Rekomendasi Merk Printer

Rekomendasi Merk Printer--Printer merupakan perangkat pendukung yang digunakan untuk mencetak dokumen. Setidaknya itulah cara utama untuk menggunakannya. Namun saat ini printer juga dapat menyalin untuk mengirim faks. Selain terhubung ke komputer atau laptop, beberapa printer dapat terhubung langsung ke smartphone atau gadget lainnya.

Selain fungsinya yang beragam, printer juga didesain dalam berbagai bentuk. Jika Anda sedang mencari printer untuk rumah atau kantor, pilihlah printer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan produk cetakan yang tahan lama dan berkualitas tinggi, kami telah menyiapkan deskripsi berikut untuk Anda. Jadi, jangan sampai ketinggalan artikel ini ya!

Tips dan Cara Memilih Printer yang Bagus

Untuk pencetakan, printer dapat mencetak dokumen teks di atas gambar. Untuk menyempurnakan pencetakan, tentunya produk yang dirancang dirancang khusus untuk fungsi pencetakan berdasarkan jenis dokumen. Dengan mencermati karakteristik masing-masing printer yang ada, kami dapat membantu Anda memahami jenis-jenis printer yang Anda butuhkan.

1. Gunakan printer inkjet untuk mencetak gambar dan foto

Jika Anda hanya membutuhkan printer untuk mencetak foto berkualitas tinggi, pilih printer inkjet. Printer inkjet berukuran lebih kecil, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak ruang untuk menyiapkannya.

Printer inkjet dapat mencetak foto dan gambar dengan kualitas yang konsisten dan warna yang tajam. Jenis printer ini juga lebih murah. Namun, biaya pengoperasian bisa tinggi jika Anda mencetak banyak gambar dan foto. Hal ini dikarenakan lebih banyak tinta yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto atau gambar yang tajam.

2. Gunakan printer laser untuk mencetak dokumen teks lebih cepat dan banyak

Anda juga dapat mencetak dokumen teks dengan printer inkjet dan ketajamannya bahkan lebih baik dibandingkan dengan printer laser. Namun, jika Anda mencetak dokumen puluhan atau ratusan halaman, Anda tidak menggunakan printer inkjet.

Untuk melakukan ini, gunakan printer laser jika Anda lebih suka printer untuk mencetak dokumen teks. Cara kerjanya mirip dengan mesin fotokopi, jadi printer ini mencetak dengan sangat cepat. Harga printer laser juga lebih murah. Meski bisa mencetak lebih cepat dalam mode monokrom, printer laser juga bisa disetel ke mode warna untuk mencetak gambar, namun hasilnya tidak sebagus printer inkjet.

3. Pertimbangkan printer berdasarkan fungsinya: tunggal atau multifungsi

Selain terbagi menjadi dua jenis, Anda harus memperhatikan fitur utama dari printer yang ingin Anda beli. Setelah Anda mengetahui apa kebutuhan yang dominan, pilih salah satu yang mendukung kebutuhan tersebut. Misalnya, jika Anda lebih sering mencetak dokumen, pilih printer yang hanya memiliki fungsi cetak. Selain lebih murah, Anda juga bisa memaksimalkan fungsi utamanya.

Namun, jika Anda tidak mengetahui prioritas utama untuk kebutuhan printer Anda, memilih printer multifungsi adalah langkah yang aman. Printer multifungsi bisa menjadi pilihan yang lebih murah dalam operasionalnya. Ini karena printer ini dapat mencetak dan menyalin dokumen dan mengirim faks.

4. Pilih tinta printer berdasarkan apa yang ingin dicetak

Untuk hasil terbaik, selain jenis printer dan kartrid, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan tinta yang benar. Saat ini, tinta terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tinta warna, tinta pigmen, dan tinta hybrid. Apa kebutuhan Anda? Jika Anda lebih sering mencetak foto atau gambar, pilihlah tinta warna yang menghasilkan hasil yang lebih tajam dengan efek yang lebih cerah.

Tinta warna mengering dalam waktu yang lama dan mudah luntur jika terkena air. Sementara itu, tinta pigmen digunakan secara optimal untuk pencetakan dokumen. Tinta jenis ini tidak mudah menembus ke dalam kertas karena mengandung partikel yang lebih besar. Namun, tinta pigmen memiliki warna yang terbatas dan tidak cocok untuk mencetak foto dan gambar.

Jika Anda tidak selalu mencetak satu jenis dokumen, gunakan tinta hibrid. Jenis tinta ini dapat menghasilkan warna hitam yang tajam pada dokumen biasa dan kepadatan yang baik pada gambar atau foto yang dicetak. Meski lebih mahal, kami merekomendasikan pilihan tinta hybrid bagi mereka yang menyukai kepraktisan.

Rekomendasi Printer Terbaik dan Bagus

Selanjutnya kami akan menghadirkan beberapa printer terbaik dari merk ternama seperti HP, Canon, Epson hingga Panasonic. Pilih sesuai kebutuhan dan budget Anda!

1. HP LaserJet Pro M12w

printer terbaik
printer terbaik

Printer laser HP berikut adalah untuk mereka yang ingin membeli printer kantor. Apakah Anda membutuhkan telecommuting di rumah dan membutuhkan printer berkecepatan tinggi? Anda juga dapat memilih LaserJet Pro M12w. Produk ini dapat mencetak dokumen hitam putih hingga 18 ppm.

Baki yang dapat diisikan ke dalam baki kertas oleh printer dapat menampung hingga 150 lembar. Ini hanya mencetak dokumen satu warna, tetapi HP telah merancang produk ini dengan metode koneksi nirkabel yang sangat bagus untuk mereka yang ingin mencetak dokumen langsung dari smartphone mereka.

2. CANON PIXMA MG2570S

Canon telah merilis printer multifungsi dengan harga terjangkau. Pada seri Pixma ini, produk mampu mencetak, memindai, dan memfotokopi. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan printer, produk bermerek Canon ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik Anda!

Anda dapat menentukan jenis dokumen yang ingin Anda cetak dengan kecepatan cetak 8.0ipm untuk tinta hitam dan 4.0ipm untuk tinta warna. Setiap cetakan memiliki resolusi 4800 dpi, bukan? Belum lagi dengan desainnya yang elegan dan ukurannya yang ringkas dapat ditempatkan di ruang yang sangat terbatas!

3. Brother DCP-T300

printer terbaik
printer terbaik

Ini adalah printer multifungsi yang sangat baik dalam banyak hal. Jika Anda ingin mendapatkan hasil cetak terbaik untuk berbagai ukuran kertas, Anda mungkin ingin memilih produk ini. Brother DCP-T300 dapat mencetak pada kertas ukuran A4, A5, A6, Legal, Letter dan Photo-2L.

Semua dokumen dengan ukuran berbeda dicetak dengan resolusi hingga 1200 x 6000 dpi! Selain itu, produk ini memiliki kecepatan cetak 10 halaman per menit untuk tinta hitam dan 27 halaman per menit untuk tinta warna. Ingin mencetak, menyalin, atau menggandakan dokumen berkualitas tinggi dengan satu unit produk? Brother DCP-T300 pilihan Anda!

4. Canon Selphy CP1200

Pilihan lain dari Canon adalah Selphy CP1200. Didesain sebagai printer foto dan gambar yang memberikan hasil memukau, produk ini cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen dalam foto fisik. Dengan resolusi hingga 300 x 300 dpi, hasilnya terlihat nyata.

Layar yang dikelilingi oleh panel kontrol memungkinkan Anda membuat pengaturan sebelum memulai pekerjaan cetak. Anda sebenarnya dapat memotong foto atau gambar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. HP Color LaserJet Pro MFP M177fwK

Printer HP berikut lebih mengutamakan kenyamanan tanpa mengorbankan kinerja. Dengan produk ini, Anda dapat mencetak berbagai jenis dokumen tanpa harus menyambungkan kabel.

HP telah merancang produk ini untuk kecepatan cetak 17ppm untuk tinta hitam dan 4ppm untuk tinta warna. Selain koneksi Wi-Fi, printer multifungsi LaserJet Pro M177fwK ini dapat mencetak langsung dari aplikasi Apple dan AirPrint.

Kesimpulan

Kami berada di akhir. Jadi apa keputusanmu? Sudahkah Anda memeriksa printer terbaik dalam daftar? Selalu utamakan printer yang ingin Anda beli berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya, dokumen biasa sering dicetak dalam jumlah banyak dengan membeli printer laser.

Namun, bagi Anda yang menginginkan kualitas cetak lebih baik untuk dokumen hitam putih atau berwarna, pilihlah printer inkjet dengan tinta hybrid. Inilah mengapa kami hanya merekomendasikannya kepada mereka yang tidak terlalu banyak menggunakannya, sehingga tidak membebani anggaran.