5 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik

5 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik –Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke kedai kopi, Anda tetap bisa menikmati kopi Anda dengan membuat kopi instan. Sediaan kopi instan tersedia dalam sachet dan toples untuk dipilih. Jika ingin lebih murah, sebaiknya pilih kopi dalam toples, kaleng atau tas. Namun kopi instan sachet bisa langsung dibuat tanpa harus ditimbang.

Selain mempertimbangkan jenis kemasan, Anda harus memeriksa aspek lain yang dibahas lebih detail di artikel ini. Perlu diingat bahwa beberapa kopi instan terbaik yang dibuat oleh Nescafe, King Coffee, Excelso, Kapal Api, dan lainnya tersedia untuk referensi. Tapi tahukah Anda apa itu kopi instan? Baca dulu penjelasannya di bagian selanjutnya!

Cara Memilih Kopi Instan

Di bagian ini, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menemukan kopi yang tepat untuk selera Anda. Anda bisa memperhatikan hal-hal seperti cara produksi, jenis biji kopi yang digunakan, dan frekuensi konsumsi kopi. 5 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik

Bila Memungkinkan, Ketahui Metode Produksi yang Diterapkan

Mengetahui cara produksi dapat mempermudah anggaran untuk pembelian kopi. Namun, tidak semua produsen kopi memberikan informasi cara produksi pada kemasan produk. Secara umum, proses produksi kopi dibagi menjadi freeze-drying dan spray-drying.

Pertimbangkan Jenis Biji Kopi yang Digunakan

Rasa cangkir ditentukan oleh jenis biji kopi yang kita gunakan. Secara umum, ada dua jenis biji kopi, yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta. Apa saja fitur yang berbeda?

  • Kopi Arabika: Jenis Paling Populer dengan Kadar Kafein Lebih Rendah

Biji kopi arabika merupakan jenis kopi yang paling populer di kalangan penikmat kopi. Karena memberikan rasa yang ringan dan manis, kopi ini lebih bersahabat dengan lidah dibanding kebanyakan orang. Ini memiliki dua kali kafein kopi Robusta, tetapi memiliki dua kali gula.

Bagi yang memiliki masalah lambung, disarankan untuk memperhatikan dosis sebelum mengkonsumsi kopi arabika, karena memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Selain itu, tanaman kopi arabika yang perawatannya sulit membuat penjualan semakin mahal. Secara visual, biji kopi arabika berbentuk oval dan lebih besar dari biji kopi robusta.

  • Kopi Robusta: Bercita Rasa Pahit dengan Nilai Kafein Lebih Tinggi

Jika kandungan kafein kopi arabika kurang kuat, Anda bisa memilih biji kopi robusta. Kandungan kafein yang tinggi ini memberikan rasa kopi yang lebih pekat atau pahit dengan aroma yang khas. Secara umum, kopi Robusta memiliki kandungan gula dan asam yang lebih rendah dibandingkan kopi arabika.

Karena harganya yang lebih murah, kopi Robusta sering dijadikan sebagai bahan baku produk kopi instan dengan harga yang terjangkau. Namun harga kopi Robusta Grade A tergolong mahal karena mampu memberikan cita rasa yang lebih dalam dan cocok untuk membuat espresso.

Pilih Jenis Kemasan sesuai Frekuensi Anda Meminum Kopi

Pemilihan jenis kemasan yang tepat meningkatkan kenyamanan dalam mengonsumsi kopi instan. Kopi sachet/sachet lebih praktis dalam segala kondisi, sedangkan kopi instan kemasan/kalengan lebih hemat jika sering minum kopi di rumah.

  • Sachet/Pouch: Ideal untuk Ngopi di Rumah, Kantor, dan ketika Travelling

Kantong kopi instan menawarkan kemudahan bagi mereka yang ingin minum kopi di mana saja, di rumah, di kantor atau di perjalanan. Kemasan plastik yang mini dan ringan membuat penyajian menjadi sangat mudah karena Anda hanya perlu merobek plastik dan menuangkan mie tanpa mengubah porsinya. Bukan hanya bisa menjaga kualitas ampas kopi karena tidak terkena udara atau sinar matahari langsung.

Namun, kopi instan sachet lebih cocok untuk mereka yang minum kopi hanya sesekali. Juga kurang cocok untuk disimpan karena habis per sachet setelah dimasak. Anda juga harus memikirkan sampah plastik yang dihasilkan. Sebaiknya kumpulkan sampah plastik kopi agar bisa didaur ulang.

  • Jar/Kaleng: Membantu Penghematan Budget untuk Jatah Minum Kopi

Kopi botol atau kalengan adalah pilihan ideal untuk set rumah. Paket ini menghemat anggaran karena Anda dapat mengukur konsentrasi kopi sesuai keinginan Anda. Saat ini sudah banyak tersedia kopi refill, sehingga Anda dapat dengan mudah mengisi ulang botol kopi Anda jika sudah habis.

Pastikan Anda selalu menutup botol dengan rapat setelah menyeduh kopi untuk menjaga rasa dan aroma bubuk kopi. Namun, rasa dan aroma kopi terus berkurang karena udara selalu masuk ke ampas kopi saat tutup botol dibuka.

Rekomendasi Kopi Instan Terbaik

Pada bagian ini kami 5 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Pastikan kamu memperhatikan beberapa poin di atas agar tidak salah pilih, ya!

1. Illy Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee

 kopi instan terbaik
kopi instan terbaik

Illy merupakan brand kopi yang terkenal dengan cita rasa kopi khas Italia. Dalam versi ini, Illy memperkenalkan espresso rendah kafein untuk melengkapi lini produk kopi bubuknya. Kopi ini diperuntukkan bagi mereka yang mengurangi asupan kafein karena kandungan kafein di dalamnya baru berkurang hingga 0,1%.

Berkat kandungan kafein yang berkurang, tidak kehilangan rasa lembut dan tidak pahitnya. Dalam sekali teguk, Anda akan merasakan perpaduan ringan antara karamel, melati, dan bunga jeruk. Kopi ini dikemas dalam kaleng kedap udara untuk menjamin kestabilan aroma dan rasa.

2. Excelso Robusta Gold

Pilihan kopi instan Excelso Robusta Gold memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada versi kopi Arabika. Bagi mereka yang menyukai rasa kopi Robusta tetapi khawatir dengan keasamannya yang tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kopi ini.

Selain karakteristik bubuk kopi coklat yang tidak terlalu pekat, kopi ini juga mengeluarkan aroma karamel-cokelat yang enak untuk dihirup. Namun, aroma yang paling kuat adalah aroma buah, membuat kopi semakin terasa.

3. Nescafe Gold Rich & Smooth

 kopi instan terbaik
kopi instan terbaik

Malu saat memilih jenis kopi favorit Anda? Dalam toples Nescafe Gold Rich & Smooth ini, Anda bisa merasakan keduanya sekaligus! Kopi hitam yang diproduksi dengan proses freeze-drying menghasilkan kopi bebas ampas yang harum dan nikmat. Perpaduan kopi Arabica dan Robusta memanjakan Anda di setiap cangkir.

Ada banyak cara untuk menyajikan kopi ini yang bisa Anda bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menikmatinya tanpa bahan tambahan untuk mendapatkan rasa kopi yang alami. Jika Anda ingin rasa yang lebih kaya, tambahkan susu atau krim. Plus, kopi ini enak panas atau dingin, lho!

4. King Coffee Espresso Instant Coffee

Jika Anda menyukai kopi dengan rasa yang sangat pahit, produk berbahan dasar kopi ini tidak boleh dilewatkan. King Coffee Espresso kopi instan dibuat dari ekstrak biji kopi Arabika yang tumbuh di dataran tinggi Vietnam. Biji kopi ini kemudian diproses menggunakan teknologi standar Eropa yang canggih untuk menghasilkan kopi yang terstruktur sempurna dan rasa yang kuat.

Kopi instan King Coffee Espresso hadir dalam bentuk pouch berbentuk batangan, praktis untuk disajikan dan mudah dibawa saat bepergian. Anda dapat menikmati kopi favorit semua orang di mana saja, kapan saja, tanpa harus membuat gelas ukur!

5. WoCa Bali Arabika Coffee

WoCa Bali Arabica Coffee merupakan salah satu produk kopi asli Indonesia berkualitas yang patut Anda masukkan ke dalam daftar must-see list. Ini memiliki rasa yang khas dengan sedikit manis dan asam, aroma jeruk. Viskositas yang dihasilkan sedang, sehingga rasanya tidak terlalu kental.

Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dan keamanan produk karena merek WoCa sudah bersertifikat GI (Geographical Indication). Sertifikasi ini menjamin bahwa kopi racikan WoCa telah lulus uji standar kualitas. Tidak hanya itu, kopi ini memiliki harga yang sangat ekonomis.

Kesimpulan

5 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik, Bagi penikmat kopi, terkadang kopi instan lebih baik daripada tidak diminum sama sekali. Jika Anda ingin menimbun kopi instan untuk konsumsi sehari-hari, pertimbangkan untuk membeli kopi dalam kemasan botol, kotak atau sachet agar lebih murah. Namun, tidak ada salahnya membeli sachet jika kita tidak punya banyak waktu untuk mengukur ampas kopi.

Kopi instan selain diminum dengan air panas, juga nikmat dinikmati saat dingin. Anda bisa membuat kopi dingin atau susu sesuai selera. Tapi ingat, konsumsi kopi harus dibatasi untuk mengurangi efek samping dari kelebihan kafein. Jika Anda ingin mengurangi jumlah kafein, Anda bisa memilih kopi instan tanpa kafein. Nikmati kopi yang diseduh!