5 Rekomendasi Mini PC Terbaik

Rekomendasi Mini PC — Permintaan akan mini-PC atau komputer mini semakin meningkat seiring dengan penerapan Home Work Directive (WFH). Dalam hal ini, bagi sebagian orang, mini PC menjadi alternatif pilihan selain laptop atau bahkan PC biasa yang ukurannya cukup besar. Dalam hal ini, PC mini menawarkan pengalaman kerja yang lebih ringkas dan portabel.

Di antara banyak produk mini PC yang tersedia, mungkin sulit untuk memilih yang terbaik. Anda tidak perlu khawatir karena berikut kami rangkum tips mini PC terbaik dari berbagai merek yang bisa Anda gunakan baik untuk keperluan gaming maupun bekerja, hingga yang dengan harga murah dan terjangkau.

Tips & Cara Memilih Mini PC yang Bagus

Sebelum membahas rekomendasi komputer mini yang bagus, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk memilih komputer mini berikutnya. Dengan tips ini, Anda pasti akan terhindar dari kesalahan saat membeli. Berikut beberapa tips memilih mini PC terbaik yang perlu Anda ketahui.

1. Pastikan model mini PC sesuai dengan kebutuhan

Tips memilih mini PC terbaik yang harus diperhatikan adalah model mini PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya ada dua model mini PC, yaitu standby dan barebone.

Mini PC untuk model ready-to-start, lengkap dengan case, motherboard, RAM hingga akhir, untuk langsung digunakan. Sedangkan untuk model barebone masih harus membeli RAM, lalu install dan terakhir harddisk.

2. Sesuaikan penyimpanan yang diinginkan

Tips selanjutnya untuk memilih mini PC Anda adalah mengatur ruang penyimpanan yang diinginkan. Ada dua jenis penyimpanan, HDD dan SSD. Untuk saat ini, permintaan akan SSD lebih besar karena dapat sangat meningkatkan kecepatan dan kinerja hard drive Anda.

Namun, mini PC terbaik di pasaran dengan penyimpanan SSD memiliki kelemahan yaitu relatif jauh lebih mahal daripada mini PC yang menggunakan HDD.

3. Pastikan memiliki daya tahan suhu

Pastikan mini PC Anda memiliki pengontrol suhu. Ini karena ukuran mini PC yang kecil membawa risiko suhu tinggi yang tinggi.

Jika PC mini terbaik memanas terlalu lama, itu dapat mengurangi kinerjanya dan bahkan masa pakainya. Oleh karena itu, pastikan komputer mini yang ingin Anda beli memiliki kipas atau ventilasi yang memudahkan untuk mendinginkan perangkat.

4. Sesuaikan dengan prosesor yang digunakan

Mini PC menggunakan dua jenis prosesor, Intel dan AMD. Kedua jenis prosesor ini sudah lama bersaing untuk mendapatkan prosesor terbaik. Prosesor Intel tidak cepat panas, yang dapat memengaruhi kinerja.

Namun, prosesor AMD dianggap lebih baik jika dirancang untuk desain grafis. Jadi, jika Anda membeli mini PC terbaik, yang terbaik adalah menyesuaikan jenis prosesor dengan kebutuhan Anda.

5. Pastikan memiliki konektivitas

Tips terakhir yang harus diperhatikan saat membeli mini PC adalah memperhatikan konektivitas. Pastikan mini PC terbaik yang ingin Anda beli memiliki port USB yang diperlukan, seperti port USB 2.0, USB 3.0, atau Type-C.

Anda tidak hanya perlu memperhatikan periferal lain untuk menghubungkan mini PC ke perangkat atau mannit Anda. Jadi semakin banyak konektivitas yang Anda miliki di mini PC, semakin baik.

Rekomendasi Mini PC Terbaik

Di bawah ini adalah daftar mini PC yang kami rekomendasikan untuk digunakan sebagai opsi.

1. Acer Veriton N2620G

 PC mini terbaik
PC mini terbaik

Pertama-tama, mini PC terbaik yang patut mendapat perhatian datang dari brand ternama, Acer. Sebagai salah satu pabrikan yang sering mengeluarkan produk elektronik, tentunya Acer tidak ketinggalan dalam pentas mini PC. Nah, salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Acer Veriton N2620G.

Setelah terjual ribuan eksemplar, mini PC terbaik ini juga mendapat banyak review bagus dari konsumen. Acer Veriton N2620G ini dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron, VGA terintegrasi, memori internal HDD 500GB dan RAM DDR2 4GB.

2. Apple Mac Mini

Penawaran mini PC terbaik berikutnya adalah Apple Mac Mini. Mini PC ini berukuran kecil berupa rice lunch box berukuran 19.7cm x 19.7cm dan 3.6cm. Berkat ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana-mana. Tak hanya itu, Apple Mac Mini dilengkapi dengan rangkaian port koneksi di bagian belakang.

Mini PC terbaik ini menggunakan prosesor Intel Core i3 Quad Core 3.6 GHz atau Intel Core i5 Hexa Core 3.0 GHz.Sebagai memori, Apple Mac Mini ini menggunakan RAM 8 GB, SO-DIMM DDR4 2666 MHz Sementara ruang penyimpanan tersedia dalam 128GB atau 256GB, tersedia SSD hingga 512GB.

3. Intel NUC 9 Extreme Kit

 PC mini terbaik
PC mini terbaik

Intel bukan hanya produsen prosesor, tetapi juga bersaing untuk mini PC terbaik. Salah satu produk mini PC Intel yang mungkin cocok untuk Anda adalah Intel NUC 9 Extreme Kit. Mini PC ini layak untuk dipertimbangkan karena telah diupgrade agar memiliki kemampuan yang hampir sama dengan PC pada umumnya. Untuk itulah, mini PC ini sangat cocok untuk penggunaan intensif, seperti bermain game.

Meskipun produk ini termasuk dalam jajaran mini PC terbaik, produk ini sedikit lebih besar dari produk mini PC standar karena dilengkapi dengan catu daya internal seperti komputer desktop. Mini PC Intel NUC 9 Extreme Kit, yang dioptimalkan untuk Windows 10, juga dilengkapi prosesor Intel Core i9 Generasi ke-9, RAM 64GB, penyimpanan SSD, dan NVIDIA RTX 2070 Mini.

4. MSI Wind Box DC111

Rekomendasi must-have selanjutnya untuk mini PC datang dari brand PC populer, MSI Wind Box DC111. Berbentuk seperti pendahulunya, mini PC terbaik ini memiliki rangkaian lubang tambahan sehingga prosesor di dalamnya mudah dingin dan tidak cepat panas. Selanjutnya, banyak ulasan positif yang mengklaim bahwa perangkat ini sangat hemat energi saat digunakan.

Mini PC terbaik MSI ini hadir dengan memori DDR3 sebesar 4GB dan memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar, mulai dari 320GB. MSI Wind Box DC111 ini juga merupakan mini PC karena dilengkapi dengan 4 port utama yaitu HDMI dan VGA output/D-sub port, card reader, digital audio output dan Ethernet.

5. Lenovo ThinkCentre M90n-1 Nano

Butuh PC mini terbaik yang ramping dan bentuknya kecil? Jika iya, itulah rekomendasi produk Lenovo, ThinkCentre M90n-1 Nano sangat cocok untuk Anda. Mini PC ini memiliki bentuk yang compact, bisa dikatakan lebih tipis dari ketebalan pita VHS yang tebalnya sekitar 5cm.

Dengan prosesor Intel Core i5, RAM 8GB, hingga penyimpanan SSD 512GB, itu pasti salah satu pilihan PC mini terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Tidak berhenti sampai di situ, mini PC Lenovo ini juga hadir dengan grafis VGA UHD terintegrasi dan sistem operasi Windows 10 Pro.

Kesimpulan Rekomendasi Mini PC 

Mungkin datang ke sini dulu dan membahas tips mini PC terbaik. Selalu perhatikan beberapa pilihan yang dijelaskan di atas untuk mendapatkan mini PC yang bagus dan sesuai. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan toko tempat mini PC tersebut dijual telah mendapatkan review yang baik dari konsumen untuk menghindari penipuan.