5 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak

Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak — Bagaimana cara menjaga riasan pada kulit berminyak? Jawabannya sederhana, Anda harus memakai primer untuk kulit berminyak. Primer, seperti produk yang menjadi dasar riasan wajah, juga harus memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan produksi sebum agar riasan tetap panjang dan halus.

The Oily Skin Primer dirancang untuk mempertahankan riasan untuk tujuan lain, seperti menutup pori-pori, menutupi noda kulit, dan banyak lagi. Primer tersebut bisa kamu beli dari brand kosmetik ternama seperti Revlon Products, Mineral Botanica, The Body Shop, Wardah, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih, Anda harus membaca artikel ini sampai akhir.

Tips dan Cara Memilih Foundation yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Berikut adalah beberapa primer terbaik untuk kulit berminyak. Tapi pertama-tama, mari kita uraikan dulu pertimbangan penting apa yang harus Anda perhatikan saat memilih foundation untuk kulit berminyak.

1. Foundation bedak, mudah digunakan dan tidak mudah luntur

Ada banyak jenis foundation di pasaran. Untuk kulit berminyak, kami sarankan memakai primer bedak padat. Padahal, bedak primer ini merupakan bedak pigmen yang mampu menyerap dan mengatur minyak berlebih di wajah.

Keuntungan dari primer bubuk adalah kemudahan penggunaan. Tidak hanya itu, primer berbentuk bedak padat ini tahan lebih lama untuk mempertahankan riasan. Bagi pemilik kulit berminyak, menyiapkan bedak primer di dalam tas akan membantu proses touch-up setelah riasan mulai aus.

2. Bila perlu, pilihlah foundation dengan formula waterproof

Ada banyak primer dengan formula tahan air, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Primer jenis ini biasanya memiliki tekstur cair yang cepat kering di wajah dengan cara penguapan. Namun, primer tahan air menempel dengan kuat, menghasilkan riasan yang jauh lebih baik.

Ada manfaat lain dari primer tahan air karena tidak mudah luntur saat terkena air dan keringat. Kandungannya yang ringan tidak akan membuat wajah Anda tegang, meski dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, jangan gunakan primer tahan air setiap hari karena jenis ini cukup sulit dibersihkan.

3. Untuk usia akhir 20-an, gunakanlah foundation dalam bentuk cair berkandungkan pelembap

Anda dapat menggunakan primer yang hanya bekerja melawan produksi sebum yang berlebihan saat Anda berusia remaja atau dua puluhan. Namun, pada saat mencapai usia 20-an, kulit di wajah mengering. Saat kulit kering, kulit mengirimkan sinyal yang menyebabkan peningkatan produksi sebum atau minyak, sehingga kulit kering menjadi lembab kembali.

Karena kondisi saat ini, riasan bisa sangat mudah luntur. Karena itu, gunakanlah primer dengan kandungan pelembab. Primer cair biasanya disertai dengan bahan pelembab untuk mengurangi produksi sebum. Anda bisa mengoleskan primer cair ke area kulit berminyak seperti T-zone.

4. Hindari foundation oil based pada jenis krim

Seperti yang kita semua tahu, yayasan datang dalam berbagai bentuk. Untuk kulit berminyak. hindari primer berbahan dasar krim yang berbahan dasar minyak (oil-based). Meski foundation berbentuk krim dapat menahan riasan lebih kuat, namun kapasitasnya berkurang jika bahan bakunya adalah minyak.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan terhadap bahan utama yang digunakan. Jangan memilih primer berbasis minyak. Carilah primer berbasis air agar wajah Anda tidak berminyak. Selain itu, primer berbasis minyak menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo dan jerawat.

Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak

Setelah Anda memahami primer mana yang cocok untuk kulit berminyak, Anda dapat melihat rekomendasi kami untuk primer kulit berminyak di bawah ini. Silakan periksa daftarnya!

1. Mineral Botanica Original Loose Foundation

 rekomendasi foundation
rekomendasi foundation

Primer bubuk yang disajikan oleh Mineral Botanica dikatakan tahan kulit hingga empat jam. Ketahanannya terhadap minyak berlebih tidak terbantahkan. Saat Anda menggunakan primer, wajah Anda tidak akan terasa diberkati karena komposisinya yang ringan.

Loose foundation asli Mineral Botanica diperkaya dengan bahan pelembab berupa ekstrak adansonia. Produk ini dikemas dalam toples bundar berukuran sedang. Meski berbentuk bubuk, Anda tidak perlu khawatir produk tumpah saat bepergian karena wadahnya dapat ditutup rapat dengan tutup putar.

2. Revlon Colorstay Makeup For Combination/Oily Skin

Revlon adalah merek kosmetik yang tersebar luas di banyak negara. Anda dapat dengan mudah membeli produknya di banyak toko kosmetik di Indonesia. Foundation Revlon bernama Colortay Makeup For Combination / Oily Skin ini dibuat khusus untuk wanita dengan kulit kombinasi dan berminyak.

Primer ini dipercaya memiliki coverage medium. Dengan primer ini, flek hitam, bekas jerawat dan pori-pori besar dapat tertutupi dengan baik tanpa menimbulkan efek dempul akibat riasan yang kuat. Anda bisa memilih dari empat pilihan warna yaitu golden beige, natural beige, ivory dan true beige.

3. L’Oréal True Match Mineral Powder Foundation

 rekomendasi foundation
rekomendasi foundation

Primer ini memiliki sikat perekat. True Match Mineral Powder Foundation menjanjikan riasan yang halus dan lembut. Seperti namanya, foundation ini terbuat dari 100% mineral, sehingga mudah diaplikasikan ke wajah. Produk ini cocok untuk retouching saat riasan sudah mulai aus.

Dengan primer Loreal ini, tampilan wajah Anda terhindar dari pori-pori yang mengganggu. Produk ini sangat cocok untuk penggunaan indoor maupun outdoor. Kehadiran SPF 34 PA+++ memberikan perlindungan yang lebih besar bagi kulit wajah terhadap efek negatif sinar matahari. Primer ini dikatakan bertahan 12 jam.

4. The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation

Sebelum peluncuran produk, The Body Shop melakukan pengujian produk secara ekstensif. Menariknya, primer ini belum diuji pada hewan. Selain bebas dari animal testing, Matte Clay Skin Clarifying Foundation juga aman untuk kulit berkat formula alami dan bahan-bahan yang kejam.

The Body Shop mendesain foundation ini dengan menambahkan minyak pohon teh, yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Primer matte ini juga hadir dengan formula tahan air dan keringat, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir primer mudah luntur karena air atau keringat.

5. Make Up For Ever Ultra HD Foundation Fluid Foundation

Produksi minyak yang berlebihan dapat menghabiskan semua bentuk kosmetik. Tidak ada lagi masalah dengan Make Up For Ever Ultra HD Foundation Fluid Primer. Tak heran jika produk ini direkomendasikan oleh banyak orang karena telah digunakan oleh banyak makeup artist profesional.

Primer Make Up For Ever coverage medium ini dikemas dalam kotak yang ringkas sehingga Anda dapat dengan mudah membawanya ke mana pun Anda mau. Dalam hal kinerja, primer ini mengatur riasan dengan sangat baik. Formula bebas minyak juga menjadi keunggulan produk ini.

Kesimpulan Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak

Pilih foundation untuk kulit berminyak yang paling Anda sukai dari daftar. Sebagai tip tambahan, Anda bisa mencari alas bedak yang warnanya lebih terang dari warna kulit leher Anda.

Bagaimana bisa? Karena minyak berlebih pada wajah bisa membuat kulit kusam dan gelap. Untuk menghindarinya, Anda harus memakai primer yang warnanya lebih terang dari warna leher.