hit counter

5 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik

Mesin Fotocopy Mini — Mesin fotocopy merupakan salah satu kebutuhan penting yang berkaitan dengan dokumen, baik itu untuk keperluan kantor, sekolah maupun universitas. Mesin fotokopi biasanya berukuran besar, sehingga perlu ditempatkan di tempat yang luas. Untuk alasan ini, banyak mesin kantor lebih memilih mesin fotokopi mini. Ulasan berikut membahas rekomendasi kami untuk mesin fotokopi mini terbaik, termasuk spesifikasi penting.

Seperti perangkat elektronik lainnya, ada mesin fotokopi mini yang dijual mulai dari yang murah hingga yang mahal tergantung spesifikasi produk dan fitur tambahannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin fotokopi mini.

Tips Memilih Mesin Fotocopy Mini yang Bagus

Mesin Fotocopy Mini
Mesin Fotocopy Mini

Saat membeli sebuah perangkat elektronik, tentunya hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah spesifikasi dari perangkat tersebut dan tidak terkecuali mesin fotokopi mini. Spesifikasi di sini termasuk kecepatan salin, ukuran kertas, memori untuk kinerja yang diperlukan.

Pertama, kecepatan salin, yaitu kecepatan mesin fotokopi mini saat menggandakan dokumen. Satuan yang digunakan biasanya cpm (copy per minute) atau ppm (pages per minute). Misalnya, mesin fotokopi mini memiliki kecepatan salin 45 halaman per menit, yang berarti dapat menyalin 45 dokumen dalam satu menit. Mesin fotokopi dengan kecepatan ini sangat ideal untuk bisnis.

Kedua, ukuran kertas, yang menentukan ukuran kertas yang dapat digunakan. Ukuran kertas standar untuk banyak dokumen adalah A4 (21cm x 29,7cm), tetapi pertimbangkan ukuran lain seperti F4 (21cm x 33cm) atau A3 (29,7cm x 42cm). Biasanya, kertas ukuran F4 digunakan untuk menyalin dokumen penting dan kertas ukuran A3 untuk mencetak gambar.

Ketiga, RAM, yang menentukan kecepatan pemrosesan data mesin. Meskipun modul hanya berupa lembaran kecil dengan komponen lainnya, fungsi RAM ini sangat penting dalam menentukan seberapa cepat atau lambat mesin fotokopi mini dalam memproses data. Jika komputer Anda memproses data lebih lambat dari biasanya, kemungkinan RAM hampir penuh. Oleh karena itu, bersihkan RAM secara berkala agar mesin fotokopi tetap berjalan lancar.

Kecepatan Prosesor Mesin Foto Copy

Keempat, kecepatan prosesor, yang menentukan seberapa cepat mesin memproses instruksi. Seperti komputer, CPU adalah otak dari mesin fotokopi mini yang mengirimkan instruksi mesin. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam satuan Megahertz (Mhz) dan Gigahertz (Ghz).

Jika Anda menginginkan kinerja mesin yang optimal, pilih mesin fotokopi mini dengan kecepatan prosesor tinggi. Keempat, daya yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya, biasanya 400 watt. Meski tidak terlalu besar, penggunaan perangkat elektronik lain di rumah atau di kantor juga harus diperhatikan dengan catu daya ini.

Kelima, periksa fitur lain seperti pemindaian, pencetakan, faks, dan pencetakan dokumen berwarna untuk memudahkan pekerjaan Anda. Fitur penting lainnya adalah dupleks otomatis. Mesin fotokopi yang sudah memiliki fitur ini bisa otomatis mencetak dokumen bolak-balik. Fitur ini tidak hanya menghemat kertas, tetapi juga menghemat waktu karena Anda tidak perlu memutar kertas secara manual.

Selain layanan yang terkait dengan proses pencetakan, konektivitas mesin fotokopi mini juga harus diperhatikan. Beberapa mesin fotokopi mini yang diproduksi saat ini dapat terhubung melalui Wi-Fi, sehingga pengguna tidak memerlukan router.

Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik

Mesin fotokopi mini umumnya dijual dalam kisaran harga 1 juta hingga puluhan juta rupiah, sehingga diperlukan kehati-hatian sebelum membeli. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi mesin fotokopi mini terbaik yang cocok untuk berbagai keperluan, terutama untuk keperluan bisnis.

1. Epson EcoTank L15160

mesin fotocopy mini
mesin fotocopy mini

Kualitas produk Epson tidak perlu diragukan lagi, termasuk kualitas mesin fotokopi mini. Mesin fotokopi mini ini dapat menghasilkan cetakan yang tajam dan berkualitas tinggi, sehingga mudah dibaca. Hasil cetak yang baik berkat tinta berpigmen terakhir yang digunakan yaitu DURABrite ET INK. Lebih baik lagi, hasil cetaknya tahan lama dan tahan air, membuat dokumen cetak Anda lebih aman.

Mesin fotokopi mini Epson ini memiliki kecepatan copy hingga 32ppm dan mendukung berbagai ukuran kertas antara lain A3, Super B, Indian Legal, Letter, A4, A5, A6, B4, B5, B6 dan A6. Resolusi salinan yang dihasilkan adalah 600 x 600 dpi, maksimal 999 salinan dapat dibuat dalam satu hari.

Mesin fotokopi mini ini juga memiliki fungsi lain seperti pencetakan, pemindaian, dupleks otomatis dan Wi-Fi. Pemindai itu sendiri adalah tipe flatbed yang mendukung sensor CIS dengan resolusi pemindaian 1200 x 2400 dpi. Produk ini juga dilengkapi USB 2.0 untuk menghubungkan ke perangkat lain. Epson EcoTank L15160 tersedia dengan harga sekitar Rs 22 lakh.

2. Kyocera Ecosys M2040dn

Kyocera Ecosys M2040DN mungkin menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang mencari mesin fotokopi mini untuk keperluan bisnis. Meskipun ukurannya kecil, mesin ini dapat menyalin dokumen dengan kecepatan 40ppm dan sangat ideal untuk fotokopi bisnis. Karena ukurannya yang kecil, mesin ini tidak memakan banyak tempat. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau bagi pengusaha pemula.

Ukuran kertas yang didukung oleh mesin fotokopi: A4, A5, A6, B5, Letter, Legal, Custom. Mesin membutuhkan daya 661 watt untuk menjalankan dan hanya 1 watt saat dimatikan. Dalam penggunaan, mesin ini memanas dalam waktu singkat, hanya dalam 17 detik.

Kyocera Ecosys M2040DN juga mendukung fungsi pindai dan cetak, termasuk pencetakan dua sisi otomatis. Untuk printernya sendiri menggunakan tipe laser jet dengan resolusi cetak hingga 900 dpi, begitu juga dengan resolusi hasil scan. Mesin fotokopi mini ini cukup mudah ditemukan di Indonesia dengan harga sekitar 7 juta hingga 8 juta rupiah.

3. Brother Docuprint L2540DW

mesin fotocopy mini
mesin fotocopy mini

Saat bekerja di kantor yang berurusan dengan dokumen, terkadang perlu menghubungkan mesin fotokopi mini ke banyak perangkat. Di antara sekian banyak produk mesin fotokopi mini, Brother Docuprint L2540DW dapat memenuhi kebutuhan ini, terutama dengan fitur koneksi nirkabelnya. Anda tidak memerlukan router untuk menghubungkan mesin fotokopi mini ke perangkat lain, cukup gunakan Wi-Fi untuk terhubung.

Brother Docuprint L2540DW memiliki kecepatan salin hingga 30ppm dan mendukung ukuran kertas A4, Letter, A5, A6 dan Executive. Mesin fotokopi mini ini memiliki kecepatan prosesor hingga 300Mhz dan memori 32Mb. Mesin fotokopi ini membutuhkan daya sekitar 510 watt untuk beroperasi dan hanya 0,8 watt dalam mode tidur.

Fitur tambahan Brother Docuprint L2540DW mencakup pemindaian otomatis, pencetakan, dan pencetakan dua sisi. Hasil cetaknya berada pada resolusi yang cukup tinggi, mencapai 2400 x 600 dpi dan memberikan hasil cetakan yang tajam. Mesin fotokopi mini yang dijual seharga 2,8 juta ini juga memiliki konektor Hi-speed USB 2.0 dan kompatibel dengan sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

4. Fuji Xerox M355DF

Fungsi utama Fuji Xerox M335DF sebenarnya adalah untuk mencetak, namun produk ini juga dapat digunakan sebagai mesin fotokopi mini. Kecepatan copy mencapai 35 cpm dengan resolusi hingga 600 x 600 dpi. Beberapa fungsi yang ada terkait dengan fungsi copy antara lain 2 in 1 copy, ID copy, auto duplex, border erase dan collation.

Fungsi utamanya adalah kemampuan mencetak mesin ini sedikit lebih baik daripada kemampuan mesin fotokopi mini. Menggunakan metode laser, dapat menghasilkan hasil cetak hingga 1200×1200 dpi. Untuk dokumen hitam putih, kecepatan cetak mencapai 35 halaman per menit, sehingga Anda dapat mencetak hingga 39.000 halaman per bulan.

Fuji Xerox M355DF dapat digunakan tidak hanya sebagai printer dan mesin fotokopi mini, tetapi juga sebagai fax dengan kecepatan transmisi 33,6 Kbps.Resolusi fax maksimum yang cukup baik, yaitu 400 x 400 dpi. Salah satu kelebihan alat ini adalah kompatibel dengan banyak versi sistem operasi, baik itu Windows, macOS atau Linux. Fuji Xerox M335DF dibanderol dengan harga sekitar Rs 3 lakh.

5. Sharp AR-6023D

Selanjutnya adalah mesin fotokopi mini Sharp AR-6023D yang juga multifungsi, mulai dari mencetak, menyalin, dan memindai dokumen. Memiliki memori 64-192 Mb, kecepatan salin perangkat ini mencapai 23 ppm. Ukuran kertas yang kompatibel dengan perangkat berkisar dari 6R hingga A3. Berkat ukurannya yang kecil, mesin fotokopi mini ini sangat praktis untuk rumah atau usaha kecil.

Ini membutuhkan daya hingga 1200 watt untuk beroperasi dan dilengkapi dengan USB 2.0 untuk terhubung ke perangkat lain. Seperti mesin fotokopi mini sebelumnya, produk ini juga mendukung pencetakan dan pemindaian. Dengan fungsi dupleks, Sharp AR-6023D memungkinkan Anda untuk mencetak atau menyalin dokumen bolak-balik. Proses mesin fotokopi sekali pakai, dijual seharga Rs 16 lakh, memiliki kapasitas kertas hingga 1.850 lembar.

Kesimpulan Mesin Fotocopy Mini

Anda selalu tahu bahwa mesin fotokopi itu hebat, sehingga saat ini ada mesin fotokopi mini yang lebih praktis untuk berbagai keperluan. Mesin fotokopi mini biasanya dapat digunakan untuk mencetak, memindai, dan mengirim faks. Rekomendasi merk mesin fotokopi mini terbaik sudah ada di review ini.