5 Rekomendasi Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi

Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi — Kuku bayi yang panjang dapat melukai wajah atau bagian tubuh lainnya. Tidak mengherankan, banyak orang tua memakai sarung tangan tanpa jari agar kulit bayi tidak terluka. Mengenakan sarung tangan terlalu lama bisa membuat bayi Anda tidak nyaman dan rewel. Untuk ini, Anda dapat menggunakan gunting kuku anak-anak untuk memotong kuku tipisnya.

Saat bayi lahir, kuku mereka langsung panjang dan setipis kertas. Jika terlalu panjang, kemungkinan tertusuknya kuku di bagian tubuh, seperti wajah, semakin besar. Jika Anda tidak ingin anak Anda menangis karenanya, maka inilah saatnya untuk membeli gunting kuku bayi terbaik.

Cara Memilih Alat Potong Kuku untuk Bayi yang Bagus

Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi
Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi

Ada beberapa gunting kuku atau gunting kuku bayi untuk dipilih. Beberapa merek seperti Pigeon, BabyComfy, Farlin dan Chicco memiliki perangkat ini. Jika Anda ingin membeli salah satunya, sebaiknya pelajari cara memilih gunting kuku anak. Perhatikan poin-poin di bagian ini, kami akan menjelaskannya kepada Anda.

1. Untuk bayi baru lahir, pilihlah nail clipper berbentuk gunting

Di bawah julukan bayi baru lahir, bayi baru lahir paling sering ditemukan dalam bentuk gunting. Gunting kuku jenis ini memiliki ujung yang membulat, sehingga tidak membahayakan kulit bayi. Gunting jenis ini sangat cocok untuk memotong kuku bayi yang kukunya masih kecil dan tipis. Saat bayi Anda mulai tumbuh, Anda dapat mengganti gunting kuku dengan tipe lengan majemuk.

2. Untuk bayi berusia 3 bulan ke atas, pilihlah alat berjenis compound lever

Seperti disebutkan di poin sebelumnya, gunting kuku lengan majemuk paling cocok untuk anak-anak yang sudah cukup umur. Meski desain jenis ini mirip dengan gunting kuku dewasa, namun compound arm untuk anak-anak berukuran lebih kecil karena sesuai dengan ukuran dan bentuk kuku anak. Ujung tombak lebih tertutup agar tidak menggigit kuku bayi terlalu dalam, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit bagian dalam.

3. Bagi Anda yang belum berani, pilihlah nail clipper berjenis file

Tak jarang, orang tua takut memotong kuku anaknya dengan gunting atau gabungan lengan. Jika Anda salah satu yang ragu, Anda bisa beralih menggunakan gunting kuku berbentuk kikir. Dengan tipe ini, alat ini memotong kuku dengan kikir. Jenis ini sering digunakan untuk memangkas ujung kuku bayi yang masih tajam setelah dipangkas.

Gunting kuku anak tipe kikir tersedia dalam bentuk sekali pakai atau elektrik. Keuntungan dari jenis sekali pakai adalah kebersihan, sedangkan gunting kuku jenis kikir listrik dilengkapi dengan bagian yang dapat dilepas dan disesuaikan untuk menghaluskan kuku dewasa. Jika Anda memiliki budget yang lebih besar, Anda bisa memilih gunting kuku tipe kikir elektrik.

Rekomendasi Alat Potong Kuku untuk Bayi

Semakin besar usia anak, bentuk dan ukuran kuku dengan cepat menjadi lebih tebal dan panjang. Anda harus memilih gunting kuku sesuai dengan usia anak. Selain memperhatikan ukuran dan bentuk kuku, Anda juga bisa memilih gunting kuku yang mudah dan nyaman digunakan. Berikut adalah beberapa gunting kuku bayi terbaik.

1. Pigeon Safety Nail Clipper

gunting kuku terbaik
gunting kuku terbaik

Tidak jarang orang dewasa dan anak-anak memiliki potongan yang berserakan di lantai saat memotong kuku mereka. Jika Anda membersihkan sisa-sisa kuku yang berceceran tetapi tidak menghilangkannya sepenuhnya, sisa-sisa dari kuku bayi dapat merusaknya. Bahkan, si kecil mungkin saja memakan potongan kuku lainnya tanpa disadari.

Inilah mengapa Anda harus menggunakan Pigeon Safety Nail Clipper. Gunting kuku merpati juga dilengkapi dengan unit penyimpanan gunting kuku dengan satu pembelian. Alat pemotong ini memiliki bentuk lengan majemuk sehingga dapat digunakan untuk hasil yang maksimal. Namun, produk ini tidak dianjurkan untuk bayi.

2. Zo.li Buzz B Nail Trimmer

Lebih mudah memotong kuku bayi Anda tanpa harus memotongnya. Betul sekali, kikir kuku anak Zo.li Buzz B. Tentunya produk ini juga bisa digunakan oleh mereka yang belum berpengalaman menggunakan gunting kuku untuk memotong kuku anak. Gunting kuku ini tidak membahayakan kulit bayi karena memotong terlalu dalam.

Alat ini memiliki 4 bilah file yang dapat Anda sesuaikan dengan usia anak Anda. Tidak hanya itu, setiap pisau dilengkapi dengan bantalan yang membuatnya aman dan lembut untuk anak-anak. Tidak diperlukan energi untuk menekan alat ini karena Zo.li telah menerapkan sistem kelistrikan yang sederhana. Selain itu, produk ini tidak menimbulkan suara bising saat digunakan, bahkan untuk bayi yang sedang tidur tanpa perlu dibangunkan.

3. Pigeon Safety Nail Scissors Newborn

gunting kuku terbaik
gunting kuku terbaik

Bagi mereka yang berani memotong kuku bayi baru lahir dengan tangan, Anda dapat menggunakan Gunting Kuku Keselamatan Bayi Pigeon. Anda tidak perlu khawatir kuku bayi Anda terpotong atau rusak karena Pigeon telah mengintegrasikan fitur keamanan ke dalam gunting kuku gunting ini.

Bentuk gunting pada gunting kuku ini berbeda dengan jenis gunting kuku lainnya. Produk Pigeon ini memiliki lubang yang pas dengan ibu jari dan jari telunjuk. Tidak hanya bagian tajam dari item ini juga dibuat berupa ujung kecil dengan ukuran dan ketebalan yang pas, sehingga sangat cocok untuk kuku bayi yang baru lahir.

4. BabyComfy Nail Safety Clipper

Jika Anda tidak berani menggunakan gunting kuku lengan majemuk dengan ujung yang panjang, maka produk dari BabyComfy ini berbeda. Bilah pemotong pada alat ini hanya terletak di ujung bodi utama. Tubuh gunting kuku bayi ini berukuran besar, sehingga Anda dapat memegangnya dengan nyaman.

Tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga keamanan saat memotong kuku bayi. BabyComfy mencapai ini dengan hanya menggunakan 1 bilah di bagian atas pemotong. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari plastik, menekan kulit bayi sehingga hanya kulitnya saja yang terkena luka.

5. Bocas Swivel Safety Nail Clipper NC-2000B

Jika Anda membutuhkan gunting kuku bayi murah, Anda bisa membeli produk ini dari BebeBocas. Kurang dari 100.000, Anda bisa mendapatkan gunting kuku yang bisa diputar hingga 180ยบ. Fitur ini memudahkan untuk memotong kuku kecil bayi Anda.

Gunting Kuku Bocas Compound Arm ini memiliki desain yang benar-benar unik, sehingga ujung tombaknya dapat diputar sesuai dengan posisi Anda atau bayi Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memulai dalam waktu yang lebih singkat dan bayi akan lebih nyaman dan tidak terlalu menuntut.

Kesimpulan

Saat memilih gunting kuku atau nail clipper untuk buah hati Anda, Anda perlu mengesampingkan pertimbangan desain yang ditawarkan. Selalu utamakan keamanan dan kenyamanan produk ini baik untuk Anda maupun buah hati Anda. Setelah itu, Anda bebas memilih produk yang memiliki desain atau tampilan yang cantik.