hit counter

Cara Cek Imei iPhone Asli dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Imei iPhone Asli — Siapa yang tidak menginginkan iPhone? Smartphone mid-to-high-end ini sangat banyak diminati oleh banyak orang. Dengan begitu banyak keinginan untuk iPhone, banyak orang membuat salinan perangkat seperti iPhone.

Sepintas, replika iPhone ini terlihat hampir identik dengan aslinya. Namun, Anda masih dapat membedakan keduanya dengan berbagai cara yang telah kami bahas di artikel sebelumnya. Salah satu cara untuk membedakannya adalah IMEI iPhone Anda.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Dengan kata lain, IMEI adalah kode tajam yang membedakan satu perangkat dengan perangkat lainnya, sehingga tidak ada perangkat yang memiliki IMEI yang sama.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek Imei iPhone Asli
Cara Cek Imei iPhone Asli

Nah, jika Anda ingin membeli iPhone, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah IMEI pada casing smartphone sesuai dengan yang ada di kemasan. Penjual sering mendaftarkan nomor IMEI untuk garansi iPhone atau merek smartphone lainnya. Untuk mengetahui IMEI iPhone Anda, Anda dapat memeriksa IMEI iPhone Anda dari situs resmi Apple sebagai berikut:

1. Melalui Sistem iPhone

Cara termudah untuk memeriksa IMEI Anda adalah di pengaturan sistem iPhone Anda. Caranya, buka menu “Pengaturan”, lalu buka item “Umum” dan lanjutkan dengan opsi “Informasi”. Temukan IMEI iPhone Anda di menu “Info”. Selain IMEI, Anda juga bisa mengecek ICCID dengan cara ini.

2. Melalui Fisik iPhone

IMEI juga ada di bagian fisik iPhone. Untuk melihat IMEI di iPhone fisik, Anda perlu membuka penutup belakang dan melepas baterai di sana. Nomor IMEI Anda biasanya ditampilkan di sebelah slot kartu SIM.

3. Melalui Kode Khusus

Cara ini sangat efektif untuk mengecek IMEI di semua jenis handphone, termasuk iPhone. Caranya buka menu panggilan, misalnya saat ingin melakukan panggilan telepon, lalu masukkan kode *#06#, maka nomor IMEI smartphone akan muncul di layar.

4. Melalui iTunes

iTunes tidak hanya untuk mengunduh musik ke iPhone Anda. Perangkat lunak resmi Apple juga dapat memeriksa IMEI di iPhone. Caranya cukup sederhana, cukup sambungkan iPhone Anda ke komputer yang sudah terinstal iTunes. Kemudian, jika Anda berhasil terhubung, klik “Perpustakaan” di iTunes, maka informasi tentang iPhone Anda secara otomatis akan muncul di layar, termasuk nomor IMEI iPhone Anda.

Setelah Anda mengetahui nomor IMEI iPhone Anda, Anda dapat langsung memasangkannya dengan kotak iPhone Anda. IPhone asli akan memiliki nomor IMEI yang sama pada bagian fisik, kotak, dan sistem.

Setelah memeriksa IMEI iPhone Anda, Anda juga dapat memeriksanya melalui http://www.imei.info. Saat Anda masuk ke situs web ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan nomor IMEI yang Anda dapatkan dari iPhone Anda.

Setelah itu, website ini akan memberikan data lengkap tentang smartphone Anda. Jika Anda telah memasukkan IMEI yang tercantum di iPhone Anda, tetapi data yang ditampilkan berasal dari ponsel lain, Anda dapat memastikan bahwa iPhone Anda palsu.

Apa Sebenarnya Fungsi IMEI?

IMEI adalah bagian penting dari setiap smartphone atau ponsel. Namun, tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya keberadaan IMEI ini. Orang-orang ini tidak memeriksa terlebih dahulu ketika mereka membeli iPhone atau gadget lainnya. Faktanya, bahkan penjual modul Apple resmi tidak dapat menjamin bahwa iPhone Anda 100% asli.

Selain digunakan untuk membedakan iPhone asli dan palsu, IMEI juga berguna untuk menghadapi pencuri yang mencuri iPhone Anda. Sangat mudah untuk melaporkan iPhone Anda dicuri ke operator Anda segera. Tidak akan lama, operator Anda akan melacak lokasi iPhone Anda yang dicuri terlebih dahulu.

Selain itu, operator Anda dapat membantu Anda mengunci sementara iPhone Anda yang dicuri. Pencuri tidak bisa menggunakan iPhone untuk waktu yang lama. Lokasi atau keberadaan pencuri dapat dilacak melalui kantor penyedia layanan yang Anda gunakan.

Memeriksa IMEI sangat penting jika Anda ingin membeli iPhone atau smartphone lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu membeli gadget secara offline agar dapat membedakan iPhone asli dan palsu.

Ada banyak situs belanja online yang menawarkan diskon iPhone yang agak bias. Namun, tidak perlu terburu-buru untuk membeli iPhone. Anda harus terlebih dahulu memverifikasi keaslian Anda. Tentu saja, Anda tidak dapat melakukan ini saat membeli iPhone secara online.

Tahukah Anda bahwa IMEI di ponsel juga digunakan untuk menyelesaikan kasus kriminal yang ditangani polisi? Misalnya, untuk mendeteksi keberadaan pencuri ponsel, polisi menggunakan nomor IMEI untuk melacak lokasi pencuri.

Tips Membeli iPhone yang Asli

cek imei iphone resmi
cek imei iphone resmi

Karena IMEI iPhone erat kaitannya dengan produk asli atau palsu, kami juga membagikan beberapa tips tentang cara mendapatkan iPhone asli. Hal ini sangat penting agar tidak tertipu saat membelinya.

  • Beli iPhone dari reseller resmi Apple di Indonesia. Toko resmi Apple tidak menjamin bahwa iPhone yang dijual selalu resmi. Jadi periksa IMEI untuk menghindari iPhone palsu.
  • Saat membeli iPhone, jangan takut untuk memverifikasi keaslian iPhone menggunakan salah satu metode di atas. Kemudian pasangkan dengan IMEI yang tertera di dusbook.
  • Jangan terkecoh dengan harga yang super terjangkau, karena baik toko offline maupun situs belanja online biasanya tidak menawarkan iPhone terbaru dengan harga yang sangat murah. Mereka biasanya hanya memberikan persentase kecil, tapi sampai 50 persen.
  • Coba sambungkan ke iCloud atau iTunes, jika tidak ada kesalahan atau kesalahan, iPhone yang Anda beli mungkin adalah iPhone asli,
  • Perhatikan spesifikasi iPhone asli seperti pada artikel ini.

Mengecek IMEI iPhone sangat berguna bagi Anda yang masih meragukan keaslian iPhone mereka. Jadi, apakah Anda pengguna iPhone? Sudahkah Anda memeriksa IMEI iPhone Anda?