Rekomendasi Rice Cooker Terbaik

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik–Masyarakat Indonesia sangat membutuhkan beras sebagai sumber utama karbohidrat. Tidak heran hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu penanak nasi atau rice cooker. Ini adalah alat terbaik untuk memasak nasi yang praktis dan mudah. Saat ini penanak nasi terbaik memiliki variasi yang luas dan karakteristik yang canggih.

Berbagai merk produsen elektronik seperti Philips, Cosmos, Mito dan Yong Ma telah merilis produk rice cooker terbaik dengan berbagai fitur dan keunggulannya. Bagi yang sedang berencana membeli penanak nasi baru disarankan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Kami akan membahas secara mendalam bagaimana memilih penanak nasi yang baik dan berbagi produk terbaik. Selamat membaca!

Tips dan Cara Memilih Rice Cooker yang Bagus

Sebelum kami menyajikan sepuluh penanak nasi teratas kami, kami akan membantu Anda menemukan produk yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rice cooker. Apa saja poin yang dimaksud? Berikut penjelasannya!

1. Kenali dua macam rice cooker terbaik dengan sistem pemanas berbeda

Pada umumnya masyarakat Indonesia menggunakan penanak nasi yang memiliki sistem pemanas yang terbagi menjadi dua mekanisme, yaitu memindahkan panas ke seluruh permukaan wajan dan memusatkan daya pemanas hanya pada bagian bawah wajan.

Penanak nasi dengan sistem pemanas yang merata disebut pemanas tipe induksi (IH). Penanak nasi jenis ini cocok untuk memanaskan kembali nasi utuh. Tingkat kematangan nasinya sempurna, merata dari bawah ke atas nasi. Penanak nasi tipe IH paling cocok untuk memasak nasi dalam jumlah besar sekaligus.

Berikutnya adalah jenis pemanas yang kapasitas pemanasannya tidak terlalu tinggi. Istilahnya adalah mikrokontroler rice cooker. Ukuran rice cooker ini umumnya lebih kecil, namun tidak sedikit juga yang berukuran besar. Perbedaan rice cooker tipe ini dengan tipe IH terletak pada kapasitas pemanasannya di bagian tengah bawah panci. Cara memasak nasi jenis ini mirip dengan cara memasak nasi di panci di atas kompor gas.

Jika ingin menyajikan nasi untuk pengantin baru dan 2-3 anggota keluarga, sebaiknya gunakan rice cooker tipe IH dengan kapasitas yang cukup besar. Namun harga jualnya lebih mahal dibandingkan dengan jenis mikrokontroler. Yang jarang memasak di rumah sebaiknya memilih jenis mikrokontroler agar tetap berjalan optimal.

2. Pilihlah rice cooker terbaik yang panci penanaknya terbuat dari keramik

Setiap produsen menggunakan bahan yang berbeda untuk menyiapkan hidangan. Biasanya bahan yang Anda pilih juga mempengaruhi harga. Dalam hal ini, kami tekankan bahwa Anda lebih memilih penanak nasi terbaik, yang pancinya terbuat dari bahan keramik dengan lapisan di permukaannya.

Keuntungan dari pot keramik adalah memiliki konduktivitas termal yang baik. Selain itu, kapasitas insulasi termalnya juga cukup baik. Jadi peralatan masak keramik tidak hanya memudahkan proses memasak lebih merata. Selain itu, saat Anda ingin memanaskan kembali nasi, tidak perlu waktu lama untuk nasi menjadi panas dan panas berkat konduktivitas termal yang baik.

Untuk itu, jika Anda memilih pot keramik, pastikan rice cooker memiliki fungsi pemanas. Bahkan, hampir semua rice cooker saat ini sudah dilengkapi dengan fitur ini. Dan jika Anda ingin memasak nasi lebih cepat, pilihlah rice cooker IH yang memiliki fungsi tekanan sehingga Anda bisa memasak nasi pada suhu di atas 100oC.

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik

Ini adalah bagian yang Anda tunggu-tunggu sejak awal debat. Di bawah ini adalah ikhtisar dari berbagai merek produk dan merek terbaik, Anda dapat memilih dari sepuluh produk penanak nasi terbaik untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Dengan rice cooker ini Anda bisa menyiapkan nasi coklat, putih, hitam atau bahkan agar-agar. Pilihan bagus!

1. Super Cook BOLDe Titanium Eco Rice Cooker

rice cooker terbaik
rice cooker terbaik

BOLDe Titanium Eco berukuran cukup ringkas. Produk ini tidak hanya menghemat tempat saat diletakkan di atas meja dapur, tetapi juga cocok untuk Anda yang tinggal sendiri, menyewa wisma atau tidak memasak banyak nasi setiap hari.

Penanak nasi ini bisa memasak 0,6 liter beras. Artinya, alat ini bisa menghasilkan nasi enak untuk kebutuhan 1-2 orang setiap hari. Selain itu, rice cooker ini juga hemat listrik. Dengan konsumsi daya 200 watt, meteran ini berfungsi dengan baik.

2. Philips HD 3127 Magic Com Rice Cooker

rice cooker terbaik
rice cooker terbaik

Salah satu keunggulan penanak nasi Philips 2 liter yang akan datang adalah panci 5 lapis dengan pelindung resin yang mencegah panci mudah tergores. Dengan begitu, jika kerak atau nasi yang kering menempel di bagian dalam wajan, Anda tidak perlu khawatir wajan terkikis karena sering digosok.

Selain itu, wajan anti lengket. Dengan cara ini Anda tidak akan kesulitan membersihkan beras jika Anda memasak nasi baru. Philips kemudian menambahkan lapisan dasar emas yang secara efisien mentransfer panas untuk konveksi beras yang sempurna. Nasi akan matang merata.

3. Yong Ma YMC114 Magic Com Stainless

Di Indonesia, banyak pengguna yang menggunakan penanak nasi Yong Ma. Bukan suatu kebetulan jika orang memilih produk Yong Ma karena kualitas yang ditawarkannya benar-benar bagus. Salah satu koleksi terbaiknya adalah YMC114. Didesain dengan bentuk yang sederhana, penanak nasi ini terlihat sangat elegan dengan warna hitam dan perak yang mengkilap.

Ini adalah penanak nasi dengan lapisan eko-keramik di atas panci untuk memastikan suhu yang merata. Penanak nasi ini tidak hanya bisa memasak nasi secara merata, tetapi juga dengan penyekat panas pada gagang panci. Ini memungkinkan Anda untuk mengeluarkan panci dari badan penanak nasi tanpa takut panas.

4. Mito R5 Digital Rice Cooker 8in1

Model unik dari Mito R5 adalah nilai utama dari produk. Selain itu, penanak nasi ini dilengkapi dengan timer untuk membantu Anda mencapai tingkat kesiapan yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur timer internal untuk mematikan unit secara otomatis.

Mito telah menambahkan liner tembaga atau liner tembaga ke penanak nasi ini. Dengan cara ini panas yang dihasilkan dengan cepat hilang dan menempel pada permukaan setiap panci. Panel kontrol rice cooker tidak hanya memiliki desain futuristik, tetapi juga dengan 8 tombol sekali sentuh, memberikan hasil memasak yang berbeda.

5. Philips HD3128 Rice Cooker Jar Pro Ceramic

rice cooker terbaik
rice cooker terbaik

Siapa yang bisa menolak keanggunan produk ini? Saat meninjau interior, Anda akan melihat bahwa bahan pelapis canggih ProCeramic tiga kali lebih keras daripada peralatan masak tradisional.

Lapisan ProCeramic pada penanak nasi mampu menjaga nasi tetap panas. Selama memasak, nasi juga memanas untuk meningkatkan kapasitasnya. Dimensi produk ini cukup besar, yang membuatnya lebih ideal untuk digunakan di rumah. Dengan kapasitas 2 liter, Anda dapat mengkonsumsi hingga 14 sendok makan nasi per porsi.

3 Jenis Rise Cooker dan Fungsinya

Dengan zaman yang semakin canggih, peralatan rumah tangga seperti rice cooker juga semakin inovatif, termasuk jenis dan fungsinya. Lihat detail lengkapnya di bawah.

1. On/Off Rice Cooker

Pertama, ada penanak nasi jenis on dan off. Ini adalah penanak nasi pertama yang ada di pasaran. Fungsi yang tersedia hanya fungsi on dan off. Artinya rice cooker ini tidak bisa digunakan untuk memanaskan nasi, hanya untuk memasak. Dengan fitur yang sangat minim seperti ini, penanak nasi ini telah ditinggalkan dan beralih ke penanak nasi inovatif terbaru.

Namun tidak sepenuhnya ditinggalkan, penanak nasi ini masih digunakan dalam beberapa kasus. Cara berbelanja dengan anggaran terbatas dan hanya perlu memasak. Jadi, jika Anda hanya ingin memasak nasi, gunakan rice cooker ini.

2. Cook/Keep Warm Rice Cooker

Pada tingkat yang lebih canggih dari penanak nasi sebelumnya, penanak nasi jenis ini memiliki fungsi penghangat yang membuat nasi tetap hangat sepanjang hari. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memanaskan kembali nasi dengan tangan. Menggunakan rice cooker sangat berguna dalam hal ini.

Jenis penanak nasi ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Ada penanak nasi yang memanaskan nasi sepanjang hari, ada yang hanya bisa digunakan untuk memanaskan kembali sebentar, dan ada pula yang memanaskan nasi saat penanak nasi masih menyala. Jika Anda menginginkan produk dengan ketahanan panas yang lama, Anda juga harus membuat anggaran yang lebih besar karena harga jenis ini juga akan tinggi.

3. Smart Rice Cooker

Yang ketiga adalah inovasi terbaru dan merupakan jenis rice cooker tercanggih saat ini. Penanak nasi jenis ini tidak hanya digunakan untuk menanak nasi dan memanaskan nasi, tetapi juga memiliki banyak fungsi, seperti:

a. Stream tray, fungsi ini dapat digunakan untuk mengukus. Ini adalah sifat yang terkenal di penanak nasi saat ini.

b. Slow Cook, fungsi ini adalah fungsi slow cook. Berbeda dengan biasanya, yang memasak dengan cepat, memang memperlambat persiapannya. Fungsi ini biasanya digunakan untuk memasak bubur, Anda juga bisa memasak gudeg atau rendang.

c. Fast Cook, fitur yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk memasak nasi dengan cepat.

d. Preset untuk mengatur dan memprogram memasak.

Kesimpulan

Sekarang telah mencapai tahap akhir penulisan. Jika kita berbicara tentang penanak nasi terbaik, itu ada hubungannya dengan hasil gilingan beras. Anda pasti ingin makan nasi yang enak dan pulen bukan? Karena keinginan ini, Anda memilih produk yang telah terbukti lebih baik dalam banyak hal.

Jika Anda ingin menggunakan rice cooker terbaik untuk memasak di luar nasi, Anda bisa memilih rice cooker serbaguna. Jadi Anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk membuat bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar dan banyak lagi.