Rekomendasi Air Mineral Terbaik

Rekomendasi Air Mineral Terbaik–Air mineral dari sumber dengan kandungan mineral yang tinggi menawarkan keuntungan yang lebih besar membandingkan air konvensional. Di Indonesia, air mineral mengemas dalam botol plastik atau gelas mengikuti rekomendasi dari institusi kesehatan. Apakah Anda akan membeli air mineral untuk konsumsi sehari-hari?

Di Indonesia, air mineral dengan merek Aqua, Le Minerale, Pristine dan Equil, produk lokal dengan kualitas terbaik. Memulai dengan tingkat TDS, sertifikasi dan pertimbangan lain seperti pH, harus mempertimbangkan saat memilih air mineral. Yuk, baca artikel ini dengan seksama untuk menemukan air mineral terbaik!

Cara Memilih Air Mineral (Mineral Water)

Mineral membagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat keasamannya. Meski tersebut air mineral, kandungan mineral tiap produk bisa berbeda, ada baiknya memilih dengan cermat! Agar tidak salah pilih, baca dulu baik-baik pemilihan air mineral bagian ini.

Pahami tentang Kadar TDS pada Air Mineral

Total Dissolved Solids (TDS) adalah ukuran jumlah total bahan organik dan anorganik dalam cairan. Zat-zat ini termasuk apa pun di dalam air kecuali molekul H2O murni. Sedangkan garam anorganik adalah mineral alam yang terdiri dari kalium, kalsium, magnesium, natrium, karbonat, nitrat, klorida, bikarbonat, dan sulfat.

Dalam air, TDS menyatakan dalam ppm (ppm) atau miligram per liter (mg/L). Satuan ini menggunakan untuk mengukur massa bahan kimia di dalam atau terkontaminasi dalam satuan volume air. Demikian pula, satu ppm sama dengan satu detik dalam 11,5 hari atau satu menit dalam dua tahun. Demikian juga, kadar TDS sangat rendah dan jarang menimbulkan risiko kesehatan.

Pilihlah Air Mineral yang Memenuhi SNI dan Izin Edar BPOM

Yang mengolah dengan teknologi khusus dan mengemas langsung dalam botol biasa tersebut AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Dalam kemasan ini terdiri dari air mineral dan air mineral tenang. Air mineral biasanya mengandung mineral dalam jumlah tertentu dan oleh karena itu memproses sesuai dengan standar SNI 3553:2015 yang menetapkan 27 persyaratan mutu.

Sementara air mineral alami biasanya mengambil langsung dari mata air atau membor dari sumur dalam, isinya dapat melindungi dari kontaminasi. Namun, air mineral alami harus memenuhi 11 kriteria pengujian kualitas yang tercantum dalam SNI 6242:2015 dan memiliki izin edar BPOM sebelum dapat mendistribusikan ke masyarakat.

Periksa Derajat Keasaman (pH) yang Memiliki

Beberapa air mineral kemasan biasanya mengandung pH, yang lain tidak. pH ini menggunakan untuk mengukur keasaman atau kebasaan suatu larutan. Air dengan pH rendah seringkali bersifat asam dan air dengan pH tinggi biasanya bersifat basa. Sementara itu, pH air murni (netral) yang tidak bercampur polutan pada suhu 25oC biasanya 7.

Meskipun tidak ada pengaruh kuat antara pH air minum dan kesehatan manusia, air dengan pH di bawah 6,5 dapat melepaskan ion logam dari perlengkapan pipa. Di sisi lain, air dengan pH di atas 8,0 akan sulit mendesinfeksi. Di Indonesia, pH air yang bisa menjual harus antara 6 dan 8. Meskipun minuman dengan pH di bawah 6, seperti jus atau soda, dapat memperjualbelikan, namun tidak termasuk dalam kategori air minum.

Jika Ada, Cek juga Kandungan Mineral yang Tertera di Kemasan

Secara umum kandungan masing-masing air mineral cukup bervariasi, terutama karena sumber dan proses yang berbeda dari masing-masing produk. Air minum yang mengemas dengan baik setidaknya harus mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh. Untuk itu menyarankan untuk memilih air minum dalam kemasan dengan tulisan “air mineral” pada label kemasan.

Kandungan mineral air bermanfaat untuk banyak kondisi kesehatan, termasuk kalsium, magnesium, dan natrium. Kalsium menggunakan oleh tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan magnesium membantu dalam produksi energi, kontraksi otot dan komunikasi sinyal saraf. Terakhir, natrium dapat membantu Anda fokus lebih baik karena dapat menghasilkan sinyal listrik antara otak, sistem saraf pusat, dan otot.

Pertimbangan saat Memilih Sparkling Mineral Water

Varian dari air minum yang pada dasarnya tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Produk ini masih memiliki sampanye dari jenis air mineral tetapi dari sumur berkarbonasi atau sumber yang kaya akan karbon dioksida dan hidrogen sulfida.

Tapi ingat, ada produsen yang sengaja memproduksi lebih banyak CO2 di dalam air untuk membuat busa. Beberapa bahkan menambahkan perasa, soda kue, dan garam untuk memperhalus rasanya, seperti air soda. Tentu saja, air berkarbonasi seperti itu tidak sehat, jadi sebaiknya pilih air mineral bersoda untuk menjaga kesehatan kita.

Rekomendasi Air Mineral (Mineral Water) Terbaik

Di sini kami rekomendasikan beberapa produk air mineral yang dapat Anda beli di toko bahan makanan di supermarket terdekat. Pilih air mineral yang dapat diterima oleh organisasi Anda dan memenuhi standar keamanan fasilitas kesehatan. Pilihan bagus!

1. Eternal Plus (E+)

air mineral terbaik
air mineral terbaik

Mengatakan mengandung 100% air mineral alami, yang berarti diproses dan dikemas langsung dari alam. Karena tidak menggunakan teknologi atau sentuhan manusia, kandungan TDS dari produk ini cukup rendah. E+ dianggap baik karena terionisasi, bebas dari logam berat dan bahan kimia berbahaya.

Sementara itu, air mineral ini adalah Eplus Alkaline Water Pte. Juga telah melalui kontrol kualitas yang ketat. Ltd. dengan ISO 22000:2005 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan), ISO 9001:2005, SNI dan standar Halal. Mengandung 1,67 mg/l kalsium yang baik untuk tulang dan gigi, serta 1,00 mg/l magnesium yang dipercaya dapat meredakan kecemasan dan stres.

2. Aqua Reflections Still

Disebut “Reflection of You” sangat berbeda dari produk Aqua biasa. Apalagi kemasannya lebih elegan dengan botol kaca. Niasanya beredar di hotel, restoran atau kafe ternama yang mengutamakan kualitas tinggi dan melewati BPOM, sehingga harganya lebih mahal dari air mineral pada umumnya.

Namun, Aqua Refleksi memiliki khasiat yang tidak kalah bagus dengan produk AMDK Aqua lainnya. Baik kemasan 380ml maupun 750ml menjelaskan bahwa kemurnian telah diilhami oleh mata air pegunungan Salak selama ratusan tahun melalui batuan vulkanik dan campuran mineral yang baik yang membuat setiap tetes AQUA menyenangkan bagi semua orang.

3. Le Minerale

air mineral terbaik
air mineral terbaik

Sumber air di Le Minerale diekstraksi 100 meter di bawah permukaan tanah, sehingga semua tetesan mineral yang dikandungnya sangat alami. Air mineral ini mengandung kalsium, natrium, kalium, magnesium, nitrat, sulfat, bikarbonat, dan klorida. Kadar TDS sebesar 177 mg/l menjadikan air mineral ini ideal untuk penderita penyakit kardiovaskular.

Kesegaran Le Minerale ditandai dengan rasa yang sedikit manis, yang menunjukkan bahwa mineralnya cukup seimbang. Produk ini juga bersertifikat BPOM dan bersertifikat MUI. Selain baik untuk jantung, air mineral ini dapat menyeimbangkan kembali asam basa tubuh, mempercepat pemulihan kapasitas aerobik dan memperkuat otot kaki.

4. Equil Natural Mineral Water

Produk lokal yang mendominasi pasar Eropa ini pada dasarnya merupakan produk eksklusif yang dibuat untuk kalangan atas. Alami Equil diproduksi dalam jumlah terbatas, karena kealamiannya dipertahankan tanpa keterlibatan pemompaan dan teknologi lainnya. Oleh karena itu, TDS dalam air mineral ini hanya 89 mg/L.

Selain tampilan botol kaca yang mewah, tekstur air mineral alami Equil juga memiliki rasa yang khas, lembut dan segar. Selain versi ini, Equil juga telah merilis rangkaian air mineral bersoda. Kedua varian air minum mengandung mineral tersebut telah lolos BPOM. Anda bisa mengonsumsi produk dingin ini tanpa menambahkan es agar semakin nikmat.

5. Hydra Thera Natural Mineral Water

Hydra Thera adalah air mineral alami yang dapat digunakan untuk hidroterapi. Komposisinya 100% alami dan dibotolkan langsung tanpa mengolah atau mengubah unsur-unsur yang dikandungnya. Semua komponennya memenuhi standar CODEX untuk air mineral alami. Produk ini juga memenuhi target US-EPA karena bebas dari nitrat, klorin, dan disinfektan yang berbahaya bagi tubuh.

Air mineral ini dijual dalam kemasan PET khusus bebas BPA untuk alasan keamanan. Dengan botol 2 liter ini, air mineral alami Hydra Thera dapat melengkapi kebutuhan mineral dan hidrasi tubuh Anda. Seperti disebutkan di atas, banyak orang menggunakan Hydra Thera untuk terapi diuretik dan detoksifikasi juga, lho!

Kesimpulan

Daftar produk yang direkomendasikan di atas termasuk air mineral lokal dan impor. Saat membeli produk impor, pastikan Anda disertifikasi oleh otoritas keamanan produk terkait. Dari segi harga, kebanyakan air mineral murah kan? Memilih berbagai merek air mineral juga membuat keputusan lebih mudah.

Minum air mineral secara teratur agar tubuh tetap sehat. Selain menjaga tulang, air mineral juga berperan dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Menjadi produk berukuran saku, sehat dan mudah didapat, ada baiknya membiasakan diri mengonsumsi air mineral setiap hari!