Cara Menggunakan Aplikasi WeSing

Cara Menggunakan Aplikasi WeSing–Anda suka menyanyi? Tempat karaoke pasti umum untuk menyalurkan hobi. Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu untuk karaoke, Anda bisa memanfaatkan aplikasi karaoke di ponsel Android Anda.

Percaya atau tidak, kini ada sejumlah aplikasi karaoke yang bisa Anda unduh langsung dari Google Play Store. Salah satunya adalah WeSing Karaoke. Ya, aplikasi hiburan yang diluncurkan oleh Tencent Music Entertainment Hong Kong ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Kali ini saya ingin berbagi tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing Karaoke. Penasaran? Mari kita lihat debatnya.

Cara Download Aplikasi WeSing Karaoke

Nah, sebelum Anda memulai karaoke, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan ponsel Anda terhubung ke internet.
  • Masuk ke Google PlayStore
  • Cari WeSing Karaoke melalui mesin pencari atau kotak pencarian.
  • Setelah Anda menemukan aplikasinya, klik tombol instal dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, instal aplikasi di ponsel Anda.

Nah itulah cara download WeSing Karaoke dari Google PlayStore. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan aplikasi WeSing.

Cara Menggunakan Aplikasi WeSing Karaoke

 1. Login Menggunakan Akun Email Atau Sosial Media

Setelah proses pengunduhan dan penginstalan selesai, Anda dapat langsung mulai menggunakan WeSing Karaoke. Tapi pertama-tama Anda harus melalui proses login. Sangat mudah, masuk dengan akun Google, Facebook atau Twitter Anda. Anda tinggal memilih antara ketiganya dan voila, Anda sudah siap menggunakan WeSing Karaoke.

 2. Mencari Lagu yang Akan Dinyanyikan

Langkah selanjutnya dalam tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing Karaoke ini adalah mencari lagu yang ingin dinyanyikan. Lampu. Anda hanya perlu mengklik ikon mikrofon di bagian bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kemudian masukkan judul lagu yang ingin dinyanyikan di kotak pencarian. Anda juga dapat mencari lagu berdasarkan nama artis menggunakan fungsi artis atau bahkan mencari lagu paling populer di tangga lagu.

Juga, Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda nyanyikan dalam fungsi Lokal yang ditunjukkan pada gambar. Dalam fungsi ini Anda dapat mengakses trek musik yang diunduh sebelumnya.

3. Mengatur Posisi Kamera

Sebelum Anda mulai menyanyikan video, Anda dapat menyesuaikan sudut kamera ponsel. Caranya mudah, setelah Anda menemukan lagu yang ingin Anda nyanyikan dan klik tombol “Sing Now”, Anda akan melihat menu untuk memilih mode bernyanyi, pengaturan kamera, dan filter wajah.

Untuk mengatur posisi kamera, klik ikon kamera seperti yang ditunjukkan pada gambar. Jika Anda ingin menggunakan kamera depan, Anda hanya perlu mengklik ikon kamera dan secara otomatis akan beralih ke mode kamera depan.

4. Menggunakan Filter Wajah

Sedangkan untuk menambahkan filter wajah, Anda hanya perlu mengklik ikon wajah lalu memilih filter yang diinginkan. Mudah, kan?

5. Memilih Mode Bernyanyi

Di aplikasi WeSing, Anda dapat memilih mode bernyanyi. Ya kalau mau nyanyi solo bisa langsung masuk ke mode solo. Jika Anda ingin berduet, Anda dapat memilih mode duet dan mencari pasangan untuk menyanyikan lagu yang sama. Caranya, tinggal klik tombol duet seperti terlihat pada gambar. Daftar profil pengguna yang dapat diundang ke duet kemudian akan muncul.

Nah, jika Anda lebih suka menyanyikan lagu tanpa iringan musik, Anda bisa memilih mode acappella. Sayangnya, mode aappella hanya bisa dilakukan sendiri. Untuk memilih mode appella, klik tombol mikrofon di bagian bawah untuk kembali ke menu buku lagu.

6. Merekam Video Saat Bernyanyi

Setelah memilih lagu, mengatur posisi kamera dan memilih mode bernyanyi, Anda dapat langsung merekam video dan menyanyikan lagu pilihan Anda. Aplikasi langsung memutar musik instrumental dan menampilkan lirik lagu di layar.

Anda dapat menyesuaikan nada dengan mengklik tombol “kunci pas” di bagian bawah layar, sehingga Anda dapat bernyanyi sesuai dengan jangkauan vokal Anda. Jika Anda ingin mengulang perekaman video, klik ikon “Restart”.

Setelah pendaftaran selesai, klik ikon “Selesai”. Pastikan Anda bernyanyi dengan baik dan memiliki suara yang cukup untuk mengakomodasi video yang direkam sebelumnya.

7. Mengedit Video Hasil Rekaman

Sebelum memposting video di WeSing Karaoke, Anda dapat mengeditnya terlebih dahulu. Dengan fungsi remix, Anda dapat mengubah efek suara musik latar, misalnya dari mode karaoke atau KTV ke 3D psychedelic, untuk menyesuaikan efeknya dengan genre lagu yang dinyanyikan.

Anda juga dapat menambahkan efek ke suara Anda menggunakan fitur efek suara. Anda dapat menggunakan fitur pengaturan MV untuk mengedit video musik Anda.

8. Mem-posting Rekaman Video

Nah, setelah proses perekaman dan pengeditan video dan audio selesai, Anda dapat mengklik “Next” untuk mempublikasikan rekaman video karaoke Anda. Anda juga dapat menyimpan video dengan mengklik ikon panah berlabel “Simpan”. Anda juga dapat menambahkan pesan status ke video yang akan Anda unggah sebelum memposting. Cukup klik tombol Publikasikan dan video Anda telah berhasil dibagikan.

9. Mengecek Video atau Lagu yang Tersimpan

Seperti dijelaskan di atas, di WeSing Karaoke Anda dapat mengunduh lagu-lagu yang ingin Anda nyanyikan nanti. Selain lagu, Anda juga dapat menyimpan seluruh rekaman video di aplikasi ini. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan profil. Lagu yang disimpan akan muncul di menu “Unduh”.

Sedangkan video disimpan di menu “Local Logs”. Di menu pengaturan profil, Anda juga dapat melihat video duet dengan teman-teman Anda.

10. Mem-follow Sesama Pengguna Aplikasi

Aplikasi WeSing Karaoke merupakan salah satu aplikasi karaoke untuk ponsel android yang memiliki banyak pengguna. Anda dapat mengikuti pengguna lain dan berduet dengan mereka.

Caranya mudah, cukup pilih ikon globe pada gambar untuk mengakses menu “Explore”. Selanjutnya, daftar profil pengguna lain ditampilkan. Anda dapat mengikuti pengguna lain melalui profil masing-masing.

Ini adalah tutorial tentang cara menggunakan aplikasi WeSing yang dapat Anda praktikkan kapan saja, di mana saja. Selain hobi menyanyi, kamu juga bisa mencari teman dan mengikuti kontes melalui aplikasi ini. Menarik bukan? Jadi bagaimana, sudah siap mencoba aplikasi WeSing Karaoke?