5 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik — Meskipun kedua jenis akustik, kebanyakan orang lebih memilih gitar akustik untuk belajar di tingkat lanjutan. Bagi yang ingin bermain gitar, kami merekomendasikan penggunaan gitar akustik. Ada banyak sekali jenis gitar akustik yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silahkan baca dulu artikel ini sampai selesai.

Secara bertahap Anda bisa belajar lebih baik dengan gitar akustik. Pilih gitar yang bagus dan yang paling cocok untuk Anda. Di Indonesia Anda akan menemukan berbagai macam merk terkenal dengan berbagai produk seperti gitar Yamaha, Ibanez, Fender, Cort, Gibson, Apx dan lain sebagainya. Untuk menghindari kekecewaan dengan gitar atau aktivitas Anda, Anda harus menggunakan produk yang tepat.

Tips dan Cara Memilih Gitar Akustik Bagus untuk Pemula

Pemula harus bertanggung jawab untuk memilih gitar akustik yang tepat dan tepat. Itu sebabnya kami membantu Anda mempelajari berbagai gitar akustik yang tersedia di pasaran. Secara umum, gitar akustik dibagi menjadi empat jenis, yaitu gitar senar baja, gitar standar, gitar akustik elektrik, dan gitar senyap. Mana yang tepat untuk Anda? Pahami penjelasan berikut.

1. Untuk orang bertubuh kecil, pilihlah gitar akustik tipe steel string

Gitar akustik bukan hanya untuk pria. Saat ini banyak musisi wanita yang juga mahir bermain gitar. Jika Anda seorang gadis yang ingin belajar bermain gitar akustik, kami sarankan Anda menggunakan gitar akustik serat baja. Gitar ini, juga dikenal sebagai folk, memiliki ukuran yang kompak.

Leher yang lebih tipis membuatnya nyaman untuk dimainkan dan dipegang. Jenis gitar senar baja ini akan cocok untuk orang dengan tubuh kecil karena tubuh memiliki busur yang lebih dalam. Jadi gitar akustik senar baja lebih cocok untuk wanita, orang kecil atau bahkan anak-anak.

2. Untuk menghasilkan suara dinamis dan berkarakter, gunakanlah gitar akustik standar

Perbedaan yang paling mencolok antara gitar senar baja dan tipe standar adalah ukurannya. Gitar akustik standar 1,5 kali lebih tebal dan beratnya lebih dari tipe senar baja. Bobot gitar ini bukan hanya karena bahannya yang lebih tebal, tetapi juga terdapat alur yang lebih dangkal di ruang suara atau rekaman. Bentuk melengkung ini dapat menghasilkan suara gitar yang lebih dinamis dan khas.

Jika Anda ingin bermain di level profesional, Anda dapat mengandalkan gitar akustik tipe standar. Anda dapat memainkan berbagai genre musik dengan gitar akustik standar, mulai dari lagu rock, jazz, blues hingga rock. Ini karena gitar akustik dirancang khusus untuk menyempurnakan bass dan intonasi secara dinamis.

3. Volume suara lebih besar dan jernih dengan gitar accoustic electric

Senar baja dan gitar akustik standar sebenarnya dapat dihubungkan ke amplifier untuk menciptakan efek sonik yang lebih besar. Satu-satunya cara adalah menambahkan pickup atau mic ke rumah utama. Namun, jika gitar ini tidak dirancang untuk tujuan elektro-akustik, akan ada beberapa kekurangan saat dicolokkan ke amplifier, seperti umpan balik yang mengganggu.

Jika Anda sudah mahir bermain gitar dan ingin berlatih gitar akustik sendiri, belilah gitar akustik elektrik. Jenis gitar ini didesain sempurna agar suara frekuensi rendah dan efek feedback yang mengganggu tidak mengganggu telinga Anda. Ini membuat suara yang dibuat tetap jernih dan jernih meskipun volumenya ditingkatkan.

4. Kontrol suara atau dengarkan melalui headphone dengan silent guitar

Meski jarang dimiliki orang, jenis gitar akustik senyap ini cocok untuk Anda yang ingin bermain gitar di malam hari tanpa mengganggu anggota keluarga atau tetangga yang sedang beristirahat. Gitar bisu, seperti namanya, adalah gitar akustik yang bisa disetel tinggi dan dalam.

Gitar ini sangat cocok untuk siapa saja yang tinggal di apartemen atau rumah kontrakan. Anda tidak hanya dapat mengatur volume, tetapi Anda juga dapat mencolokkan headphone ke badan gitar untuk mencegah suara menyebar ke seluruh ruangan.

Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai jenis gitar akustik yang ada di pasaran, Anda sudah perlu mengetahui jenis gitar apa yang akan dibeli, bukan? Di sini kami menawarkan beberapa merek gitar akustik terbaik untuk dipilih dan dimainkan dengan akord favorit Anda. Khusus untuk pemula, pilihan gitar berikut ini pasti menarik!

1. Cowboy Akustik Folk Guitar

rekomendasi gitar untuk pemula
rekomendasi gitar untuk pemula

Keuntungan dari gitar akustik adalah dapat digunakan dengan senar dari berbagai bahan, baik itu baja, nilon atau lainnya. Hal ini ditunjukkan oleh Cowboy Acoustic Folk Guitar, yang senarnya terbuat dari baja tahan karat. Tipe baja atau tipe folk, gitar akustik ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan gitar yang kuat dan tahan lama.

Ketahanan gitar tidak hanya didukung oleh kualitas dan bahan senar yang lembut, tetapi juga body bass kayu dan fingerboard kayu maho yang terkenal kokoh. Untuk pemula, wanita atau anak-anak yang belum mahir bermain gitar, produk ini nyaman digunakan karena ukurannya yang hanya 38 inci.

2. Yamaha Silent Guitar SLG200S

Jika Anda mencari alat musik modern, Anda bisa memikirkan produk Yamaha. Kualitas produk Yamaha tidak perlu diragukan lagi. Seperti produk ini, Silent Guitar SLG200S adalah gitar akustik yang direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin bermain gitar kapan saja, bahkan di malam hari.

Yamaha telah menambahkan fungsi kontrol suara melalui headphone atau amplifier ke gitar ini. Selain mengatur volume, gitar akustik ini juga bisa dimainkan dalam mode elektrik. Desain klasik namun elegan tampak hebat saat bermain game.

3. Gitar Akustik Yamaha APXT2

rekomendasi gitar untuk pemula
rekomendasi gitar untuk pemula

Jika ingin menghidupkan suasana malam penginapan, bawalah gitar akustik Yamaha APXT2. Gitar akustik ini tidak memakan banyak tempat di kendaraan pribadi atau komunitas Anda. Hal ini dikarenakan Yamaha mendesain alat musik petik ini dengan ukuran yang kompak dan bodi yang ramping.

Berkat nilai kepraktisan yang ditawarkannya, gitar ini menjadi pilihan sempurna bagi para pelancong yang ingin bermain gitar di mana saja. Gitar ini mampu menghasilkan suara alami yang khas melalui amplifier berkat preamp aktif dan sistem pickup berbasis ART. Yamaha juga mengklaim bahwa produk ini dapat menghasilkan suara yang jernih dengan equalizer intensitas sedang dan tuner kromatik.

4. Ibanez AEG15II LG

Jika Anda membutuhkan gitar akustik yang menjanjikan kualitas suara yang jernih dan sempurna bahkan saat Anda tidak menggunakan amplifier, produk ini adalah solusinya! Ibanez meluncurkan gitar akustik ramping yang membuat permainan jangka panjang menjadi nyaman. Seperti disebutkan di atas, gitar akustik ini masih mampu menghasilkan suara yang indah dengan volume yang keras tanpa amplifier.

Bahkan jika Anda ingin menggunakan amplifier, produk ini pasti akan memberikan pengalaman yang lebih baik. Untuk suara yang jernih, Ibanez Fishman mengandalkan pickup Sonicore dan preamp pIbanez. Papan suara gitar ini terbuat dari kayu cedar untuk panel depan. Ibanez menggunakan kayu mahoni di bagian belakang dan samping sehingga gitar ini tidak mudah pecah meskipun terjatuh dan mengenai permukaan yang keras.

5. Gitar Akustik Yamaha F310

rekomendasi gitar untuk pemula
rekomendasi gitar untuk pemula

Yamaha F310 merupakan gitar akustik yang memiliki harga lebih terjangkau. Bagi mereka yang mencari gitar akustik yang terjangkau, Anda mungkin ingin mempertimbangkan produk ini. Yamaha mendesain bagian depan gitar dengan kayu spruce, bagian belakang dan samping dari kayu mahoni, dan bagian leher dari kayu rosewood.

Perpaduan material yang kuat dari ketiga bagian utama gitar akustik membuat suara yang renyah sangat bagus. Bagi yang ingin bermain gitar namun tidak ingin kesulitan mengakses semua senar, Yamaha F310 didesain dengan ukuran grip yang pas sehingga dapat dimainkan dengan nyaman bahkan oleh yang belum terbiasa.

Kesimpulan Rekomendasi Gitar Akustik TerbaikĀ 

Pilih gitar akustik terbaik yang menawarkan kenyamanan saat bermain. Terutama untuk proses latihan, carilah gitar yang memiliki pengait sehingga bisa dikalungkan di leher jika ingin bermain gitar sambil berdiri. Pertimbangkan juga fitur gitar lainnya, seperti kontrol suara, jika Anda ingin berlatih di malam hari tanpa khawatir mengganggu orang di sekitar Anda.