Cara Melancarkan Haid

Cara Melancarkan Haid–Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Normalnya, menstruasi datang setiap 21-35 hari sekali. Haid mendefinisikan sebagai tidak teratur jika waktunya datang lebih cepat atau lebih lambat dari yang seharusnya. Ada beberapa Cara Melancarkan Haid Anda kembali normal.

Cara melancarkan haid yang tidak teratur

Cara memulai haid tidak teratur sangat berbeda. Dari hal-hal alami seperti perubahan gaya hidup hingga obat-obatan.

Berikut beberapa Cara Melancarkan Haid yang berantakan:

1. Istirahat cukup

Stres mental dan kelelahan fisik dapat mengganggu siklus menstruasi yang normal. Menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari yang seharusnya. Anda bahkan mungkin mengalami menstruasi dua kali sebulan, atau tidak sama sekali jika Anda stres.

Perawatan yang paling efektif untuk stres mental dan fisik adalah istirahat. Hentikan kebiasaan bangun kesiangan karena tidak membawa manfaat apapun bagi tubuh.

Tidur yang cukup membantu tubuh dan jiwa untuk rileks dengan menjaga agar hormon yang mengatur menstruasi tetap berjalan. Usahakan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Untuk tidur lebih nyenyak, matikan atau matikan lampu selama satu jam sebelum tidur. Kemudian sesuaikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Jauhkan semua perangkat elektronik dan jangan bermain-main dengannya sebelum tidur.

Anda juga bisa membiasakan mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat membantu menghilangkan rasa sakit dan menenangkan pikiran setelah hari yang melelahkan.

Hindari minum minuman berkafein di malam hari, seperti kopi atau teh, karena dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara mudah untuk memperlancar siklus. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon tubuh. Berikut cara melakukan meditasi:

  • Temukan tempat yang tenang untuk duduk di dalam atau di luar
  • Duduk tegak dengan tangan rileks di paha
  • Tarik napas melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut
  • Tenangkan pikiran Anda saat Anda fokus pada napas dan suara di sekitar Anda

Cobalah bermeditasi setiap pagi atau sore hari sebelum tidur. Meditasi dapat membantu Anda jatuh lebih dalam dan membuat pagi Anda lebih cerah.

3. Berlatih yoga

Yoga adalah cara yang efektif untuk memulai menstruasi yang tidak teratur. Yoga juga termasuk olahraga yang dapat mengurangi nyeri haid.

Penelitian yang menerbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine telah membuktikan faktanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengatur kadar hormon penyebab haid tidak teratur.

Manfaat tersebut merasakan oleh peserta yang berlatih yoga selama 35-40 menit 5 hari seminggu selama 6 bulan.

Yoga tidak harus datang ke gym. Anda dapat dengan mudah melakukan yoga di rumah. Saat ini banyak beredar video yoga di internet dari instruktur berpengalaman. Namun, untuk menghindari cedera, pastikan untuk melakukan gerakan sederhana yang menimbulkan risiko minimal.

Jika Anda memiliki cukup waktu, datanglah ke kelas yoga di mana instruktur akan memandu Anda secara langsung. Dengan mengikuti kelas yoga, Anda akan terbantu untuk melakukan gerakan-gerakan dengan benar agar tidak terluka.

4. Menjaga berat badan sehat

Terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa mengganggu jadwal menstruasi Anda. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal adalah cara terbaik untuk mempercepat siklus Anda setiap bulan.

Mulailah menurunkan berat badan dengan membiasakan pola makan sehat dan olahraga teratur. Olahraga membantu Anda menurunkan berat badan secara sehat dengan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima. Makan lebih banyak buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

Jika Anda kesulitan mencapai berat badan yang stabil, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi Anda. Dokter Anda akan membantu Anda menemukan cara terbaik untuk membantu Anda menambah atau menurunkan berat badan.

5. Mengganti alat kontrasepsi

Banyak wanita melaporkan bahwa menstruasi mereka tidak teratur setelah menggunakan kontrasepsi implan, suntikan B, atau IUD (kontrasepsi spiral). Jadi, jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal dan menstruasi Anda baru-baru ini menjadi tidak teratur, konsultasikan dengan dokter Anda.

Dokter kemungkinan akan mengubah jenisnya. Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali untuk menemukan alat kontrasepsi yang tepat dengan efek samping yang minimal.

Karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika siklus Anda menjadi tidak teratur setelah memasang alat kontrasepsi.

6. Terapi hormon

Terapi hormon adalah salah satu cara yang efektif untuk memulai menstruasi yang menyebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh.

Terapi memberikan dengan obat-obatan yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu.

Terapi hormon biasanya memberikan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur yang membuat kehamilan menjadi sulit, seperti wanita dengan PCOS.

Seperti obat pada umumnya, obat hormonal memiliki sejumlah efek samping. Anda mungkin mengalami mual, nyeri dada, sakit kepala, penambahan berat badan, dan penurunan gairah seks.

7. Mengonsumsi vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium di usus, yang baik untuk kesehatan tulang. Tetapi vitamin D juga dapat membantu mengatur ovulasi yang teratur.

Penelitian yang menerbitkan dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menunjukkan hubungan antara vitamin D yang rendah dan menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi yang tidak teratur merupakan gejala dari sindrom ovarium polikistik (PCOS). Satu studi menemukan bukti bahwa menggabungkan suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin dapat meningkatkan menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Cukup berjemur antara jam 7 dan 8 pagi, sekitar 15 menit sehari.

Selain itu, vitamin D juga menemukan dalam makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, dan sereal yang diperkaya.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

8. Mengobati kondisi medis yang mendasarinya

Haid tidak teratur juga bisa disebabkan oleh kemungkinan penyakit. Jika ini alasannya, cara terbaik untuk memperlancar siklus adalah dengan menyembuhkan penyakitnya.

Sebelumnya, dokter akan menanyakan berbagai pertanyaan dan tes terkait untuk mengetahui masalah menstruasi yang Anda alami. Pertanyaan yang sering mengajukan meliputi:

  • Seberapa sering Anda berlatih dan berat setiap latihan?
  • Kondisi mental dan mental
  • Rencana diet saat ini
  • Gejala yang baru-baru ini diamati ketika menstruasi berantakan
  • Riwayat medis, termasuk obat yang diminum
  • Kontrasepsi bekas pakai

Dokter kemudian akan melakukan tes yang diperlukan, seperti:

  • Pemeriksaan panggul
  • Pap Smear
  • Tes kehamilan
  • Tes darah untuk memeriksa kadar hormon tertentu yang terkait dengan siklus menstruasi
  • Ultrasonografi panggul untuk mengetahui adanya polip rahim, fibroid rahim, atau kista ovarium
  • Biopsi endometrium untuk endometriosis, ketidakseimbangan hormon, atau sel kanker
  • Untuk wanita dengan PCOS, misalnya, dokter memberikan pil KB untuk membantu menyeimbangkan hormon.

Namun, jika obatnya tidak cukup efektif untuk mengobati penyakit, langkah-langkah berikut harus diambil:

  • Operasi pengangkatan polip atau fibroid rahim
  • Embolisasi arteri rahim, metode memblokir aliran darah ke rahim
  • Ablasi endometrium, metode membakar pembuluh darah di lapisan endometrium rahim
  • Histerektomi

Kapan harus pergi ke dokter?

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika memiliki keluhan haid yang tidak teratur.

Mintalah saran dan saran dokter Anda setiap bulan tentang cara terbaik mengelola siklus Anda.

Jika berbagai cara di atas tidak berhasil, segera periksakan ke dokter. Berikut beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan dan harus segera diperiksa:

  1. Belum menstruasi selama 90 hari
  2. Menstruasi tiba-tiba menjadi tidak teratur
  3. Anda memiliki siklus menstruasi kurang dari 21 hari
  4. Dia memiliki siklus menstruasi lebih dari 35 hari
  5. Menstruasi berlangsung lebih dari seminggu
  6. Aliran darah menjadi sangat sulit dengan aliran yang kuat
  7. Pendarahan di antara siklus menstruasi
  8. Menstruasi sangat menyakitkan.

Cara Melancarkan Haid, Dokter akan menemukan pengobatan yang paling tepat untuk memulai menstruasi yang tidak teratur. Jika satu pengobatan tidak berhasil, dokter Anda akan mencoba pengobatan lain yang mungkin lebih efektif. Cara Melancarkan Haid

Oleh karena itu, Anda harus secara teratur melaporkan ke dokter tentang kemajuan pengobatan Anda. Termasuk perubahan yang jelas dan efek samping. Karena itu, jika salah satu cara tidak berhasil, dokter akan segera mencari pengganti untuk memulai menstruasi.