hit counter

5 Rekomendasi Alat Perekam Suara / Voice Recorder Terbaik

Alat Perekam Suara / Voice Recorder Terbaik — Selain dukungan visual yang baik, dukungan audio yang baik juga sangat penting selama produksi video. Anda bisa mendapatkan kualitas suara yang bagus dengan menggunakan perekam suara atau voice recorder yang berkualitas. Beberapa jenis pekerjaan seperti videomaker, jurnalis, youtuber, penyanyi dan sejenisnya biasanya membutuhkan perekam suara. Di bawah ini adalah daftar berbagai produk rekaman audio untuk mendukung pekerjaan Anda.

Cara Memilih Alat Perekam Suara / Voice Recorder Terbaik

Setiap perekam memiliki kualitas rekaman, memori dan model yang berbeda. Harga produk rekaman audio dengan fungsi canggih juga umumnya mahal. Untuk mendapatkan perekam suara yang bagus dan cocok, coba cara berikut ini.

1. Memilih sesuai dengan kegunaannya

Jika perekam audio digunakan untuk merekam musik, pilih perekam audio terbaik yang mendukung LPCM (Linear Pulse Code Modulation). Perekam suara digital yang dilengkapi LPCM dapat merekam suara asli tanpa kompresi, menghasilkan suara yang jernih. Beberapa model biasanya juga mendukung efek overdub dan reverb, yang dapat digunakan saat mengedit audio.

Untuk wawancara atau rapat, gunakan perekam berkemampuan stereo tanpa fungsi LPCM. Meskipun banyak orang berbicara, perekam stereo dapat secara akurat mendeteksi arah suara pembicara. Transkripsi mungkin diperlukan setelah perekaman selesai, jadi pastikan perekam hanya merekam suara manusia dan mengabaikan suara lain di sekitarnya.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk pembelajaran bahasa, Anda memerlukan perekam audio terbaik dengan fitur pemutaran seperti pengulangan A-B, pengaturan kecepatan pemutaran, dan pemutaran bayangan. Berbagai fungsi pemutaran ini membantu Anda memutar ulang bagian yang tidak jelas atau memperlambat bagian yang rumit. Sedangkan fungsi shadow playback dapat digunakan untuk menirukan suara speaker pada sebuah rekaman.

2. Memeriksa sumber daya yang digunakan

Perekam suara digital umumnya menggunakan dua jenis baterai, ada yang menggunakan baterai sekali pakai dan ada yang menggunakan baterai isi ulang. Perekam suara terbaik yang menggunakan baterai sekali pakai cocok untuk orang yang sering bepergian, seperti jurnalis. Sementara itu, alat perekam dengan baterai isi ulang lebih praktis, namun kurang cocok untuk aktivitas outdoor jangka panjang.

3. Mempertimbangkan fungsi tambahan lain

Beberapa perekam suara terbaik biasanya datang dengan fitur tambahan lainnya. Pertama, fungsi pengumpulan suara, yang memudahkan untuk merekam suara di ruangan besar. Ada juga perekam suara digital dengan fungsi peredam bising, equalizer, dan pemutaran fokus yang memberikan suara jernih saat memutar rekaman.

Fitur lain yang sering ditambahkan antara lain fungsi stereo untuk merekam suara speaker jauh dan equalizer untuk menyeimbangkan volume suara yang direkam. Beberapa perekam suara terbaik juga dilengkapi dengan pengenalan suara otomatis dan fitur perekaman yang merekam suara saat tiba.

Selain itu, ada fitur pemutaran yang menyederhanakan proses transkripsi dan lebih memudahkan orang yang sedang belajar bahasa. Untuk memudahkan pengoperasian juga terdapat perekam suara yang dilengkapi dengan Wi-Fi, sehingga dapat juga dikontrol melalui smartphone. Fungsi radio FM/AM terkadang dipasang pada perekam suara digital agar dapat merekam radio dengan benar.

4. Mempertimbangkan desain dan ukuran

Perekam suara digital umumnya berukuran kecil, sehingga dapat dengan mudah dibawa ke berbagai tempat, ada juga perekam suara terbaik yang dibuat dalam bentuk pena. Pilih perekam suara yang dapat Anda bawa dengan mudah ke mana pun Anda pergi. Semakin kecil dan tipis, semakin mudah untuk memindahkan perekam ke berbagai tempat.

Desain juga harus diperhatikan, misalnya posisi tombol rekam yang mudah dijangkau. Jika Anda ingin menyalin rekaman yang dihasilkan langsung ke komputer Anda, pilih perekam audio yang dapat dicolokkan langsung ke port USB. Sudah ada perekam suara digital yang mendukung penggunaan memori eksternal, yang dapat digunakan untuk menyimpan rekaman berkualitas tinggi dalam waktu lama.

5. Mengecek format audio yang dihasilkan

Untuk perekam audio yang menyertakan LPCM, format audio standar umumnya adalah MP3, ACC, WMA, dan WAV. Untuk mempermudah pekerjaan Anda, pilih perekam audio terbaik yang dapat membaca berbagai format audio ini. Rekaman yang sudah dalam format standar umumnya lebih mudah diedit di komputer atau perangkat lain.

Rekomendasi Alat Perekam Suara (Voice Recorder) Terbaik

Alat Perekam Suara / Voice Recorder Terbaik — Di bawah ini adalah daftar perekam suara terbaik, lengkap dengan penjelasan fitur-fiturnya. Tentu saja, ada lebih banyak merek perekam di pasaran daripada rekomendasi ini, tetapi semoga rekomendasi kami dapat membantu Anda memilih perekam terbaik.

1. REMAX Voice Recorder RP1

alat perekam suara
alat perekam suara

Dilengkapi dengan mikrofon HD, suara perekam suara REMAX nyaring dan jernih. Bersama dengan fungsi stereo dan pembatalan bising aktif, perekam suara ini dengan andal menangkap suara penting dan menekan kebisingan latar belakang. Untuk alasan ini, perekam suara REMAX cocok untuk merekam suara selama wawancara atau rapat.

Ukuran produk kecil, hanya 9,1 x 2,9 x 0,8 cm, sehingga dapat dengan mudah dibawa ke berbagai tempat. Bodinya memiliki layar OLED kontras yang cukup besar, sensitif, dan nyaman, yang melindungi mata dari kelelahan visual. Fitur lain dari perekam suara terbaik termasuk pemutaran ulang A-B dan fungsi perekaman telepon.

Daya disediakan oleh baterai lithium isi ulang 260mAh, yang dapat merekam hingga 32 jam dengan kapasitas penuh. Selain memori internal, perekam suara digital ini juga kompatibel dengan microSD, dengan kapasitas maksimal 8 Gb. Salah satu format audio terbaik yang didukung oleh perekam audio adalah WAV dan MP3, sedangkan format musik yang kompatibel adalah MP3, WMA, WAV, APE dan FLAC.

Meski menghasilkan audio HD, namun penggunaannya tetap hemat, sehingga Anda tidak perlu khawatir memori cepat penuh. Dilengkapi dengan USB 2.0, ini adalah perekam audio terbaik yang dapat langsung dihubungkan ke komputer. REMAX Voice Recorder RP1 dijual di official store seharga 400 ribu rupiah dan mendapat banyak feedback positif dari pelanggan.

2. Sony PX470 Digital Voice Recorder PX Series

Sony PX470 adalah untuk mereka yang suka mendengarkan suara alam, karena memiliki sistem mikrofon S yang memungkinkan Anda merekam suara gelap. Selain itu, perekam suara ini memiliki fungsi perekaman stereo fokus dan lebar untuk menangkap suara tertentu, serta pengurangan kebisingan untuk mengurangi kebisingan suara di sekitarnya.

Dari kompartemen penyimpanan, Sony PX470 memiliki memori internal 4GB dan dapat diperluas hingga 32GB melalui microSD. Port USB internal yang terpasang pada perekam suara terbaik memudahkan untuk mentransfer file ke perangkat komputasi. Untuk catu daya, 2 baterai AAA digunakan, yang menjamin penggunaan terus menerus selama 55 jam.

Meskipun satu-satunya format perekaman yang didukung adalah MP3 atau L-PCM, rekaman dapat diputar dalam berbagai format, termasuk MP3, WMA, AAC-LC dan L-PCM. Memori penyimpanan yang cukup besar memungkinkan perekam audio terbaik ini untuk menyimpan hingga 5000 file rekaman audio. SONY PX470 dapat dibeli secara offline atau online di e-commerce dengan harga sekitar Rs 700k.

3. TASCAM DR-07X

alat perekam suara
alat perekam suara

Untuk penyanyi atau penulis lagu, TASCAM DR-07X adalah salah satu perekam terbaik yang dapat Anda pilih karena mendukung mode penimpaan. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mengubah bagian dari lagu yang direkam tanpa harus mengulang lagu dari awal. Dikombinasikan dengan efek Reverb yang dapat digunakan selama pemutaran, efek suara dari perekam suara digital ini seperti panggung nyata.

Sumber listriknya adalah baterai AA yang dapat digunakan selama 17,5 jam tanpa gangguan. Produk TASCAM DR-07X juga memiliki banyak fitur lain, seperti filter berpotongan rendah, fungsi perekaman otomatis, dan dukungan untuk sepuluh bahasa. Rekaman juga dapat ditransfer langsung ke komputer Anda berkat antarmuka audio USB 2-in / 2-out.

Anda tidak perlu khawatir penyimpanan cepat penuh karena perekam suara terbaik ini mendukung microSD hingga 3GB, microSDHC hingga 32GB, atau microSDXC hingga 128GB. Format perekaman yang didukung adalah WAV dan MP3. Menjadi cukup lengkap, TASCAM DR-07X sebenarnya lebih mahal dari perekam sebelumnya yaitu Rs 2 lakh.

4. Sony ICD-PX240

Lalu ada Sony ICD-PX240, mudah digunakan dengan tombol kontrol besar dan layar LCD besar. Memori internal yang tersedia adalah 4 Gb dan belum mendukung penggunaan memori internal. Namun, ini mengubah audio dari perekam Sony langsung ke format MP3, sehingga penggunaan memori lebih efisien.

Beberapa fitur Sony ICD-PX240 termasuk pemutaran, pengurangan kebisingan, filter potong rendah, kontrol suara dan perekaman kontrol suara. Meski hanya bisa merekam audio secara mono, berbagai fungsi tersebut mengoptimalkan kualitas rekaman. Juga, sudah ada fungsi pengurangan kebisingan untuk mengurangi kebisingan, sehingga Anda dapat mengambil perekam suara terbaik ini di luar ruangan.

Dimensi produk tidak jauh berbeda dengan top recorder lainnya yaitu sekitar 38,5 x 115,2 x 21.3mm dan berat sekitar 72 gram. Baterai yang digunakan adalah 2 baterai alkaline AAA, yang kira-kira. Mereka bertahan selama 23 jam tanpa henti. Dengan harga sekitar Rs 600.000, produk ini mungkin menjadi pilihan terbaik Anda untuk perekam suara dengan harga lebih rendah daripada TASCAM DR-07X.

5. ZOOM H1n Digital Handy Voice Recorder

Perekam suara digital ZOOM H1n memiliki fungsi overdub, yang berguna untuk membuat rekaman suara berlapis. Dengan cara ini menjadi perekam suara yang menghasilkan suara yang lebih kaya dan lebih hidup dengan kualitas suara satu nada. Perekam suara ini dilengkapi dengan filter low-cut, sehingga pengguna dapat menghilangkan noise yang tidak diinginkan atau frekuensi audio lainnya.

Rekaman dapat ditransfer langsung ke komputer dengan koneksi USB 2.0 berkecepatan tinggi. Perekam suara terbaik ini menggunakan 2 baterai AAA yang dapat bertahan hingga 10 jam tanpa gangguan. Untuk penyimpanan, Zoom H1n mendukung penyimpanan eksternal berupa microSD atau microSDHC flash hingga 32Gb.

Produk ini dirancang untuk menyertakan tombol rekam di bagian depan dan tombol lain seperti Play/Pause, Rewind/Fast Forward dan akses menu samping. Di atas tombol rekam ada empat tombol lain yang digunakan untuk mengubah laju sampel dan resolusi. Perekam audio terbaik ini juga memiliki fitur canggih lainnya, salah satunya adalah filter berpotongan rendah yang mengurangi gemuruh, pemutaran ulang A-B, kontrol kecepatan pemutaran, dan fungsi perekaman otomatis.

Suara yang direkam dapat dalam format MP3 dan WAV hingga 24 bit. Perekam suara digital ZOOM H1n memiliki penjualan eceran sekitar 1,3 juta di e-commerce dan mungkin merupakan perekam suara terbaik untuk merekam dalam bentuk barang.

Kesimpulan Alat Perekam Suara / Voice Recorder Terbaik

Dalam beberapa pekerjaan terkait audio, Anda pasti perlu memiliki perekam suara terbaik. Setiap perekam biasanya memiliki fitur yang ditujukan untuk pekerjaan tertentu. Nah, untuk membantu Anda memilih alat perekam audio terbaik untuk kebutuhan Anda, jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips dalam ulasan ini.