merk helm terbaik
merk helm terbaik

5 Rekomendasi Helm Motor Terbaik

Helm merupakan aksesoris yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor. Anda perlu memakai pelindung kepala ini saat mengemudi. Fungsi utamanya tidak hanya untuk mengurangi benturan dari depan jika terjadi kecelakaan, helm bermotor juga dapat mencegah Anda menerima razia atau tilang untuk keluar dari jalan raya saat berkendara.

Semakin banyak produsen helm sepeda motor terbaik. Nama-nama seperti KYT, NHK, GM, dan JBX mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Semakin banyaknya ketersediaan helm dapat membuat Anda bingung dalam memilih helm sepeda motor terbaik.

Karena itulah kita akan melihat tips memilih helm sepeda motor. Untuk mempermudah Anda, kami telah menyusun daftar produk terbaik yang dapat Anda rujuk.

Cara Memilih Helm Motor yang Bagus

Saat memilih helm sepeda motor, Anda bisa membayar lebih dari sekedar desain dan warna. Jenis atau bentuk helm juga menjadi pertimbangan penting untuk diperhatikan.

Sebisa mungkin pilihlah helm yang menawarkan kenyamanan dan keamanan. Berikut beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan saat memilih helm sepeda motor.

1. Helm full face untuk jaminan keamanan yang optimal

Helm jenis ini sangat digemari oleh para pengendara sepeda motor di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Keunggulan utama helm full face adalah jaminan perlindungan kepala yang optimal dibandingkan dengan bentuk lainnya. Namun, helm jenis ini malah kalah menarik dengan kompetitor lainnya. Hal ini dikarenakan helm ini memiliki bobot yang cukup berat.

Selain itu, helm full-face juga memiliki rasa pengap saat dipakai dalam waktu lama. Apalagi saat cuaca panas, helm yang menutupi seluruh kepala akan lebih ramai dan hangat. Dengan kata lain, helm ini menawarkan keamanan ekstra, tetapi bukan kenyamanan berkendara jangka panjang.

2. Helm half face yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan sekaligus

Dibandingkan dengan jenis helm full safety, tentu saja helm satu sisi tidak sebagus helm full face dalam hal perlindungan kepala. Namun, kebanyakan orang memilih helm jenis ini karena tidak hanya menawarkan kenyamanan tetapi juga keamanan. Desain helm yang tidak menutupi seluruh kepala, punggung, kedua sisi dan dagu memudahkan aliran udara ke dalam helm untuk menghilangkan rasa tersedak.

Baca Juga  Tips Mendongkrak Mobil Yang Aman dan Benar

Bagi yang ingin berkendara dengan nyaman namun aman, helm jenis ini layak untuk dipilih. Harap dicatat, bagaimanapun, bahwa helm ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di trek. Selain itu, jika Anda ingin sesekali memakai helm full face tapi tidak ingin membeli dua helm sekaligus, Anda bisa menggunakan helm flip-up. Helm jenis ini merupakan gabungan dari tipe full face dan half face.

3. Helm half cap untuk berkendara sepeda atau motor berkecepatan rendah

Bahkan jika Anda tidak mengemudi di jalan raya, kenakan helm untuk memastikan keselamatan Anda. Jika Anda mengemudi dengan lambat di jalan yang sulit atau di luar jalan raya, kenakan topi setengah atau helm pendek. Seperti namanya, helm ini hanya menutupi bagian atas kepala saja.

Helm setengah cangkang cocok untuk berkendara santai atau bersepeda. Seperti model lainnya, model helm ini dilengkapi dengan tali pengait untuk mengamankan helm agar tidak mudah lepas dari kepala. Ingatlah keselamatan Anda bahkan saat Anda tidak mengemudi di jalan utama atau jalan raya dengan helm ini!

4. Yang paling penting, helm tersebut sudah memenuhi standar keamanan

Ada badan khusus di Indonesia yang menstandarkan keamanan banyak produk, termasuk helm. Untuk memenuhi jaminan keamanan Anda, kami sarankan Anda memeriksa bagian belakang atau sisi lain helm. Helm yang memenuhi standar keselamatan biasanya memiliki logo berwarna putih dengan tulisan hitam bertuliskan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Tidak ada kompromi dalam hal ini, Anda tidak ingin kecelakaan yang membuat kepala pusing hanya karena menggunakan helm yang tidak ber-SNI, bukan? Karena itu, penuhi poin ini. Selain SNI, beberapa produk helm sepeda motor impor yang baik telah memenuhi regulasi SMF (Snell Memorial Foundation) atau DOT (Departemen Perhubungan).

Rekomendasi Helm Motor Terbaik

Dalam ulasan sebelumnya, kami menunjukkan kepada Anda bagaimana memilih helm berdasarkan bentuk dan tujuan perjalanan Anda. Pada bagian ini, kami melanjutkan pembahasan dengan menghadirkan helm motor terbaik di Indonesia yang bisa Anda beli di toko helm terdekat atau online di pasar favorit Anda. Pilih helm yang menjamin keselamatan berkendara, ya!

Baca Juga  Honda Ridgeline 2021 Siap Mengebrak Pasar Pick Up Indonesia

1. Helm Motor JBX Helmet Bogo Retro

merk helm terbaik
merk helm terbaik

Baru-baru ini, ada permintaan yang meningkat di antara orang-orang untuk helm sepeda motor gaya retro terbaik. Helm JBX Bogo Retro salah satunya. Helm ini menunjukkan desain klasik bagian pelindung tengkorak. Helm half face ini menjanjikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Keistimewaan lain dari helm sepeda motor adalah bagian kacanya yang cembung. Saat memakai helm, terkadang bisa menarik perhatian orang. Bentuk helm yang unik dan klasik ini memiliki daya tarik tersendiri. Meski berdesain unik, helm JBX menempelkan tag SNI di saku Bogo Retro.

2. Helm Motor GM New Imprezza Solid

GM telah merilis helm half side yang dilengkapi dengan perlindungan UV untuk mencegah kebutaan mata akibat sinar matahari. Berkendara di siang hari akan lebih aman tanpa terganggu oleh penetrasi cahaya berlebih yang sampai ke mata berkat adanya layar pelindung ganda di kaca utama. Tidak hanya kaca depan helm bermotor terbaik yang dilapisi dengan bahan khusus anti gores.

Selain tahan gores, lensa helm juga memiliki sifat anti-kabut. Bagi yang ingin berkendara ke dataran tinggi yang berkabut, gunakan helm ini untuk menjernihkan pandangan dalam kabut. Helm ini tersedia dalam banyak warna. Busa yang dapat dilepas pada helm memudahkan untuk membersihkan helm.

3. Helm Motor ZEUS Helmet ZS-811

merk helm terbaik
merk helm terbaik

Jika Anda sedang mencari helm full-face dengan gaya modern dan futuristik, produk brand ZEUS adalah pilihannya! Helm yang mengutamakan keselamatan maksimal pengendara sepeda motor ini terbuat dari bahan ABS, kokoh dan tahan benturan. Sebagai merek helm ternama, helm ZEUS ini tentunya memiliki nilai lain.

Sebagai contoh, helm sepeda motor terbaik ini tidak hanya tahan benturan tapi juga ringan, meski tak terpisahkan. Cocok untuk yang ingin melakukan perjalanan jauh tanpa dihantui sakit leher. Meski berupa eyepiece, helm ZEUS ZS-811 memiliki lapisan anti UV yang melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Helm ini telah memenuhi standar kualitas SNI, DOT, ECE, JIS dan NBR.

Baca Juga  Perawatan Bodi Motor Dengan Lapis Carbon Kevlar

4. Helm Motor AGV K-3 SV EE205 Multi Myth

Pria yang ingin tampil lebih keren dari pengendara lain menggunakan helm AGV ini. Warna hitam yang mengelilingi banyak sisi membuat helm ini istimewa. Selain mengedepankan desain yang modern dan maskulin, AGV K-3 SV EE205 Multi Myth menempatkan standar keamanan DOT di saku Anda.

Label harga yang tinggi tidak menghentikan Anda untuk menikmati kesenangan, kenyamanan, dan keamanan yang serupa, bukan? Meski harga jualnya tinggi, helm motor terbaik ini memang menawarkan perlindungan yang sangat baik. Sebagai buktinya, AGC menggunakan termoplastik sebagai cangkang helm dan dry comfort fabric pada lapisan busa bagian dalam.

5. Helm Motor : Arai RX-7X

Helm Arai RX-7X seperti tutup kepala yang kuat, tahan guncangan dan tidak mudah basah. Pabrikan telah merancang helm motor super kuat ini dengan bahan yang sangat kuat namun ringan. Ini adalah helm yang direkomendasikan oleh banyak ahli. Pasalnya, helm ini sudah mendapatkan izin yang berbeda-beda.

Selain SNI, Arai RX-7X Snell juga sudah bermerk M2015, JIS dan MFJ, jadi soal jaminan keamanannya tidak perlu diragukan lagi. Lensa helm sepeda motor terbaik dilapisi dengan bahan penghilang kabut yang memperjelas penglihatan pengendara dalam kabut. Bagian dalam helm terbuat dari bahan yang lembut sehingga dapat menghindari efek lembab dan bau walaupun dipakai seharian.

Kesimpulan

Jika Anda naik sepeda motor kemana pun Anda mau, Anda bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan selama Anda memakai helm sepeda motor. Jangan pernah menyerah dengan masalah keselamatan Anda saat berkendara, jadi selalu gunakan helm sepeda motor terbaik.

Baik itu dari jarak yang sangat jauh atau dari dekat, Anda tetap harus memakai helm karena Anda tidak bisa memprediksi risiko apa yang akan Anda hadapi saat melepas helm atau mengabaikan helm tersebut.