5 Rekomendasi Kasur Matras Nyaman Terbaik

Rekomendasi Kasur Matras — Setiap orang membutuhkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Sebagai penentu kualitas tidur, kasur merupakan aspek yang paling penting untuk diperhatikan. Jika kasur tidak sesuai dengan kondisi fisik setiap orang, maka akan sulit untuk menciptakan posisi tidur yang nyaman untuk mencapai kualitas yang baik.

Agar tidak merasa lelah, sakit kepala, pegal atau perubahan emosi saat bangun tidur, penting untuk tidur di kasur yang tepat. Di Indonesia cukup mudah untuk menemukan kasur yang memenuhi kriteria berbeda. Jika Anda berencana membeli atau mengganti kasur baru, gunakan kasur yang tepat. Jika Anda tidak tahu mana yang terbaik, kami akan membantu Anda menemukannya!

Cara memilih kasur matras yang Bagus dan Nyaman

Kasur, sebagai kasur utama, seharusnya bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui sejumlah elemen. Kasur yang tepat berbeda untuk setiap orang. Berikut cara memilih kasur yang tepat.

1. Untuk kasur pegas, pilih berdasarkan tipe pegas yang digunakan

Kasur itu sendiri biasanya dibuat dengan atau tanpa pegas. Saat ini, kasur pegas diproduksi dalam jangkauan terluas karena memiliki keunggulan lebih dari kasur non-pegas. Kasur pegas sendiri terbagi menjadi dua jenis pegas, yaitu pegas Bonnell dan pegas berdensitas tinggi.

  • Pegas Bonnell. Mata air Bonnell memiliki kepadatan rendah, yang membuatnya lebih cocok untuk orang dengan berat badan normal. Kesimpulan pegas ditarik dari atas, bawah, kanan dan kiri, tetapi tidak dikompresi sehingga orang dengan berat badan ideal atau bahkan kurus tidak menderita sakit punggung saat menggunakan kasur pegas bonnell.
  • Pegas Berkepadatan Tinggi. Kasur pegas jenis ini dikatakan memiliki kerapatan yang tinggi karena lilitan atau lilitan pegasnya 1,5 kali lebih besar dari pegas Bonnell. Pegas secara otomatis akan lebih mampu menahan beban tubuh yang berlebihan. Oleh karena itu, orang yang obesitas atau kelebihan berat badan dapat menggunakan kasur pegas ini untuk kenyamanan maksimal.
  • Pegas Berbentuk Kantong. Berbeda dengan kedua jenis pegas sebelumnya, pada matras ini pegas berdiri sendiri-sendiri, yaitu tidak ada simpul yang dapat dilekatkan pada pegas yang mengelilinginya. Desain pegas, mengingatkan pada tas kecil atau tong, menahan beban dengan sendirinya. Alhasil, kasur ini tidak akan menimbulkan getaran berlebih jika Anda banyak bergerak. Kasur pegas saku paling cocok untuk tidur dengan pasangan.

2. Untuk kasur tanpa pegas, pilih berdasarkan tingkat keras dan empuknya

Dibandingkan dengan kasur pegas, kasur pegas menghasilkan produksi yang lebih sedikit karena rata-rata orang lebih menyukai kasur pegas. Namun kasur springless tetap dipilih oleh sebagian orang karena menawarkan kenyamanan yang berbeda. Jika Anda ingin membeli kasur springless, perhatikan tingkat keras atau lembutnya kasur yang ingin Anda beli.

  • Kasur yang Empuk. Kelembutan kasur springless jenis ini cukup tinggi. Namun, pastikan tidak terlalu empuk agar tubuh tidak jatuh terlalu dalam sehingga tidak nyaman. Pilih satu yang setidaknya bisa menopang kepala dan pinggang Anda. Sifat kasur empuk lebih cocok untuk wanita dan anak-anak.
  • Kasur yang Keras. Baik menggunakan busa, lateks atau bahan lainnya, tetapi dibuat dengan cara mengompres bahan utama, sehingga tingkat kepadatannya cukup tinggi. Hal ini otomatis membuat kasur lebih kencang. Kasur jenis ini cocok untuk mereka yang suka tidur di kasur yang cukup keras, yang berukuran besar atau memiliki masalah punggung. Dari segi keawetan, kasur ini seperti kasur tipe empuk, bisa mencapai usia 2-3 tahun.

3. Pilih kasur yang tidak mudah lembap serta gampang dikeringkan

Kasur pegas memiliki keunggulan sirkulasi udara yang lebih baik, sehingga saat kasur basah, udara membantu kasur lebih cepat kering, terutama saat dijemur di bawah terik matahari. Kasur yang basah bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan patogen penyebab gatal-gatal di tubuh, atau bahkan bisa muncul bau tidak sedap dari kasur.

Oleh karena itu, busa padat biasanya digunakan pada kasur tanpa pegas, sehingga menyulitkan udara untuk melewatinya. Jika terkena air atau keringat dan kasur basah, mengeringkannya cukup merepotkan dan memakan waktu lama. Namun, akan lebih mudah mengeringkan kasur saat kasur terlalu basah dan lembap. Jangan sampai kasur menjadi sarang bakteri dan kotoran yang membuat tidur menjadi tidak nyaman dan berkualitas.

4. Saat membeli, coba sendiri kasurnya bila memungkinkan

Jika Anda berencana membeli kasur langsung dari toko, tanyakan apakah Anda harus mencoba kasur. Jadi Anda bisa memilih kasur ini atau kasur lain yang lebih aman. Saat mencoba kasur, berbaringlah ke berbagai arah, mulai dari punggung, kanan, dan kiri.

Jika Anda berbaring telentang, posisikan tubuh Anda seolah-olah sedang berdiri. Jaga kenyamanan hidup Anda. Kasur yang ideal tidak membuatnya terlalu bolong dan tidak menyengat pinggang. Saat mencoba posisi menyamping, periksa juga kenyamanan bahu dan pinggang. Jika Anda ingin menggunakan kasur bersama pasangan, pastikan juga untuk mengecek ukurannya dan tambahkan 30 cm lebih dari lebar tubuh Anda dan pasangan.

Rekomendasi Kasur Matras Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis kasur, kami menawarkan referensi kasur terbaik dari berbagai merek ternama. Pilih kasur yang benar-benar nyaman dan cocok untuk digunakan sendiri atau berdua dengan pasangan bahkan buah hati Anda!

1. Inoac Japan Foam Kasur Busa

kasur matras terbaik
kasur matras terbaik

Kasur ini dapat dengan mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruang tamu atau ke ruangan lain. Hal ini bisa dilakukan karena kasur ini tidak menggunakan pegas. Busa yang digunakan memiliki ketebalan standar, sehingga mudah dipindahkan.

Sebaiknya kasur ini dijadikan sebagai cadangan bila ada tamu yang berkunjung dan menempatinya sewaktu-waktu. Namun, itu bisa digunakan setiap hari. Kasur ini lebih cocok untuk wanita yang tidur sendiri dengan berat badan normal atau untuk anak-anak karena tidak memiliki efek memantul.

2. Quantum Springbed The Maxwell Spring Latex

Quantum Springbed adalah salah satu produsen matras ternama di Indonesia. Salah satu koleksi terbaik, The Maxwell Spring Latex adalah untuk mereka yang alergi terhadap debu atau bakteri. Kasur lateks tidak menggunakan pegas, tetapi tidak membuat badan terlalu bolong.

Namun, kasur ini memiliki efek memantul yang dapat membuat bayi lebih mudah terpental ketika terpental dari kasur untuk dimainkan. Oleh karena itu, jika ingin membeli kasur ini, berikan penjelasan kepada anak untuk tidak bermain di kasur karena bisa merusaknya.

3. Voiland Latex – Spring Pure Natural Latex

kasur matras terbaik
kasur matras terbaik

Kasur yang terbuat dari 100% latex murni sangat cocok untuk Anda yang mudah alergi terhadap kotoran. Produk ini juga antibakteri. Meski menggunakan lateks, Voiland menambahkan pegas yang cukup kuat untuk menopang tubuh saat tidur ke kasur ini.

Dengan menggunakan Spring Pure Natural Latex, Anda dapat membantu menjaga lingkungan karena bahannya terbuat dari bahan alami yang diolah berupa karet. Dibandingkan dengan produk pegas atau bukan, matras ini memadukan keduanya. Oleh karena itu, sifat hibridanya memungkinkan kasur menopang tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama dan lebih seragam.

4. Simplefurniture World Star Premium

Jika kelembaban di kamar Anda tinggi, pilih kasur dengan pori-pori yang cukup baik untuk sirkulasi udara. Produk ini adalah jawaban untuk Anda! Jenis pegas Premium Simplefurniture World Star didasarkan pada pegas jenis Bonnell yang lembut dan nyaman.

Tepi kasur ini dilengkapi dengan baja pengukur berat untuk mencegah kasur mudah rusak atau berubah bentuk, meskipun sering digunakan untuk menopang beban hingga dua orang. Karena memiliki ventilasi khusus, udara juga dapat membantu menjaga kelembapan kasur agar patogen dan jamur tidak mengintai di dalamnya.

5. Central Springbed Grand Deluxe

The “krik… krik”, yang terjadi ketika pegas ditekan ke kasur, dapat menyebabkan masalah tidur bagi banyak orang. Central Springbed telah merilis kasur pegas kotak yang tenang. Dengan cara ini Anda bisa menggunakan kasur ini bersama pasangan tanpa takut saling mengganggu saat Anda tidur larut malam atau bangun pagi.

Kasur yang dilengkapi dengan teknologi pelindung sudut tidak akan berubah bentuk meskipun Anda banyak bergerak. Padahal, bagian pinggir kasur tidak mudah rusak saat didudukkan. Namun, kasur ini tidak cocok untuk orang yang kelebihan berat badan karena berat yang dapat ditoleransi hanya 80 kg.

Kesimpulan Rekomendasi Kasur Matras Terbaik

Jika Anda membeli kasur pegas, biasanya memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada kasur pegas. Untuk alasan ini, jenis perawatan yang sama mungkin diperlukan, tetapi beberapa kasur diharapkan tidak tahan lama. Apalagi jika Anda sering menggunakan kasur yang menguras busa lebih cepat.