5 Rekomendasi Merk Flashdisk Terbaik

Merk Flashdisk Terbaik — Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, flash juga memudahkan transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Berkat ukurannya yang kecil, stik USB mudah dibawa, dapat disimpan di saku baju, tempat pena, atau di ruang kecil di dalam tas. Saat ini banyak sekali merk flashdisk yang beredar di pasaran. Jika Anda sedang mencari rekomendasi merk pen drive, jangan lewatkan ulasan berikut ini.

Cara Memilih Merk Flashdisk yang Bagus

Merk Flashdisk Terbaik
Merk Flashdisk Terbaik

Ada banyak merek flash yang tersedia saat ini, seperti V-Gen, Robot, Sandisk, Toshiba, Sony, dan Kingston. Sebelum memilih merek flashdisk terbaik untuk kebutuhan penyimpanan dan transfer data Anda, perhatikan hal-hal berikut.

1. Memastikan kapasitasnya sudah sesuai

Berbagai merek flash drive tentunya memiliki ukuran penyimpanan yang berbeda-beda, ada yang mulai dari 2GB hingga ratusan gigabyte. Namun biasanya kapasitas yang ditunjukkan bukanlah kapasitas yang sebenarnya. Misalnya, jika Anda memiliki flash drive dengan kapasitas 64 Gb, ruang penyimpanan yang dapat digunakan biasanya kurang dari ini.

Jadi, jika Anda perlu menyimpan banyak data, seperti hasil edit video atau lagu, pilihlah flash drive yang berkapasitas besar. Namun, jika tidak terlalu banyak data untuk ditransfer ke flashdisk, kapasitas 8GB atau 16GB sudah cukup.

2. Mengecek kecepatan transfer data

Setiap merek flashdisk memiliki kemampuan transfer data yang berbeda-beda. Untuk kecepatan membaca data Flash, angka tertinggi mencapai 34 Mb/s, sedangkan kecepatan penyimpanan data tertinggi adalah 28 Mb/s. Flash drive yang menggunakan port USB versi 2.0 biasanya memiliki kecepatan transfer data antara 14 Mb/s dan 24 Mb/s.

3. Memastikan kompatibilitas port USB

Secara umum, port USB 1.1 hingga 3.1 kompatibel dan berfungsi sempurna bahkan saat digunakan dengan versi port USB yang lebih tinggi. Kontrol port USB dapat dilihat di terminal komputer, USB 2.0 berwarna hitam atau putih, dan USB 3.0 berwarna biru. Misalnya, jika Anda menggunakan flash drive USB merek terbaik versi 2.0 pada konektor USB 3.0, kecepatan transfer data tidak akan meningkat, tetapi akan tetap mengikuti kecepatan USB 2.0 yang asli.

4. Mengecek jenis konektor pada PC

Jenis konektor yang terpasang di komputer Anda juga harus diperiksa, karena biasanya jenis flash drive yang berbeda hanya kompatibel dengan konektor yang benar. Saat ini masih banyak perangkat yang menggunakan USB Type A, namun perangkat dengan port microUSB juga bermunculan, terutama perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Produk iPhone atau perangkat iOS lainnya biasanya menggunakan port Lightning.

Konektor lain yang banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik saat ini adalah USB-C. Jadi pastikan merek flashdisk yang Anda beli kompatibel dengan port USB komputer Anda. Jika itu adalah pembelian yang buruk, Anda sebenarnya dapat menghubungkannya dengan kabel konverter, tetapi itu biasanya mempengaruhi kecepatan transfer data juga.

5. Memastikan fitur keamanan flashdisk

Tidak sulit menemukan merek flash drive terbaik di pasaran dengan harga terjangkau, namun biasanya produk flashdisk tersebut tidak memiliki fitur keamanan yang memadai. Meskipun ada flash dengan fitur keamanan, biasanya harganya cukup mahal.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat menambahkan fitur keamanan data ke flash drive. Tidak hanya perlu melindungi diri Anda dari risiko kehilangan file akibat aktivitas manusia, tetapi juga melindungi diri Anda dari serangan virus. Perangkat lunak keamanan flash yang umum digunakan adalah BitLocker to Go.

7. Memilih flashdisk denganĀ casingĀ kecil

Merek flash bervariasi dalam ukuran, dengan beberapa mulai dari yang sangat kecil hingga yang cukup besar. Flash drive mini mudah disimpan dan dibawa, tetapi sulit ditemukan saat disembunyikan. Biasanya flashdisk didesain sedemikian rupa sehingga salah satu bagiannya memiliki lubang, sehingga dapat dipasang pada pengait atau alat pengaman lainnya.

Banyak unit lampu kilat terbaik menawarkan fitur tambahan seperti kedap air atau perlindungan benturan. Pelat lampu kilat tahan air biasanya memiliki pelindung untuk mencegah air menyentuh bahan dan konektor lampu kilat.

7. Memilih flashdisk dengan casing kecil

Komputer atau laptop biasanya dihubungkan dengan port USB dengan jarak yang dekat, yang sering kali diperlukan untuk menghubungkan perangkat eksternal. Itu sebabnya ada baiknya memilih merek USB flash drive yang memiliki penutup yang cukup kecil sehingga perangkat lain dapat dicolokkan di sebelah. Selain ukurannya, pilihlah cover dengan daya rekat yang baik agar awet dan tidak mudah lepas dari bodi flashdisk.

Rekomendasi Berbagai Merk Flashdisk Terbaik

Tidak sulit untuk menemukan merek dan kualitas flashdisk yang bagus di pasaran. Anda bisa membelinya di toko resmi di berbagai e-commerce atau cabang HP. Berikut beberapa rekomendasi produk flashdisk untuk mendukung kebutuhan transfer data Anda.

1. VIVAN Flashdisk OTG

merk flashdisk terbaik
merk flashdisk terbaik

Saran terbaik pertama dari merek flash drive adalah Flashdisk VIVAN OTG, tersedia dalam kapasitas 32Gb dan 64Gb, cukup besar untuk menyimpan berbagai data. Flashdisk ini memiliki dual interface yaitu USB Type C dan USB 3.0, sehingga bisa langsung digunakan untuk transfer data dari komputer atau smartphone. Port USB 3.0 dikenal untuk menyediakan transfer data yang lebih cepat daripada port USB 2.0.

Tubuh flash terbuat dari paduan logam, yang kuat, tahan air, anti-magnetik, tahan lama dan tampak mewah. Merk pen drive terbaik dari VIVAN ini memiliki desain yang dapat diputar 90 dan 360 derajat serta memiliki lubang kecil untuk gantungan kunci. Flashdisk VIVAN OTG dihargai antara Rp 116k dan Rp 160k.

2. SanDisk Ultra Flashdisk USB 3.0 Flash Drive CZ48

SanDisk sudah dikenal luas sebagai salah satu pembuat merek flash terbaik. Ultra Flashdisk USB 3.0 Flash Drive CZ48 bekerja melalui USB 3.0, yang menawarkan kecepatan transfer data hingga 80 Mb / s. Dengan kecepatan ini, proses transfer file berukuran besar tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Tubuh terbuat dari plastik tipis, sehingga dapat dengan mudah disimpan di berbagai tempat. Untuk melindungi keamanan data di dalamnya, produk ini dilengkapi dengan proteksi password dan enkripsi AES 128-bit. Tersedia dalam kapasitas 32Gb dan 64Gb, merek flash terbaik SanDisk dihargai sekitar Rp 70.000-90.000.

 

3. Robot RF FlashDrive

merk flashdisk terbaik
merk flashdisk terbaik

Bersama dengan Vivan dan SanDisk, Robot juga merupakan produsen merek flash terbaik yang ada saat ini. Bodinya terbuat dari logam, sehingga kuat, tahan gores, dan tahan lama. Flashdisk ini masih menggunakan port USB 2.0 dengan kecepatan transfer data hingga 25 Mb/s. Karena tidak mendukung port Type-C, Robot FlashDrive RF tidak dapat langsung terhubung ke smartphone.

Dirancang agar kecil dan cukup ringan, Robot RF FlashDrive pasti mudah dibawa dan disimpan di mana saja. Salah satu merek flash drive terbaik yang tersedia dengan kapasitas robot ini berkisar dari 4GB hingga 32GB dengan harga sekitar 50-70 ribu rupiah.

 

4. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Berikutnya dalam daftar rekomendasi flash drive terbaik kami adalah flash drive Toshiba Mini 360 Duo, yang dilengkapi dengan konektor ganda, micro USB 2.0 dan USB 3.0. Flashdisk ini juga dapat dihubungkan langsung ke smartphone. Flash drive Toshiba Mini 360 Duo tersedia dalam berbagai kapasitas, 8Gb, 16Gb, 32Gb dan 64Gb, dengan modul terminal Tipe A.

Desainnya terlihat ramping dan kompak, dan ada pengait kecil di satu sisi tempat Anda dapat meletakkan gantungan kunci untuk menandai lampu kilat. Sekali lagi, merek flash drive terbaik Toshiba dilengkapi dengan perangkat lunak perlindungan kata sandi untuk menjaga keamanan data yang tersimpan. Flash drive ini dapat dibeli secara online melalui e-commerce atau over the counter dengan harga sekitar Rp 160k.

 

5. JOYSEUS OTG Rotating Flash Disk USB 2.0

Merek flash disk terbaik berikutnya adalah dari JOYSEUS, penyedia produk praktis yang terkenal bagi konsumennya. Salah satu produk flash disk yang dirilis oleh JOYSEUS adalah flash disk berputar USB 2.0 OTG, tersedia dalam kapasitas antara 16Gb dan 64Gb. Bentuk terminal yang terpasang pada flash drive ini adalah MicroUSB dan tipe A, kompatibel dengan berbagai jenis laptop dan komputer.

Selain kapasitas penyimpanannya yang besar, data yang tersimpan di JOYSEUS OTG Rotating Flash Disk USB 2.0 ini dapat bertahan hingga sepuluh tahun. Namun sayangnya tidak ada fitur keamanannya, sehingga pengguna harus menginstalnya sendiri. Flashdisk merk terbaik ini dibandrol sekitar 50-100 ribu rupiah tergantung kapasitasnya.

 

Kesimpulan

Flash merupakan salah satu alat praktis untuk transfer data, sehingga diperlukan flashdisk dengan merk terbaik untuk melakukan proses transfer data secara optimal. Harga flashdisk di pasaran biasanya tidak terlalu mahal dan tersedia untuk banyak orang. Untuk mendapatkan flash drive terbaik, cobalah untuk menerapkan tips yang dijelaskan di atas dan ingat untuk merawat flash drive Anda dengan baik untuk memperpanjang umurnya.