Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut

Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut–Rambut lurus bergelombang indah telah lama menjadi dambaan banyak wanita. Khususnya di Asia, wanita berambut lurus dianggap sebagai ikon kecantikan yang disukai banyak orang, terutama pria. Tidak heran banyak orang melakukan yang terbaik untuk rambut lurus. Dari pelurusan atau re-sticking di salon hingga sampo pelurus rambut terbaik di pasaran.

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan rambut lurus dan panjang, Anda bisa menggunakan sampo untuk meluruskan rambut. Tapi pertama-tama, ketahuilah bahwa 49 persen wanita Asia (kebanyakan Indonesia) memiliki rambut keriting, ikal, dan halus. Sementara 51% sisanya memiliki rambut lurus, ini terutama berlaku untuk wanita di kawasan Asia Utara.

Tren rambut lurus ini diperkuat oleh pengaruh pop Korea di mana sebagian besar aktrisnya memiliki rambut lurus. Namun tak ada salahnya jika wanita memiliki keinginan seperti itu. Hal ini karena rambut lurus memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Oleh karena itu, bagi yang menginginkan rambut lurus, gunakan shampo pelurus rambut terbaik yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara Memilih Shampo Pelurus Rambut

Memang tidak mudah menemukan sampo yang tepat, apalagi untuk keperluan tertentu, seperti meluruskan rambut. Karena setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda, tentunya sampo yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa tips memilih sampo pelurus rambut yang sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk Rambut Kering, Pilihlah Shampo dengan Kandungan Pelembap

Rambut kering terjadi karena kulit kepala tidak memiliki cukup minyak untuk menghidrasi rambut. Gunakan sampo dengan komponen pelembab yang kuat untuk menghaluskan rambut kering. Produsen mencantumkan sejumlah minyak alami saat membuat sampo pelurus rambut kering, seperti minyak kelapa, alpukat, argan, dan biji anggur.

Pilih sampo bahan ringan yang dirancang khusus untuk merawat rambut kering. Tentu saja, sampo ini ditandai dengan non-alkohol dan hanya mengandung sedikit deterjen atau deterjen. Untuk menjaga kelembapan rambut lebih lama, buatlah kondisioner untuk digunakan setelah keramas.

Untuk Rambut Berminyak, Pilihlah Shampo yang Bekerja Mengendalikan Kelenjar Minyak

Ada kelenjar sebaceous di kulit kepala yang mengatur kadar air rambut. Jika aktivitas tidak diatur, kondisi rambut berminyak tidak terhindarkan dan berujung pada ketombe. Jika Anda mencari sampo pelembut, carilah bahan penghalus kulit yang diperkaya dengan bahan aktif untuk mengontrol kelenjar sebaceous.

Unsur-unsur seperti sulfida, zinc pyrithione, dan ketoconazole membantu meringankan rambut berminyak secara bertahap. Gunakan sampo pelurus rambut dalam jumlah yang cukup untuk rambut berminyak. Rambut harus dicuci 1-2 kali sehari untuk mencegah rambut berminyak. Hindari juga penggunaan produk rambut berbahan dasar minyak.

Pilihlah Produk yang Diperkaya Asam Amino dan Keratin

Ingin rambut lurus dan bebas? Pastikan untuk mencari sampo pelurus rambut yang mengandung asam amino seperti lisin. Dengan bahan-bahan tersebut, rambut Anda akan lebih kuat, sehingga terhindar dari kerontokan rambut. Selain bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut, asam amino juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Selain itu, unsur keratin, yang banyak digunakan dalam perawatan salon, juga membantu membuat rambut lebih halus dan lembut. Saat ini ada beberapa merek sampo yang mengklaim efektif melembutkan rambut dengan bantuan keratin. Karena menghemat waktu dan uang serta meminimalkan risiko Anda, kami sangat menyarankan Anda mengandalkan sampo yang mengandung keratin untuk mendapatkan rambut lurus impian Anda.

Hindari Kandungan Shampo yang Membahayakan Rambut

Beberapa bahan diketahui tidak aman untuk rambut, seperti sulfat, paraben, dan sejenisnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih sampo pelurus rambut:

  • Sulfat. SLS (sodium lauryl sulfate) kadang-kadang dikatakan sebagai pembersih yang membuat sampo berbusa. Termasuk bahan kimia keras yang membuat rambut kehilangan kadar air alaminya, Anda harus mewaspadai bahan-bahan ini, terutama bagi mereka yang memiliki rambut kering.
    paraben. Ini adalah satu-satunya bahan yang dianggap sebagai pengawet yang digunakan untuk mencegah bakteri dan mikroba mengendap di botol
  • Paraben. Meskipun bermanfaat, paraben sebaiknya dihindari karena menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Contoh paraben pada label adalah methylparaben, ethylparaben dan butylparaben.
  • Isopropil Alkohol. Ini adalah satu-satunya bahan kimia yang menimbulkan bahaya jika termasuk sampo yang juga harus dihindari. Ia bekerja dengan mengurangi jumlah minyak, tetapi sayangnya unsur alkohol isopropil terlalu kuat, menyebabkan rambut kering dan rapuh.
  • Propilen Glikol. Agar semua bahan dapat diserap dengan baik oleh rambut dan kulit kepala, sampo standar mengandung propilen glikol. Senyawa ini mengiritasi kulit dan mata, jadi sebaiknya pilih sampo pelurus rambut yang tidak mengandung propilen glikol.
  • Polythylene Glycol. Lebih mudah disebut PEG, zat ini telah diklasifikasikan sebagai racun perkembangan, yaitu zat kimia yang mengganggu perkembangan manusia, yang penggunaannya diatur secara ketat di California, Amerika Serikat. Polietilen glikol juga diketahui terkontaminasi dengan dioksan, suatu karsinogen.
  • Triclosan. Triclosan adalah agen antibakteri yang bertindak sebagai pengawet dalam produk sampo. Meskipun tidak ada cukup bukti bahwa triclosan benar-benar aman untuk digunakan, kami menyarankan Anda untuk menghindarinya sebisa mungkin. Triclosan telah dikaitkan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, penurunan berat badan dan proliferasi sel yang tidak terkendali.

Selain daftar bahan di atas, saat ini ada sejumlah produk perawatan rambut dan kosmetik lainnya yang menggunakan bahan pengawet berupa formalin. Formalin dapat mengiritasi kulit dan mata, terlepas dari apakah dosisnya rendah atau tinggi. Oleh karena itu, Anda juga harus menjaga ada tidaknya pengawet sintetis ini untuk meminimalkan kemungkinan efek terburuk dari formalin.

Shampo Pelurus Rambut

Berikut merk shampo pelurus rambut yang bisa Anda jadikan referensi. Lihat tabel komposisi produk untuk melihat seberapa cocoknya dengan rambut Anda. Mari kita lihat daftarnya bersama-sama!

1. Sunsilk Lively Straight

shampo untuk meluruskan rambut
shampo untuk meluruskan rambut

Menggunakan setrika atau pelurus rambut seringkali membantu wanita memiliki rambut yang lebih halus dan rapi. Namun, efek pelurus rambut mungkin tidak bertahan lama, sehingga tidak jarang rambut mengering seiring waktu dan tampak kaya, yaitu lembut. Memahami masalah umum pada beberapa wanita, Sunsilk menghadirkan sampo pelurus rambut bebas pelurus dalam botol ungu.

Sunsilk Lively Straight sebenarnya bukan sampo yang dibuat untuk meluruskan rambut keriting atau mengembang. Produk yang mudah ditemukan di supermarket atau hypermarket bekerja dengan cara memerangkap kelembapan untuk menjaga bentuk rambut agar tidak keriting. Dengan teknologi yang disebut teknologi Straight Lock, sampo ini memberikan rambut lurus yang terlihat alami.

2. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo

Makarizo pernah melakukan penelitian yang melibatkan 1.000 responden, yang menemukan bahwa 84% wanita menginginkan rambut lurus. Didukung oleh kesimpulan ini, Makarizo telah merilis sampo yang dapat membantu membuat rambut Anda lebih halus daripada nilon. Berkat perawatan dengan Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo, rambut menjadi lembut dan mudah diatur.

Selain berfungsi sebagai produk pembersih kulit kepala dan rambut, sampo ini diperkaya dengan efek conditioning yang dapat mengembalikan rambut dari rambut yang lebih dalam. Dengan cara ini rambut mendapatkan kembali kesegarannya. Tidak hanya itu, Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo juga digunakan untuk merevitalisasi rambut. Bagi wanita berhijab, sampo ini juga cocok untuk memberikan efek harum dan halus pada rambut dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. TRESemme Smooth & Shine Shampoo

shampo untuk meluruskan rambut
shampo untuk meluruskan rambut

Dengan formula utamanya yang mengandung minyak argan dari Maroko, TRESemme memastikan sampo ini dapat mengeritingkan rambut Anda dengan baik. Sifat meluruskan rambut tidak hanya akan membuat rambut lebih mudah diatur dan memiliki tekstur yang lembut saat digenggam. Ini karena TRESemme Smooth & Shine Shampoo bertindak sebagai pembersih rambut sekaligus memberikan hidrasi yang merangsang.

TRESemme Smooth & Shine Shampoo sendiri merupakan sampo pelurus rambut yang aman untuk rambut normal hingga kering. Terlepas dari kenyataan bahwa TRESemme mengklaim bahwa beberapa wanita mengalami perubahan rambut yang lebih lembut dan cerah setelah menggunakan produk. Jadi, bagi yang punya masalah dengan rambut kering atau rontok, shampo ini bisa digunakan sebagai alas.

4. Herbal Essences Dangerously Straight Shampoo

Herbal Essence Dangerously Straight tidak hanya membuat rambut Anda lebih halus tetapi juga memberikan nutrisi terbaik untuk rambut Anda. Berbagai masalah, seperti rambut kusut dan susah diatur, merupakan tanda kurangnya asupan vitamin. Karena itulah melalui shampo pelurus rambut keriting ini, Herbal Essences mengandung vitamin khusus yang dapat menghaluskan rambut keriting.

Tidak hanya itu, shampo ini juga dibuat dengan emollient dan daya pelurus rambut. Bahkan, tanpa harus pergi ke salon, hasil serupa dapat dicapai dengan penggunaan produk secara teratur. Beberapa wanita yang menggunakan produk ini mengakui bahwa rambut mereka tidak hanya lebih halus tetapi juga lebih lembut. Juga, sampo ini tidak menyebabkan rambut rontok atau rambut tipis.

5. Pantene Silky Smooth Care

Pernahkah Anda berpikir untuk merawat rambut Anda dengan keratin? Jika ya, penuhi keinginan Anda dan lanjutkan menggunakan Pantene Silky Smooth Care Shampoo. Ini karena protein alami yang disebut keratin ini sudah ditemukan di banyak tubuh seperti kuku, gigi, dan rambut. Oleh karena itu, daripada perawatan pelurusan keratin, lebih baik merawat rambut Anda dengan sampo pelurus ini untuk pria dan wanita.

Pantene mendesain produk ini dengan teknologi Keratin Damage Blockers, yang memerangkap kelembapan untuk mencegah kerusakan pada kutikula rambut. Alhasil, rambut pun bisa terhindar dari masalah kusam, kusut dan sulit dirawat. Selain itu, sampo ini menawarkan kenyamanan saat digunakan berkat aroma yang dihasilkan. Anda tidak perlu khawatir karena Pantene Silky Smooth Care dijamin tidak akan membuat rambut Anda lepek. Juga, rambut bisa terlihat lebih indah setelah menggunakan produk!

Kesimpulan

Faktanya, sampo pelurus rambut terbaik tidak berfungsi untuk tujuan utama ini, seperti yang dijelaskan di awal artikel ini. Beberapa sampo dengan fungsi serupa terkadang tidak berfungsi. Ini bukan karena ada masalah dengan sampo, tetapi karena faktor genetik yang terlalu kuat sehingga tidak mudah membuat rambut keriting atau keriting menjadi lurus. Jadi sebaiknya jika Anda menyukai rambut Anda, baik itu lurus, bergelombang atau keriting, asalkan sehat dan indah.