hit counter

5 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga

5 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga–Banyak orang yang menyadari bahwa berkebun merupakan kegiatan yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah. Apalagi jika tanaman yang kita rawat adalah bunga berwarna-warni yang indah. Agar tanaman berbunga Anda tetap sehat, Anda perlu menggunakan pupuk.

Pada artikel ini kami merekomendasikan 5 pupuk terbaik untuk bunga. Mulai dari produk pupuk, dari produk GDM, Sroti, Grow More dan Biodoc. Namun, sebelum itu, mari kita bahas beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli pupuk.

Cara Memilih Pupuk untuk Bunga

Banyak orang menganggap memilih pupuk bunga itu mudah. Karena kita perlu memahami jenis, bentuk dan kandungan nutrisinya. Untuk memudahkan Anda dalam memilih pupuk bunga yang tepat, berikut kami berikan tipsnya.

Pilih Tipe Pupuk berdasarkan Bahan Penyusunnya

Berdasarkan komponennya, pupuk dibedakan menjadi pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik adalah pupuk alami, pupuk anorganik terbuat dari bahan buatan. Selain bahannya, apa perbedaan kedua pupuk tersebut?

Pupuk Organik: Meningkatkan Daya Serap Tanah terhadap Air

Pupuk organik adalah jenis pupuk yang diperoleh dari dekomposisi dan dekomposisi bahan organik. Contoh pupuk jenis ini adalah pupuk kandang, kompos dan pupuk hijau. Pupuk jenis ini dapat memperbaiki struktur tanah dengan membuatnya lebih berdebu dan rapuh.

Karena kemampuan melonggarkan tanah, daya serap air tanah juga meningkat. Akibatnya, tanah tidak mudah kehilangan air saat musim kemarau. Selain itu, pupuk organik juga banyak mengandung unsur hara. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah dan memecah bahan organik menjadi senyawa yang bermanfaat bagi tanaman.

Namun, sulit untuk menentukan jumlah nutrisi dalam pupuk. Juga sulit bagi tanah untuk menyerap derajat kelarutan, karena bahan penyusunnya tidak sederhana. Laju pelepasan unsur hara juga biasanya membutuhkan waktu yang lama karena harus melalui proses dekomposisi terlebih dahulu. Selain itu, efisiensi penyerapan unsur hara lebih rendah dibandingkan dengan pupuk anorganik.

Pupuk Anorganik: Mengandung Unsur Hara yang Telah Disesuaikan

Pupuk anorganik dibuat oleh pabrik dengan mencampur bahan mineral. Campuran mineral tersebut kemudian diubah menjadi pupuk dengan tingkat nutrisi tertentu. Contoh pupuk anorganik adalah pupuk berbasis urea, ZA dan SP36. Jenis pupuk ini dapat diserap langsung oleh tanaman, karena terdiri dari senyawa kimia yang mudah larut.

Pupuk anorganik memastikan dosis nutrisi yang tepat, karena jumlahnya sudah dihitung di pabrik. Bahannya sederhana, sehingga pupuk ini mudah diserap langsung oleh tanaman. Selain itu, laju pelepasan hara lebih cepat dibandingkan dengan pupuk organik.

Namun, perawatan harus dilakukan saat menggunakan pupuk ini. Jangan berlebihan, tanah akan menjadi masam. Penggunaan jangka panjang juga dapat memiliki efek negatif pada penghancuran mikroorganisme tanah. Kandungan unsur hara pupuk buatan ini tidak selengkap pupuk organik, karena biasanya hanya mengandung N, P, K.

Ketahui Cara Aplikasi Pupuk agar Kinerjanya Optimal

Menurut cara aplikasinya, kategori pupuk dibagi menjadi dua bagian, yaitu pupuk akar dan pupuk daun. Pupuk akar dioleskan ke akar agar bisa langsung terserap dan kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tanaman.

Sedangkan pupuk daun dioleskan ke daun dan diserap oleh stomata (mulut daun). Pupuk ini biasanya memiliki tujuan tertentu untuk kesehatan daun, seperti mencegah kerontokan, mengendalikan hama, atau meningkatkan kerapatan.

Sesuaikan Pupuk yang Digunakan dengan Jenis Bunga

Jika Anda menyukai bunga mahal seperti mawar atau anggrek, pilihlah pupuk khusus untuk tanaman tersebut. Setiap tanaman memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Menggunakan pupuk khusus, memberikan nutrisi yang memenuhi kebutuhan bunga Anda.

Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga

Setelah meninjau kriteria pemilihan pupuk, kami merekomendasikan produk terbaik.

1. GDM Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias

pupuk yang bagus
pupuk yang bagus

GDM adalah pupuk khusus untuk tanaman hias seperti bunga mawar, anggrek, tulip dan kaktus. Pupuk ini berperan sebagai hormon yang merangsang pertumbuhan bunga. Dengan cara ini tanaman hias Anda mekar dengan baik dan tidak mudah rontok. Kandungan tambahan vitamin dan mineral membuat bunga lebih tebal dan cerah.

Selain itu, pupuk ini juga dirancang untuk memperkuat akar dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit. Akar yang kuat membuat tanaman lebih tahan bahkan dalam kondisi iklim yang ekstrim. Namun, pupuk ini sangat baik untuk meningkatkan ketahanan tanaman.

2. ZPT Hormona Bumi Makmur Walatra (BMW)

Tanaman hias Anda tidak cepat berbunga? Jangan khawatir, ZPT Hormona bisa menjadi solusi masalah Anda. Pupuk ini berperan sebagai zat pengatur tumbuh dan mengandung hormon-hormon penting seperti auksin, giberelin, sitokinin, IAA, NAA dan IBA. Hormon ini membantu tanaman memfokuskan energi untuk memasuki fase generatif, sehingga mempercepat pertumbuhan bunga dan buah.

Pupuk berbahan dasar tumbuhan alami ini bisa digunakan untuk banyak tanaman. Mulai dari tanaman buah, sayuran buah, umbi-umbian dan tanaman hias. Pupuk ini tidak hanya membantu proses okulasi dan okulasi.

3. Sroti G3 Pupuk Tanaman Berbunga dan Berbuah

pupuk yang bagus
pupuk yang bagus

Pupuk ini merupakan jenis pupuk organik slow release. Anda dapat menggunakannya dalam keadaan semai untuk mencampur tanah dan menyediakan nutrisi organik. Selain menambah unsur hara, pupuk ini juga melonggarkan tanah sehingga meningkatkan daya serap airnya.

Produk ini sangat andal untuk membuat bunga tumbuh dengan cepat dan mencegahnya cepat rontok. Sehingga Anda bisa terus menikmati keindahan bunganya. Bagi yang menanam buah, pupuk ini juga bisa digunakan. Pupuk ini juga dapat mencegah kehilangan buah, sehingga umur pohon akan lebih panjang dan rasa alami akan meningkat.

4. Orient Orchid Fertilizer

Pupuk ini merupakan keharusan bagi pecinta anggrek. Ini tidak hanya merangsang pertumbuhan bunga, tetapi juga penampilan kuncup. Tunas yang bertunas memastikan anggrek Anda terus tumbuh dan menjadi lebih tebal. Selain itu, produk ini mempercepat pertumbuhan akar, batang dan daun. Jadi tidak hanya akan lebat, tetapi anggrek Anda juga akan lebih kuat.

Pupuk ini mengandung pupuk organik, sehingga aman digunakan setiap hari. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan overdosis, apalagi jika Anda ingin meningkatkan kualitas anggrek Anda. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin sehat anggrek Anda.

5. Mutiara Pupuk NPK 16-16-16

Kandungan nitrogen dari pupuk ini benar-benar unik. Dengan nitrat (N03) sebagai nitrogen utama untuk memastikan kesehatan batang dan daun tanaman Anda. Pupuk ini juga mengandung ammonium nitrogen (NH4) yang digunakan sebagai cadangan slow release.

Selain nitrogen, produk ini juga diperkaya dengan potasium yang sangat berguna untuk meningkatkan hasil panen. Kandungan N, P, K pupuk juga lengkap dan seimbang. Keseimbangan nutrisi ini dihitung dengan cara yang sama untuk semua sereal. Oleh karena itu, panen lebih seragam dan seragam.

Kesimpulan

5 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga, Sama seperti manusia, tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal. Untuk memilih pupuk yang tepat, Anda harus terlebih dahulu menentukan kebutuhan tanaman Anda. Pilih produk yang kandungannya paling sesuai dengan kondisi pabrik Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa poin yang sudah dibahas di atas.

Selain itu, pilih produk yang mudah diaplikasikan. Jika Anda memilih pupuk anorganik, pastikan untuk mengikuti takaran yang ditentukan, ya. Karena penggunaan yang berlebihan justru akan berdampak negatif pada tanaman Anda. Tanaman yang sehat akan kuat dan berbunga indah. Selamat berkebun!