan, sehingga banyak yang berjuang menggunakan berbagai cara untuk menghilangkannya. Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan Grameds secara alami dengan bawang putih. Ternyata bawang putih mentah juga bisa bermanfaat untuk jerawat yang membandel.

Menurut jurnal penelitian Angewandte Chemie, bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah karena memiliki efek antibakteri. Bawang putih juga mengandung sulfat, yang terbentuk dari pemecahan allicin, yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan kondisi kulit alergi lainnya.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah juga dapat mengatasi masalah rambut salah satunya rambut rontok. Bawang putih mengandung kadar belerang yang tinggi dalam keratin, sehingga dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut di kulit kepala. Juga, jika Grameds memiliki masalah dengan alopecia atau kebotakan, konsumsilah bawang putih mentah untuk memeranginya.

4. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kolesterol darah tinggi. Hal ini berdasarkan jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1-2 siung bawang putih per hari selama sebulan berturut-turut dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan hal ini, terutama Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine, yang menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan jumlah HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kolesterol total darah.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain berhubungan dengan kolesterol, konsumsi bawang putih dapat mengatur tekanan darah, yang biasanya menjadi penyebab penyakit kardiovaskular. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat mencegah hipertensi. Bawang putih juga dianggap sebanding dengan obat antihipertensi umum. Manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah ditemukan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical, yang mengungkapkan bahwa efek bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, yang setara dengan obat antihipertensi atenolol.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Grameds dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur. Karena bawang putih efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dapat mencegah pembentukan enzim di hati, yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan diallyl trisulfide dalam bawang putih juga telah terbukti membantu melindungi jantung orang yang pernah mengalami serangan jantung atau setelah operasi jantung, serta mereka yang pernah mengalami gagal jantung. Reputasi efek menguntungkan bawang putih tidak benar-benar memuktikan oleh banyak penelitian untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Menawarkan Efek Antiradang

Mengkonsumsi bawang putih mentah lebih efektif dalam mengurangi efek anti inflamasi daripada bawang putih olahan. Manfaat ini selain dari kandungan allicin pada bawang putih. Manfaat bagi Grameds ini bisa jadi jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah sedang, disebut juga konsumsi berlebihan, karena jika mengonsumsi bawang putih mentah bisa lebih parah jika mengonsumsi dalam jumlah berlebihan.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih meminimalkan keropos tulang, terutama dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Selain itu, ada penelitian yang melakukan pada wanita pascamenopause yang menunjukkan bahwa bawang putih mentah dapat mengurangi tanda-tanda kekurangan estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang.

Grameds bisa merasakan manfaat ini jika Anda rutin mengonsumsi bawang putih mentah. Oleh karena itu konsumsi bawang putih mentah menganjurkan untuk penderita osteoporosis, yang dapat memberikan efek baik pada tulang.

9. Menjegah Alzheimer Dan Demensia

Bawang putih mentah mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah masalah jaringan otak seperti alzheimer dan demensia. Penyakit alzheimer dan demensia dapat menyebabkan oleh stres oksidatif akibat radikal bebas, sehingga mengonsumsi antioksidan dapat mencegah perburukan secara efektif. Ini juga merupakan efek berkelanjutan karena mengkonsumsi bawang putih mentah baik untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Manfaat fenomenal dari mengkonsumsi bawang putih mentah adalah mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat mengurangi risiko banyak kanker, seperti kanker perut dan kanker usus besar. National Cancer Institute juga merekomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih mentah sebagai pengganti suplemen bawang putih.

Mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 40%. Bawang putih juga dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang dapat mengusir racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga memulihkan DNA yang rusak akibat kanker prostat.

Boleh Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Seberapa Banyak?

10 Manfaat Makan Bawang Putih, Berkat khasiatnya yang sangat efektif, Anda tidak boleh menjadi gila atau mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan. Faktanya, tidak ada rekomendasi yang mepatenkan untuk menentukan berapa banyak yang harus dikonsumsi dari bawang putih mentah. Jika Gramed sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan yang serius, Anda bisa makan 1-4 siung bawang putih per hari. Hal ini melaporkan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.

Tapi bisa jadi masalah jika Grameds mengalami gangguan pencernaan karena bawang putih mentah bisa memperburuk keadaan. Selain itu, Grameds harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah jika Anda memiliki alergi, asma, tekanan darah rendah, maag, sedang menjalani operasi atau memiliki masalah tiroid. Grameds juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi bawang putih dengan mengonsumsi berbagai obat-obatan, seperti pil KB, isoniazid (Nydrazide, Ciclosporin, obat HIV/AIDS, pereda nyeri NSAID, dan antikoagulan (Warfarin)).

Gramed harus berhati-hati jika Anda ingin makan bawang putih mentah karena bisa berbahaya jika mengonsumsi terlalu banyak. Ketika bawang putih mentah mengonsumsi, rasa terbakar di mulut, diare, mual dan bau mulut atau bau badan lebih terlihat. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih mentah hampir tidak cukup bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dari bumbu masak ini secara optimal.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan takaran yang Anda konsumsi. Tertarik? Bawang putih mentah tidak mudah untuk memakan semua orang karena rasa dan aromanya yang sangat kuat.